Gak Usah Nafsu Ikut Tren, Ini 6 Trik Desain Dapur Kecil Tanpa Boros Biaya, Potretnya Tetap Cantik

Minggu, 12 Februari 2023 | 07:52
Instagram

Potret dapur kecil yang tampak cantik tanpa harus makan biaya besar saat membuat desainnya.

Fotokita.net - Membuat desain dapur kecil kerap membuat pemilik rumah minimalis terburu nafsu untuk mengikuti tren yang sedang digandrungi. Namun, ada enam trik yang menuntun kita untuk mendesain ruang masak ukuran kecil tanpa harus keluar banyak biaya.

Mendesaindapur ukuran kecil adalah proyek mahal yang melibatkan pengambilan keputusan penting tentang ruang sentral di rumah minimalis. Tempat ini sekaligus menjadi ruang sosialisasi bagi seluruh anggota keluarga.

Semakin banyak alasan untuk memilih desain yang timeless atau tak lekang oleh waktu, agar bertahan lebih lama dan tak terhalang oleh tren.

Nah, agar desain dapur kecil milik kita tak boros biaya renovasi, maka kita bisa memilih rancangan yangtak lekang oleh waktu dan timeless. Inilah trik mudahnya berdasarkan ulasan dari The Spurce pada Minggu(12/2/2023).

1. Lupakan tren

Sangat mudah untuk terjebak dalam urgensi tren, tetapi mendesain dapur yang timeless adalah tentang menghilangkan obsesi gaya sesaat untuk fokus pada apa yang akan bertahan lebih lama dan tak lekang oleh waktu.

“Tren, saya benci kata itu karena kata itu memberi orang alasan untuk terus membuat perubahan yang terburu-buru, terkadang harga yang mahal meubah dekor atau gaya dapur mereka dan akhirnya bosan hanya dalam waktu beberapa tahun," ujar Helen Parker, direktur kreatif deVOL, produsen dapur abadi yang berbasis di Inggris.

“Saya pikir cara mendekorasi dan menata rumah Anda secara bertahap menjadi kurang penting karena orang menjadi lebih berkelanjutan dan lebih sadar akan pemborosan dan pemeliharaan. Dan yang paling penting, menyadari bahwa gaya adalah tentang umur panjang" lanjutnya.

Instagram

Untuk membuat desain dapur ukuran kecil pemilik rumah minimalis tak perlu nafsu mengikuti tren.

2. Kombinasikangaya lama dan baru

Salah satu cara termudah untuk mendesain dapur yang akan bertahan dalam ujian waktu adalah dengan mendasarkan desain kitapada ruang masakyang telah teruji ia bertahan dalam berbagai era dan tren.

Lihatlah ke belakang selama satu abad terakhir dan kitadapat mengidentifikasi gaya dapur, tata letak, bahan, peralatan, dan elemen dekoratif mana yang tampaknya timeless.

Baca Juga: Fotonya Kelihatan Lebih Lega, Desain Dapur Kecil Dibuat Model Begini

Parker percaya bahwa memperbarui dekorasi secara terus-menerus adalah cara kuno dan tidak dipertimbangkan dengan baik untuk membuat ruangan terasa seperti rumah.

Memadukan dan menyeimbangkan elemen lama dan baru akan memastikan bahwa desain dapur kecil kita tidak terlihat seperti kapsul waktu kuno atau ruang trendi yang akan ketinggalan zaman dalam waktu singkat.

3. Elemen utama dan tata letak

Apakah ruang masak kita bergaya konvensional, berbentuk U, berbentuk L, dibangun di sepanjang dinding tunggal, atau terbuka, pastikan kitamempertimbangkan segitiga dapur klasik saat merencanakan ruang untuk menentukan hubungan paling fungsional antara oven, wastafel, dan kulkas.

4. Bahan dan pelapis yang timeless

Pilihlah bahan material seperti batu atau kayu yang akan bertahan lebih lama dibandingkan model material lainnya.

Pertimbangkan untuk menggunakan lantai kayu keras yang sama dengan yang digunakan di seluruh ruangan di seluruh dapur.

5. Warna, dekorasi, dan aksesoris

Dengan tata letak klasik, fungsional, dan dasar yang tak lekang oleh waktu, kitadapat memperbarui dapur seiring berjalannya waktu dengan mengganti aksesori, tekstil, karya seni, cat, wallpaper, dan penyesuaian dekoratif lainnya yang memerlukan penataan bukan renovasi.

Tetap dengan warna netral seperti putih, kelabu tua, abu-abu, hitam, atau hitam putih.

Baca Juga: Cocok Buat Dapur Kecil, Potretnya Tampak Mewah Pakai 7 Cara Murah

Gunakan warna-warna cerah atau non-netral sebagai aksen melalui cat dinding, tekstil, atau aksesori.

Salah satu cara termudah untuk menciptakan estetika abadi di ruang masak kitaadalah dengan memasukkan dekorasi yang menjadi simbol dapur selama beberapa dekade.

Ini termasuk aksesori sehari-hari seperti talenan kayu, panci dan wajan tembaga, dan peralatan makan klasik, gelas, dan perak.

Pilih bahan alami yang telah teruji waktu seperti linen dan katun untuk perawatan jendela, pelapis, lap piring, dan pengaturan meja.

6. Jangan buru-buru

Parker mengatakan dia bertujuan untuk menciptakan ruang yang mengilhami eklektisisme dan lapisan minat.

Ruang-ruang yang tidak dikuratori dengan sangat hati-hati sehingga terasa seperti hotel atau museum, tetapi mendesain, mencampur dan mencocokkan ruangan dengan minat dan karakter sehingga membentuk ciri khas yang unik.

Dibutuhkan waktu dan kesabaran yang tidak instan, tetapi itu pasti layak untuk dicoba.

Baca Juga: Siapa Baru Tahu? Renovasi Dapur Kecil Gagal Total Karena 6 Kesalahan Ini, Hasilnya Dijamin Berantakan

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya