Fotonya Kelihatan Lebih Lega, Desain Dapur Kecil Dibuat Model Begini

Selasa, 31 Januari 2023 | 21:50
Instagram

Foto dapur kecil yang didesain dengan model seperti ini agar terlihat lega.

Fotokita.net - Desain dapur kecil menampilkan ksingunan pemilik rumah minimalis terhadap sebuah ruang memasak yang lega dan nyaman. Terlebih lagi, area ini telah menjelma sebagai ruang pentingyang digunakan setiap hari.

Atas kebutuhan itu, mendesainnya dengan baik harus dipertimbangkan, terlepas dari ukuran dapur itu sendiri. Sebenarnya, dapur dengan berbagai ukuran dapat terasa lega jika kita mengetahui beberapa trik desain sederhana untuk memanfaatkan ruang secara maksimal.

Merujuk ulasan Express.co.uk, Selasa (31/1/2023), Ruth Lavender, pakar desain diBenchmarx Kitchens and Joinerymenjelaskan bagaimana cara membuat dapur kecil terlihat lebih lega dari aslinya dan apa yang harus dihindari rumah tangga saat mendekorasi dapur kecil.

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa memiliki ruang kecil adalah sebuah tantangan, tetapi itu tidak berarti kita harus sepenuhnya meninggalkan ide dapur impian kita sepenuhnya, tutur Lavender.

Dengan pertimbangan yang cermat dan perencanaan yang cerdas, kita dapat memaksimalkan ruang yang tersedia dan membuat desain berdampak yang memenuhi kebutuhan Anda dengan sempurna.

Berikut beberapa model yang cocok untuk desain dapur kecil agar fotonya terlihat lebih lega.

Instagram

Penggunaan warna terang membuat foto desain ruang memasak ukuran kecil tampak lebih lega.

1. Warna terang

Menurut desainer, memilih warna yang lebih terang dan netral adalah salah satu trik tertua untuk membuat ruang tampak lebih besar.

Ini karena warna-warna ini memantulkan cahaya lebih baik daripada warna yang lebih gelap, secara instan membuat ruangan terasa lebih terang.

Memilih warna terang untuk ruang memasak kita tidak harus membosankan.

Baca Juga: Biar Fungsinya Lebih Banyak, Dapur Kecil Dirombak dengan Cara Berbeda, Pantas Foto Hasilnya Jadi Referensi

Kita dapat menambahkan warna dengan memilih lemari putih atau abu-abu muda dan memasangkannya dengan warna tanah, seperti aksesori kayu hangat dan permukaan berlapis batu.

Selain itu, warna netral dapat melengkapi hampir semua warna aksen dan logam, sehingga kita dapat menyesuaikan tampilan dengan gaya pribadi kita.

Perlu dicatat bahwa kita tidak boleh mengesampingkan lemari gelap sepenuhnya, karena dapat bekerja dengan baik di area masak kecil selama itu diimbangi dengan permukaan kerja yang terang, splashback, dan dinding di sekitarnya.

Kita bahkan dapat memilih dua warna kabinet yang berbeda, finishing gelap untuk kabinet yang berdiri di lantai dapat bekerja dengan baik dengan opsi yang lebih ringan pada unit yang digantung di dinding, tanpa merasa berlebihan.

Instagram

Dominasi warna terang membuat foto ruang memasak dengan ukuran kecil tampak lebih lapang dan nyaman.

2. Penyimpanan pintar dan peralatan terintegrasi

Jenis penyimpanan dan peralatan yang disimpan di dapur juga berpengaruh pada seberapa besar persepsi ruang memasak.

Kekacauan tidak diragukan lagi dapat membuat area memasak terasa sempit, jadi menjaga meja dapur tetap bersih sangat penting.

Penyimpanan internal di seluruh desain Anda adalah kunci untuk memaksimalkan ruang dan menjaga permukaan kita tetap rapi.

Rak yang memiliki laci untuk panci adalah pilihan bagus lainnya karena menyediakan kedalaman yang dibutuhkan untuk menyimpan barang yang lebih besar sambil tetap dapat diakses.

Kita dapat memanfaatkan setiap inci ruang lemari dengan laci tersembunyi, rak kawat tarik, dan keranjang penyimpanan juga.

Baca Juga: Adopsi 5 Trik Simpel, Interior Desain Dapur Kecil Terlihat Lapang, Foto Hasilnya Dipuji

Rak terbuka dapat menciptakan visual yang memukau, sekaligus membuka ruang

Di ruang yang lebih kecil, fitur ini dapat menciptakan kesan terbuka dan lapang yang menampilkan gaya minimalis.

Jenis rak ini juga memungkinkan akses mudah ke kebutuhan sehari-hari seperti piring, gelas, dan peralatan masak.

Mereka juga dapat digunakan untuk menyimpan buku masak, memajang tanaman hias, dan memamerkan vas dekoratif;membuatnya serbaguna dan mudah ditata ulang saat kita menginginkan perubahan.

Instagram

Model penyimpanan ikut menentukan potret area memasak kecil tampil lebih lapang dan nyaman.

3. Sudut tempat duduk

Bagi mereka yang tidak memiliki ruang untuk sebuah island, tetapi masih ingin mendapatkan ruang yang fleksibel, Ruth Lavender menyarankan untuk menggabungkan sudut tempat duduk.

Dia menjelaskan, menggunakan bangku kecil ke dalam unit di sekitarnya benar-benar dapat memaksimalkan permukaan lantai dan memposisikan meja kecil di depan dapat menciptakan fitur yang benar-benar serbaguna.

Kita tidak boleh melupakan penyimpanan, karena dapat menggabungkan solusi cerdas di bawah area tempat duduk dan di zona sekitarnya.

Tidak hanya menyediakan ruang untuk bekerja secara efektif sepanjang hari, tetapi juga untuk bersantap informal.

Fitur ini juga bagus untuk anggota keluarga yang lebih muda, bertindak sebagai area bagi mereka untuk menyelesaikan pekerjaan rumah saat makan malam sedang disiapkan.

Baca Juga: Adopsi 5 Trik Simpel, Interior Desain Dapur Kecil Terlihat Lapang, Foto Hasilnya Dipuji

Apa yang harus dihindari?

Menurut desainer, tata letak dapur yang buruk adalah salah satu masalah paling umum di ruang memasak ukuran kecil.

Dia memperingatkan, jika tidak dipikirkan dengan hati-hati, tata letaknya bisa membuat ruang terasa tertutup.

Lavender menyarankan, saat mendesain ulang dapur, pertimbangkan bagaimana kita bergerak di sekitar ruang Anda, karena ini akan membantu menentukan lokasi terbaik untuk peralatan dan lemari.

Bak cuci piring yang salah tempat, misalnya, dapat mengganggu aliran dapur, terutama jika tidak memungkinkan untuk melewatinya.

Peralatan, seperti microwave dan oven, yang tidak diintegrasikan ke dalam lemari dapat menghabiskan ruang yang tidak perlu dan membuat dapur terasa sempit.

Selalu direkomendasikan untuk mempertimbangkan penempatan peralatan saat mendesain dapur, bahkan hingga ketel dan pemanggang roti.

Selain itu, lemari berwarna gelap, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dapat mengurangi persepsi ukuran sebuah dapur.

Karena warna yang lebih gelap juga tidak memantulkan cahaya, kita mungkin mendapati dapur terasa seperti tertutup.

Jika ingin menggunakan lemari gelap, kita bisa menambahkan pintu depan kaca untuk menipu mata agar berpikir bahwa dapur lebih luas.

Baca Juga: Leter L Jadi Solusi, Foto Desain Dapur Kecil Bikin Hati Pemiliknya Bungah, Cukup Eksperimen Pakai 12 Trik Ini

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya