Gak Nguras Rekening, Ini Cara Murah Ubah Desain Dapur Kecil, Tampilannya Lebih Segar

Rabu, 25 Januari 2023 | 22:49
Instagram

Ubah tampilan desain ruang memasak ukuran kecil dengan cara yang enggak nguras rekening.

Fotokita.net - Desain dapur yang berukuran kecil kerap membuat pemlik rumah minimalis merasa bosan. Tampilan tanpa perubahan mendorong keinginan untuk merenovasinya.

Namun, upaya untuk mempermak ruang memasak demi penampilan yang lebih segar tentu membutuhkan anggaran besar. Apalagi, daftar perubahan untuk tampilan yang menyenangkan sudah begitu panjang.

Kalau sudah begini, kita tak perlu berkecil hati. Ada cara murah untuk mengubah desain dapur kecil agar menghasilkan tampilan yang lebih segar.

Dapur adalah area tersibuk di dalam rumah minimalis, sebab banyak kegiatan yang dilakukan di dalamnya, seperti menyiapkan sarapan, makan siang, makan malam, hingga camilan.

Untuk itu, ada banyak orang yang ingin merenovasi area memasak agar merasa nyaman dalam berkegiatan sehari-hari.

Tetapi, seperti yang diulas Country Living, Rabu (25/1/2023), merombak atau renovasi dapur adalah daftar keinginan yang memerlukan anggaran yang besar.

Tenang saja, ada kabar baiknya. Mia Hannom, seorang desainer interior dan anggota National Kitchen and Bath Association, ada beberapa cara murah yang dapat membuat ruang memasak semakin tertata dan cantik tanpa menguras rekening, seperti berikut ini.

Instagram

Foto tampilan area masak yang lebih segar. Mengubah dapur kecil bisa menggunakan cara murah ini.

1. Cat kabinet dapur

Lemari dapur atau kabinet adalah hal yang paling sering kita lihat di area dapur, sehingga kita bisa mengubah sedikit tampilannya dengan cara mengecatnya.

Dengan cara ini, area masak kita bisa berubah dengan seketika tanpa harus menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga: Akal-akalan, Desain Dapur Kecil Cantik Dirancang Buat Lorong Sempit, 9 Foto Hasilnya Bikin Syok

Cat kabinet dengan warna gelap atau kayu ek berwarna putih untuk membuat seluruh area dapur terang dan terasa lebih luas.

Hannom juga merekomendasikan untuk mengecat satu set lemari saja untuk efek kontras.

"Saya juga menemukan bahwa ketika kabinet atas lebih terang, seperti putih, seringkali membantu menciptakan lebih banyak ruang, bahkan jika Anda membuat kabinet dasar lebih gelap," paparnya panjang lebar.

2. Rapikan meja dapur

Untuk menciptakan lebih banyak ruang dan membantu menjaga meja tetap bersih dan rapi, kosongkan dan atur di dalam lemari kita.

Coba pasang pengatur kabinet dan laci, termasuk rak tarik, keranjang tarik, dan rak bumbu tarik untuk membantu menghemat ruang dan menemukan barang sehari-hari dalam sekejap.

Instagram

Merapikan meja dapur adalah salah satu cara murah untuk mengubah tampilan ruang masak kecil jadi lebih segar.

3. Letakkan meja makan kecil

Meskipun kita memiliki dapur kecil, hal ini bisa diterapkan. Letakkan meja makan mini yang hanya bisa menampung dua hingga empat orang di dalam ruang memasak.

Dengan cara ini, kita dapat menyatukan fungsi dapur dengan ruang makan.

Baca Juga: Bisa Dicoba di Rumah, Foto Tampilan Desain Dapur Kecil Memanjang Kian Goda Hati, Trik Cerdas Ini Jadi Kunci

4. Cat backsplash

Menurut Hannom, backsplash adalah hal pertama yang dapat mengubah tampilan di area dapur.

Namun, kita tidak perlu melakukan renovasi apapun, kita bisa mengecatnya dengan warna cat yang sesuai dengan skema warna tempat mengolah makanan, atau bisa menggunakan warna cerah sehingga dapat memberikan efek luas di dalam dapur.

Dengan cara ini, kita akan menghemat banyak biaya dan dan tidak perlu khawatir tempat memasak ukuran kecil tidak berfungsi selama seminggu atau lebih.

5. Pencahayaan

Pencahayaan mengubah segalanya, tidak peduli ruangan mana yang ingin Anda ubah.

Tetapi karena sebagian besar dapur kecil sering kali hanya menampilkan satu lampu sentral, cobalah gunakan pencahayaan di kabinet.

Pilihan lainnya adalah gunakan lampu gantung yang mudah diganti saat dibutuhkan.

Baca Juga: Adopsi 5 Trik Simpel, Interior Desain Dapur Kecil Terlihat Lapang, Foto Hasilnya Dipuji

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya