10 Cara Foto Estetik di Kamar Bermodalkan Kamera HP, Ini Hasilnya

Sabtu, 21 Januari 2023 | 21:48
Istimewa

Kucing bisa menjadi salah satu obyek dalam membuat foto yang keren di kamar.

Fotokita.net - Kita kerap terlalusibuk mengambil foto di spot-spot estetik di kafe atau art spaces. Padahal, apakah kita sadar kalau sebenarnya kita bisa juga membuat foto keren di kamar rumah?

Kamar rumah dan isinya bisa jadi tempat foto untuk konten media sosial kita, lho! Jadi, kita bisa tetap di rumah saja dan terhindar dari kerumunan di masa pandemi ini.

Apakah kita ingin punya konten foto asthetic buat Instagram? Ternyata ada beberapa tips yang bisa kota gunakan untuk menghasilkan gambar yanv keren, nih.

- Pilih baju atau outfit yang sesuai dengan tema foto.

- Tentukan background foto, bisa outdoor atau indoor.

- Gunakan pencahayaan natural.

- Tentukan angle yang berbeda.

- Gunakan properti di sekitar.

- Jangan lupa untuk edit fotomu dengan filter atau Preset yang ada di aplikasi biar foto profil makin easthetic.

Trik ini juga bisa dilakukan kita yang ingin potret aesthetic dengan hijab, lho. Bila kota ingin gambar keren dengan hijab, perlu memilikirkan hijab yang mau digunakan. Pilihkan hijab polos agar foto kita terlihat semakin clean dan nggak terlalu ramai.

Lantas, bagaimana cara foto aesthetic di kamar rumah? Yuk, kita simak ulasan lengkapnya.

Baca Juga: 10 Cara Foto Aesthetic Biar Hasilnya Banjir Likes di Media Sosial

Istimewa

Memanfaatkan cahaya alami salah satu cara membuat foto estetik di kamar rumah.

1. Potret keren dengan memanfaatkan jendela

Selain menjadi sumber cahaya alami, jendela sendiri bisa menjadi objek foto yang bagus. Kita bisa menjadikan jendela sebagai center of attention dari fotomu.

Kita juga bisa memanfaatkan jendela untuk mengambil foto pemandangan di luar, langit senja, bulan, hingga jalan di luar rumahmu.

Cahaya bulan dan lampu jalan yang terpancar dari jendela dapat juga kamu manfaatkan untuk menciptakan mood foto yang menarik.

Kalau kita memoto pemandangan luar, coba masukkan sedikit kusen jendela ke objek foto untuk memberikan konteks sudut pandang dan memberikan frame natural bagi potret kita.

Saat hujan, kita juga bisa manfaatkan tetesan air di jendela untuk menjadi efek filter untuk foto estetik kita. Keren, kan.

2. Beragam warna dan tekstur eksplorasi potret yang estetik

Coba cari barang yang bertekstur atau berpola menarik di rumahmu. Ambil foto tekstur dan pola itu dari dekat. Kita akan menghasilkan sebuah foto abstrak yang sangat menarik dari pola dan tekstur benda yang jadi objek potret kita.

Warna sendiri memiliki kekuatan visual yang luar biasa dan bisa membangkitkan emosi penonton. Coba penuhi framemu dengan warna suatu obyek foto, untuk menjadikan warna dari barang itu sebagai pusat perhatian.

Baca Juga: Cara Foto Estetik dengan Kamera HP Android, Coba Trik Sederhana Ini

Instagram

Eksplorasi tekstur untuk menghasilkan potret yang keren di kamar rumah.

3.Manfaatkan semua orang (dan hewan) di kamar atau ruangan rumah lainnya

Apa yang menarik dari rumah selain barang dan ruangan? Tentu saja penghuni rumah! Kita bisa pilih keluarga, teman, dan hewan peliharaan. Jangan pilih hantu ya…

Kita bisa bereksperimen dengan berbagai macam cahaya dan sudut foto untuk mendapatkan hasil foto anggota keluargamu yang bagus dan unik.

Kita bisa mengambil foto yang menarik dari penghuni rumah saat ada cahaya matahari golden hour atau cahaya yang lembut. Kita juga bisa memanfaatkan cahaya lampu atau lilin untuk memberikan efek yang unik.

Kalau mereka sulit difoto, kita juga bisa coba foto mereka secara candid.

Kita nggak harus foto diri mereka secara full, tapi bisa mencoba angle jarak dekat atau zoomed in yang menunjukkan bagian tertentu dari diri mereka. Misalnya, menonjolkan bulu dari hewan peliharaan kita ataupun menunjukkan asesoris dari anggota keluarga kita.

Selain untuk diunggah di Instagram, kamu jadi sekalian bisa mengoleksi foto penuh kenangan dari mereka semua.

4. Bikin tripod mini

Kalau kamu bosan dengan selfie tapi tidak ada orang yang bisa membantumu untuk memotret, kamu bisa buat tripod sederhana yang dapat menggantikan tugas tripod sungguhan.

Cukup dengan menjepit kertas yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran HPmu dan 2 penjepit kertas, kamu bisa meletakkan HP dan tripod DIY-mu di meja.

Tinggal foto-foto dengan pasang timer, deh! Cara foto keren di rumah pake HP ini adalah solusi tepat untuk kamu yang belum punya tripod.

Baca Juga: Cara Foto Estetik Memakai Kamera Smartphone, Ikuti 7 Trik Simpel ini

Instagram

Bikin tripod mini salah satu cara foto aesthetic di kamar rumah.

5. Manfaatkan hairdryer

Cara foto yang bagus di kamar berikutnya adalah dengan menggunakan hairdryer untuk membuat rambut kamu jadi badai dan foto semakin dramatis.

Jangan gunakan hairdryer dari atas, melainkan mengarahkannya ke rambutmu dari bawah agar pengering rambut tidak terlihat.

Sudah serasa seperti model sungguhan, bukan? Oh iya, kamu juga bisa menggunakan kipas angin yang menghadap ke wajahmu untuk menciptakan efek rambut tertiup angin.

6. Pakai renda sebagai properti

Punya renda nganggur di rumah? Jangan didiemin doang, karena renda tersebut dapat kita gunakan sebagai cara foto keren di rumah dengan kamera HP.

Baik itu renda untuk pakaian, lapisan gorden, atau taplak meja sekalipun, semuanya bisa mempercantik foto selfie kamu.

Nah, kamu bisa tirukan pose-pose di atas atau meminta anggota keluargamu untuk mengambil fotomu. Jangan ketinggalan untuk memasang pose ala selebgram agar makin luwes dan keren!

7. Berpose dengan lampu tumblr

Jika dahulu string lights biasa digunakan untuk menghias pohon natal maupun keperluan dekorasi lainnya, sekarang benda yang akrab disebut lampu tumblr sering ditemukan membentang di kamar cewek-cewek.

Yup, lampu yang sekarang jadi salah satu syarat wajib kamar aesthetic ini sangat mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari, dan pastinya bisa kamu jadikan properti foto.

Baca Juga: 8 Foto Estetik Tanaman yang Wajib Ada di Rumah, Manfaatnya Tak Terduga

Berposelah dengan mengalungkan atau membentangkan lampu tumblr mengitari tubuhmu. Memegang lampu tersebut di tanganmu juga boleh.

Setelah itu, mulai deh, foto-foto. Dijamin hasil jepretan jadi cantik, apalagi kalau kamu edit dengan aplikasi edit foto terbaik di Android.

8. Mainkan perspektif

Nah, cara yang satu ini fleksibel banget karena kamu bisa menggunakan barang apa saja untuk menciptakan efek ilusi yang seru.

Tak perlu jauh-jauh ke museum 3 dimensi, kamu juga bisa bikin orang-orang tersihir dengan fotomu cukup dengan menggunakan barang-barang seperti sepatu, botol kopi, dan lainnya.

Kalau begini, kamu tak perlu menggabungkan foto secara manual untuk menciptakan hasil foto yang unik. Siap upload, deh!

9. Pakai kain dan kardus untuk background

Kamu yang jualan online di Facebook atau platform jualan lainnya harus punya banyak ide untuk tetap bisa bertahan dan bersaing dengan produk lain.

Salah satu caranya adalah dengan menampilkan foto produk yang menarik, termasuk soal background atau latar foto. Nggak perlu mahal-mahal, kamu bisa memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah.

Baca Juga: 3 Foto Estetik Masjid Tempat Wisata Religi di Semarang, Hati Kian Adem

Mengandalkan kain yang ditempel ke papan kardus atau triplek saja sudah bisa menghasilkan foto yang enak dipandang, terlebih lagi kamu bisa ganti-ganti background sesuka hati.

Selain kain lembaran, bisa juga pakai baju kamu, ibu kamu, ayah kamu, adik kamu, kakak kamu, tapi saran Jaka sih jangan pakai baju tetanggamu. Hehe.

10. Andalkan background bokeh virtual

Selain latar foto sungguhan berupa kain dan tembok, kamu juga bisa menggunakan background 'palsu', yaitu dengan menggunakan laptop alias secara virtual.

Kamu tinggal mencari wallpaper HD atau foto HD bokeh di laptop, lalu letakkan action figure, produk jualan, dan benda-benda kecil lainnya.

Dengan cara ini, kamu bisa membuat foto sederhana tapi keren tanpa harus pusing bikin efek bokeh sendiri. Tetap oke, kan?

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya