Bagaimana Cara Foto yang Bagus Pakai iPhone Agar Hasilnya Seperti DSLR

Rabu, 18 Januari 2023 | 23:03
Instagram

Salah satu hasil jepretan iPhone dengan teknik foto yang bagus. Hasilnya sudah setara kamera DSLR.

Fotokita.net - Saat ini memotret semakin mudah bagi siapa saja. Warga dunia pun kian melek dengan teknologi. Karena itu, memgambil foto yang keren bukan lagi sesuatu yang sulit. Bahkan, cukup dengan smartphone, seperti iPhone.

Dulu kamera tak ada di teknologi ponsel. Namun saat ini kamera pada ponsel terus berkembang dengan sangat bagus dan mumpuni.

Salah satu ponsel yang mengusung kamera andalan adalah iPhone. Bukan suatu rahasia lagi jika iPhone merupakan salah satu ponsel atausmartphoneyang selalu digandrungi oleh khalayak banyak.

Fitur iPhone saat ini dilengkapi dengan fitur kamera yang sangat bagus dan canggih. Hasilnya pun juga sangat keren dan tak kalah dengan kamera pada umumnya.

iPhone 11, merupakan salah satu produk iPhone yang terus dicari oleh banyak orang. Kamera yang dihasilkan dari iPhone 11 ini tak tanggung-tanggung lho. Hasil dari kamera iPhone ini layaknya seperti kamera profesional atau yang biasa disebut DSLR.

Kita bisa menggunakan kamera iPhone 11 ini tak hanya untuk mengambil foto biasa saja, namun kita bisa menyajikan gambar yang keren bak fotografer profesional.

Menariknya lagi, kamera iPhone 11 ini juga mampu menghasilkan foto dengan efek yang sangat alami dan minimalis. Sehingga, hasil dari kamera iPhone 11 ini bisa mencuri perhatian dari khalayak banyak jika diunggah di Instagram.

Dengan hasil kamera yang sangat menakjubkan, tentunya bukan hal yang sulit bagi kita untuk bisa memaksimalkan kamera iPhone ini dengan baik. Terutama jika kamu ingin mendapatkan hasil bak kamera fotografi profesional yang sangat cantik dan estetik.

Itu sebabnya, kita wajib tahu nih teknik apa saja sih yang harus diperhatikan agar hasil tangkapan kamera yang dihasilkan menjadi lebih optimal layaknya kamera DSLR. Makanya, yuk simak baik-baik cara khusus berikut ini. Yuk, kita simak ulasannya!

Baca Juga: Cara Foto Estetik dengan Kamera HP Android, Coba Trik Sederhana Ini

Instagram

Iphone 12 dibekali dengan kemampuan kamera yang mumpuni. Ini teknik foto agar hasilnya setara DSLR.

1. Bersihkan lensa kamera

Langkah paling awal dan simpel sebelum kita menggunakan kamera iPhone 11 adalah membersihkan lensa kamera tersebut.

Kamera yang sering digunakan kerap kali tak lepas dari kotoran, debu, minyak, hingga sidik jari yang menghalangi kamera tersebut.

Agar kaca lensa kotor tersebut tidak mengganggu kamera, kamu bisa membersihkannya dengan baik dengan menggunakan kain yang lembut, sehingga noda-noda yang mengganggu hasil foto tersebut tak akan mengganggu jepretan yang dihasilkan.

Itu sebabnya, kita harus rajin-rajin membersihkan lensa kamera ya. Dengan begitu kamu tak akan mendapatkan hasil jepretan yang kurang cantik.

2. Menggunakan fitur Grid

Hadirnya fiturgridini digunakan untuk melihat komposisi objek yang lebih pas. Dengan menggunakan fitur ini, kita bisa mendapatkan jepretan yang sangat bagus setara dengan jepretan kamera DSLR.

Kalau bingung mengaktifkan fitur yang satu ini, kita bisa membuka menuSetting > Photo and Camera > Grid.

3. Optimalkan fitur Focus dan Brightness

Fiturbrightnessini bisa kita gunakan untuk menangkap hasil kamera yang sangat estetik. Kalau kita menggunakan fitur yang satu ini, dijamin deh kita bakal menghasilkan karya foto yang sudah setara fotografer profesional.

Buat yang masih bingung gimana caranya, kita bisa menekan layar untuk membuat objek fokus dan geser jari kita ke atas atau ke bawah untuk mendapatkan kecerahan gambar.

Baca Juga: Berapa MP Kamera Iphone 16 Pro Max? Begini Fakta Ponsel yang Viral di TikTok

Instagram

Gunakan komposisi, salah satu cara foto yang bagus dengan memakai iPhone. Hasilnya seperti kamera DSLR.

4. Manfaatkan fitur Lock Exposure

Agar gambar yang dihasilkan minim dengannoise, kita bisa memanfaatkan fiturexposureini.

Untuk bisa mengaturnya, kita bisa menggunakan fiturlock exposuresaat menekan fokus danbrightness.

Nah, dengan begitu objek bakal kita dapatkan dengan bidikan yang pas saat terkunci. Sehingga gambar tersebut akan sangat nampak lebih jelas.

5. Ambil gambar dengan fitur Burst Mode untuk menangkap gambar bergerak

Modeburstini biasanya juga didapatkan pada fitur kamera DSLR.

Dengan menggunakan metode ini, kita akan bisa menangkap banyak gambar secara banyak dalam waktu yang bersamaan.

Kita bisa mendapati fitur ini dengan cara menahan dan menekan tombolshutterdalam waktu yang cukup lama.

Dengan begitu kita akan bisa mendapatkan gambar sebanyak 10 foto selama satu detik.

Baca Juga: Ramai di TikTok Apple iPhone 16 Pro Max dengan Kamera 108 MP, Begini Faktanya

Instagram

Penampakan kamera iPhone 11. Ikuti teknik foto yang keren agar hasilnya maksimal.

6. Manfaatkan fitur Auto HDR untuk memotret objek

Fitur HDR sudah tak asing lagi ditemukan di dalam kamera DSLR. Nah, rupanya fitur yang satu ini hadir pula di kamera iPhone 11 lho.

Mode yang satu ini bisa mengambil foto dengan eksposur yang berbeda. Sehingga foto yang dihasilkan akan menghasilkan hasil yang terbaik berdasarkan dengan masing-masing gambar.

Makanya yang pakai Iphone 11 buruan aktifkan fitur yang satu ini. Nanti kita bisa mendapatkan hasil jepretan objek yang paling keren lho.

Setara dengan hasil fotografi yang dijepret dengan kamera DSLR.

7. Buat efek flare bak kamera DSLR

Biasanya sih efekflareini hanya bisa ditemukan di kamera DSLR. Menariknya, fitur yang satu ini bisa ditemukan di kamera iPhone 11.

Kita bisa mengontrol adanya cahaya yang muncul di kamera iPhone 11 dengan menggunakan komposisi yang pas.

Dengan demikian, komposisi cahaya tersebut akan menghasilkan efek kemunculanflaredi hasil jepretan kamera.

Baca Juga: Cara Mengecilkan Foto dengan HP Android dan iPhone, Anti Ribet-ribet!

Instagram

Cara foto yang keren dengan kamera iPhone.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya