Cara Foto yang Estetik dengan HP, Cukup Pakai Trik Simpelnya

Selasa, 17 Januari 2023 | 23:55
Istimewa

Demi menghasilkan foto yang bagus dengan HP. kita jangan malas mengikuti trik simpel ini

Fotokita.net -Untuk menghasilkan foto yang estetik dan berkualitas, tentu ada hal yang harus dilakukan dan tentunya juga ada trik memotretnya.

Pengambilan foto yang bagus banyak fungsinya, mulai untuk postingan media sosial semata atau bahkan digunakan untuk berbisnis, misalnya foto produk, portofolio, seni fotografi, dan lain sebagainya.

Tentu saja, kualitas foto akan memengaruhi terutama jika Anda menjadikan foto tersebut sebagai ladang mencari penghasilan, baik itu fotografer maupun seniman. Sehingga Anda harus mengambil foto dari sudut atauangleyang tepat dan disesuaikan pula dengan pasar yang akan Anda tuju.

Oleh sebab itu untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan foto yangaesthetic, simak beberapa tips yang bisa Anda lakukan di bawah ini.

1. Memperhatikan Device yang Dipakai

Tips pertama yang harus Anda perhatikan adalah memperhatikandeviceatau alat apa yang akan Anda pakai. Ini penting untuk menentukan bagaimana cara Anda mendapatkan hasil foto yangaesthetic. Misalnya jika Anda menggunakan kamera HP, tentu fitur dan juga kualitasnya tidak setinggi kamera profesional.

Oleh sebab itu, Anda harus menyesuaikan bagaimana cara menggunakan HP untuk mengambil foto yang estetikdan bagaimana cara menggunakan kamera profesional untuk mengambil hasil foto yang bagus.

2. Menjelajahi Fitur Kamera/HP

Untuk mendapatkan hasil foto yangaestheticbaik itu melalui kamera atau HP, maka Anda perlu menjelajahi atau mempelajari fitur yang terdapat di kamera atau HP Anda.

Ini sangat penting agar Anda bisa mendapatkan hasil foto yang maksimal karena Anda sudah mampu memahami seluk-beluk kamera yang Anda miliki, baik kamera profesional maupun kamera HP.

Baca Juga: Cara Foto Selfie Estetik yang Dijamin Banjir Likes, Ikuti 15 Tipsnya

Istimewa

Jangan malas mengulik kamera HP yang kita gunakan agar menghasilkan foto estetik.

Meski hanya pakai HP, hasil foto bisa jadi lebih bagus dan berkualitas jika Anda mampu mempelajari dan juga memfungsikan fitur-fitur tersebut dengan tepat dan maksimal.

Karena dari berbagai fitur yang ditawarkan tersebut, Anda bisa memaksimalkan kemampuan Anda dan juga memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia untuk mendapatkan hasil foto estetik.

3. Ambil Foto dengan Komposisi Terbagus

Setelah memperhatikan alat ataudeviceapa yang dipakai dan harus mampu menjelajahi fitur pada kamera atau HP, selanjutnya Anda juga harus mampu mengambil foto dengan komposisi terbaik.

Artinya, dalam hal ini komposisi foto menjadi aspek penting di dalam fotografi agar hasilnya indah.

Dengan komposisi yang bagus dan maksimal, maka hasil foto tersebut akan mampu menarik perhatianaudiensdan bahkan akan dapat meninggalkan kesan yang mendalam.

Dalam aspek ini,rule of thirdsbiasanya sangat membantu para fotografer untuk dapat menentukan komposisi foto, meskipun sebenarnya Anda sedang bereksperimen menggunakan komposisi yang lain dari yang biasa Anda gunakan.

Rule of thirdssendiri merupakan sebuah konsep yang membantu mengambil foto yang indah dan juga menarik, didukung dengan pemakaian pada fitur atau pengaturan yang ada di kamera.

Di dalam LCD kamera atau di layar ponsel Anda, akan ada garis horizontal dan vertikal yang membentuk 9 kotak, itulah yang dinamakanrule of thirds.

Baca Juga: Cara Foto Estetik dengan Kamera HP Android, Coba Trik Sederhana Ini

Istimewa

Atur komposisi foto yang dipotret dengan kamera HP kesayangan.

4. Fokus Detail Gambar

Tak hanya mampu menentukan bagaimana komposisi terbaik, untuk mendapatkan hasil foto yangaestheticAnda juga harus fokus terhadap detail gambar yang akan Anda tangkap.

Detail kecil ini jadi cara cepat dan tepat untuk meningkatkan faktor minat dariaudiens. Karena pada dasarnya, konsep fotografi makro ini cocok untuk foto produk.

Biasanyaaudiensakan lebih memperhatikan fokus detail produk Anda, sehingga Anda harus benar-benar menentukan fokus dengan tepat, diambil dengan berbagai cara. Misalnya dariangleatas, bawah, atau bahkan mengeksplorasianglelainnya.

Istimewa

Fokus pada detail agar mengasilkan foto yang bagus.

5. Melakukan Teknik Pencahayaan

Tips selanjutnya untuk mendapatkan hasil foto yangaestheticadalah melakukan teknik pencahayaan yang tepat. Akan sangat disayangkan jika objek yang diambil sudah bagus, tetapi teknik pencahayaannya kurang. Sehingga Anda benar-benar harus menggunakan teknik pencahayaan dengan tepat.

Pencahayaan alami menjadi satu cara terbaik mendapatkan cahaya yang paling tepat dan bagus. Hal ini karena semakin banyak cahaya yang menyebar, maka hasil foto juga akan makin baik.

Itu sebabnya, sebagai fotografer Anda harus tetap menjaga pencahayaan Anda tetap alami agar hasilnya maksimal.

Teknik pencahayaan ini bisa diambil dari pencahayaan rendah atau melalui foto hitam putih yang kemudian saat ini disebut sebagai foto yang estetik.

Akan tetapi, biasanya banyak orang yang pada umumnya akan mencari foto dengan pencahayaan yang lembut atau kurang dramatis untuk mendapatkan hasil foto yang bagus.

Baca Juga: Cara Foto Makanan dengan Benar, Tinggal Ikuti 5 Trik Mudahnya

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya