Ajak Korbannya Lakukan Ini, Motif Pemulung Culik Bocah di Jakpus Dikantongi, Foto Tampangnya Bikin Geram

Selasa, 03 Januari 2023 | 07:41
istimewa

Motif pemulung menculik bocah perempuan di Jakpus dikantongi polisi. Foto tampang pelaku yang mantan narapidana bikin geram.

Fotokita.net - Seorang pemulung bernama Iwan Sumarno menculik bocah perempuan berinisal MA, yang berusia 6 tahun. Motif pelaku sudah dikantongi polisi. Foto tampangnya bikin geram.

Kini bocah tersebut sudah ditemukan dan pelaku juga sudah diamankan.

"MA sudah kami temukan dan pelaku sudah kami tangkap," kata AKBP Gunarto saat dihubungi wartawan, Senin (2/1/2023).

Gunarto mengatakan penangkapan Iwan Suwarno dilakukan Senin malam. Polisi sempat berada di lokasi penangkapan untuk mengecek TKP.

"Saat ini kami masih di TKP di Ciledug," jelas Gunarto.

Sebelumnya,Polres Metro Jakarta Pusat berhasil mengidentifikasi indentitas pelaku.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin mengatakan, hasil penyelidikan, terduga pelaku bernama lengkap Iwan Sumarno, kelahiran 1980 dan beralamat tinggal di Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

"Kemarin tanggal 30 Desember kami sudah naikan kasus ini menjadi penyidikan.

Mengingat para saksi sudah kami BAP dan per kemarin (Sabtu 31 Desember 2022) kami telah mengeluarkan surat DPO yang sudah kita sebarkan mengingat tim kami di lapangan berhasil mengindentifikasi terduga pelaku, penculikan yang membawa korban inisial M dengan menggunakan bajaj," tuturnya di Jakarta, Minggu (1/1/2023).

Baca Juga: Ingat Pemulung Viral Karena Ngaji di Emperan Toko Hingga Jadi Anak Angkat Syekh Ali Jaber? Begini Nasibnya Sekarang Usai Ditinggal Pergi Sang Ulama

Komaruddin menjelaskan, jajarannya telah mengembangkan kasus dan memeriksa sejumlah saksi.

Dari hasil pemeriksaan saksi tersebut, kata dia, polisi mendapat ciri fisik pelaku yang tertangkap di CCTV. Kemudian dicocokkan kepada para saksi.

Saksi tersebut yakni pengepul barang bekas, pembeli gerobak yang dijual pelaku, keluarga korban, dan keluarga pelaku.

"Orangtua korban mengenal yang bersangkutan dengan nama Yudi kemudian kami juga sisir ke kelompok pengumpul barang bekas di mana mereka mengenal pelaku dengan nama Herman," ungkapnya.

Herman kata Komarudin bekerja sebagai pemulung. Pelaku mengepul barang bekas dengan gerobak.

"Kami berhasil amankan gerobaknya yang dijual di Pasar Senen, menurut pembeli kisaran jam 7 pagi dijual Rp400.000, ini sudah kita mintai keterangan Ibu MR," ucapnya.

"Kemudian kami juga menemukan foto atau rekaman CCTV yang menggambarkan terduga pelaku yang tinggal tidurnya pindah tempat, kadang di pinggir toko, kita juga menyisir dari tangkapan CCTV kita temukan wajah, Herman alias Yudi di ruko jalan industri Sawah Besar," terang Komarudin.

Polisi kemudian juga berhasil mendapatkan KTP pelaku yang bernama asli Iwan Sumarno, kelahiran 1980 dan beralamat tinggal di Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

"Kita juga ke keluarga korban di Rorotan, dimana di lingkungan Rorotan dikenal dengan nama Jeki," ungkapnya. Saat ini, indentitas pelaku telah disebar.

Baca Juga: Blusukan Tempat Kumuh Jakarta Jadi Bahan Nyinyiran, Warga Kolong Jembatan yang Dipindah Risma Malah Meninggal, Ini Penjelasannya

Istimewa

Motif pemulung menculik bocah perempuan di Jakpus dikantongi polisi. Foto tampang pelaku yang mantan narapidana bikin geram.

Sampai saat ini, pihak kepolisian masih mendalami motif pelaku menculik korban.

"Saat ini masih kita kembangkan, termasuk pelaku kita bawa ke Polres Metro Jakpus untuk kita mintai keterangan motif dari pelaku menbawa korban sampai dengan hari ini," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin, kepada wartawan di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (3/1/2023).

Komarudin mengatakan sejauh ini pihaknya baru mengetahui bahwa pelaku selalu membawa korban saat beraktivitas. Dia menyebut pelaku juga tetap memulung sambil membawa korban.

"Sementara dari keterangan awal terduga pelaku menyampaikan ya aktivitasnya masih sama seperti aktivitas pada saat berada di Sawah Besar, melakukan pengumpulan barang barang bekas di satu tempat ke tempat lain dengan juga menyertakan korban," ucapnya.

Komarudin menyampaikan selama ini korban disembunyikan pelaku di dalam gerboak. Namun, kata dia, pelaku berpindah-pindah tempat.

"Memang diletakkan di dalam gerobak, tidurnya pun berpindah-pindah," ujar dia.

Baca Juga: Iseng-iseng Foto Bocah Ngaji di Trotoar, Siapa Sangka Karya Visual Tukang Parkir Ini Bisa Ubah Nasib Sang Pemulung Malang

Istimewa

Motif pemulung menculik bocah perempuan di Jakpus dikantongi polisi. Foto tampang pelaku yang mantan narapidana bikin geram.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya