Vote Foto Makin Gampang, Ini Cara Membuat Polling di WhatsApp Terbaru

Jumat, 18 November 2022 | 19:22
Istimewa

Vote untuk menentukan foto pilihan sekarang jadi makin gampang. Begini cara membuat polling di WhatsApp terbaru.

Fotokita.net - WhatsApp telah merilis fitur barunya, yaitu fitur polling atau jajak pendapat. Dengan begini, vote foto pilihan makin gampang. Nah, ini cara membuat polling di WhatsApp terbaru.

Fitur Polling hadir di grup percakapan (WA grup) dan percakapan personal WhatsApp, Kamis (17/11/2022).

Fitur Polling di WhatsApp bisa diakses melalui menu attachment/lampiran (ikon penjepit kertas). Seperti namanya, Polling memungkinkan seseorang membuat daftar pilihan.

Di grup WA, anggota grup dapat memilih opsi yang tersedia sesuai dengan pilihannya. Kemunculan fitur Polling di WhatsApp mempermudah sejumlah anggota dalam grup ketika ingin mengambil keputusan.

Misalnya, menentukan pilihan foto tempat wisata, foto yang akan tayang di media sosial, waktu pertemuan rapat, titik temu, menu makan siang, dan masih banyak lagi. Keputusan yang ditentukan juga bisa lebih efektif dan menghemat waktu.

Apalagi jika di dalam grup tersebut terdapat puluhan hingga ratusan anggota. Kini, setiap pengguna hanya perlu memilih opsi jawaban yang tersedia sesuai dengan keinginan.

Ditambah, proses pengumpulan data dari jawaban yang diberikan dapat langsung terkumpul dalam satu bubble chat (gelembung chat) saja. Pengguna tidak perlu repot-repot menggulir layar ruang obrolan untuk merangkum seluruh jawaban anggota grup.

Pengguna WhatsApp Android versi 2.22.23.7 dan iOS versi 22.23.74 sudah dapat menjajal fitur polling baru ini.

Tidak hanya itu, pengguna dari WhatsApp Web ataupun WhatsApp desktop juga sudah mendapat fitur polling ini.

Sebelumnya, kabar ini sempat terendus olehWABetaInfo, situs yang kerap membocorkan fitur-fitur WhatsApp. Fitur polling untuk percakapan pribadisedang diuji coba kepada sejumlah pengguna lewat pembaruanWhatsApp beta Android versi 2.22.23.12.

Baca Juga: Gagal Unggah Foto dan Video Facebook, IG dan WhatsApp Down Lebih dari 8 Jam, Ini Penyebabnya

Namun, seperti dibagikan warganet Twitterpada Senin (14/11/2022), fitur baru ini sudah dapat dinikmati sejumlah pengguna, baik untuk grup maupun percakapan pribadi.

Warganet tersebut pun menanyakan cara membuat jajak pendapat seperti dalam gambar di unggahannya. "guys sender baru tau wasap ada fitur begini, cara bikinnya gimana yaa?" tanya warganet.

Kendati begitu, beberapa pengguna masih mengeluhkan belum mendapatkan fiturpolling, meski sudah melakukanupdate aplikasi WhatsApp.

WhatsAppmendeskripsikan fiturpolling sebagai cara sederhana untuk mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawaban secara waktu nyata dalam percakapan grup.

Kendati begitu, pembuatan jajak pendapat dalam ruang obrolan WhatsApp berlaku pula untuk percakapan pribadi. Khusus untuk grup, setiap anggota yang sudah dilengkapi dengan fitur ini dapat membuat jajak pendapat.

Oleh karena itu, pembuatanpolling tidak hanya terbatas pada admin grup saja. Pantauan Kompas.com, pengguna dapat menambahkan maksimal 12 pilihan pada satupolling.

Pilihan atau opsi ini juga dapat diurutkan sesuai kebutuhan pengguna. Untuk mengisipolling, pengguna lain hanya perlu mengklik opsi sesuai keinginannya. Pengguna juga dapat memilih lebih dari satu opsi.

Selanjutnya, hasil jajak pendapat akan diperbarui secara otomatis setiap kali ada suara baru maupun saat pengguna menarik suaranya.

Cara membuat polling di WhatsApp terbaru

Berikut cara membuatpollingpada percakapan grup maupun pribadi:

Baca Juga: Tolak Kebijakan Baru WhatsApp, Pengguna Tak Lagi Bisa Berbagi Foto

Business insider

Vote untuk menentukan foto pilihan sekarang jadi makin gampang. Begini cara membuat polling di WhatsApp terbaru.

- Buka ruang obrolan

- Klik ikon "Lampirkan" atau "Attach" yang ada di pojok kanan bawah, sebelah ikon kamera.

- Klik "Polling" atau "Poll", dan laman WhatsApp akan menampilkan halaman "Buat Polling" atau "Create Poll".

- Selanjutnya, ketik pertanyaan di kolom "Pertanyaan" atau "Question".

- Masukkan pilihan atau opsi pada kolom "Opsi" atau "Option".

- Kolom opsi akan otomatis bertambah sampai batas maksimal 12 opsi.

- Untuk mengganti urutan, ketuk dan tahan ikon garis pada opsi dan geser.

- Setelah selesai, klik ikon "Kirim" atau "Send" di kanan bawah.

Untuk menanggapipolling, pengguna hanya perlu mengetuk atau mengklik opsi sesuai keinginan.

Sementara saat ingin mengganti tanggapan, klik ulang opsi untuk menghapusnya. Selanjutnya, ketuk opsi lain yang berbeda dari pilihan pertama.

Adapun untuk melihat hasil atau siapa yang memberikan suara, pengguna dapat mengklik "View votes" atau "Lihat pilihan".

Baca Juga: Lagi Jadi Omongan, Ini 5 Fakta di Balik Pesan WhatsApp Soal Privasi Data, Pengguna Malah Kabur

Kompascom

Vote untuk menentukan foto pilihan sekarang jadi makin gampang. Begini cara membuat polling di WhatsApp terbaru.

Hasil ini tidak hanya dapat dilihat oleh pembuat jajak pendapat, tetapi juga semua pengguna di ruang obrolan.

Ketika fitur tersebut dikirim ke ruang obrolan grup, anggota lain bisa langsung memilih jawaban yang tersedia. Jawaban yang dipilih bisa lebih dari satu, bahkan peserta bisa memilih seluruh jawaban dari opsi yang tersedia.

Pesan Polling yang dibuat dapat dipilih oleh pembuat polling, di-reply dengan menggeser gelembung chat tersebut ke arah kanan, diberi reaksi (emoji reactions), layaknya pesan pada umumnya. Namun tidak bisa diteruskan (forward) ke percakapan lain.

Adapun polling tersebut juga memungkinkan peserta untuk menarik jawaban vote yang sudah dipilih, alias undo jawaban vote. Lalu, polling juga tidak dibatasi oleh tenggat waktu, sehingga bisa dikatakan voting tersebut terbuka dan bisa dipilih setiap saat.

Namun, kendala yang ditemukan adalah polling yang sudah dibuat dan dikirim ke ruang obrolan sudah tidak dapat lagi di-edit ulang. Misalnya, menambahkan opsi jawaban lain.

Sehingga untuk menambah opsi jawaban lain, pengguna harus kembali membuat ulang polling yang sebelumnya sudah dikirimkan ke ruang obrolan. Berbeda dengan platform perpesanan instan lainnya, seperti LINE, yang memungkinkan penggunanya untuk menambah opsi jawaban polling yang sudah dikirim

Fitur “Komunitas”

Selain menghadirkan fitur “Polling”, perusahaan juga menggulirkan fitur “Komunitas” di Indonesia fitur tersebut ditandai dengan ikon tiga karakter orang di ujung kiri tampilan utama Whatsapp, bersebelahan dengan tab Chat.

Komunitas ini berfungsi sebagai fitur yang menghubungkan beberapa grup Whatsapp dengan minat atau topik yang berkaitan. Misalnya, beberaa grup karyawan antar divisi yang dapat digabungkan menjadi satu grup besar.

Sama seperti konsep grup WhatsApp pada umumnya, admin memiliki kendali yang besar karena dapat mengirimkan informasi ke semua anggota yang terhubung di Komunitas.

Admin juga dapat menambahkan grup atau anggota secara personal untuk tergabung ke dalam Komunitas. Akan tetapi, admin Komunitas tidak dapat menjadikan anggota lainnya sebagai admin tambahan.

Baca Juga: WhatsApp Kita Disadap Orang Lain? Begini 5 Tanda Akun WA Lagi Dipantau Tanpa Izin

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya