Foto Penampakan Mobil Hasil Tipu Mahasiswa IPB, Pelaku Bikin Hati Korban Luluh Karena Cara Ini

Jumat, 18 November 2022 | 17:43
Kompascom

Pelaku yang menipu ratusan mahasiswa IPB membeli mobil dengan cara kredit. Hati korban luluh karena cara ini.

Fotokita.net - Inilah foto penampakan mobil milik Siti Aisyah Nasution (SAN) dari hasil menipu ratusan mahasiswa IPB University. Mobil yang dibeli secara kredit ini dibayari dengan uang pinjol mahasiswa IPB.

SAN ditangkap di Perumahan Kebun Raya Residence, Ciomas, Kabupaten Bogor, pada Kamis (17/11/2022) dini hari. SAN tidak melakukan perlawanan saat ditangkap polisi. Kini, dia ditetapkan sebagai tersangka kasus penipuan berkedok investasi bodong.

Pelaku bikin hati korban luluh dengan cara ini.Menurut pengakuan tersangka, pelaku menilap uang para mahasiswa di Bogor untuk menutupi sejumlah utang. Namun polisi belum mengetahui persis jumlah utang yang dimiliki SAN.

"Pengakuannya banyak utang, kebutuhan pribadi hingga cicilan mobil," kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin Jumat (18/11/2022). Polisi masih mendalami penipuan yang dilakukan SAN. Dia menduga SAN terlilit utang pinjol.

Polisi mengungkap SAN diduga menipu dengan modus tawaran investasi. Tersangka menjanjikan keuntungan 10 persen ke para mahasiswa di Bogor itu. "Menawarkan investasi dengan keuntungan 10 persen," kata Iman kepada wartawan.

Dalam kasus ini, SAN bermodus menawarkan kerjasama investasi kepada korban yang kebanyakan mahasiswa. Namun polisi menyatakan toko yang ditawarkan sebagai investasi kepada mahasiswa tidak ada.

"Pelaku menawarkan kerja sama, kemudian dengan iming-iming keuntungan 10 persen. Namun toko online yang sebagaimana ditawarkan itu ternyata tidak ada atau bukan yang bersangkutan," kata dia.

Siti Aisyah Nasution menggunakan sebagian uang hasil kejahatannya untuk kepentingan pribadi. Salah satunya untuk membayar cicilan mobil yang dibelinya secara kredit.

"Untuk uang hasil kejahatan digunakan pelaku untuk kebutuhan pribadi, sebagian lagi digunakan untuk beli kendaraan bermotor dan sebagian lagi untuk tutupi utang (pinjol) dari korban, jadi gali lubang tutup lubang," kata AKBP Iman Imanuddin.

Baca Juga: Foto Sosok Penipu Ratusan Mahasiswa IPB Beredar, Ketua RT Bongkar Tabiat Ganjil Pelaku

Dalam penangkapan Siti Aisyah Nasution, turut diamankan satu unit mobil yang disebut-sebut sebagai bagian dari kejahatan. Foto penampakan mobil hasil menipu ratusan mahasiswa IPB bisa dilihat di artikel ini.

Mobil itu dibeli dengan cara kredit. Sedangkan untuk membayar biaya cicilan setiap bulan, pelaku menggunakan uang yang dikuasai dari korban dengan total kerugiannya mencapai Rp 2,3 miliar.

"Jadi kesemua uang hasil dari kejahatan ini digunakan untuk gali lubang tutup lubang. Yang kedua, untuk kehidupan dia pribadi, makan dan lain lain, dan setiap makan dengan calon korban, dia beliin minum, dia yang bayarin makan, ketemu di kafe dan lain-lain. Ketiga, uang digunakan ada yang untuk cicilan, baik mobil maupun utang pinjol tadi," beber Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Yohanes Redhoi Sigiro.

Tersangka Siti Aisyah Nasution sudah beraksi melakukan penipuan dan penggelapan sejak Februari 2022. Total korban yang melakukan pelaporan ke Polres Bogor sebanyak 317 orang dengan total kerugian mencapai Rp 2,3 miliar.

Sebagian besar korban merupakan mahasiswa di beberapa perguruan tinggi di Bogor, yang 116 di antaranya mahasiswa IPB.

Dalam aksinya, Siti Aisyah mengajak kerja sama dalam bisnis online. Ratusan korbannya diperdaya dengan iming-iming keuntungan 10-15 persen dari setiap transaksi pinjaman online (pinjol). Uang hasil pinjol kemudian diserahkan ke pelaku dengan perjanjian cicilan setiap bulan dibayar pelaku.

Namun kemudian janji bayar cicilan utang tidak ditepati sehingga ratusan korbannya 'diteror' penagih utang. Merasa ditipu, ratusan mahasiswa kemudian melaporkan Siti Aisyah ke Polresta Bogor Kota dan Polres Bogor.

Kini Siti Aisyah sudah ditangkap. Ia juga sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Bogor dengan sangkaan Pasal 372 dan 378 KUHP tentang penipuan dan penggelapan.

Sebelumnya, Wakil Rektor (WR) 1 Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB, Drajat Martianto mengungkapkan siapa sosok Siti Aisyah Nasution (SAN).

Baca Juga: Coba Bunuh Diri, Foto Penusuk Mahasiswa Unpad Tanpa Masker Disebarkan

Detik

Pelaku yang menipu ratusan mahasiswa IPB membeli mobil dengan cara kredit. Hati korban luluh karena cara ini.

Drajat mengatakan, SAN bukanlah mahasiswa atau alumni kampus IPB. SAN adalah seorang pengusaha yang memiliki toko online.

"Dengan toko online itulah, dia memanfaatkan situasi untuk menjerat mahasiswa-mahasiswa agar bekerja sama dengan yang bersangkutan," kata Drajat Martianto, Rabu (16/11/2022).

Pelaku menjerat korban dengan iming-iming bagi hasil 10 persen. Syaratnya, para mahasiswa harus mengajukanpinjaman onlineterlebih dulu agar bisa membeli produk di toko online SAN.

Cara ini dilakukan SAN untuk meningkatkan rating toko yang dimilikinya.

Kerjasama antara terduga pelaku SAN dengan para korban bahkan dituangkan di atas materai. Hal inilah yang membuat ratusan mahasiswa IPBpercaya.

"Ini kenapa mahasiswa kemarin tergiur dan percaya pada yang bersangkutan? ini kan perjanjiannya kerjasama, ini ada perjanjian hitam di atas putih, ada di atas meterai. Jadi mahasiswa yang mungkin agak kurang percaya, tapi karena merasa terlindungi perjanjian itu jadi mereka berani," imbuh Drajat Martianto.

Lebih lanjut, Drajat mengatakan, pelaku SAN aktif melakukan pendekatan dan menawarkan bisnisnya pada para mahasiwa.

"Yang bersangkutan juga aktif melakukan upaya-upaya pendekatan. Dia melakukan pertemuan-pertemuan di berbagai tempat dengan mahasiswa," ujar Drajat.

Sayangnya, janji bagi hasil sebesar 10 persen tak ditepati terduga pelaku SAN. "Toh kalau ada, hanya sebagian," kata Drajat.

Sementara sisa dana yang diterima dari pinjoljustru diterima oleh pelaku yang menjanjikan pinjaman akan dilunasi.

"Kenyataannya tidak terjadi seperti itu (tidak dilunasi -red)," ujar Drajat. Lantaran terduga pelaku tak melunasi pinjol, para mahasiswa IPB akhirnya ditagih debt collector untuk melunasi pinjaman tersebut.

Baca Juga: Gak Punya Malu! Foto Sosok Pengemis Baju Koko Digeruduk Dinsos, Berkelit Bawa Mobil Berisi Kardus

Beritasatu

Pelaku yang menipu ratusan mahasiswa IPB membeli mobil dengan cara kredit. Hati korban luluh karena cara ini.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya