Cara Foto Keren Pakai iPhone 13 Pro, Hasilnya Benar-benar Bikin Takjub

Kamis, 17 November 2022 | 23:35
Istimewa

cara foto keren pakai iPhone 13 Pro. Hasilnya benar-benar bikin kita takjub!

Fotokita.net - Berikut ini adalah informasi mengenai cara foto keren dengan memakai kamera iPhone 13 Pro. Hasilnya, benar-benar bikin takjub!

Cara foto keren memakaikamera iPhone 13 Pro dapat sangat membantu Anda mendapatkan bidikan yang luar biasa dengan smartphone Apple yang paling kuat.

IPhone 13 Pro mengemas salah satu kamera terbaik yang tersedia di ponsel, atau lebih tepatnya empat dari yang terbaik, dan kamera adalah salah satu area yang paling banyak mengalami peningkatan.

Pada 13 Pro dan 13 Pro Max yang lebih besar, Anda mendapatkan tiga kamera di belakang dan satu di depan. Di belakang, ada 12MP wide.5, 12MP telephoto dengan 3x optical zoom dan 12MP ultrawide. Di bagian depan, Anda memiliki lebar 12MP.

Itu banyak angka, tetapi apa yang dapat Anda lakukan dengan mereka? Nah, dengan beberapa tip kamera iPhone 13 Pro, Anda dapat membuat rangkaian fotografi berkualitas profesional, mulai dari potret hingga video kreatif, bahkan dalam kondisi cahaya redup.

Mode potret menawarkan fleksibilitas yang tinggi dan mode makro yang baru juga mengesankan untuk pengambilan gambar detail dari hal-hal close-up seperti makanan, serangga, atau tanaman. Anda juga dapat memotret dalam format ProRAW, yang bagus jika Anda melakukan pekerjaan pasca produksi.

Secara keseluruhan, iPhone 13 Pro memiliki banyak alat kamera yang dapat membantu Anda menghasilkan bidikan yang fantastis, tetapi Anda mungkin belum tentu menemukannya jika Anda mengeluarkan ponsel dari kotaknya dan mulai memotret.

Dalam panduan kami di bawah ini, kami menguraikan cara foto keren memakai kamera iPhone 13 Pro untuk membantu Anda mendapatkan yang terbaik dari perangkat Anda.

Cara Foto Keren Memakai Kamera iPhone 13 Pro

IPhone 13 menawarkan berbagai alat untuk meningkatkan bidikan Anda, mulai dari mode malam yang ditingkatkan, mode potret, dan mode makro hingga gaya fotografi yang memungkinkan Anda menemukan tampilan khas untuk bidikan Anda. Berikut tips kami untuk mendapatkan hasil maksimal dari kamera iPhone 13.

Baca Juga: Biar Bisa Kosong, Begini Cara Menghapus Foto yang Tersimpan di iCloud

Istimewa

cara foto keren pakai iPhone 13 Pro. Hasilnya benar-benar bikin kita takjub!

1. Mengenal lensa iPhone 13 Pro

Nilai jual besar kamera iPhone 13 Pro adalah banyak lensanya, dengan threesome serbaguna di bagian belakang. Seperti yang kami sebutkan, Anda mendapatkan lebar 12MP (f/1.5), telefoto 12MP (f/2.8) dengan zoom optik 3x dan ultra lebar 12MP (120 derajat f/1.8). Trik kamera iPhone 13 Pro terbaik yang dapat kami berikan kepada Anda adalah mengenal lensa-lensa ini dan kegunaan masing-masing lensa.

Untuk potret, lensa sudut lebar dan lensa telefoto dapat berguna (untuk beralih di antaranya, ketuk opsi Potret, dan ketuk 1x atau 3x di pojok kiri bawah).

Telefoto 3x juga bagus untuk menonjolkan objek yang mengesankan seperti bangunan dalam pemandangan, mengisolasinya dari elemen lain yang mengganggu (Anda mungkin perlu melangkah mundur untuk menyesuaikan subjek Anda dalam bingkai).

Ultrawide, sementara itu memiliki fitur pemfokusan makro yang bisa mendapatkan bidikan detail close-up yang bagus seperti yang akan kita lihat di bawah.

Kamera ultra lebar dan kamera depan dapat membuat distorsi barel di tepi gambar, jadi salah satu tip kamera iPhone Pro adalah mengaktifkan koreksi lensa.

Buka Pengaturan > Kamera dan aktifkan sakelar Koreksi Lensa. Lihat kiat fotografi ponsel cerdas kami untuk petunjuk selengkapnya tentang memotret dengan ponsel secara umum.

Istimewa

cara foto keren pakai iPhone 13 Pro. Hasilnya benar-benar bikin kita takjub!

2. Bidik dalam ProRAW

Fitur hebat iPhone 13 Pro untuk fotografer profesional dan antusias yang melakukan pengeditan pascaproduksi adalah kemampuan untuk memotret dalam format ProRAW.

Ini meniru tampilan gambar RAW, mempertahankan lebih banyak detail daripada yang Anda dapatkan dengan gambar HEIC atau JPEG terkompresi.

Gambar ProRAW akan menjadi file BESAR – sekitar 25MB untuk setiap gambar, Anda mungkin mendapati ponsel Anda cepat penuh, tetapi mereka membuka lebih banyak kemungkinan untuk mengedit bidikan Anda nanti dalam program seperti Photoshop atau Lightroom.

Baca Juga: Cara Melihat Foto yang Disimpan ke iCloud Secara Cepat dan Mudah

Istimewa

cara foto keren pakai iPhone 13 Pro. Hasilnya benar-benar bikin kita takjub!

Meskipun iPhone menawarkan opsi pengeditan seperti tongkat sihir edit Otomatis dan opsi pengeditan biasa, mereka tidak akan memberi Anda fleksibilitas yang Anda dapatkan dengan pengeditan profesional pada file beresolusi tinggi yang mempertahankan lebih banyak detail dalam bayangan dan sorotan.

File ProRAW yang lebih besar memungkinkan Anda menyelamatkan area yang terlalu terang atau mengembalikan visibilitas dalam bayangan gelap.

Untuk mengaktifkan ProRAW, buka Pengaturan > Kamera > Format dan di bawah bagian Pengambilan Foto yang baru, Anda akan menemukan toggle. Setelah diaktifkan, Anda akan melihat tombol RAW baru di kanan atas, yang sekarang memungkinkan Anda beralih dengan cepat antara ProRaw dan JPEG.

Jika Anda tidak yakin program apa yang digunakan untuk mengedit gambar ProRAW setelahnya, lihat panduan kami untuk perangkat lunak pengedit foto terbaik.

3. Temukan tampilan khas dengan Fitur Gaya Fotografi

Jika Anda tidak melakukan pascaproduksi, Anda masih dapat membuat gaya visual khas dengan kamera iPhone 13 Pro. Fitur Gaya Fotografi yang baru memungkinkan Anda untuk menentukan gaya sebelum Anda memotret, seperti filter yang diterapkan sebelum dan bukan setelah mengambil bidikan.

Ada empat Gaya Fotografi prasetel yang dapat dipilih (Kontras Kaya, Bersemangat, Hangat, dan Sejuk), dan semuanya dapat disesuaikan untuk menemukan keseimbangan nada dan kehangatan yang Anda cari. Untuk memulai, buka aplikasi

Kamera dalam mode foto, geser ke atas dari bawah dan ketuk ikon dengan tiga kotak. Anda kemudian dapat menggesek Gaya Fotografi.

Penggeser Nada dan Kehangatan muncul di bawah jendela bidik saat Anda memilih gaya – telepon akan mengingat setiap perubahan yang Anda buat di sini, mempertahankannya hingga Anda mengubahnya lagi.

Trik kamera iPhone Pro 13 tambahan di sini: jika Anda menemukan gaya yang Anda suka dan ingin mengadopsinya sebagai tanda tangan, Anda dapat mengaturnya sebagai default: Buka aplikasi Pengaturan iPhone Anda, gulir ke bawah ke Kamera dan temukan opsi Gaya Fotografi. Ketuk untuk memilih gaya mana yang ingin Anda potret dan secara otomatis akan dipilih setiap kali Anda membuka kamera.

Baca Juga: Cara Melihat Foto yang Disimpan ke iCloud Secara Cepat dan Mudah

Istimewa

cara foto keren pakai iPhone 13 Pro. Hasilnya benar-benar bikin kita takjub!

4. Matikan mode malam otomatis

Mode Malam di iPhone 13 Pro sangat mengesankan dan merupakan peningkatan besar-besaran pada versi sebelumnya, tetapi untuk bidikan terbaik, Anda mungkin tidak menginginkannya bekerja setiap kali Anda berada dalam situasi cahaya redup.

Kadang-kadang, itu membuat bidikan malam hari terlihat seperti tidak diambil pada malam hari sama sekali, yang seringkali bukan yang Anda inginkan. Ini juga dapat menyebabkan gambar buram jika Anda mencoba memotret subjek yang bergerak.

Anda dapat mematikan Mode Malam setiap kali Anda berada di aplikasi kamera, tetapi itu akan segera mengganggu jika Anda harus melakukannya setiap kali Anda mengambil bidikan dalam kegelapan.

Sebagai gantinya, kami sarankan untuk mematikan Mode Malam otomatis sama sekali sehingga Anda dapat mengaktifkannya saat Anda menginginkannya dengan mengetuk ikon Mode Malam (bulan). Buka aplikasi Pengaturan > Kamera > Pertahankan Pengaturan dan alihkan sakelar Mode Malam.

5. Mendekatlah

Kemajuan besar lainnya yang ditawarkan oleh kamera iPhone 13 Pro adalah pengenalan pemfokusan makro untuk bidikan close-up yang sangat detail. Pemfokusan makro telah diperkenalkan pada lensa ultrawide baik dalam mode foto maupun video, termasuk gerak lambat dan selang waktu.

Anda dapat memanfaatkan ini dengan sangat baik dengan memainkan bidikan bunga, serangga, tekstil, dan apa pun yang biasanya terlalu kecil untuk dibidik menggunakan telepon. Letakkan utama sedekat mungkin ke tengah bingkai Anda dan ketuk untuk memilih titik fokus tertentu, lalu pilih antara pembesaran x,5 dan x1.

Secara default, Anda akan menemukan bahwa Kontrol Makro dimatikan dan akan aktif secara otomatis saat Anda berada dalam jarak 14 cm dari subjek.

Jika Anda ingin mematikan pemfokusan makro otomatis untuk memberi Anda lebih banyak kontrol, buka Pengaturan> Kamera> Kontrol Makro. Simbol Makro (bunga) kemudian akan muncul di sudut kiri bawah untuk memungkinkan Anda menyalakan dan mematikannya.

Baca Juga: Cara Foto Keren dengan Kamera HP Oppo A77s Wajib Aktifkan Fitur Ini

6. Rekam video lebih fleksibel dengan mode Cinematic

Mode Cinematic iPhone 13 sangat menyenangkan bagi para videografer, memungkinkan Anda untuk mengubah fokus dalam video saat merekam. Anda dapat memotret dalam mode Sinematik dengan membuka mode video dan memilih opsi Sinematik di bagian bawah jendela bidik di atas tombol rana.

Geser ke atas pada jendela bidik (atau geser dari kanan ke kiri jika Anda memegang ponsel secara horizontal) dan Anda kemudian dapat menyesuaikan kedalaman dengan mengetuk 'f' dan eksposur dengan mengetuk lingkaran bertanda + -.

Mulai merekam lalu ketuk subjek di jendela bidik untuk mengubah fokus saat Anda merekam. Anda dapat mengetuk dua kali untuk melacak subjek secara otomatis atau Anda dapat menyentuh dan menahan untuk mengunci fokus pada jarak tertentu.

Ini adalah tip kamera iPhone 13 Pro yang bagus untuk pembuat konten dan YouTuber, memungkinkan penerapan efek kreatif yang mudah seperti masuk ke fokus atau mengalihkan fokus antar subjek.

Trik cepat lainnya di sini. Anda mungkin menemukan bagian dari subjek Anda tidak fokus dengan kedalaman bidang yang dangkal, jadi tekan tombol f itu dan tingkatkan kedalamannya menjadi sekitar 5,8, Anda mungkin akan menemukan subjek yang dekat dalam fokus sambil tetap mengaburkan latar belakang.

Perhatikan bahwa iPhone 13 Pro dapat memotret dalam Dolby Vision hingga 4K pada 60fps tetapi ini tidak diaktifkan sebagai default karena jumlah penyimpanan yang digunakannya. Tetapi jika Anda ingin merekam video dengan kualitas terbaik, buka Pengaturan > Kamera > Rekam Video dan pilih 4K pada 60fps. Bagian yang sama juga memungkinkan Anda mengaktifkan HDR.

7. Sesuaikan kedalaman bidang video setelah perekaman video

Mode sinematik juga memungkinkan Anda mengubah kedalaman bidang dan fokus SETELAH Anda merekam video. Ini adalah pengubah permainan untuk pascaproduksi di iPhone itu sendiri.

Untuk mengubah kedalaman video Sinematik setelah Anda merekamnya, pilih video di aplikasi Foto, pilih Edit dan ketuk 'f' (perhatikan bahwa perubahan akan diterapkan ke seluruh video.

Anda juga dapat mengedit titik fokus setelah merekam. Saat Anda menggosok video, titik fokus ditunjukkan dengan kotak kuning sementara subjek potensial lainnya yang dikenali akan memiliki kotak putih di sekelilingnya – Anda dapat mengetuk kotak putih tersebut untuk mengubah titik fokus ke subjek tersebut.

Baca Juga: Cara Foto Bokeh di HP Oppo A96 Cukup Pakai Trik Ini, Sayang Ada Kekurangannya

Istimewa

cara foto keren pakai iPhone 13 Pro. Hasilnya benar-benar bikin kita takjub!

Anda juga dapat mencoba mengetuk objek lain di dalam bingkai. Seperti saat merekam, Anda dapat mengetuk dua kali untuk menyetel pelacakan fokus otomatis atau sentuh dan tahan untuk mengunci fokus pada jarak tertentu. Ketuk tombol fokus untuk beralih bolak-balik antara pelacakan fokus otomatis dan titik fokus pilihan Anda sendiri.

8. Gunakan Live Photo untuk memotret eksposur lama

Trik kamera iPhone 13 Pro yang rapi adalah Anda dapat merekam video cepat dalam mode foto. Sebenarnya ada dua cara untuk melakukan ini. Anda dapat menekan Live Photo di kanan atas (ikon target yang terdiri dari tiga lingkaran konsentris) untuk merekam foto bergerak.

Ini kemudian memberi Anda opsi untuk mengulang atau memantul (klik Bagikan dan Simpan sebagai video untuk menyimpan rekaman yang dihasilkan dalam format video yang dapat Anda gunakan di tempat lain).

Namun yang paling menarik, Anda juga dapat mengubah Live Photo menjadi long exposure, yang merupakan cara alternatif yang bagus untuk mendapatkan bidikan malam hari yang mengesankan dengan aliran cahaya atau gerakan buram dalam bidikan subjek bergerak seperti air terjun (kami sarankan menggunakan tripod kecil untuk menahannya). kamera Anda stabil).

Untuk mengedit Live Photo, temukan dan buka di album Live Photos di ponsel Anda dan tekan ikon Live Photo. Ini akan memunculkan opsi untuk mengulang, memantul, atau membuat eksposur panjang.

Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda juga dapat merekam video dalam mode Foto di iPhone 13 Pro dengan menahan tombol rana. Setelah memotret, Anda dapat menggeser jari ke atas untuk memperbesar dan memperkecil untuk memperkecil, sebuah fitur yang sebenarnya tidak diaktifkan dalam mode video itu sendiri.

Jika Anda ingin merekam video lebih lama dan tidak ingin terus menekan jari, cukup geser tombol rana ke kanan. Anda kemudian dapat menghapus jari Anda dan video akan terus merekam, memungkinkan Anda juga menekan tombol untuk mengambil foto pada saat yang bersamaan.

Istimewa

cara foto keren pakai iPhone 13 Pro. Hasilnya benar-benar bikin kita takjub!

9. Buat pintasan kamera iPhone 13 Pro

Tidak perlu banyak waktu untuk membuka aplikasi kamera iPhone 13 Pro Anda dan mulai memotret, tetapi penundaan kecil masih cukup lama untuk melewatkan bidikan jika terjadi sesuatu dengan cepat, terutama jika Anda mengambil bidikan jalanan secara spontan. Pintasan iPhone yang dapat diprogram dapat membantu di sini.

Pengaturan Pintasan memungkinkan Anda menggabungkan beberapa tindakan ke dalam satu perintah sehingga, misalnya, Anda dapat mengatur ponsel untuk membuka aplikasi kamera, mulai merekam video, dan menyimpan video, saat Anda mengetuk dua kali di bagian belakang perangkat. Untuk menyiapkan pintasan baru, buka aplikasi Pintasan dan ketuk simbol '+'. Anda juga dapat menggunakan Siri untuk mengontrol kamera Anda.

Baca Juga: Cara Foto Keren dengan Kamera HP Oppo A77s Wajib Aktifkan Fitur Ini

10. Sesuaikan Kedalaman dan Pencahayaan dalam mode Potret

IPhone 13 Pro sangat bagus untuk bidikan potret yang hampir mirip DSLR, tetapi untuk mendapatkan hasil maksimal dari mode Potret, Anda perlu melakukan sedikit mengutak-atik. Jangan mengabaikan Penyesuaian Kedalaman dan Efek Pencahayaan untuk menghasilkan bidikan yang benar-benar menakjubkan.

Saat Anda dalam mode Potret dan subjek Anda dibingkai, Anda akan menemukan tombol Penyesuaian Kedalaman ('f') di sudut kanan atas layar. Ketuk di sana, dan penggeser akan muncul di bawah bingkai (Anda juga dapat menyempurnakannya setelah mengambil bidikan).

Untuk Efek Pencahayaan, Anda dapat menyesuaikan posisi dan intensitas setiap efek, misalnya untuk mencerahkan mata dan fitur wajah. Pilih mode Potret dan Anda akan melihat korsel dengan enam Efek Pencahayaan di bagian bawah layar.

Ketuk ikon (secara default, itu akan menyala Natural Light), dan Anda akan dapat memutar carousel untuk memilih efek yang Anda inginkan.

Saat Anda memilih efek, ketuk tombol Kontrol Potret di bagian atas layar untuk membuka penggeser Pencahayaan Potret di bawah bingkai sehingga Anda dapat menyempurnakan efeknya.

Sekali lagi, Anda juga dapat menyesuaikan ini setelah mengambil bidikan. Studio Light akan mencerahkan subjek Anda, sementara Contour Light akan menciptakan kontras yang lebih dramatis antara sorotan dan bayangan.

11. Simpan pengaturan kamera iPhone 13 Pro Anda

Tip kamera iPhone 13 Pro terakhir kami adalah menyimpan pengaturan pilihan Anda. Setelah Anda menemukan pengaturan yang Anda sukai dan gunakan lebih sering, Anda dapat menyesuaikan kamera iPhone 13 Pro untuk mengingatnya agar Anda tidak perlu menyesuaikannya secara manual setiap kali Anda meluncurkan aplikasi Kamera.

Cukup buka aplikasi Pengaturan > Kamera > Pertahankan Kamera dan sesuaikan pengaturan semau Anda, dari rasio aspek hingga pengaturan mode Malam atau yang lainnya.

Tentu saja, Anda mungkin tidak ingin menggunakan pengaturan yang sama selamanya, tetapi dengan mudah Anda juga dapat mengatur iPhone 13 Pro atau Pro Max untuk mempertahankan pengaturan kamera yang Anda terapkan saat terakhir kali menggunakan aplikasi kamera. Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Kamera > Pertahankan Kamera dan aktifkan pengaturan yang ingin Anda pertahankan.

Baca Juga: Ikuti Trik Jitu Ini, 4 Cara Memperbaiki Foto Blur di Kamera iPhone

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya