Cara Foto Seluruh Tubuh Kita Sendiri Cuma Pakai Kamera HP, Gampang!

Selasa, 01 November 2022 | 22:55
Stock

Begini cara foto seluruh tubuh kita sendiri cuma pakai kamera HP. Ternyata gampang aja kok. Yuk kita coba sekarang.

Fotokita.net - Begini cara foto seluruh tubuh kita sendiri cuma pakai kamera HP. Gampang aja kok!

Pernah berada dalam situasi di mana Anda ingin mengambil foto seluruh tubuh Anda tetapi tidak ada yang melakukannya untuk Anda?

Mungkin Anda tinggal sendiri atau mungkin Anda bepergian sendiri dan ingin memasukkan diri Anda ke dalam foto pemandangan. Apa pun situasinya, itu bisa sangat membuat frustrasi jika Anda tidak memiliki bantuan di sekitar. Ternyata gampang kok, ini cara foto seluruh tubuh sendiri cuma pakai kamera HP.

Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk mengambil foto diri Anda sendiri, bahkan dari jarak 10m! Kami juga akan melihat beberapa tips untuk membantu Anda mengambil foto terbaik dari diri Anda.

Dan meskipun di bawah ini berkaitan dengan cara-cara di mana Anda dapat mengambil foto seluruh tubuh diri Anda dengan ponsel, beberapa di antaranya juga dapat diterapkan untuk mengambil foto paspor diri Anda dengan smartphone. Dan ya, itu diperbolehkan.

Sekarang, kembali ke ini. Pertama, mari kita lihat…

Apa yang mungkin Anda perlukan?

Untuk mengambil foto seluruh tubuh yang bagus dari diri sendiri, Anda memerlukan beberapa aksesori kamera ponsel cerdas untuk membantu pekerjaan itu. Ini tidak mutlak wajib, tetapi mereka pasti membuat pekerjaan jauh lebih mudah.

Anda memerlukan aksesori yaitu, sebuah tripod, dudukan HP atau smartphone, dan trigger remote jarak jauh

Baca Juga: 13 Cara Foto Instagram Aesthetic Hanya dengan Kamera Ponsel, Sekarang Jangan Ngeluh Lagi

Stock

Begini cara foto seluruh tubuh kita sendiri cuma pakai kamera HP. Ternyata gampang aja kok. Yuk kita coba sekarang.

Bagaimana cara melakukannya

Ada beberapa cara di mana Anda dapat mengambil foto seluruh tubuh menggunakan ponsel Anda. Mereka semua sangat mirip dengan hanya beberapa tweak kecil di sana-sini.

Metode mana yang cocok untuk Anda tergantung pada apa yang Anda akses dalam hal aksesori.

Cara 1: Pengatur waktu kamera HP tanpa tripod

Cara ini adalah cara termurah untuk mengambil foto seluruh tubuh Anda dengan smartphone tetapi ini bukan yang paling aman, setidaknya tidak untuk ponsel Anda.

Dengan cara ini, Anda perlu mendukung ponsel Anda dengan barang-barang rumah tangga sehari-hari atau apa pun yang tersedia di lingkungan tempat Anda berada.

Ini mungkin juga berarti menumpuk barang-barang di atas satu sama lain jika Anda ingin kamera ponsel sejajar dengan mata.

Saat melakukan ini, Anda perlu menyesuaikan telepon Anda sehingga menghadap ke tempat Anda akan diposisikan dan tidak akan jatuh. Ini bisa menjadi latihan yang sangat memakan waktu dan membuat frustrasi.

Setelah telepon diatur pada struktur pendukung apa pun yang Anda buat atau temukan, Anda perlu mengatur pengatur waktu di aplikasi kamera dan menempatkan diri Anda pada posisi untuk mengambil foto.

Timer biasanya ditemukan di pengaturan aplikasi kamera atau mungkin muncul sebagai ikon jam di layar utama antarmuka pengguna aplikasi kamera.

Baca Juga: 9 Cara Foto Selfie yang Bagus Pakai Kamera HP Hingga DSLR, Mudah Kok!

Adobe

Begini cara foto seluruh tubuh kita sendiri cuma pakai kamera HP. Ternyata gampang aja kok. Yuk kita coba sekarang.

Cara 2: Pengatur waktu kamera dengan tripod

Cara kedua sangat mirip dengan yang sebelumnya tetapi dengan satu perbedaan utama, yaitu penggunaan tripod!

Alih-alih menumpuk berbagai item untuk mendukung ponsel cerdas Anda, yang harus Anda lakukan hanyalah menyiapkan tripod dan Anda hampir siap untuk pergi. Setelah Anda mengamankan ponsel di dudukan ponsel cerdas dan memasangnya ke tripod, Anda dapat mulai mengambil bidikan seluruh tubuh Anda.

Dan seperti sebelumnya, cukup atur timer di aplikasi kamera, masuk ke posisinya, dan selesai.

Cara 3: Tripod dengan pemicu jarak jauh

Metode pengambilan foto seluruh tubuh ini menurut saya adalah yang terbaik dan paling nyaman.

Sama seperti metode kedua, Anda harus menyiapkan tripod untuk ponsel cerdas Anda. Setelah semuanya siap, Anda dapat menempatkan diri pada posisinya. Tidak perlu mengatur penghitung waktu di aplikasi kamera dan terburu-buru untuk mendapatkan posisi.

Sebagai gantinya, setelah Anda siap di posisinya, Anda cukup mengklik pemicu rana kamera jarak jauh dan itu akan mengaktifkan kamera untuk mengambil gambar.

Anda mungkin masih ingin memasang pengatur waktu di aplikasi kamera, meskipun pendek, agar Anda memiliki sedikit waktu untuk menyembunyikan pemicu dan masuk ke pose terakhir Anda.

Apa yang hebat tentang metode ini adalah Anda dapat mengambil lebih dari satu gambar setelah kamera disiapkan dan Anda berada di posisinya.

Anda tidak perlu secara fisik bangun dan mengatur timer baru hanya untuk mengambil foto lain. Dengan mengklik pemicu Bluetooth, Anda dapat mengambil gambar berulang kali hingga Anda merasa perlu untuk menghentikan atau memposisikan ulang ponsel.

Baca Juga: 6 Cara Foto Selfie yang Dijamin Aesthetic Buat Isi Konten Instagram

Adobe

Begini cara foto seluruh tubuh kita sendiri cuma pakai kamera HP. Ternyata gampang aja kok. Yuk kita coba sekarang.

Cara foto seluruh tubuh kita sendiri cuma pakai kamera HP

Untuk membantu Anda mengambil foto seluruh tubuh terbaik dari diri Anda, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda terapkan:

1. Putar HP

Ini tidak perlu dikatakan lagi, tetapi saya merasa saya harus melanjutkan dan mengatakannya. Rotasi HPmenentukan seberapa banyak tubuh Anda akan muat dalam bingkai.

Misalnya, jika Anda berdiri untuk mengambil foto seluruh tubuh, sebaiknya pegang ponsel secara vertikal agar pas dengan bingkai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Dan jika Anda berbaring, maka orientasi horizontal akan berhasil.

Tentu saja, bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya sebaliknya. Anda dapat mengambil foto berdiri dalam mode lanskap (memegang ponsel secara horizontal). Namun, Anda mungkin perlu memposisikan kamera lebih jauh ke belakang agar sesuai dengan semua yang ada di dalam bingkai.

Dan jika lingkungan tempat Anda berada memiliki ruang terbatas, ini mungkin tidak berfungsi dengan baik kecuali Anda memiliki lensa sudut lebar atau sudut ultra lebar yang terpasang.

2. Gunakan kamera belakang

Kamera terbaik di smartphone mana pun biasanya adalah kamera belakang utama. Jadi, jika Anda menginginkan bidikan seluruh tubuh dengan kualitas terbaik, jangan gunakan kamera selfie yang menghadap ke depan.

Tentu, Anda tidak akan dapat melihat diri sendiri saat mengambil foto, tetapi apakah Anda benar-benar harus melakukannya? Mungkin Anda melakukannya.

Bagaimana lagi Anda akan tahu jika Anda memenggal bagian atas kepala Anda atau tidak? Nah, ada cara yang bisa kamu lakukan untuk menyiasatinya.

Baca Juga: 8 Cara Foto yang Keren dalam Setiap Momen, Tak Perlu Jadi Fotografer Pro!

Stock

Begini cara foto seluruh tubuh kita sendiri cuma pakai kamera HP. Ternyata gampang aja kok. Yuk kita coba sekarang.

3. Gunakan stand-in dan spidol

Jadi, jika Anda menggunakan kamera belakang untuk mengambil foto diri Anda tetapi Anda tidak dapat melihat diri Anda sendiri, bagaimana Anda tahu bahwa Anda telah diposisikan dengan benar di dalam bingkai? Pertanyaan bagus. Untuk memposisikan diri Anda dengan benar dalam bingkai, Anda mungkin perlu menggunakan spidol.

Misalnya, sebelum menyiapkan kamera, tentukan di mana Anda ingin berdiri saat mengambil foto, lalu letakkan semacam tanda atau benda kecil di mana kaki Anda akan berada. Saat menyiapkan kamera, Anda dapat membingkai bidikan menggunakan penanda sebagai panduan.

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah memiliki objek berdiri di tempat Anda, idealnya di mana kepala Anda akan berada. Di masa lalu, saya telah menggunakan pel dan sapu untuk membantu saya menyesuaikan komposisi saya sebelum melompat untuk mengganti pel dalam bidikan.

Atau, Anda dapat mengambil bidikan yang sangat lebar yang mencakup area yang lebih luas daripada yang Anda tempati dalam bingkai dan kemudian memotongnya nanti. Kelemahannya adalah Anda akan kehilangan beberapa resolusi setelah memotong foto. Tetapi jika Anda menggunakan kamera ponsel cerdas dengan jumlah megapiksel yang tinggi, maka ini seharusnya tidak menjadi masalah.

4. Pastikan tripod tidak jatuh

Karena memiliki tiga kaki, tripod adalah yang paling kokoh dari berbagai sistem pendukung kamera smartphone yang bisa Anda temukan. Namun demikian, Anda masih perlu memastikan bahwa ponsel Anda tidak jatuh dan rusak.

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memastikan permukaan tempat Anda memasang tripod sejajar sehingga tripod tidak goyah.

Jika permukaannya tidak rata atau Anda berada di medan yang berat, Anda dapat memanjangkan kaki sedemikian rupa sehingga mengimbangi permukaan yang tidak rata. Misalnya, satu kaki bisa lebih panjang atau lebih pendek dari yang lain untuk menciptakan keseimbangan.

Tripod juga memiliki jenis kaki yang berbeda-beda. Kaki karet mencegah tripod tergelincir dan kaki berduri dapat menahannya tetap di tempatnya pada permukaan yang kasar.

Beberapa tripod memiliki pengait di bagian bawah kolom tengahnya. Ini memungkinkan Anda untuk memasang beberapa beban (misalnya karung pasir) ke tripod untuk meningkatkan kemantapannya.Ini sangat berguna saat Anda memotret di luar ruangan dalam kondisi berangin dengan tripod sepenuhnya diperpanjang hingga ketinggian maksimum.

Baca Juga: 10 Cara Foto Estetik dengan Kamera Digital Murah, Begini Trik Bodohnya

5. Berinvestasi dalam tripod

Jika Anda berpikir membeli tripod untuk smartphone tidak perlu, Anda tidak sendirian. Sebenarnya, saya juga salah satu orang yang mengira tripod hanya untuk kamera besar. Namun, tripod sangat berguna.

Menggunakan tripod tidak hanya membantu menjaga ponsel Anda tetap stabil, tetapi juga membuka peluang untuk mengambil bidikan kreatif dengan ponsel cerdas Anda dan melakukan manipulasi foto yang tidak dapat Anda lakukan tanpa tripod.

Beberapa orang berpikir tripod itu besar dan kikuk, tetapi bukan itu masalahnya. Tripod tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan beberapa di antaranya kecil dan cukup ringan untuk dibawa saat mendaki tanpa beban.

Belum menjual idenya? Simak delapan alasan ini mengapa Anda harus berinvestasi dalam tripod untuk smartphone Anda.

6. Jadikan foto terlihat bagus

Adalah satu hal untuk dapat mengambil foto seluruh tubuh dari ponsel Anda, tetapi mengambil foto yang benar-benar terlihat bagus adalah hal lain.

Untuk itu, Anda perlu memperhatikan hal-hal seperti pencahayaan dan komposisi.

Bahkan jika Anda menggunakan smartphone dengan megapiksel terbanyak dan kualitas gambar terbaik, foto Anda tidak akan terlihat bagus sama sekali jika bagian bingkai terpotong atau pencahayaannya tidak memadai.

Jika Anda baru mengenal fotografi seluler dan ingin mempelajari cara mengambil bidikan hebat dengan ponsel Anda, Anda dapat mengunduh ebook gratis yang mengajarkan Anda cara meningkatkan kualitas foto seluler Anda. Ini termasuk komposisi, pencahayaan, pengeditan, dan lainnya.

Baca Juga: 6 Cara Foto Keren dengan Kamera HP, Komposisi Jadi Trik Kuncinya

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya