Bayar Rp 10 Ribu, 15 Tempat Wisata di Purwakarta Ini Jadi Lokasi Foto Aesthetic Paling Hits

Senin, 31 Oktober 2022 | 15:24
Instagram keygreenwood

Inilah informasi 15 tempat wisata di Purwakarta yang cocok jadi lokasi foto aesthetic paling hits. Yuk kita kunjungi.

Fotokita.net - Berikut ini informasi 15 tempat wisata di Purwakarta yang cocok jadi lokasi foto aesthetic paling hits. Tekt masuk cuma perlu bayar Rp 10 ribu. Murah meriah tapi keren!

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, kita tak perlu jauh-jauh pergi ke Bandung untuk mencari lokasi foto aesthetic.Purwakarta yang tenar dengan sate maranggi tersebut sebetulnya menyimpan banyak tempat wisata yang cocok untuk bikin foto aesthetic.

Jika menggunakan mobil, perjalanan ke Purwakarta melalui tol hanya memakan waktu sekitar satu jam setengah. Melakukan touring singkat dengan motor menuju Purwakarta pun tidak butuh waktu lama, cukup 2 jam perjalanan saja. Berikut 15 tempat wisata di Purwakarta yang cuma perlu bayar tiket masuk Rp 10 ribu untuk bikin foto aesthetic paling hits.

1. Waduk Jatiluhur

Siapa yang tidak mengenal Waduk Jatiluhur? Salah satu ikon Purwakarta ini menjadi daya tarik utama karena beragam aktivitas yang dapat dilakukan disini.

Berolahraga, bersantai, dan sudah pasti bikin foto aesthetic paling hits menjadi aktivitas yang paling sering dilakukan oleh pengunjung Waduk Jatiluhur.

Untuk berkunjung ke Waduk Jatiluhur, dari Stasiun Purwakarta, gunakan angkutan kota (angkot) 04 tujuan Ciganea untuk turun di pertigaan sebelum pertigaan Ciganea. Setelah itu Anda perlu lanjut naik angkot 11 tujuan Waduk Jatiluhur.

Harga Tiket Masuk: Rp5.000 (hari kerja) dan Rp20.000 (akhir pekan)

Alamat: Jatimekar, Kec. Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta

Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB

Baca Juga: 11 Tempat Wisata Seru di Malang, Bisa Bikin Foto Estetik Bersama Keluarga

Instagram

Inilah informasi 15 tempat wisata di Purwakarta yang cocok jadi lokasi foto aesthetic paling hits. Yuk kita kunjungi.

2. Parang Gombong

Menjadi salah satu tempat wisata yang menawarkan lahan kemah, Parang Gombong menawarkan berbagai keindahan alam seperti Waduk Parang Gombong, perbukitan, dan matahari terbit dan terbenam. Selain itu, Parang Gombong juga menyajikan wahana permainan untuk anak-anak.

Untuk berkunjung ke Parang Gombong, dari pintu tol Ciganea, gunakan angkot jurusan Plered untuk transit di Pasar Plered.

Lalu, kita dapat melanjutkan perjalanan menggunakan angkot jurusan Cilalawi untuk turun di Pasar Warung Panjang. Setelah itu, gunakan ojek ke Gunung Parang.

Harga Tiket Masuk: Gratis. Alamat: Desa Kutamanah, Kec. Sukasari, Kabupaten Purwakarta.Jam Operasional: 24 jam

3. Bukit Panenjoan

Tidak dapat dimungkiri, keindahan spot foto alam di Bukit Panenjoan sangat memikat minat para pemburu foto. Pemandangan kebun teh yang sangat luas, pemandangan pegunungan, dan pepohonan hijau terlihat sangat indah dari Bukit Panenjoan. Beberapa gardu pandang pun dipasang oleh pengelola untuk memudahkan wisatawan berfoto ria.

Tempat wisata yang resmi dibuka pada 2016 ini juga menyediakan jembatan bambu berbentuk melingkar yang panjangnya mencapai ratusan meter.

Pengunjung dapat menjelajahi jembatan bambu ini sembari melayangkan pandangan pada keindahan alam di sekitar Bukit Panenjoan.

Harga Tiket Masuk: Rp5.000. Alamat: Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kec.Bojong, Purwakarta.Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Kuliner Legendaris di Surabaya, Lihat Foto Menunya Bikin Ingin Cicipi

4. Pasir Langlang Panyawangan

Kawasan hutan pinus yang dapat digunakan untuk aktivitas seperti berkemah, bersepeda, atau hiking ini bernama Pasir Langlang Panyawangan.

Suguhan cantiknya hutan pinus menjadi daya tarik Pasir Langlang Panyawangan yang juga memiliki objek wisata Curug Pamoyanan Indah dan Goa Jepang.

Harga Tiket Masuk: Rp5.000

Alamat: Desa Pasir Muncang, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta

Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB

5. Tebing Boyer

Salah satu tempat wisata yang hits di Purwakarta, Tebing Boyer disebut sebagai tempat wisata yang anti mainstream. Pada 1957, Tebing Boyer sebetulnya merupakan lokasi penggilingan batu andesit yang merupakan bahan dasar pembangunan Waduk Jatiluhur.

Untuk menikmati pemandangan Tebing Boyer, pengunjung perlu melalui trek yang cukup berat sepanjang 2 km.

Setelah sampai, pengunjung akan disuguhi sisa-sisa bangunan yang telah runtuh di hadapan pemandangan lembah.

Harga Tiket Masuk: Rp5.000. Alamat: Kampung Talun, Desa Tajusindang, Kecamatan Sukatani, Purwakarta.Jam Operasional: 24 jam

Baca Juga: Murah Meriah! 6 Tempat Wisata di Malang yang Cocok Buat Foto Aesthetic

Instagram Fikkofikaza

Inilah informasi 15 tempat wisata di Purwakarta yang cocok jadi lokasi foto aesthetic paling hits. Yuk kita kunjungi.

6. Gunung Lembu

Menjadi tempat wisata yang direkomendasikan bagi pendaki pemula, Gunung Lembu dengan ketinggian 792 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini menyuguhkan pemandangan Waduk Jatiluhur, Gunung Parang, dan Gunung Bongkok.

Untuk mendaki Gunung Lembu dibutuhkan waktu sekitar dua sampai empat jam. Pengunjung juga dapat mendirikan kemah untuk menginap di Gunung Lembu. Pengunjung yang menginap akan dikenakan tarif yang lebih tinggi, yaitu Rp15.000.

Harga Tiket Masuk: Rp10.000

Alamat: Kampung Panunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani

Jam Operasional: 24 jam

7. Bukit Katumbiri

Objek wisata yang masih tergolong baru ini menyajikan beragam titik foto yang menunjukkan perbukitan dan terasering.

Katumbiri sendiri merupakan sebuah kata di bahasa Sunda yang berarti pelangi. Dalam kata lain, Bukit Katumbiri juga dapat diartikan sebagai bukit pelangi.

Harga Tiket Masuk: Rp10.000. Alamat: Bukit Katumbiri, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta.Jam Operasional: 07.00-18.00 WIB

Baca Juga: Murah Meriah! 6 Tempat Wisata di Malang yang Cocok Buat Foto Aesthetic

8. Gunung Bongkok

Gunung Bongkok merupakan wisata lainnya yang mengundang pengunjungnya untuk mendaki gunung dalam waktu yang singkat.

Hanya dengan waktu dua jam, pengunjung sudah bisa mencapai puncak Gunung Bongkok yang memiliki tinggi 985 mdpl.

Pengunjung yang mau berkemah di Gunung Bongkok juga dapat menyewa tenda. Biaya sewa yang diberikan oleh pengelola adalah Rp10.000.

Harga Tiket Masuk: Rp12.000. Alamat: Desa Cikandang, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.Jam Operasional: 24 jam

9. Desa Sajuta Batu

Sesuai dengan namanya, kawasan wisata ini dipenuhi dengan batu alam yang tentunya Instagrammable.

Desa Sajuta Batu juga memiliki skylodge, sebuah wahana di tepi tebing yang disiapkan oleh pengelola untuk menyajikan pemandangan dan pengalaman yang akan selalu dikenang.

Meskipun gratis, pengunjung akan dikenakan biaya ketika mencoba berbagai wahana yang tersedia. Beberapa wahana yang disiapkan adalah flying fox, off road, memancing, dan berkemah.

Harga Tiket Masuk: Gratis. Alamat: Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta.Jam Operasional: 24 jam

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Kuliner di PIK, Perut Kenyang Bikin Foto Aesthetic Pun Tenang

10. Tanjung Putri

Tanjung Putri merupakan salah satu wisata yang paling baru di Kabupaten Purwakarta. Wisata ini menyuguhkan pesona matahari terbit dan tenggelam dengan pemandangan Gunung Parang, Gunung Bongkok, dan Gunung Lembu serta bentangan Waduk Jatiluhur.

Selain pemandangan yang indah, Tanjung Putri juga menyajikan wisata kuliner yang memanjakan lidah. Nasi liwet, ikan bakar khas Sukasari, sate dan bakakak ayam menjadi andalan di tempat ini.

Harga Tiket Masuk: Tidak diketahui.

Alamat: Desa Kampung Cilipa, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta.Jam Operasional: Tidak diketahui

11. Curug Cipurut

Kecintaan warga sekitar terhadap Curug Cipurut ini terpampang nyata dari minimnya fasilitas yang tersedia. Pasalnya, warga di sekitar Curug Cipurut ini setuju untuk menjaga curug tersebut tetap alami dan lestari.

Di Curug Cipurut ini, pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun dan berseluncur. Selain itu, pengunjung juga bisa berkemah di Curug Cipurut.

Harga Tiket Masuk: Rp5.000 (hari biasa) dan Rp20.000 (akhir pekan).

Alamat: Kampung Cileungsing, Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB

Baca Juga: Gak BIkin Kantong Jebol, 5 Tempat Wisata Kuliner Bandung Ini Wajib Dicicipi, Sekalian Foto Estetik Yuk!

Instagram

Inilah informasi 15 tempat wisata di Purwakarta yang cocok jadi lokasi foto aesthetic paling hits. Yuk kita kunjungi.

12. Taman Air Mancur Sri Baduga

Ikon wisata lainnya di Purwakarta adalah Taman Air Mancur Sri Baduga yang menyandang predikat sebagai taman air mancur terbesar se-Asia Tenggara.

Air mancur yang menari dan berwarna-warni tersebut mengundang banyak wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata ini.

Selain indah dan atraktif, ternyata Taman Air Mancur Sri Baduga juga terkenal dengan gaya arsitekturnya yang memiliki nilai filosofis yang kuat.

Pertunjukan air mancur pun hanya secara eksklusif ditampilkan pada hari sabtu dan minggu pada pukul 19.30 sampai 22.30.

Harga Tiket Masuk: Gratis. Alamat: Jalan K.K Singawinata No.73, Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta. Jam Operasional: 05.00-09.00 WIB dan 17.00-19.00 WIB (hari biasa), 17.00-22.30 (akhir pekan)

13. Curug Tilu

Curug Tilu merupakan curug lainnya yang juga dijaga keasrian dan bentuk alaminya. Memiliki warna air yang hijau, Curug Tilu digadang-gadang mirip dengan Grand Canyon Pangandaran. Pengunjung yang tidak dapat berenang dapat menyewa pelampung di sini.

Harga Tiket Masuk: Rp5.000

Alamat: Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta

Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB

Baca Juga: Gak Ada Kata Sulit, Ini 9 Cara Foto Tempat Wisata Keren Pakai Kamera Ponsel

14. Taman Panca Warna

Disebut sebagai salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi, Taman Panca Warna menyuguhkan keindahan alam dan bunga-bunga yang berwarna-warni.

Selain itu, terdapat juga area pendopo yang dikelilingi oleh kolam air mancur.

Harga Tiket Masuk: Gratis

Alamat: Jalan Ganda Negara, Nagri Kidul, Purwakarta

Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB

15. Taman Surawisesa

Berlokasi di samping Taman Air Mancur Sri Baduga, Taman Surawisesa menghadirkan pengalaman yang tidak kalah menarik. Selain menjadi tempat wisata, Taman Surawisesa juga dijadikan tempat edukasi aneka permainan tradisional.

Pada Taman Surawisesa ini, pengunjung juga dimanjakan dengan layar besar yang menyuguhkan tontonan edukatif bertema sosial, teropong bintang, dan air mancur.

Permainan tradisional yang turut menyemarakkan pengalaman berwisata di Taman Surawisesa adalah egrang, songlah, congklak, lompat tali, panggal, kelereng, dan berbagai permainan lainnya.

Harga Tiket Masuk: Gratis. Alamat: Jalan K.K Singawinata, Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.Jam Operasional: 06.00-17.30 WIB.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Keren di Sentul, Cocok Buat Hunting Foto Estetik

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya