10 Cara Foto Estetik dengan Kamera Digital Murah, Begini Trik Bodohnya

Rabu, 26 Oktober 2022 | 23:41
Instagram

Inilah 10 cara foto estetik yang menggunakan kamera digital murah. Begini trik bodohnya. Tak ada yang susah kok.

Fotokita.net - Inilah 10 cara foto estetik dengan kamera digital murah, ternyata begini trik bodohnya.

Pertanyaan terbesar bagi fotografer baru adalah 'bagaimana cara mengambil gambar yang bagus?' Jika Anda mencoba mempelajari cara menggunakan semua yang ada di kamera Anda dalam sekali duduk, Anda akan benar-benar tersesat.

Kamera itu rumit dan membutuhkan waktu untuk sepenuhnya memahami dan menguasainya. Ikuti saran saya dan mulailah dengan 10 cara simpel ini. Anda akan segera mengambil sisanya di sepanjang jalan. Mulailah mengambil foto yang lebih estetik hari ini.

10. Pelajari Mode Manual

Seperti kebanyakan orang, saya berjuang untuk memahami hal ini ketika saya membeli kamera digital pertama saya. Mengapa saya tidak membiarkannya dalam mode prioritas?

Mode manual sangat mirip dengan menggunakan SLR film lama dari tahun 1960-an, ketika mereka tidak memiliki tombol seperti prioritas apertur dan mode lain yang melakukan semuanya untuk Anda.

Menjadi satu-satunya pilihan, fotografer terpaksa belajar menggunakan kamera mereka secara manual.

Dengan melakukan itu, mereka sepenuhnya mempelajari cara kerja kamera mereka.

Setelah Anda mengetahui cara menggunakan kamera dengan benar, akan lebih mudah untuk mengetahui di mana Anda salah dan memperbaikinya.

Mode prioritas bagus untuk beberapa situasi. Tetapi begitu Anda tahu cara memotret dengan benar secara manual, Anda tidak akan membutuhkannya dan Anda akan mendapatkan foto yang lebih baik sendiri.

Baca Juga: Gak Perlu Aplikasi, Ini 4 Cara Lihat Foto Profil Instagram Gebetan

Instagram

Inilah 10 cara foto estetik yang menggunakan kamera digital murah. Begini trik bodohnya. Tak ada yang susah kok.

9. Pelajari Teknik Komposisi Dasar… Lalu Lupakanlah

Yang ini mungkin tampak sedikit lucu tapi izinkan saya menjelaskan ...

Setelah Anda mempelajari teknik komposisi dasar, seperti aturan sepertiga dan penggunaan garis depan, Anda mulai melihat semuanya secara berbeda. Anda akan mulai melihat dan berpikir tentang bagaimana Anda dapat membingkai foto, bahkan ketika Anda tidak membawa kamera.

Pengetahuan ini melekat pada Anda dan secara halus membantu foto Anda meningkat dari gambar yang bagus menjadi gambar yang bagus. Kalau begitu, mengapa melupakan teknik kompisisi dasar?

Sederhana. Sebagai seorang fotografer, ini menjadi terlalu jelas untuk menjadi menarik dan Anda akan bosan dengan foto Anda.

Salah satu tantangan utama fotografi adalah menjaga foto Anda tetap segar dan menarik. Anda dapat melakukan ini dengan mendorong batas-batas 'aturan' fotografi.

Instagram

Inilah 10 cara foto estetik yang menggunakan kamera digital murah. Begini trik bodohnya. Tak ada yang susah kok.

8. Tidak Ada Flash Kamera!

Saya tidak bisa cukup menekankan ini jadi tolong perhatikan. Pada flash kamera (terutama pop-up) sangat tidak menarik bagi subjek Anda dan benar-benar meratakan gambar Anda. Bisa dari kamera DSLR atau iPhone.

Saat cahaya datang dari sudut yang sama dengan lensa, Anda tidak memiliki bayangan alami pemandangan apa pun. Foto dengan flash pada kamera mungkin juga telah diambil di ponsel Anda.

Ketika saya pertama kali memulai, saya sangat membenci flash pop-up sehingga saya tidak menganggap diri saya sebagai orang yang 'flash'. Ini berlangsung sampai seorang teman membujuk saya untuk membeli unit flash eksternal.

Saya akhirnya melihat apa yang saya lewatkan – beli sekarang! Cahaya alami sebagai satu-satunya sumber cahaya Anda hanya dapat membawa Anda sejauh ini dalam mencari gambar yang lebih baik.

Baca Juga: 13 Cara Foto Instagram Aesthetic Hanya dengan Kamera Ponsel, Sekarang Jangan Ngeluh Lagi

Instagram

Inilah 10 cara foto estetik yang menggunakan kamera digital murah. Begini trik bodohnya. Tak ada yang susah kok.

7. Temukan Perspektif Baru

Sebagai orang yang tinggi, saya selalu menyesuaikan tinggi badan saya ketika mengambil foto orang sehingga saya tidak memandang rendah mereka.

Saya mencoba mengambil ini sedikit lebih jauh jika memungkinkan dan menemukan cara baru dalam melihat foto. Jika Anda mengikuti fotografer profesional di media sosial, Anda mungkin menemukan bahwa mereka selalu menghadirkan cara baru dalam menangkap bidikan profesional.

Alih-alih memasang kamera pada tripod, mengapa tidak menggunakan lantai atau melewati keramaian? Menjaga perspektif segar mempertahankan foto segar!

Instagram

Inilah 10 cara foto estetik yang menggunakan kamera digital murah. Begini trik bodohnya. Tak ada yang susah kok.

6. Zoom Dengan Kaki Anda dan Lebih Dekat

Saya adalah lensa telefoto saya sendiri dan Anda juga! Alih-alih memperbesar, terlibat dalam foto. Lihatlah sesuatu dari sudut yang berbeda – ini memungkinkan untuk perspektif yang berbeda.

Cari detail halus yang biasanya diabaikan dalam sebuah adegan dan jadikan ini subjek jika Anda benar-benar menginginkan foto terbaik. Pikirkan sebelum Anda menembak atau Anda akan lupa untuk berpikir sama sekali.

Instagram

Inilah 10 cara foto estetik yang menggunakan kamera digital murah. Begini trik bodohnya. Tak ada yang susah kok.

5. Bersihkan Latar Belakang Anda

Latar belakang adalah bagian dari foto Anda sebagai subjek jadi pastikan itu tidak berantakan dan berantakan. Memindahkan kamera Anda hanya beberapa derajat ke samping dapat membuat semua perbedaan dalam hal membersihkan bidikan Anda.

Pikirkan tentang apa yang ada di jendela bidik atau di layar Anda. Tanyakan pada diri Anda apakah setiap elemen individu menambahkan sesuatu untuk menjadikannya foto yang bagus. Jika jawabannya "tidak", itu menghilangkan foto.

Cabang, langit, dan orang lain hanyalah beberapa hal yang harus diwaspadai. Cabang dalam bidikan di bawah ini benar-benar mengganggu saya. Anda dapat menggunakan perangkat lunak pengedit foto, seperti Photoshop atau aplikasi kamera.

Baca Juga: Tak Perlu Kamera HP Mahal, 4 Cara Foto Aesthetic Ini Bikin Konten Instagram Kita Sempurna!

Instagram

Inilah 10 cara foto estetik yang menggunakan kamera digital murah. Begini trik bodohnya. Tak ada yang susah kok.

4. Bingkai Subjek Anda

Cari cara untuk menempatkan bingkai di dalam bingkai, seperti pintu atau jendela. Pada foto di bawah ini saya menggunakan bunga bluebell.

Pembingkaian dapat menambahkan konteks ke foto Anda, memberi tahu pemirsa sedikit lebih banyak tentang apa yang terjadi dan di mana foto itu diambil.

Hal ini tidak hanya menambah kesan mendalam tetapi juga elemen menarik lainnya yang tidak dimiliki foto sebelumnya.

Cobalah bidikan close-up untuk bingkai yang lebih rapat.

Instagram

Inilah 10 cara foto estetik yang menggunakan kamera digital murah. Begini trik bodohnya. Tak ada yang susah kok.

3. Dapatkan Keseimbangan Putih Anda dengan Benar!

Ini sangat penting jika Anda menginginkan foto yang bagus sehingga saya telah menulis seluruh posting di sini. Saya sangat menyarankan Anda membacanya.

WB adalah semua tentang cor warna foto Anda.

Memotret di dalam ruangan tanpa lampu kilat sering kali mengakibatkan orang-orang di foto Anda tampak memiliki kulit berwarna oranye yang buruk.

Menguasai WB benar-benar membedakan Anda dari orang lain, yang sebagian besar bahkan tidak menyadari masalahnya.

Ini akan secara dramatis meningkatkan hasil akhir Anda.

Baca Juga: Padahal Cuma Pakai Kamera HP, 9 Cara Foto Instagram Ini Dijamin Banjir Likes

2. Gunakan Histogram

Tampilan LCD pada kamera digital menjadi lebih baik akhir-akhir ini, tetapi masih tunduk pada lingkungan tempat Anda berada.

Jika Anda keluar dan bepergian pada hari yang sangat cerah, Anda akan menemukan bahwa bayangan layar dengan tangan Anda tidak berfungsi saat melihat foto.

Histogram adalah representasi matematis tentang seberapa baik eksposur suatu gambar. Ini adalah dasar yang bagus untuk meningkatkan fotografi Anda (jangan khawatir, ini tidak serumit kedengarannya).

Tidak ada gunanya menunggu sampai Anda tiba di rumah untuk mengetahui bahwa foto Anda tidak bagus!

1. Praktek Praktek Praktek!

Roma tidak dibangun dalam sehari; jika Anda ingin menjadi ahli dalam segala hal dalam hidup, Anda harus bekerja keras untuk itu – hal-hal ini tidak datang secara gratis.

Hal yang beruntung tentang fotografi adalah sangat menyenangkan untuk bermain-main. Meskipun Anda masih berpikir Anda payah dari waktu ke waktu, hanya dengan sedikit latihan, Anda akan selalu mulai melihat hasilnya di foto Anda.

Baca Juga: 8 Cara Foto Selfie yang Keren, Nomor 7 Bikin Senyum-senyum Sendiri

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Sumber : Berbagai sumber

Baca Lainnya