Profil Hillary Lasut Anggota DPR yang Polisikan Komika Mamat Alkatiri, Pernah Bikin Kontroversi Gegara Minta Dikawal Kopassus

Selasa, 04 Oktober 2022 | 15:18
Istimewa

Siapa Hillary Brigitta Lasut? Inilah profil anggota DPR yang polisikan komika Mamat Alkatiri. Dia pernah minta pengawalan Kopassus.

Fotokita.net - Siapa Hillary Lasut? Inilah profil anggota DPR yang polisikan komika Mamat Alkatiri atas dugaan pencemaran nama baik. Hillary Lasut ternyata pernah bikin kontroversi gegara minta dikawal Kopassus.

Anggota Komisi I DPR Fraksi NasDem itu melaporkan komika Mamat Alkatiri ke Polda Metro Jaya. Laporan tersebut dilayangkan terkait dugaan pencemaran nama baik.

"Pencemaran nama baik Pasal 310 KUHP," seperti dikutip dari foto surat tanda terima laporan kepolisian yang diunggahHillary Brigitta Lasut di akun Instagramnya @hillarybrigitta, Selasa (4/10/2022).

Laporan itu dibuat pada 3 Oktober 2022 di Polda Metro Jaya. Dalam laporan itu tertulisHillary Lasut sebagai korban.

Dalam keterangan foto postingan tersebut, Hillary Lasut menyayangkan penggunaan kata kasar dalam materi roasting yang disampaikan Mamat Alkatiri. Dia mengatakan penggunaan kata kasar tidak pas untuk digunakan sebagai kritik. Menurut Hillary Lasut, penggunaan kata kasar lebih tepat termasuk bully atau pelecehan verbal.

"Yang bilang an***g dan t*i bukan penghinaan coba aja kalo dia ngomong begini ke ibu atau anak kalian ???? memang pejabat publik boleh di kritik. Tapi setau saya di Indonesia mau dia pejabat publik mau dia pembantu rumah tangga, tetap tidak boleh di bully apalagi di maki. Gausah bawa-bawa saya pejabat publik harus siap di kritik deh. T*i dan go***k bukan kritik. Itu bully dan verbal harrasment," papar Hillary Lasut.

Hillary Lasut menambahkan, pejabat publik, pembantu rumah tangga, atau siapa pun warga negara mempunyai hak untuk dilindungi harkat martabatnya dari kekerasan verbal.

"Saya tidak tau orang tuanya atau gurunya pak Mamat mungkin mengajarkan kata t*i dan go***k sebagai jenis kritik yang bisa kita sampaikan kepada semua orang dan tetap dianggap bukan penghinaan atau mungkin t*i dan go***k diajarkan sebagai kritik yang berfaedah," tambah perempuan asal Sulawesi Utara itu.

Baca Juga: Tudingan Siswa Titipan Viral, Anggota DPR Sebarkan Bukti Foto Fahri Calon Bintara Polri Lulus Tes Buta Warna

"Tapi jaman saya dulu sih boro-boro pejabat negara, kalo saya bilang orang tua saya atau guru saya atau bahkan pembantu rumah saya t*i atau go***k, saya pasti dihukum berat oleh orang tua saya," katanya.

Sebagai mahasiswa hukum, Briggita mengaku melaporkan Mamat bukan karena takut disebut antikritik. Namun, menurutnya, laporan tersebut untuk menegakkan hukum bagi dirinya sendiri.

"Pejabat-pejabat banyak yang malah jadi korupsi karena takut diperas dan di giring opini oleh orang-orang tidak bertanggung jawab yang membuat kritikan atau roasting-an berdasarkan pesanan yang memberi honor dan atau menghalalkan segala cara untuk menaikkan diri sendiri dengan menjatuhkan orang lain. Sudah cukup yang seperti ini," katanya.

Lantas, siapa Hillary Lasut? Inilah profil anggota DPR yang polisikan komika Mamat Alkatiri. Hillary Lasut ternyata pernah bikin kontroversi lantaran minta pengawalan Kopassus.

Beberapa waktu lalu, melaluiInstagram miliknya, Hillary membeberkan alasan meminta bantuan TNI untuk pengamanan. Dia berbicara dunia politik yang misterius hingga tugas-tugas ke luar.

"Kalau ditanya kenapa, jujur saja saya harus mengakui, cukup tidak mudah untuk menjadi seorang perempuan berusia 20-an dan belum menikah, khususnya di dunia politik yang dinamis dan tidak tertebak," kata Hillary.

"Keharusan untuk tugas luar, bertemu banyak orang, dan bertemu masyarakat sampai larut malam, serta mengutarakan pendapat dan suara rakyat yang terkadang berbeda haluan dengan kepentingan sebagian golongan kuat membuat ancaman dan rasa khawatir tidak terelakkan," imbuh dia.

Hillary mengaku tinggal sendiri di Ibu Kota dengan bibi dan adik-adiknya yang semua masih kecil. Selain itu, ayahnya bertugas di daerah perbatasan yang membuat dirinya mempertimbangkan pengamanan.

"Tidak ada yang kuat secara fisik di rumah, adik laki-laki saya yang paling besar baru lulus SMP, yang paling kecil baru 3 tahun," ujar Hillary.

Baca Juga: Foto Hillary Brigitta Lasut Ramai Dibahas, Netizen Minta Anggota DPR Termuda Berani Ungkap Kasus Besar Ini Tanpa Pengawalan TNI

Istimewa

Siapa Hillary Brigitta Lasut? Inilah profil anggota DPR yang polisikan komika Mamat Alkatiri. Dia pernah minta pengawalan Kopassus.

Anggota Komisi I DPR itu menyebut dirinya berkewajiban menjaga adik-adiknya selepas kepergian almarhum ibunda. Ini membuatnya bertekad membuka diri meminta bantuan pengamanan, khususnya karena dia mengaku sering berselisih paham dengan banyak pihak ketika membela masyarakat Sulut.

Sementara itu,Fraksi NasDem DPR RI buka suara perihal anggotanya, Hillary Brigitta Lasut, menyurati TNI guna meminta bantuan pengamanan. Menurut Fraksi NasDem, Brigitta meminta bantuan pengamanan Kopassus dan Kostrad.

"Kalau saya lihat surat itu, telegramnya itu, Kopassus dan Kostrad kan," kata Ketua Fraksi NasDem DPR Ahmad Ali kepada wartawan pada Kamis (2/12/2021).

Apabila dilihat dari latar belakang keluarganya, Hillary tumbuh di lingkungan orangtua yang pandai di bidang politik Tanah Air.

Itu sebabnya, Hillary Brigitta Lasut tercatat anggota DPR RI termuda periode 2019-2024. Saat ini, Hillary menginjak usia ke 25 tahun. Hillary menjadi wakil rakyat dari daerah pemilihan Sulawesi Utara. Ia berasal dari partai Nasdem.

Hillary adalah putri dariElly Engelbert Lasut merupakan bupati Kepulauan Talaud periode 2019-2024. Selain itu, sang ibu, Telly Tjanggulung adalah mantan bupati Minahasa Tenggara periode tahun 2008-2013. Namun, ibunda Hillary telah meninggal dunia.

Telly Tjanggulung tutup usia di Rumah Sakit Siloam Kebun Jeruk, Jakarta, Selasa (5/1/2021) dini hari, karena kanker serviks yang dideritanya selama beberapa tahun terakhir. Ia dimakamkan di Kelurahan Bumi Nyiur, Manado.

Bukanhanya cantik. Hillary juga merupakan sosok yang berprestasi. Bahkan, di usia muda Hillary berhasil lulus S2 dari Washington University. Wanita kelahiran Manado ini adalah lulusan S1 Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan (UPH) dan S2 di Washington University.

Beberapa waktu lalu, profesi ayah Hillary sempat menjadi sorotan. Sebab, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud terpilih pada Pilkada serentak 2018 Elly Engelbert Lasut-Moktar Arunde Parapaga tak kunjung dilantik.

Baca Juga: Minta Dikawal Kopassus, Foto Anggota Termuda DPR Bareng Jenderal Andika Perkasa Tuai Komentar, Profesi Ayahnya Jadi Sorotan

Istimewa

Siapa Hillary Brigitta Lasut? Inilah profil anggota DPR yang polisikan komika Mamat Alkatiri. Dia pernah minta pengawalan Kopassus.

Bahkan, Elly dikabarkan memiliki hubungan kurang harmonis dengan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey gegara masalah pelantikan dirinya sebagai Bupatu Talaud.

KPU telah menetapkan keduanya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Talaud terpilih pada Agustus 2018. Sehingga, sejak ditetapkan hingga saat ini, terhitung sudah satu tahun lebih keduanya belum dilantik.

Sebetulnya, KPU telah menetapkan keduanya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Talaud terpilih pada Agustus 2018. Sedianya, agenda pelantikan digelar pada 21 Juli 2019. Itu jika mengacu pada akhir masa jabatan Bupati Talaud sebelumnya, Sri Wahyumi Manalip. Namun, Gubernur Sulwesi Utara Olly Dondokambey tak kunjung melantik Elly.

Persoalannya saat itu adalah terkait periodisasi Elly menjabat sebagai Bupati Kepulauan Talaud yang dianggap sudah tiga periode. Olly enggan melantik karena merujuk kepada Putusan MA No. 584/K/TUN/2019 tanggal 6 Desember 2019.

Berdasarkan putusan MA itu, Elly dianggap menjalani jabatan untuk tiga periode. Sebab sebelumnya, Elly pernah menjabat sebagai Bupati Kepulauan Talaud periode 2004-2009.

Kemudian, Elly kembali menjabat sebagai Bupati Kepulauan Talaud periode 2009-2014. Tetapi dia lantas diberhentikan karena tersangkut kasus korupsi. Masa jabat Elly di periode kedua inilah yang kemudian dipersoalkan.

Baca Juga: Masakan Makin Sedap, Intip Desain Dapur Sederhana Terbuka Tapi Mewah yang Anti Pengap, Ini 7 Foto Inspirasinya

Instagram

Siapa Hillary Brigitta Lasut? Inilah profil anggota DPR yang polisikan komika Mamat Alkatiri. Dia pernah minta pengawalan Kopassus.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya