10 Fakta Hasnaeni Moein Si Wanita Emas Jadi Tersangka Korupsi, Ayahnya Terlibat Skandal Foto Syur

Jumat, 23 September 2022 | 08:27
Kolase

Berikut ini 10 fakta Hasnaeni Moein si wanita emas yang menjadi tersangka kasus korupsi. Ayahnya pernah terlibat skandal foto syur.

Fotokita.net - Ini 10 fakta Mischa Hasnaeni Moein atau juga dikenal sebagai si wanita emas yang menjadi tersangka kasus korupsi. Ternyata ayah Hasnaeni Moein pernah terlibat skandal foto syur.

Hasnaeni Moein ditetapkan sebagaitersangka kasus dugaan korupsi penyimpangan dan penyelewengan dana salah satu anak perusahaan PT Waskita Karya (Persero) Tbk.Dia ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) pada Kamis (22/9/2022).

Banyak yang penasaran dengan sosok Hasnaeni Moein si wanita emas yang menjadi tersangka kasus korupsi. Berikut ini 10 fakta Hasnaeni Moein yang pernah mencalonkan diri sebagai Wali Kota Tangerang Selatan. Ayahnya pernah terlibat skandal foto syur.

1. Berontak ngaku sakit

Penetapan Hasnaeni Moein sebagai tersangka sempat diwarnai keributan. Awalnya dia keluar dari Gedung Bundar Kejagung mengenakan rompi tahanan warna pink khas Kejagung. Hasnaeni didorong oleh petugas di atas kursi roda dengan infus di tangannya, hendak dibawa ke Rutan Salemba untuk ditahan.

Saat digiring menuju mobil tahanan, Hasnaeni meronta. Si wanita emas beberapa kali berteriak sakit.

Pihak Kejagung menjelaskan, Hasnaeni sebelumnya sempat minta dirawat di salah satu rumah sakit swasta karena mengaku sakit. Namun, setelah diperiksa, ternyata si Wanita Emas sehat.

“Kita juga membawa dokter, kesimpulannya yang bersangkutan dalam keadaan sehat dan bisa dihadirkan di Kejaksaan," kata Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Dirdik Jampidsus) Kejagung Kuntadi dikutip dari Kompascom pada Kamis (22/9/2022).

"Dan pada hari ini kita jemput dari RS untuk diajukan ke Kejaksaan untuk menjalani proses selanjutnya,” jelasnya.

Baca Juga: Baru Sehari Jabat MenPAN RB, Azwar Anas Digoyang Isu Foto Syur, Istri Anggota DPR Sampai Ikut Terseret

Ist

Berikut ini 10 fakta Hasnaeni Moein si wanita emas yang menjadi tersangka kasus korupsi. Ayahnya pernah terlibat skandal foto syur.

2. Rugikan negara Rp 2,5 triliun

Ditetapkan sebagai tersangka korupsi, Hasnaeni Moein telah merugikan negara hingga Rp 2,5 triliun. Kejagung menjelaskan perihal perbuatan Hasnaeni Moein yang membuat negara mengalami kerugian.

"Dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi penympangan dan atau penyelewengan dalam penggunaan dana PT Waskita Beton Precast, Tbk, pada tahun 2016 s/d 2020, telah dilakukan pemeriksaan terhadap 82 orang saksi, dan alat bukti berupa 523 dokumen. Kerugian Negara dalam perkara ini sebesar Rp 16.844.363.402 (miliar) yang merupakan bagian dari kerugian total sebesar Rp 2,5 Triliun," terangKapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana dalam keterangan persnya.

Hasnaeni dijerat melanggar Pasal 2 ayat (1), Pasal 3 juncto Pasal 18 Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 juncto Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Kompastv

Berikut ini 10 fakta Hasnaeni Moein si wanita emas yang menjadi tersangka kasus korupsi. Ayahnya pernah terlibat skandal foto syur.

3. Minta jatah uang proyek

Hasnaeni disebut menawarkan proyek ke PT Waskita Beton Precast (WBP) dengan syarat Waskita membayar ke Hasnaeni yang merupakan Direktur Utama PT Misi Mulia Metrical (PT MMM).

"Tersangka H (Hasnaeni) selaku Direktur Utama PT MMM pada sekitar September 2019 bertemu dengan JS selaku Direktur PT WBP dan AW selaku Direktur Pemasaran PT WBP guna menawarkan pekerjaan terkait pembangunan jalan Tol Semarang-Demak senilai Rp 341.692.728.000 dengan syarat PT WBP menyetorkan sejumlah uang kepada PT MMM," ujar Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana dalam keterangan resmi.

Ketut menyebutkan,PT WBP menyanggupi permintaan Hasnaeni demi mendapatkan proyek pekerjaan konstruksi jalan tol Semarang-Demak. PT WBP melalui Direktur Utama berinisial JS dan KJH seorang Pensiunan Karyawan PT WBP pun memberikan uang sesuai permintaan Hasnaeni.

"PT Waskita Beton Precast, Tbk melalui JS dan AW menyanggupi untuk menyediakan sejumlah dana tersebut. Agar PT WBP dapat mengeluarkan sejumlah uang tersebut, Tersangka H memerintahkan MF selaku Manager Operasional PT MMM untuk membuat Administrasi Penagihan Fiktif kemudian diajukan kepada PT Waskita Beton Precast, Tbk, untuk diproses pembayarannya oleh PT Waskita Beton Precast, Tbk," ungkap Ketut.

Baca Juga: Dilantik Jokowi Jadi MenPAN-RB, Ini Profil Azwar Anas Mantan Bupati yang Digoyang Foto Syur Saat Pilkada Jatim

Ist

Berikut ini 10 fakta Hasnaeni Moein si wanita emas yang menjadi tersangka kasus korupsi. Ayahnya pernah terlibat skandal foto syur.

4. Raup uang Rp 16 miliar

Hasnaeni Moein berhasil meraup uang proyek PT WBP yang totalnya mencapaiRp 16 miliar. Uang itu seharusnya digunakan untuk membayar setoran modal pekerjaan tapi sama Hasnaeni malah digunakan untuk kepentingan pribadi.

"Pada 25 Februari 2020, PT Waskita Beton Precast, Tbk, mentransfer uang sejumlah Rp 16.844.363.402 ke rekening PT MMM. Bahwa uang yang telah ditransfer ke rekening PT MMM tersebut yang sedianya dipergunakan untuk membayar setoran modal ke konsorsium PT Pembangunan Perumahan Semarang-Demak akan tetapi ternyata uang tersebut digunakan secara pribadi oleh Tersangka H," katanya.

5. Aktif atur proyek tol

Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana merinci peran Hasnaeni Moein si wanita emas, yaitu:

- Menjanjikan pekerjaan di proyek tol Semarang-Demak dan bersama-sama AW menandatangani Surat Perintah Kerja (SPK) Nomor : 003/M3-SPK/XII/2019 tanggal 18 Desember 2019, namun tidak dapat dilaksanakan;

- Memerintahkan staf untuk membuat dokumen penagihan fiktif atas material batu split yang tidak pernah dikirimkan ke BP Lalang & BP Tebing Tinggi;

- Menerima aliran uang dari PT Waskita Beton Precast, Tbk atas kontrak pengadaan fiktif material batu split sebesar Rp. 16.844.363.402,-

Baca Juga: Pantas Bisa Koleksi Foto Syur Dea OnlyFans , Ternyata Komedian M Punya Akses Khusus, Sosoknya Terungkap

Tribun

Berikut ini 10 fakta Hasnaeni Moein si wanita emas yang menjadi tersangka kasus korupsi. Ayahnya pernah terlibat skandal foto syur.

6. Asal usul julukan Wanita Emas

Nama Hasnaeni santer terdengar pada 2016 lalu, jelang Pilkada DKI Jakarta. Dahulu, dia merupakan kader Partai Demokrat yang bertekad maju sebagai calon gubernur DKI.

Julukan Wanita Emas sendiri datang dari jargon yang kerap dibawa Hasnaeni Moein, yakni "era masyarakat sejahtera".

"Emas itu sebenarnya adalah kepanjangan dari 'Era Masyarakat Sejahtera'," kata Hasnaeni dalam sebuah diskusi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan dilansir dari Kompas.com, 6 Februari 2016.

Menurut Hasnaeni, emas merupakan simbol kesejahteraan. Dengan menyandang nama panggilan "wanita emas", dia berharap bisa menjadi wanita yang membawa kesejahteraan untuk masyarakat luas.

Kompastv

Berikut ini 10 fakta Hasnaeni Moein si wanita emas yang menjadi tersangka kasus korupsi. Ayahnya pernah terlibat skandal foto syur.

7. Ditinggal Saipul Jamil

Julukan Wanita Emas itu sebenarnya sudah dipakai Hasnaeni ketika mencoba peruntungan di Pilkada Tangerang Selatan 2010. Ketik itu, Hasnaeni mendaftar sebagai bakal calon wali kota Tangerang Selatan dengan menggandeng artis Saipul Jamil.

Namun, di tengah jalan, Saipul Jamil mundur. Hasnaeni pun gagal menjadi orang nomor satu di Kota Tangerang Selatan.

Baca Juga: NIkmati Hidup Mewah Hingga Terancam Diusir dari Jerman, Raja Thailand Kembali Jadi Sorotan Usai Foto-foto Syur Sang Selir Cantik Bocor ke Publik

Ist

Berikut ini 10 fakta Hasnaeni Moein si wanita emas yang menjadi tersangka kasus korupsi. Ayahnya pernah terlibat skandal foto syur.

8. Gagal di Pemilu 2014

Gagal maju di Pilkada Tangsel, Hasnaeni mencalonkan diri sebagai anggota legislatif DKI Jakarta dari Partai Demokrat pada Pemilu 2014.

Namun, lagi-lagi upayanya tak berhasil. Kendati begitu, julukan Wanita Emas terus dia bawa. Stiker "wanita emas" lengkap dengan foto Hasnaeni banyak tertempel di bus-bus ibu kota ketika itu.

9. Belum kapok main politik

Hasnaeni lantas bermimpi maju pada Pilkada DKI 2017. Dia konsisten membawa jargon "era masyarakat sejahtera".

Namun demikian, Hasnaeni kembali gagal melenggang ke panggung pemilihan lantaran Demokrat saat itu justru mengusung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Sylvia Murni di Pilgub DKI.

Tak surut, jelang Pemilu 2019 Hasnaeni sempat menyatakan keinginannya maju sebagai calon legislatif (caleg) DPRD DKI Jakarta.

Namun, bukan dari Demokrat, Wanita Emas saat itu mengaku hendak mencalonkan diri dari PDI Perjuangan. Kendati demikian, rencana pencalonan Hasnaeni itu tak terdengar lagi kabarnya.

Baca Juga: Blak-blakan Sebut Punya Foto Tanpa Busana, Begini Cara Nikita Mirzani Bagikan Tanpa Kena Hukuman: Gue Merasa Hina...

Dok. Gatra

Berikut ini 10 fakta Hasnaeni Moein si wanita emas yang menjadi tersangka kasus korupsi. Ayahnya pernah terlibat skandal foto syur.

10. Ayahnya terlibat skandal foto syur

Ayah Hasnaeni Moein si wanita emas yang menjadi tersangka kasus korupsi bernama Max Moein.

Max Moein merupakan mantan politisi senior PDIP dan pernah menjadi anggota DPR RI pada periode 1999-2004 dan 2004-2009.

Jabatan ayah Hasneni Moein si wanita emas di DPR RI cukup mentereng. Dia pernah menjadi Ketua Komisi IX dan Wakil Ketua Komisi XI.

Max Moein pernah dipanggil Badan Kehormatan DPR karena foto syur dirinya dengan seorang perempuan cantik yang sama-sama bertelanjang dada.

Bahkan, BK DPR sempat memanggil Roy Suryo yang dikenal sebagai ahli telematika.

Roy pun menyatakan, Roy mengatakan wajah laki-laki dalam foto tersebut tidak ada rekayasa, sedangkan bagian wajah perempuan mengalami penambahan efek cahaya.

"Wajah laki-lakinya Insyaallah nanti bisa saya pastikan bahwa itu tidak ada rekayasa," ujarnya kepada wartawan pada Kamis (10/7/2008).

Itulah 10 fakta Hasnaeni Moein si wanita emas yang menjadi tersangka kasus korupsi. Ternyata ayahnya pernah terlibat skandal foto syur.

Baca Juga: Hati-hati, Penyebar Foto Syur Vanessa Angel Bisa Kena Hukuman Pidana

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya