Baru Sehari Jabat MenPAN RB, Azwar Anas Digoyang Isu Foto Syur, Istri Anggota DPR Sampai Ikut Terseret

Jumat, 09 September 2022 | 11:33
Kolase Tribunnews

Azwar Anas yang baru sehari jabat MenPAN RB digoyang isu foto syur. Bahkan, istri anggota DPR sampai ikut terseret.

Fotokita.net - Presiden Joko Widodo secara resmi melantikAbdullah Azwar Anas, sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) pada Rabu (7/9/2022). Namun, baru sehari menjabat sebagai MenPAN RB, mantan Bupati Banyuwangi ini digoyang isu foto syur.

Netizen rupanya membongkar arsip foto syur yang dinarasikan mirip dengan wajah Azwar Anas. Akibatnya, pelantikan mantan Kepala LKPP ini menuai pro dan kontra. Bahkan, kata kunci"#MenteriMesum" menjadi trending topic di Twitter Indonesia.

Azwar Anas telah resmi menjabat sebagai MenPAN RB menggantikan mendiang Tjahjo Kumolo. Namun, baru sehari menjabat, Azwar Anas sudah digoyang isu foto syur. Konten foto syur yang dibongkar dari arsip beberapa tahun lalu ini bikin istri anggota DPR ikut terseret.

Foto syur yang mirip Azwar Anas diunggah di media sosial. Dalam foto yang menjadi sorotan netizen initerlihat sosok pria menyerupai Azwar yang sedang duduk di dalam mobil. Tampak foto diambil dari samping dan turut memperlihatkan kaki wanita.

Bukan hanya itu, foto yang tampak diambil menggunakanhandphonetersebut juga memperlihatkan diduga sebotol minuman keras.

Rupanya bukan cuma satu foto syur. Ada pula foto lainnya yang menunjukkan seorang pria berkaus putih yang dinarasikan sebagai Azwar Anas. Tampaknya foto itu diambil di dalam kamar hotel dan lagi-lagi memperlihatkan botol diduga minuman keras sebagai latar belakangnya.

Akibatnya, pelantikan Azwar Anas sebagai MenPAN RB menuai beragam respons dari netizen.Bahkan, penolakan publik ini sampai membuat kata kunci "#MenteriMesum" menjadi trending topic di Twitter Indonesia. Pada Kamis (8/9/2022) sore, tagar tersebut sudah berada di daftar 10 besartrending topicTwitter Indonesia.

Apabila ditelusuri, banyak netizen berkomentar pedas menanggapi pelantikan Azwar. Padahal skandal foto mesum itu disebut-sebut menjadi alasan Azwar Anas mundur dari kursi Calon Wakil Gubernur Jawa Timur pada 2018 silam.

Baca Juga: Dilantik Jokowi Jadi MenPAN-RB, Ini Profil Azwar Anas Mantan Bupati yang Digoyang Foto Syur Saat Pilkada Jatim

Biro Setpres

Azwar Anas yang baru sehari jabat MenPAN RB digoyang isu foto syur. Bahkan, istri anggota DPR sampai ikut terseret.

"Rehat dulu bray dari nagar, jangan pula kelen naikkan tagar #MenteriMesum, apa kata dunia nanti kalo jadi trending topik, malu lah! Hormatilah siapa pun yang sudah diangkat Pak Presiden!" komentar netizen, menyindir keras pemilihan Azwar sebagai MenPAN RB.

"Dulu mundur karena itu, sekarang diangkat jadi menteri? Nggak ada lagi yang lebih brutal Pak," timpal netizen lainnya."Negara ini gimana sih, mau dibawa ke mana yang moral jongkok menjabat menteri," sebut yang lainnya.

"Lalu dipercaya urus Pendayagunaan Aparatur plus Reformasi Birokrasi. Mendayagunakan seperti apa yang Anda maksud? Mereformasi apa yang Anda maksud?" kritik netizen.

Foto syur yang mirip Azwar Anas itu sempat beredar luas pada Januari 2018. Akibat digoyang isu foto syur, Azwar Anas yang ketika itu masih menjabat sebagai Bupati Banyuwangi secara resmi mengundurkan diri dari bakal calonWakil Gubernur Jawa Timur.

Namun, foto syur mirip Azwar Anas juga menyeret istri anggota DPRBambang Haryo, Asrilia Kurniawati. Nama wanita cantik ini mendadak tenar di jagad maya pada saat itu. Sebab, Asriliadiseret-seret lantaran dituding punya hubungan terlarang dengan Abdullah Azwar Anas.

Foto syur mirip Azwar yangberedar luas via grup Whatsapp itu disebut-sebut melibatkanAsrilia Kurniawati, istri anggota DPRBambang Haryo. Azwar Anas sendiri sudahmemiliki istri bernama Ipek Fiestiandani.

Lantas, apa tanggapan Bambang Haryo terkait beredarnya foto syur wanita yang disebut-sebut istrinya? "Ndak mungkin toh. Istri saya selalu mendampingi saya dalam bekerja, baik kunjungan kerja maupun selama bekerja di Jakarta," kata Bambang Haryo kepada detikcom, Jumat (5/1/2018).

Ia menerangkan, memang istrinya kadang ke Surabaya, karena memiliki tanggungjawab di berbagai organisasi seperti Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Surabaya.

Baca Juga: Foto Anggota DPR Nonton Video Syur Viral, Ini Rahasia Roy Suryo Bisa Langsung Dapat Namanya

Kolase Tribunnews

Azwar Anas yang baru sehari jabat MenPAN RB digoyang isu foto syur. Bahkan, istri anggota DPR sampai ikut terseret.

"Dia hanya ada waktu 1-2 hari untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan organisasi yang dipimpinnya. Banyak organisasi yang dipimpin istri saya di Surabaya," tuturnya.

Politisi DPR dari Partai Gerindra ini menambahkan, ia tidak melepaskan begitu saja istrinya ketika tidak bersama Bambang. "Ketika membutuhkan waktu lama, saya batasi. Dengan catatan, ajudan saya Mbak Diah selalu ikut menempel istri saya," jelasnya.

Pengusaha di bidang perkapalan ini menyesalkan beredarnya foto Anas dan dikait-kaitkan bahwa perempuan itu adalah istri Bambang Haryo.

"Kalau ada berita seperti itu. Itu berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Itu hanya sarana untuk menjatuhkan nama baik istri saya. Dan yang utama, arahnya ke Pak Anas," tuturnya.

Menurutnya, Anas saat ini karirnya akan menanjak. Dari Bupati Banyuwangi terpilih dua kali, Anas akan maju sebagai bakal calon Wakil Gubernur Jatim mendampingi cagub Gus Ipul di pemilihan Gubernur Jatim 2018.

"Mungkin, karena Pak Anas sebenarnya punya prestasi yang sangat bagus dari sisi membangun wilayah daerahnya. Ketika orang akan menanjak karirnya, pasti ada badai-badai politik yang akan menggoyangnya," ujarnya.

Instagram

Azwar Anas yang baru sehari jabat MenPAN RB digoyang isu foto syur. Bahkan, istri anggota DPR sampai ikut terseret.

"Prestasi yang dicapai Pak Anas ini seharusnya diapresiasi untuk bisa naik ke posisi lebih tinggi, yang dimana masyarakat nantinya membutuhkan kepemimpinan untuk mensejahterakan rakyat yang dipimpinnya," terangnya.

Pada Januari 2018,Polda Jawa Timur menyatakan, belum ada pengaduan atau laporan terkait foto yang diduga mirip Abdullah Azwar Anas dengan seorang perempuan yang beredar luas.

"Sampai dengan sekarang belum ada pengaduan atau laporan terkait itu (dugaan foto syur Azwar Anas). Dalam Undang-undang juga ada yang namanya delik aduan. Tidak mungkin Polda Jatim bergerak tanpa ada yang namanya pengadu," terang Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Frans Barung Mangera kepada Antara di Surabaya.

Baca Juga: Pantas Bisa Koleksi Foto Syur Dea OnlyFans , Ternyata Komedian M Punya Akses Khusus, Sosoknya Terungkap

Kolase

Azwar Anas yang baru sehari jabat MenPAN RB digoyang isu foto syur. Bahkan, istri anggota DPR sampai ikut terseret.

Belum adanya laporan, dia menjelaskan bahwa pihaknya bisa memastikan adanya kerugian dalam hal ini.

Kalaupun ada tindakan atau proses hukum, haruslah dilalui juga dengan adanya aduan dari yang merasa jadi korban. Dengan begitu maka polisi akan bergerak memproses kasus itu.

"Kecuali tindakan atau kejadian tersebut masuk ranah kebencian berdasarkan suku, agama, ras dan antargolongan (SARA). Dipastikan polisi langsung bergerak tanpa adanya aduan," uja Frans.

Frans mengungkapkan, sebelum kasus tersebut mencuat, Cyber Troops (pasukan dunia maya) Polda Jatim sudah mengetahui gambar-gambar tersebut.

Baru sehari jabat MenPAN RB, Azwar Anas digoyang isu foto syur. Akibatnya, banyak netizenmempertanyakan alasan Jokowi memilih Azwar Anas.

Ditemui pasca pelantikan Azwar di Istana Negara pada Rabu (7/9/2022), Jokowi menilai kinerja Azwar begitu mumpuni semasa menjabat sebagai Bupati Banyuwangi.

Banyak inovasi dan terobosan yang dilakukan Azwar saat itu yang membuat Jokowi tertarik meminangnya menjadi menteri pengganti Tjahjo Kumolo.

"Saya lihat langsung ke sana inovasi-inovasi di bidang pelayanan publik, inovasi-inovasi di urusan KTP, urusan perizinan dan bisa dilakukan di pasar di mall, saya kira beliau termasuk yang pertama saat itu. Sehinggatrack recorditu yang menyebabkan kita memilih pak Azwar Anas," terang Jokowi.

Bahkan saking percayanya, Jokowi mengaku tidak perlu memberi banyak arahan kepada Azwar. "Beliau enggak usah di-anu (diajari) lah, enggak usah dipesan-pesan. Sudah ngerti apa yang harus dilakukan, sangat ngerti. Bukan ngerti, tapi sangat ngerti," katanya.

Baca Juga: Foto Gisel Tanpa Wijin Picu Kabar Putus, Ibunda Gempi Pilih Cara Ini Demi Bertahan Hidup Usai Menyandang Status Tersangka

Biro Setpres

Azwar Anas yang baru sehari jabat MenPAN RB digoyang isu foto syur. Bahkan, istri anggota DPR sampai ikut terseret.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya