Terlanjur Bikin Mahfud Md Turun Tangan, Pria Diviralkan 'Polisi Cekcok dengan RT' Ternyata Punya Niat Begini, Foto Sosoknya Muncul

Senin, 12 September 2022 | 22:55
Polda Metro

Pria diviralkan polisi cekcok dengan ketua RT terlanjur bikin Menko Polhukam Mahfud MD turun tangan. Ternyata dia punya niat begini.

Fotokita.net - Seorang pria yang diviralkan 'polisi cekcok dengan RT' terlanjur bikin Menko Polhukam Mahfud Md turun tangan hingga menyebutnya sebagai 'polisi arogan' di media sosial. Ternyata pria yang bernama Edison Samsudin ini punya niat begini. Foto sosoknya muncul di media massa.

Kasus ini berawal ketika pria di dalam mobil cekcok dengan seorang pria lainnya. Cekcok itu diakibatkan pria di dalam mobil tersebut enggan memundurkan mobilnya.

Video cekcok kedua pria itu viral di media sosial. Bukan cuma itu, pria yang diviralkan 'polisi cekcok dengan RT' itu terlanjur bikin Menko Polhukam Mahfud Md sampai turun tangan.

Video viral itu memperlihatkan momen perdebatan kedua pria tersebut. Perdebatan itu terjadi lantaran pria yang disebut sebagai polisi tidak mau memundurkan mobilnya yang menghalangi jalan keluar komplek, hingga akhirnya pria yang disebut ketua RT mendorong mobil itu.

"Nih ya, liat pelatnya disuruh mundur aja nggak mau sampe Pak RT saya kayak begini (dorong mobil)," ucap perempuan yang merekam video tersebut.

Terlihat mobil tersebut bernomor polisi B-1398-KYP. Selanjutnya, setelah kejadian aksi dorong mobil tersebut, 'polisi' itu lalu memundurkan mobilnya. Namun, bukannya langsung memundurkan mobil, perdebatan dengan Ketua RT masih terus berlangsung.

"Mundur sedikit aja kan bisa, Pak, ini pintu keluar-masuk," kata perekam video.

"Haduh-haduh, orang kok sombong banget ya, Pak. Astaghfirullahaladzim polisi kayak gini," sambungnya.

Baca Juga: Cecar Menko Polhukam, Tabiat Asli Anggota DPR di Kasus Ferdy Sambo Justru Terbongkar, Foto Fahri Hamzah Sampai Dibawa-bawa

Cekcok pria yang ogah memundurkan mobilnya ramai dibahas di media sosial. Ujungnya, Mahfud Md sampai turun tangan. Postingan tersebut di-retweet oleh Menkopolhukam Mahfud Md lewat akun Twitternya, @mohmahfudmd.

Dalam cuitannya, dia meminta pihak kepolisian mengusut persoalan itu jika kejadian seperti dalam video itu benar. Dia juga mencolek akun Divisi Humas Polri untuk melihat video kejadian itu.

"Ini beneran atau konten sandiwara buatan? Kalau ini sungguhan saya maka Polisi harus mengambil tindakan. Itu ada nomer mobilnya B. 1489 KYP. Masak, arogansinya spt itu. @DivHumas_Polri," cuit Mahfud dalam Twitter.

"Eh nomer mobilnya B 1398 KYP," lanjut Mahfud.

Dicolek Mahfud Md, Polda Metro Jaya langsung bergerak.Subbidpaminal Bidang Propam Polda Metro Jaya turun tangan menyelidiki video viral yang dinarasikan 'polisi cekcok dengan ketua RT' gegara persoalan parkir mobil.

Hasil klarifikasi polisi, pria tersebut tidak pernah mengaku sebagai anggota Polri. Polda Metro memastikan pria tersebut bukan polisi, melainkan pensiunan bank.

"Saudara Edison Samsudin selaku pengemudi kendaraan B-1398-KYP bukanlah seorang anggota polisi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan dalam keterangannya, Senin (12/9/2022).

Kasus ini berawal ketika pria di dalam mobil cekcok dengan seorang pria lainnya. Cekcok itu diakibatkan pria di dalam mobil tersebut enggan memundurkan mobilnya.

Baca Juga: Kerap Blak-blakan Serang Pemerintah, Ternyata Ini Alasan Ustaz Abdul Somad dan Rocky Gerung Tak Ditangkap

YouTube

Pria diviralkan polisi cekcok dengan ketua RT terlanjur bikin Menko Polhukam Mahfud MD turun tangan. Ternyata dia punya niat begini.

Pria di dalam mobil tersebut dinarasikan sebagai 'polisi'. Namun, setelah diselidiki, Zulpan mengatakan Edison Samsudin bukan polisi, melainkan pensiunan karyawan swasta.

"Pengemudi atas nama saudara Edison Samsudin, usia 67 tahun, pensiunan bank," terang Zulpan.

"Berdasarkan penyelidikan dan klarifikasi dapat disimpulkan bahwa Saudara Edison Samsudin (67) bukan merupakan anggota Polri, melainkan bekerja pensiunan karyawan swasta dan tidak pernah mengaku sebagai anggota Polri saat cekcok dengan seorang laki-laki yang saat ini videonya viral itu," ujar Zulpan.

Zulpan menjelaskan, Subbidpaminal Propam Polda Metro Jaya turun tangan menyelidiki video viral tersebut. Dari hasil pengecekan, diketahui mobil Toyota Kijang bernopol B-1398-KYP adalah milik Edison Samsudin, warga Bekasi.

Pihak Propam Polda Metro kemudian meminta klarifikasi dari Edison pada Minggu (11/9/2022). Dari penjelasan Edison, diketahui bahwa percekcokan itu terjadi pada Sabtu (10/9/2022), sekitar pukul 16.00 WIB.

"Dari hasil klarifikasi, yang bersangkutan mengatakan saat itu mengantar serta anaknya belanja, kemudian memarkirkan kendaraannya di Jalan Raya Jati, Kranggan, Kota Bekasi," jelas Zulpan.

Lantas, Edison diminta memundurkan mobilnya. Namun, karena merasa mobilnya tak menghalangi, Edison pun tak menghiraukan permintaan orang tersebut.

"Yang bersangkutan mengatakan tiba-tiba diminta seorang laki-laki dan perempuan untuk mundur. Karena merasa jalan raya dan tidak mengganggu, Saudara Edison ini tidak menghiraukan dan saat cekcok Saudara Edison tidak pernah mengaku sebagai anggota Polri," terang Zulpan.

Baca Juga: Foto Tampang Nicho Silalahi yang Buat Geram Orang Dayak, Tantang Mahfud MD Temui KKB Papua

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya