Duduk di Kursi Pesakitan, Ferdy Sambo Ternyata Penyidik Bareskrim yang Bikin Ahok Jadi Tersangka, Foto Terkini Eks Kadiv Propam Disorot

Kamis, 25 Agustus 2022 | 11:58
Youtube

Ferdy Sambo yang duduk di kursi pesakitan ternyata penyidik Bareskrim yang bikin Ahok jadi tersangka. Foto eks Kadiv Propam disorot.

Fotokita.net - Irjen Ferdy Sambo duduk di kursi pesakitan dalam sidang etik terkait kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yosua atau Brigadir J. Ternyata Ferdy Sambo adalah penyidik Bareskrim Polri yang bikin Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) jadi tersangka. Foto terkini eks Kadiv Propam Polri disorot.

Sidang etik Ferdy Sambo dipimpin olehKabaintelkam Polri Komjen Ahmad Dofiri. Ferdy Sambo tampak hadir secara langsung. Suami Putri Candrawathi initerancam sejumlah sanksi hingga paling tinggi ialah pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) alias dipecat dari Polri.

Foto Ferdy Sambo duduk di kursi pesakitan sidang etik Polri sengaja disebarkan di media sosial. Ternyata Ferdy Sambo adalah penyidik Bareskrim yang bikin Ahok jadi tersangka. Foto terkini mantan Kadiv Propam disorot netizen di jagat maya.

Pantauan dari kanal YouTube Polri TV Radio, sidang digelar di gedung TNCC, Mabes Polri, Jakarta, Kamis (25/8/2022). Proses sidang etik ditayangkan di akun POLRI TV, namun tanpa suara.

Ferdy Sambo tampak mengenakan seragam dinas Polri. Ferdy Sambo hadir di gedung TNCC sejak pukul 07.30 WIB.

Sidang etik ini digelar untuk menentukan sanksi terhadap Ferdy Sambo. Berdasarkan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 tentang Kode Etik Profesi dan Komisi Kode Etik Kepolisian Negara Republik Indonesia (KEPP), Ferdy Sambo terancam sanksi etika dan sanksi administratif.

Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo menghadiri langsung sidang kode etik hari ini. Begini suasananya.

Persidangan etik Sambo ditayangkan di akun YouTube POLRI TV, Kamis (25/8/2022). Namun jalannya sidang tidak ditayangkan secara utuh.

Baca Juga: Nasib Ferdy Sambo Ditentukan Jenderal Bintang 3, Kapolri Punya Strategi Begini Soal Konsorsium 303, Foto Kondisi Suami Putri Candrawathi Dinanti

Youtube

Ferdy Sambo yang duduk di kursi pesakitan ternyata penyidik Bareskrim yang bikin Ahok jadi tersangka. Foto eks Kadiv Propam disorot.

Visual yang ditampilkan hanya memperlihatkan kehadiran ketua sidang dan kedatangan Ferdy Sambo. Tayangan juga tak disertai suara. Sidang etik dipimpin Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Polri Komjen Ahmad Dofiri.

Terlihat ketua sidang memasuki ruang sidang lebih dulu. Baru kemudian Ferdy Sambo menyusul memasuki ruang sidang etik. Ini merupakan kemunculan perdana Ferdy Sambo setelah ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan.

Ferdy Sambo mengenakan seragam Polri lengkap. Ferdy Sambo diapit dua personel Propam. Setelah memberikan hormat kepada ketua sidang, Ferdy Sambo kemudian duduk di kursi yang disediakan.

Ferdy Sambo terancam sejumlah sanksi hingga paling tinggi ialah pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) alias dipecat dari Polri. Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan nasib Ferdy Sambo di Polri akan langsung ditentukan hari ini.

"Akan ditentukan hari ini juga sesuai dengan perintah Pak Kapolri. Semua berjalan secara paralel dan harus cepat. Proses penyelidikan yang dilakukan oleh Tim Sidik Timsus, dalam hal ini terkait masalah pembuktian kasus 340 subsider 338 juncto 55, 56, yang saat ini sudah tahap I, harus segera diproses," katanya.

"Saat keputusan sidang komisi atau vonis, akan saya berikan kesempatan kepada teman-teman untuk meliput juga dengan visual dan audio jadi lengkap semuanya," lanjut dia.

Foto Ferdy Sambo duduk di kursi pesakitan sidang etik menjadi perbincangan hangat. Ternyata Ferdy Sambo adalah penyidik Bareskrim Polri yang bikin Ahok jadi tersangka. Foto eks Kadiv Propam disorot.

Surat pemanggilan Basuki Tjahaja PurnamaaliasAhok untuk bertemu Ferdy Sambokembali beredar. Surat pemanggilanAhok bertemu tersebut saat Sambo berpangkat Kombes Pol dan jauh sebelum Irjen Polisi itu ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Brigadir J.

Surat pemanggilan bertanggal 30 November 2016 itu ditanda tangani Brigjen Pol Agus Adrianto selaku Direktur Tindak Pidana Umum.

Baca Juga: Cecar Menko Polhukam, Tabiat Asli Anggota DPR di Kasus Ferdy Sambo Justru Terbongkar, Foto Fahri Hamzah Sampai Dibawa-bawa

Facebook

Ferdy Sambo yang duduk di kursi pesakitan ternyata penyidik Bareskrim yang bikin Ahok jadi tersangka. Foto eks Kadiv Propam disorot.

Dalam surat pemanggilan yang kini viral dibagikan di WhatsApp tersebut bertuliskan, Memanggil:

Nama: Basuki Tjahja Purnama alias Ahok. Jabatan : Gubernur DKI Alamat: Jalan Pantai Mutiara, Blok J no 39 penjaringab Jakarta Utara.

Bertemu dengan Kombes Pol Ferdy Sambo SH, S.IK, MH dan tim di ruang rapat divisi Propam Polri, jalan Trunojoyo Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Kamis 1 Desember 2016 pukul 09.00 WIB untuk dihadapkan kepada Jaksa Penuntut Umum di Kejaksaan Agung (tahap II) dalam dugaan tindak pidana penghinaan atau penodaan terhadap suatu agama di Indonesia dan atau penghinaan terhadap suatu golongan sebagaimana dimaksud dalam pasal 156a KUHP dan atau pasal 156 KUHP.

Diketahui 6 tahun setelah setelah kasus penistaan agama dengan tersangkaAhokitu karier Sambo cukup melejit. Dia kini berpangkat Irjen atau perwira bintang 2 di Mabes Polri dan menjabat sebagai Kadiv Propam Polri.

Ferdy Sambo saat ini ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan J di kompleks Polri Duren 3 Jakarta Selatan, Jumat 8 Juli 2022.

Netizenramai mengungkit peran Ferdy Sambo yang pada 2016 silam sebagai penyidik kasus Ahok. Saat itu ia menjabat sebagai Kasubdit IV Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.

Facebook

Ferdy Sambo yang duduk di kursi pesakitan ternyata penyidik Bareskrim yang bikin Ahok jadi tersangka. Foto eks Kadiv Propam disorot.

Kombes Ferdy Sambolah saat itu yang menerima “assist” dari operan bola lambung yang ditendang oleh MUI dengan genk GNPF-nya, dan begundal monaslimin 212.

Dulu, sebelum jadi tersangka, Ahok dipanggil oleh Sambo, sebelum kasusnya dinyatakan lengkap P21 untuk dilimpahkan kepada kejaksaan. Boleh dibilang, dialah yang menjadikan Ahok menjadi tersangka saat itu.

Netizen mulai ramai membahas, apakah ini yang namanya karma? Sebab, Ahok pernah berkata, “Percayalah, sebagai penutup, kalau Anda menzalimi saya, yang Anda lawan adalah Tuhan yang Mahakuasa, Maha Esa. Saya akan buktikan satu per satu dipermalukan. Terima kasih.”

Baca Juga: Dilantik SBY Jadi Lulusan Akpol Terbaik, Anak Buah Kabareskrim Dicopot Karena Kasus Ferdy Sambo, Foto Sosoknya Misterius

Youtube

Ferdy Sambo yang duduk di kursi pesakitan ternyata penyidik Bareskrim yang bikin Ahok jadi tersangka. Foto eks Kadiv Propam disorot.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya