'Kau Kasih Uang Nggak Sama Dia?' Ketua Komnas HAM Murka ke Ferdy Sambo di Mako Brimob, Foto Choirul Anam Sempat Disorot

Rabu, 24 Agustus 2022 | 10:08
Facebook

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan murka ke Ferdy Sambo di Mako Brimob. Kau kasih uang nggak sama dia? Foto Choirul Anam disorot.

Fotokita.net - Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM)Ahmad Taufan Damanik murka ke Irjen Ferdy Sambo di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Emosi petinggi Komnas HAM ini memuncak. "Kau kasih uang nggak sama dia?" hardik Ahmad Taufan kepada Ferdy Sambo.

Komnas HAMmelakukan pemeriksaan terhadap Ferdy Sambo terkait kasus pembunuhan Brigadir Yosua atau Brigadir J. Sejak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membentuk Tim Khusus untuk mengusut kematian Brigadir J, Komnas HAM memang dilibatkan dalam kasus ini.

Pada awal Agustus lalu, Irjen Ferdy Sambo menjalani kurungan di tempat khusus Mako Brimob. Beberapa saat kemudian, Kapolri mengumumkan Ferdy Sambo sebagai tersangka. Ketua Komnas HAM murka ke Ferdy Sambo saat melakukan pemeriksaan. "Kau kasih uang nggak sama dia?" emosi Ahmad Taufan memuncak. Foto Choirul Anam, anak buah Ahmad Taufan di Komnas HAM sempat disorot.

Komnas HAM melakukan pemeriksaan terhadap Ferdy Sambo pada 12 Agustus. Eks Kadiv Propam itu sudah ditetapkan sebagai tersangka pada Selasa, 9 Agustus. Dalam pemeriksaan itu, Ferdy Sambo secara terbuka mengakui sebagai dalang pembunuhan Brigadir J.

“Saya salah, saya khilaf. Emosi saya tidak bisa dikendalikan. Tidak sepantasnya saya, seorang jenderal, tidak mampu menjaga emosi. Jadi saya salah. Saya siap diberi hukuman yang setimpal,” kata jenderal bintang dua itu kepada tim pemeriksa Komnas HAM di Mako Brimob seperti dikutip dari kumparanplus.

Adapun tim pemeriksa Komnas HAM yang mendatangi Mako Brimob adalah Ahmad Taufan Damanik sebagai ketua. Lalu, ada dua komisionerChoirul Anam dan Beka Ulung Hapsara, plus tiga orang staf.

Ferdy Sambo diperiksa Komnas HAM selama sekitar satu jam. Dalam kurun waktu itu, suami Putri Candrawathi ituterus mengutarakan kekhilafannya telah membunuh Brigadir Yosua. Ia sesekali menangis saat disinggung soal keputusannya mengorbankan ajudannya yang paling junior, Bharada Richard Eliezer atau Bharada E.

“Dia nangis, (bilang) ‘Saya salah, Pak. Saya akan berusaha memberikan kesaksian yang membuat Richard bisa bebas, atau kalau dihukum, [hukumannya] ringan,” cerita Taufan seperti menirukan ucapan Ferdy Sambo.

Baca Juga: Hasil Autopsi Ulang Brigadir J Cuma Luka Tembak, Komnas HAM Sebut Ada Dokter Forensik yang Sampai Lakukan Begini Saat Diperiksa, Foto Sosoknya Dirahasiakan

Facebook

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan murka ke Ferdy Sambo di Mako Brimob. Kau kasih uang nggak sama dia? Foto Choirul Anam disorot.

Pengakuan Ferdy Sambo bersama tiga orang lain yang menjadi tersangka—Bharada Richard, Bripka Ricky Rizal, dan Kuat Ma’ruf—sedianya sudah membuktikan bahwa baku tembak di rumah dinas Duren Tiga cuma rekayasa.

Dalam kesempatan berbeda, Taufan kembali mengulangi cerita hasil pemeriksaan terhadap Ferdy Sambo. Taufan menekankan,Ferdy Sambo mengakui kesalahannya saat pemeriksaan oleh Komnas HAM.

"Bahasanya waktu itu saya (Sambo) akan tanggung jawab. Saya kan juga ngomonglah ya, nyentuh dia gitu ya, karena kalau di awal kalian tahu saya, salah satu concern saya bukan bela orang yang melakukan kesalahan ya, tapi saya tidak mau ada orang yang kesan saya ini orang sebetulnya hanya diikut-ikutkan gitu jadi tumbal," papar Taufan di depan awak media pada Selasa (23/8/2022).

Taufan menyebutkan, Ferdy Sambo mengakui kesalahannya karena memerintahkan Bharada E menembak Brigadir J. Ketua Komnas HAM ini juga menceritakan, Ferdy Sambo juga akan bertanggung jawab karena melibatkan banyak orang.

"Makanya waktu itu saya tanya sama dia (Ferdy Sambo), setelah pertanyaan pokok dan sampingannya kalau saya tanya, 'kamu merasa nggak kalau kamu sudah menjadikan anak buahmu yang masih muda jadi terikut masalah inilah', 'iya pak saya salah, nanti saya tanggung jawab semuanya', 'benar ya?' Saya bilang. 'Kasihan ini anak muda', begitu. Itu sebetulnya pertanyaan pokoknya kan bukan di situ, 'Apa yang kamu lakukan?' Kan begitu," cerita Taufan tentang hasil pemeriksaan dengan panjang lebar.

Taufan juga bercerita, Ferdy Sambo ingin membebaskan Bharada E dari jerat hukum. Menurutnya, itu akan ditentukan pada saat di pengadilan.

"Dia bilang begitu (ingin bebaskan Bharada E). Makanya kita lihat saja nanti. Tapi yang paling pokok saya kira tugas pengacaranya Richard untuk harus memperjuangkan itu (kebebasan), Saudara Ronny supaya dia bisa membela hak-hak, bahwa dia sudah mengaku kan kita tidak bisa bilang dia tidak melakukan tindak pidana. Tapi kan dengan pembelaan-pembelaan hak-hak dia sebagai terdakwa nanti, mudah-mudahan, hakimlah yang memutuskan," katanya.

Dalam pemeriksaan itu, Ketua Komnas HAM murka kepada Ferdy Sambo. Dia sampai menghardik jenderal bintang 2 itu yang menjalani kurungan patsus di Mako brimob. "Kau kasih uang nggak sama dia?" emosi Ahmad Taufan mendidih.

Baca Juga: Baku Tembak di Rumah Dinas Irjen Ferdy Sambo Cuma Sandiwara, Begini Cara Brigadir Ricky Bohongi Komnas HAM, Foto Wajahnya Dinyinyiri Karena Pengakuan Ini

Facebook

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan murka ke Ferdy Sambo di Mako Brimob. Kau kasih uang nggak sama dia? Foto Choirul Anam disorot.

Ahmad Taufan Damanik bercerita, awal mula dia murka terhadap eks Kadiv Propam Polri itu. Taufan mengaku murka ke Ferdy Sambo lantaran pernah memanggil salah satu komisioner, yaitu Choirul Anam, pada Senin (11/7/2022). Pertemuan Ferdy Sambo dan Anam itu sebelum kasus Brigadir J mencuat ke publik.

Taufan menyebutkan, Anam mengungkap pertemuannya dengan Ferdy Sambo sehari kemudian. Anam mengaku Ferdy Sambo hanya mengungkap kalimat seolah menyesal. Foto Choirul Anam sempat disorot.

"Ya dia (Sambo) bilang, 'Kenapa bukan saya yang bunuh'. Cuma begitu-begitu. Saya diceritain Anam baru bisa besoknya (usai pertemuan Anam dan Sambo pada 11 Juli), karena malam itu saya nggak ngelihat ada yang serius. Jadi saat saya baca berita setelah saya main badminton, saya lihat, loh, saya panggil (Anam) besoknya," kata Taufan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/8/2022).

Taufan menyebutkan, dia lantas meminta Anam bercerita pembicaraannya dengan Sambo. Mendengar cerita Anam itu, Taufan sudah menaruh curiga terhadap Sambo.

"'Apa kemarin pembicaraannya?' Dia (Anam) ceritakanlah. 'Wah bahaya ini kamu. Bahaya, Nam'. Justru dari awal saya jadi curiga gara-gara itu. Dengan pikir sebaliknya," cerita Taufan.

Taufan lantas mengungkit saat dirinya menemui Ferdy Sambo di Mako Brimob. Saat itulah dia mengaku berang terhadap Ferdy Sambo karena memanggil anak buahnya. Ketika itu, Ferdy Sambo hanya meminta maaf.

"Saya juga sudah tanya sama Sambo. 'Kamu apa-apaan kamu panggil si Anam?'. 'Minta maaf saya Pak, minta maaf saya Pak'," ujar Taufan sembari menirukan perkataan Sambo.

Taufan kemudian menanyakan apakah Sambo memberikan uang kepada Anam pada pertemuan itu. Ferdy Sambo menjawab 'tidak'.

"Kau kasih uang nggak sama dia?'. 'Nggak, Pak'," kata Taufan.

Baca Juga: Ngaku Lihat Brigadir J Terkapar, Senior Bharada E Gagal Jawab Pertanyaan Kunci Komnas HAM, Foto Sosoknya Sampai Dikulik

Facebook

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan murka ke Ferdy Sambo di Mako Brimob. Kau kasih uang nggak sama dia? Foto Choirul Anam disorot.

Taufan murka kepada Ferdy Sambo di Mako Brimob. Dia meminta Sambo tidak melakukan hal-hal yang membuat dampak negatif terhadap Komnas HAM.

"Itu direkam, lo, saya bilang. Kalau ada apa-apa suatu saat saya buka itu semua. 'Kau jangan kerjain Komnas HAM. Marah saya sama dia," katanya.

Taufan menyebutkan, dia hanya mencecar Sambo soal pertemuan dengan Anam saat di Mako Brimob. Dia meminta kesaksian yang diberikan Sambo itu tak berubah-ubah di hari kemudian.

"Saya cuma satu saya tanya, 'Apa yang kamu lakukan sama si Anam? Kau jangan kurang ajar sama Komnas HAM'. Dia minta-minta maaf. Saya tanya, 'Kamu kasih uang nggak sama Anam? Dia bilang, 'Nggak'.

'Ya sudah kalau ada apa-apa nanti kau harus kasih kesaksian yang sama. Jangan nanti berubah. Saya gugat kau nanti kalau macam-macam'," cerita Taufan kepada wartawan panjang lebar.

"Karena ini bagi saya dan Anam, kami nggak melanjut periode kedua. Ini pertaruhan nama baik kami. Kami bekerja 4 tahun lebih, jangan dicurangi begitu. Dibangun opini-opini kan," tandas Taufan menutup cerita Ketua Komnas HAM murka ke Ferdy Sambo di Mako Brimob.

Baca Juga: Maaf Pengacara, Omongan Kekasih Brigadir J Justru Bikin Komnas HAM Ambil Tindakan Tegas ke Bharada E, Tinggal Tunggu Foto CCTV Dibuka

Facebook

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan murka ke Ferdy Sambo di Mako Brimob. Kau kasih uang nggak sama dia? Foto Choirul Anam disorot.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya