Besi Cantolan Bendera Merah Putih Patah, Ini Sosok Anggota Paskibra Solo yang Berani Ambil Keputusan Drastis, Foto Aksinya Sempat Viral

Rabu, 17 Agustus 2022 | 21:29
Facebook

Ini sosok anggota Paskibra Solo yang berani ambil keputusan drastis saat besi cantolan bendera Merah Putih patah. Foto aksinya viral.

Fotokita.net - Ini sosok anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang bertugas dalam upacara HUT RI ke-77di Stadion Sriwedari,Solo, Jawa Tengah. Saat melaksanakan tugas, besi cantolan bendera Merah Putih ke tali pengerek tiba-tiba patah. Anggota Paskibra Solo berani mengambil keputusan drastis begini.

Pada Rabu (17/8/2022), upacara HUT RI digelar di bawah sinar mentari nan cerah. Cuaca yang baik membuat para petugas dan peserta upacara bersemangat. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi inspektur upacara.

Saat anggota Paskibra membentangkan bendera Merah Putih, besi cantolan ke tali pengerek tiba-tiba patah. Kejadian ini tentu saja membuat peserta upacara terkejut. Ini sosok anggota Paskibra Solo yang berani ambil keputusan drastis. Foto aksinya sempat viral di media sosial.

Dalam upacara yang terus dilanjutkan tanpa pengibaran bendera Merah Putih itu, tiga anggota Paskibra yang bertugas adalahMuhammad Naban Haikal Fikri, Muhammad Fashadhiya Ulhaq, dan Albert Maulana.

Muhammad Naban Haikal Fikri bertugas sebagai petugas pengerek bendera. Sementara itu,pembentang bendera adalah Muhammad Fashadhiya Ulhaq. Di bagian tengah, ada Albert Maulana.

Momentum pengibaran bendera ini memang momentum yang sangat ditunggu-tunggu. Seluruh mata peserta upacara tertuju pada ketiga anggota Paskribra Solo. Sayangnya, besi cantolan bendera Merah Putih ke tali pengerek mendadak patah.

Anggota Paskibra Solo berani ambil keputusan drastis. Mereka langsung berinisiatif membentangkan bendera dengan kedua tangan. Berbagai apresiasi dan tepuk tangan mengiringi prosesi seusai pengibaran bendera.

Insiden bendera Merah Putih gagal berkibar memicu rasa terkejut seluruh peserta upacara, baik tamu undangan, tamu VIP, dan peserta lain. Akibatnya, upacara bendera terpaksa harus dilakukan tanpa adanya pengibaran sang saka merah putih.

Baca Juga: Tangis Paskibra Pecah Merah Putih Gagal Berkibar, Anak Jokowi Sampai Ulangi Satu Kata Ini, Foto Upacara HUT RI di Solo Jadi Sorotan

Facebook

Ini sosok anggota Paskibra Solo yang berani ambil keputusan drastis saat besi cantolan bendera Merah Putih patah. Foto aksinya viral.

Lantaran tak bisa dikerek ke pucuk tiang, bendera tersebut tetap dibuka dan dipegang oleh anggota Paskibra, hingga lagu kebangsaan Indonesia Raya selesai dinyanyikan.

Meskipun bendera gagal dikerek ke pucuk tiang bendera, namun peserta upacara pun memberikan tepuk tangan kepada anggota Paskibra. Saat mengawali pembacaan amanat inspektur upacara Gibran juga mengajak seluruh peserta upacara memberikan semangat kepada anggota Paskibra dengan tepuk tangan.

Usai upacara Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memanggil anggota Paskibra kembali ke dalam Stadion Sriwedari.

Isak tangis anggota Paskibra pun tak terelakkan. Gibran lantas meminta mereka melambaikan tangan kepada para peserta upacara.

“Udah nggak apa-apa, nggak apa-apa,” kata Gibran menyemangati anggota Paskibraka tersebut.

Gibran sempat menepuk beberapa anggota Paskibra sambil memberi semangat. "Nggak apa-apa, semangat," kata Gibran.

Gibran mengatakan, anggota Paskibra sudah berlatih sangat keras. Menurut Gibran, bendera merah putih itu gagal dikerek karena pengait di tali rusak. Gibran pun tak mempermasalahkan kejadian tersebut.

“Ada yang rusak cantolannya. Mereka sudah bekerja keras, berlatih setiap hari, pagi siang malam, udah nggak kehitung gladinya berapa kali. Tapi yang namanya kejadian seperti ini kadang-kadang nggak bisa diprediksi. Yang penting tetap semangat,” jelasnya.

Baca Juga: Wajah Jokowi Sampai Berubah, Farel Prayoga Mantap Bilang Begini Soal Tujuan Hidupnya, Foto Sang Penyanyi Cilik Goyang Istana Negara Disorot

RRI

Ini sosok anggota Paskibra Solo yang berani ambil keputusan drastis saat besi cantolan bendera Merah Putih patah. Foto aksinya viral.

Gibran mengaku, tetap mengapresiasi semangat anggota Paskibra tersebut. Kejadian teknis itu menurut putra sulung Presiden Jokowi memang tak terduga.

“Yang penting adik-adik Paskibra sudah semangat semua. Kesalahan-kesalahan teknis seperti ini nggak bisa diprediksi,” tegas dia.

Naban menyebut sebetulnya bendera sempat dikaitkan, tapi kemudian patah.

"Besi yang untuk mengibarkan bendera patah. Sebenarnya sudah sempat dicantolkan," kata Naban singkat.

Foto aksi anggota Paskibra Solo sempat viral di media sosial. Anggota Paskibra ini tetap mendapatkan dukungan penuh dari Gibran Rakabuming Raka sebagai orang nomor satu di Kota Solo.

Baca Juga: Kabur dari Kesatuan TNI AD, Prada Yotam Ternyata Pernah Unggah Lambang Papua Merdeka, Foto Ini Buktinya

Facebook

Ini sosok anggota Paskibra Solo yang berani ambil keputusan drastis saat besi cantolan bendera Merah Putih patah. Foto aksinya viral.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya