Begini Alasan Kabareskrim Murka ke Pengacara Bharada E, Foto Deolipa Yumara Jadi Sorotan

Rabu, 10 Agustus 2022 | 13:43
Facebook

Foto Deolipa Yumara jadi sorotan di medsos. Begini alasan Kabareskrim Komjen Agus Andrianto murka ke pengacara Bharada E.

Fotokita.net - Kabareskrim Komjen Agus Andrianto murka kepada pengacara Bharada Richard Eliezer atau Bharada E. Foto pengacara Bharada E Deolipa Yumara menjadi sorotan di jagat maya.

Pengacara Deolipa Yumara ditunjuk Bareskrim Polri untuk mendampingi Bharada E yang sudah ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus dugaan pembunuhan Brigadir Yosua atau Brigadir J.

Terkini, KabareskrimKomjen Agus Andrianto mengomentari ucapan pengacara Bharada E yang mengaku berhasil bikin tersangka mau membuka fakta sebenarnya. Begini alasan Kabareskrim murka ke pengacara Bharada E. Foto Deolipa Yumara jadi sorotan.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka terkait tewasnya Brigadir J. Ferdy Sambo diduga memerintah Bharada E untuk menembak Brigadir J. "Timsus menetapkan Saudara FS sebagai tersangka," kata Jenderal Sigit kepada wartawan di Mabes Polri pada Selasa (9/8/2022).

Kapolri belum menjelaskan pasal yang disangkakan kepada Ferdy Sambo. Selain Sambo, Polri menetapkan tiga orang tersangka lain, yakni Bharada Richard Eliezer (RE), Brigadir Ricky Rizal (RR), dan KM.

Ferdy Sambo berperan memerintah Bharada E menembak Brigadir J. Sedangkan Bharada RE berperan menembak Brigadir J. Sementara Bripka RR dan KM berperan ikut membantu dan menyaksikan penembakan korban. Keempatnya dijerat Pasal 340 tentang pembunuhan berencana subsider Pasal 338 tentang pembunuhan juncto Pasal 55 juncto 56 KUHP.

Timsus masih mendalami motif penembakan yang menewaskan Brigadir J. Timsus juga akan periksa istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, soal motif Ferdy Sambo memerintah Bharada E menembak Brigadir J.

Namun Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan bahwa motif Sambo sensitif dan hanya boleh didengar oleh orang dewasa. "Soal motif, biar nanti dikonstruksi hukumnya karena itu sensitif, mungkin hanya boleh didengar oleh orang-orang dewasa," kata Mahfud, Selasa (9/8/2022).

Baca Juga: Ternyata Bukan Pengacara Deolipa Yumara, Sosok Ini Bikin Hati Bharada E Meleleh, Foto Irjen Ferdy Sambo Sampai Digeruduk

Facebook

Foto Deolipa Yumara jadi sorotan di medsos. Begini alasan Kabareskrim Komjen Agus Andrianto murka ke pengacara Bharada E.

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto mengatakan kecil kemungkinan bahwa ada peristiwa pelecehan seksual terjadi di kasus Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Agus menimpal hal itu dengan penerapan Pasal 340 KUHP.

"Kalau (Pasal) 340 diterapkan, kecil kemungkinannya itu (ada pelecehan oleh Brigadir Yoshua)," kata Agus di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (9/8/2022).

Bharada E atau RE sempat disebut sebagai pahlawan oleh pengacara lamanya. Komjen Agus Andrianto mengomentari soal ucapan pengacara itu.Agus bicara soal Bharada E yang mengungkapkan fakta-fakta terkait kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

"Ya harusnya dia itu kan pada saat si Bharada RE ini menyampaikan kepada penyidik bahwa dia akhirnya menyampaikan secara detail tentang kejadian itu," kata Komjen Agus dalam jumpa pers di Mabes Polri, Rabu (10/8/2022) malam.

Namun pengacara awal yang mendampingi Bharada E akhirnya mengundurkan diri. Bareskrim pun menyediakan pengacara pengganti karena Bharada E sudah berstatus sebagai tersangka dalam kasus tewasnya Brigadir J.

"Namun kan ini pengacara yang ditunjuk oleh pengacara keluarga FS (Ferdy Sambo) ini kan akhirnya mengundurkan diri, dia kan statusnya sebagai tersangka maka pada saat dia dilakukan pemeriksaan dia harus kita siapkan pengacara," jelasnya.

Komjen Agus mengatakan Tim Khusus tidak diam dalam membuat terangnya kasus tewasnya Brigadir J. Dia mengkritik soal sorotan seolah fakta-fakta kasus ini semata-mata diungkap pengacara baru Bharada E.

"Nah pengacara yang baru dateng ini tiba-tiba seolah-olah dia yang bekerja sampaikan informasi kepada publik kan nggak fair itu ya," ujar dia.

Baca Juga: Irjen Ferdy Sambo Diduga Ribut dengan Istrinya Sebelum Brigadir J Tewas, Begini Cara Pengacara Bikin Bharada E Ungkap Fakta Sebenarnya, Foto Terkininya Dirahasiakan

Facebook

Foto Deolipa Yumara jadi sorotan di medsos. Begini alasan Kabareskrim Komjen Agus Andrianto murka ke pengacara Bharada E.

Dia mengatakan penyidik Tim Khusus juga mengupayakan agar Bharada E mau memberi pengakuan terkait kasus tersebut. Agus mengatakan bahkan Tim Khusus mendatangkan orang tua dalam proses pemeriksaan Bharada E.

"Bukan karena pengacara itu dia mengaku, karena apa yang dilakukan oleh penyidik, apa yang dilakukan oleh timsus menyampaikan kepada dia, kasih orang tuanya didatangkan, adalah upaya membuat dia untuk tergugah bahwa ancamannya cukup berat, jadi jangan tanggung sendiri," ucap dia.

"Sehingga dia secara sadar membuat pengakuan. Jadi jangan tiba-tiba orang ditunjuk sebagai pengacara untuk mendampingi pemeriksaan terus dia ngoceh di luar, seolah-olah pekerjaan dia, itu kan enggak fair," tambahnya.

Beberapa waktu lalu, pengacara Deolipa Yumaraenggan menjelaskan apa tekanan yang dialamiBharada E. Dia mengatakan Bharada E terbuka usai menyadari tindakannya dan kini ingin membuatkasus terang benderang.

"Jadi ketika kemudian dia sudah tidak lagi seperti itu. Dia kembali ke wilayah baru mulai kemarin, hari Sabtu dia mulai sadar bahwasanya dia harus melakukan tindakan sebenar-benarnya dan seterang-terangnya apa yang dialaminya. Apa yang dilakukannya, apa yang didengarnya," terang Deolipa panjang lebar

Deolipa mengatakan, pihaknya berbincang dari hati ke hati denganBharada E dan mengingatkan soal kepatuhan kepada Tuhan. Dia pun menyebutBharada Emulai terbuka dan menyampaikan keterangannya kepada tim kuasa hukum.

"Kita ajarkan dia mengenai doa supaya Tuhan berkenan kepada apa yang dia lakukan, dia mulai sadar. Ketika dia mulai sadar akhirnya dia merasa plong nyaman dia berdoa sama Tuhan," ucapnya.

Menurutnya, kliennya akan terbuka terkait kasus kematian Brigadir Yoshua. Meski demikian,Bharada E meminta perlindungan dari LPSK terkait keterangannya. "Cuma kemudian untuk kepentingan hukum dia meminta kepada kami untuk mengajukan permohonan perlindungan hukum dan dia bersedia menjadi justice collaborator," tutup Deolipa.

Baca Juga: Tangani Kasus Penipuan Istri Polisi, Deolipa Yumara Pengacara Bharada E Kerap Cari Cuan Pakai Cara Begini, Foto Terkininya Dibanjiri Komentar

Facebook

Foto Deolipa Yumara jadi sorotan di medsos. Begini alasan Kabareskrim Komjen Agus Andrianto murka ke pengacara Bharada E.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya