Bikin Jenderal Polri Kalang Kabut, Pengacara Keluarga Brigadir Yosua Ternyata Dipecat Saat Tangani Kasus Korupsi Wisma Atlet, Foto Kliennya Disebarkan

Sabtu, 23 Juli 2022 | 11:50
Facebook

Pengacara keluarga Brigadir Yosua Kamaruddin Simanjuntak ternyata dipecat kliennya saat tangani kasus korupsi Wisma Atlet.

Fotokita.net - Aksi Kamaruddin Simanjuntak, pengacara keluarga Brigadir Yosua atau Nofriansyah Yosua Hutabarat bikin jenderal Polri kalang kabut. Usai desakan pejabat Polri dicopot dikabulkan, Kamaruddin menyebut sudah ada orang yang mengaku sebagai pelaku pembunuhan dalam kasus penembakan Brigadir Yosua.

Nama Kamaruddin Simanjuntak menjadi sorotan usai menjadi pengacara keluarga Brigadir Yosua yang ingin mendapatkan keadilan dalam kasus baku tembak sesama polisi di rumah Irjen Ferdy Sambo. Dengan gaya bicara yang lantang, Kamaruddin terus membongkar fakta di balik kejanggalan dalam kasus tewasnya Brigadir Yosua di ujung peluru rekan sendiri, Bharada E.

Kamaruddin juga bikin jendral Polri kalang kabut. Brigjen Hendra Kurniawan dicopot dari jabatan Karo Paminal Divpropam Polri gegara desakan sang pengacara terus digaungkan. Ternyata pengacara keluarga Brigadir Yosua pernah dipecat kliennya saat menangani kasus korupsi Wisma Atlet. Foto kliennya disebarkan di media sosial.

Keluarga Brigadir Yosua sudah menjalani pemeriksaan yang digelar timpenyidik dari Bareskrim Polri di Mapolda Jambi. Ada delapan penyidik yang diturunkan untuk menggali keterangan dari keluarga Brigadir Yosua.

"Ada delapan orang penyidik yang ikut memeriksa," kata Penyidik Tindak Pidana Utama TK II Bareskrim Mabes Polri, Brigjen Agus Suharnoko kepada wartawan saat dijumpai di Mapolda Jambi pada Jumat (22/7/2022).

Setelah pemeriksaan itu selesai, Kamaruddin Simanjuntak memberikan informasi bahwasudah ada orang yang mengaku sebagai pelaku dugaan pembunuhan Brigadir Yosua. Kamaruddin mengatakan, pihak yang mengaku pelaku merupakan calon tersangka dalam kasus ini. "Inisial yang pertama yang sudah mengaku sebagai pelaku," katanya, Sabtu (23/7/2022).

Menurut Kamaruddin, dari orang yang mengaku pelaku itu dikembangkan kepada yang lain. Hanya saja dia belum mau mengungkap siapa sosok orang yang sudah mengaku sebagai pelaku pembunuh Brigadir Yosua.

Baca Juga: Bukan Polisi, Ini Sosok yang Berani Lucuti Recorder CCTV Kompleks Rumah Irjen Ferdy Sambo, Foto Tersangkanya Muncul?

"Kemudian dikembangkan ke yang lainnya. Belum bisa kasih inisial (pelaku) karena ini masih dirahasiakan dulu untuk kepentingan penyidikan. Siapa saja bisa tersangka, yang penting perbuatannya," terang Kamaruddin.

Terkait informasi Kamaruddin Simanjuntak yang menyebut sudah ada orang yang mengaku sebagai pelaku pembunuhan, Polri buka suara. Bareskrim Polri menegaskan, pihaknya belum menetapkan siapapun sebagai tersangka.

"Tanyakan saja ke dia. Penyidik belum menetapkan siapapun sebagai tersangka," kata Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian kepada awak media yang ingin mendapatkan konfirmasi pada Sabtu (23/7/2022).

Dalam kasus ini, penyidik pada Jumat kemarin telah selesai memintai keterangan dari pihak keluarga Brigadir Yoshua. Saksi itu di antaranya ayah hingga ibu Brigadir J. Mereka diperiksa penyidik Bareskrim di Polda Jambi. "Sudah (selesai pemeriksaan), timnya masih di Jambi," katanya.

Aksinya bikin jenderal Polri kalang kabut, ternyata pengacara keluarga Brigadir Yosua pernah dipecat kliennya saat menangani kasus korupsi Wisma Atlet. Foto klien Kamaruddin Simanjuntak itu disebarkan di media sosial.

Pada April 2011, Kamaruddin Simanjuntak menangani kasus hukum yang melilit Mindo Rosalina Manulang. Dalam kasus ini, Mindo ditetapkan sebagaitersangka suap mantan Sesmenpora Wafid Muharam dalam proyek pembangunan Wisma Atlet.

Dalam menangani kasus korupsi Wisma Atlet, Kamaruddin selalu mengumbar informasi soal adanya dugaan keterlibatan atasan Mindo yang berstatus sebagai Bendahara Umum Partai Demokrat. Foto klien Kamaruddin Simanjuntak juga disebarkan di media sosial. Ketika itu, wajah Mindo Rosalina mendominasi media massa.

Baca Juga: Keluarga Brigadir Yosua Tolak Hasil Autopsi, Kondisi Makam Ajudan Irjen Ferdy Sambo Terlihat Janggal, Kerabat Ungkap Foto Terkininya

Facebook

Pengacara keluarga Brigadir Yosua Kamaruddin Simanjuntak ternyata dipecat kliennya saat tangani kasus korupsi Wisma Atlet.

Menurut Kamaruddin, Mindo bekerja untuk politisi tersebut. Kamaruddin juga mengungkap adanya ancaman yang berasal dari orang yang disebutnya atasan Rosa itu.

Lantaran sudah berkoar-koar seperti itu, Kamaruddin Simanjutak dipecat kliennya, Mindo Rosalina Manulang. Mindo menyatakan,sudah tidak lagi memberikan kuasa kepada Kamaruddin Simanjuntak terhitung sejak 27 April 2011.

Pencabutan itu dituangkan Mindo dalam surat pencabutan surat kuasa tertanggal 27 April 2011. Surat itu pun langsung ditandatangani langsung oleh Rosalina.

"Menyatakan mencabut surat kuasa tertanggal 23 April 2011 sehubungan dengan sebagai kuasa hukum saya dalam perkara No LKTPK-0S/IV/2011 di Komisi Pemberantasan Korupsi yang saya berikan kepada Kamarudin Simanjuntak, SH," tulis Mindo dalam suratnya, Kamis (28/4/2011).

Hanya itu yang digoreskan Rosa dalam surat pencabutan kuasa itu. Tak ada penjelasan lebih lanjut perihal apa alasan wanita berkacamata itu mencabut kuasa yang diberikan kepada Kamaruddin.

Setelah dipecat, Kamaruddin lantas berseteru dengan mantan kliennya. Mindo mengatakan dirinya diarahkan oleh Kamaruddin saat diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi agar menghubungkan kasusnya dengan Partai Demokrat. Imbalannya, bebas dari jerat hukum.

"Yang tertuang di berita acara pemeriksaan (BAP) itu semua rekayasa Kamaruddin. Saya akan buat perhitungan pribadi dengan dia," kata Mindo ketika itu.

Baca Juga: Sosok Psikopat Dalang Kematian Brigadir Yosua, Keluarga Ngaku Dilecehkan Anak Buah Irjen Ferdy Sambo di Rumah Duka, Foto Buktinya Sengaja Disebarkan

Facebook

Pengacara keluarga Brigadir Yosua Kamaruddin Simanjuntak ternyata dipecat kliennya saat tangani kasus korupsi Wisma Atlet.

Kamaruddin membantah tuduhan itu. "Itu pengalihan isu dari kasus korupsi yang melilit Rosa," kata Kamaruddin. Kamaruddin Simanjuntak santai menanggapi serangan balik Rosalina. Kamaruddin pun tak mau ambil pusing dengan berbagai sanggahan Rosalina di gedung KPK, Jakarta, Rabu (11/5/2011).

"Terserah dia mau ngomong apa," ujar Kamaruddin saat dihubungi wartawan di Jakarta. Kamaruddin sendiri mengaku tak aneh dengan sikap dan pernyataan Mindo tersebut. Apalagi, kini Rosa didampingi oleh Djufri Taufik.

"Mindo itu jatuh di tempat yang salah, dia sudah berada di tempat orang yang salah untuk dia dibungkamkan. Kalau saya pengacaranya banyak orang yang kepanasan, Ini adalah keterlambatan KPK, seharusnya dia segera diamankan ke LPSK," paparnya.

Kamaruddin tetap bersikukuh apa yang selama ini dilontarkannya benar adanya. Apalagi, sejumlah kejanggalan sempat ditemui dirinya dalam perkara suap Sesmenpora Wafid Muharam.

"Kalau misalnya ucapan saya salah, kenapa uang itu dibuang ke tong sampah ketika didatangi KPK. Sederhana kan itu," tegasnya.

Baca Juga: Ayahnya Bikin Petinggi Polri Dicopot, Putri Kamaruddin Simanjuntak Punya Prestasi Mentereng, Sang Pengacara Pamer Foto Wajahnya

Facebook

Pengacara keluarga Brigadir Yosua Kamaruddin Simanjuntak ternyata dipecat kliennya saat tangani kasus korupsi Wisma Atlet.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya