Jabat Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Yandri Irsan Sengaja Disuntik Vaksin Khusus Sebelum Pergi Haji ke Tanah Suci, Foto Sosoknya Muncul di Medsos

Jumat, 22 Juli 2022 | 11:18
Facebook

Kombes Yandri Irsan yang kini menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Selatan sengaja disuntik vaksin khusus sebelum pergi haji.

Fotokita.net - KombesYandri Irsan secara resmi menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) Kapolres Metro Jakarta Selatan. Keputusan ini muncul setelahKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menonaktifkan Kombes Budhi Herdi Susianto dari jabatannya sebagai Kapolres Metro Jakarta Selatan.

Mengikuti keputusan Kapolri,Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran segera menetapkan keputusan Kombes Yandri Irsan sebagaiPlt Kapolres Metro Jaksel. Sebelumnya, Yandri Irsan mengemban tugassebagai Direktur Pengamanan Objek Vital Polda Metro Jaya.

Foto sosok Kombes Yandri Irsan muncul di media sosial bersamaan dengan jabatan barunya resmi diumumkan. Sebelum menjabat Kapolres Jakarta Selatan, Yandri Irsan sengaja disuntik vaksin khusus sebelum pergi haji ke Tanah Suci Mekkah.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyatakan penonaktifan Kombes Budhi Herdi Susianto dari jabatan Kapolres Metro Jaksel demi menjaga independensi, transparansi, dan akuntabilitas dalam pengusutan kasus penembakan Brigadir Yosua.

Dedi Prasetyo mengumumkan, penonaktifan Karo Paminal Divisi Propam Brigjen Hendra Kurniawan dan Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto dari jabatan masing-masing.

"Yang pertama yang dinonaktifkan adalah Karo Paminal Brigjen Pol Hendra Kurniawan, kedua yang dinonaktifkan adalah Kapolres Jaksel Kombes Pol Budhi Herdi," kata Dedi. Jenderal bintang dua inijuga mengatakan, pengganti Kapolres Metro Jaksel akan ditunjuk oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil.

Dedi mengungkapkan penonaktifan Brigjen Hendra Kurniawan dan Kombes Budhi Herdi Susianto dilakukan dalam rangka menjaga objektivitas dan transparansi tim khusus yang bekerja mengungkap kasus penembakan di rumah Irjen Ferdy Sambo.

Baca Juga: Kapolres Jaktim Unggah Foto Tampang Pemeras Modus Tabrak Lari di Pasar Rebo, Ternyata Pelaku Punya Luka di Kaki

"Yang pertama timsus terus bekerja. Dalam rangka menjaga objektivitas, transparansi, independensi, tim harus betul-betul menjaga marwah, itu sesuai dengan komitmen Bapak Kapolri," ujar Dedi Prasetyo saat menggelar konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (21/7/2022).

Dedi mengatakan Kapolri menekankan timsus ini harus bekerja secara profesional dengan pembuktian secara ilmiah. "Ini merupakan suatu keharusan. Oleh karenanya, untuk menjaga objektivitas, transparansi, dan akuntabilitas, pada malam hari ini Bapak Kapolri memutuskan untuk menonaktifkan dua orang," kata Dedi.

Mengikuti keputusan Kapolri, Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Fadil Imran menunjuk Komisaris Besar Yandri Irsan sebagai pelaksana tugas (plt) Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Selatan.

Penunjukan Plt Kapolres Metro Jaksel itu tertuang dalam Sprint Nomor 108/VII/KEP/2022 tertanggal 21 Juli 2022. Dalam surat perintah tersebut, Irjen Fadil menunjuk Kombes Yandri Irsan untuk menjabat sebagai Plt Kapolres Jaksel.

"Dalam surat perintah tersebut, Bapak Kapolda menunjuk Kombes Pol Yandri Irsan, Msi yang sehari-hari di Polda Metro sebagai Direktur Pam Obvit Polda Metro Jaya ditunjuk sebagai Pelaksana tugas atau Plt Kapolres Metro Jakarta Selatan menggantikan pejabat yang lama," ujar Zulpan saat berjumpa awak media di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (21/7/2022).

Dengan adanya surat perintah tersebut, Kombes Yandri Irsan secara resmi telah memimpin operasional Polres Metro Jaksel sejak Kamis kemarin. "Dengan demikian, diharapkan dengan keluarnya surat perintah ini, berlaku mulai hari ini dinamika operasional kegiatan kepolisian di Polres Metro Jakarta Selatan akan diemban oleh pelaksana tugas yang baru (Kombes Yandri Irsan)," ujar Zulpan.

Jabat Kapolres Jakarta Selatan, Kombes Yandri Irsan ternyata sengaja disuntik vaksin khusus sebelum pergi haji ke Tanah Suci Mekkah. Foto sosoknya muncul di media sosial (medsos).

Baca Juga: Mendadak Dicopot Kapolri, Foto Kapolres Padang Pariaman Beri Penghargaan Banjir Pujian, Polri Ungkap Penyebabnya

Facebook

Kombes Yandri Irsan yang kini menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Selatan sengaja disuntik vaksin khusus sebelum pergi haji.

Yandri Irsan adalah lulusan Akpol 1996. Sebelum ditugaskan di Polda Metro Jaya,Yandri pernah bertugas menjadi Kapolres Belu, Nusa Tenggara Timur, pada 2017-2018. Pada masa itu, Yandri menggagas program inovatif Belu Anticipation System (BLAST) untuk masyarakat Kabupaten Belu yang berbatasan langsung dengan Timor Leste.

Program aplikasi berbasis informasi teknologi ini dikembangkan oleh Polres Belu berfungsi sebagai perangkat pengaduan kejahatan hingga layanan masyarakat lainnya.

Selain itu, Yandri juga menggagas program Blast Button Stationary atau perangkat yang terpasang di objek vital seperti di bank hingga pasar.Dalam objek-objek vital itu terdapat tombol darurat yang bisa dipencet ketika ada suatu kejadian yang perlu melibatkan kepolisian, misalnya pembobolan atau pencurian.

Setelah kurang lebih 10 bulan menjabat sebagai Kapolres Belu, Yandri dipromosikan sebagai Wakil Direktur Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda NTT pada 2018. Yandri juga pernah menjabat sebagai Dirreskrimsus Polda Sulawesi Utara.

Pada 5 Januari 2022, ia pun diangkat menjadi Direktur Pam Obvit Polda Metro Jaya.Yandri Irsan juga pernah diusulkan sebagai salah satu kandidat polisi inovatif Hoegeng Awards 2022. Dia diusulkan sebagai kandidat polisi inovatif karena program Belu Anticipation System (BLAST), rumah baca Merah Putih, serta perpustakaan mini untuk anak-anak selama menjabat Kapolres Belu.

Sejumlah inovasi ia telurkan sepanjang kariernya. Saat dirinya menjadi Kapolres Belu, Yandri membuat program Blast Button Stationary atau perangkat yang terpasang di objek vital seperti di bank hingga pasar.

Adapun di dalam objek-objek vital itu terdapat tombol darurat yang bisa dipencet saat ada kejadian yang perlu melibatkan kepolisian, contohnya pembobolan atau pencurian.

Baca Juga: Ikut Dimutasi Kapolri, Foto Kapolres Metro Jakarta Selatan Kerap Muncul di Medsos, Rajin Ungkap Kasus Artis

Facebook

Kombes Yandri Irsan yang kini menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Selatan sengaja disuntik vaksin khusus sebelum pergi haji.

Dia juga pernah diusulkan sebagai salah satu kandidat polisi inovatif Hoegeng Awards 2022. Usulan ini berkat inovasi program Belu Anticipation System (BLAST), rumah baca Merah Putih, serta perpustakaan mini untuk anak-anak saat dirinya menjabat sebagai Kapolres Belu.

Pada 23 Juni lalu, akun FacebookRafi Mardiana mengunggah foto sosok Kombes Yandri Irsan. Dia memajang beberapa foto saat dirinya berjumpa polisi dengan pangkat tiga melati di pundak itu di Bandara Soekarno Hatta.

Dari keterangan Rafi Mardiana terungkap Yandri Irsan akan menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Sebelum pergi haji ke Tanah Suci, Kombes Yandri Irsan yang menjadi sorotan usai menjabat sebagai Kapolres Jakarta Selatan ini sengaja disuntik vaksin khusus.

"Bersama Bapak Kombes Pol Yandri Irsan (Ditpamobvit Polda Metro jaya) yang baru saja disuntik Vaksin Meningitis sebelum menunaikan ibadah haji bersama keluarga.Semoga menjadi haji yang mabrur dan kembali ke tanah air dengan selamat," tulisRafi Mardiana melalui akun Facebook miliknya.

Foto sosok Kombes Yandri Irsan juga kerap muncul di media sosial. Sebab, Yandri termasuk salah satu polisi senang yang diajak foto bersama. Dia juga kerap mengisi sejumlah acara diskusi yang terkait dengan jabatannya.

Baca Juga: Dicopot Kapolri, Foto Kapolres Padang Pariaman Tersebar Luas, Kasusnya Jadi Pertanyaan

Facebook

Kombes Yandri Irsan yang kini menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Selatan sengaja disuntik vaksin khusus sebelum pergi haji.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya