Jabatan Karo Paminal Divpropam Terlanjur Diusik, Brigjen Hendra Kurniawan Justru Bantu Keluarga Brigadir Yosua dengan Cara Begini, Foto Sosoknya Ramai Dibahas

Rabu, 20 Juli 2022 | 18:15
Facebook

Brigjen Hendra Kurniawan ternyata justru membantu keluarga Brigadir Yosua dengan cara begini. Jabatan Karo Paminal terlanjur diusik.

Fotokita.net - Jabatan Karo Paminal Divpropam Polri yang disandang Brigjen Hendra Kurniawan terus diusik. Penyebabnya, Brigjen Hendra dituding melakukan tekanan terhadap keluarga Brigadir Yosua atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Brigjen Hendra Kurniawan mendatangi keluarga Brigadir Yosua yang berada di rumah duka di Desa Suka Makmur, Sungai Bahar, Muarojambi, Jambi pada Senin (11/7/2022) malam. Kedatangan Brigjen Hendra diikuti dengan sejumlah personel kepolisian.

Dari hasil pertemuan dengan ayah Brigadir Yosua, Samuel Hutabarat, pengacara keluarga, Johnson Pandjaitan meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot Brigjen Hendar dari jabatannya. Jabatan Karo Paminal Divpropam terlanjur diusik, Brigjen Hendra Kurniawan justru membantu keluarga Brigadir Yosua dengan cara begini. Foto sosoknya kembali ramai dibahas.

Johnson menyampaikan desakan pencopotan Brigjen Hendra dari jabatannya saat berjumpa dengan wartawan pada Selasa (19/7/2022). Johnsonmenuding Brigjen Hendra melakukan tekanan kepada keluarga Brigadir Yoshua.

Kepada wartawan juga, Johnson berupaya memaparkan alasan Brigjen Hendra harus nonaktif dari jabatan Karo Paminal Divpropam Polri. Dia menjelaskan dengan panjang lebar. "Karo Paminal itu harus diganti, karena dia bagian dari masalah dan bagian dari seluruh persoalan yang muncul, karena dia yang melakukan pengiriman mayat dan melakukan tekanan kepada keluarga untuk (tidak) membuka peti mayat."

Saat berjumpa dengan awak media, Johnson juga menyebut Karo Paminal melanggar asas keadilan. Johnson juga menekankan bahwa ada pelanggaran terhadap hukum adat yang sangat diyakini keluarga Brigadir Yosua.

Johnson lalu kembali menerangkan argumennya atas desakan terhadap Brigjen Hendra agar segera dinonaktifkan.

Baca Juga: Bukan Brigjen Hendra Kurniawan, Ini Sosok Anak Buah Irjen Ferdy Sambo yang Bilang Kondisi Jenazah Brigadir Yosua Tak Bagus Dilihat Keluarga, Foto Wajahnya Terkuak

Facebook

Brigjen Hendra Kurniawan ternyata justru membantu keluarga Brigadir Yosua dengan cara begini. Jabatan Karo Paminal terlanjur diusik.

"Jadi, selain melanggar asas keadilan, juga melanggar prinsip-prinsip hukum adat yang sangat diyakini oleh keluarga korban. Menurut saya, itu harus dilakukan. Tapi yang jauh lebih penting adalah Kapolres itu yang melakukan memimpin proses penyidikan," tukas Johnson.

Brigjen Hendra juga dinilai tidak sopan saat mengawal jenazah Brigadir Yosua ke rumah keluarga di pelosok Jambi. Pengacara keluarga Brigadir Yosua, Kamaruddin Simanjuntak menyebut, Brigjen Hendra tidak memperbolehkan keluarga merekam hingga memegang handphone.

"Kalau Karo Paminal itu terlalu keras. Kemudian dia dianggap tidak berperilaku sopan kepada kami, datang ke kami sebagai Karo Paminal di Jambi dan terkesan intimidasi keluarga almarhum dan memojokkan keluarga sampai memerintah untuk tidak boleh memfoto, tidak boleh merekam, tidak boleh pegang HP, masuk ke rumah tanpa izin, langsung menutup pintu," papar Kamaruddin panjang lebar.

Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo terus didesak untuk menonaktifkan Karo Paminal Divpropam Brigjen Hendra Kurniawan. Terkait hal ini, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan pihaknya sangat terbuka atas segala masukan, dia mengatakan itu merupakan aspirasi bagi Polri.

"Pak Kapolri mengingatkan ini selalu terbuka apa yang menjadi aspirasi semua pihak nantinya akan ada pertimbangan," kata Dedi kepada wartawan pada Rabu (20/7/2022).

Sebagai informasi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah menonaktifkan Irjen Ferdy Sambo dari jabatan Kadiv Propam Polri pada Senin (18/7/2022). Penonaktifan ini guna lancarnya proses penyidikan kasus baku tembak Brigadir J dengan Bharada E di rumah dinas Irjen Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

"Yang sudah dilakukan Kapolri terhadap Kadiv Propam mendengarkan aspirasi dan mempertimbangkan aspek berjalan transparan dan akuntabel dan cepat," ujar Dedi.

Baca Juga: Sebut Kematian Brigadir Yosua Berita Aib, Brigjen Hendra Kurniawan Sempat Diterpa Gosip Panas Usai Naik Pangkat, Foto Sosoknya Ramai Dibahas

Facebook

Brigjen Hendra Kurniawan ternyata justru membantu keluarga Brigadir Yosua dengan cara begini. Jabatan Karo Paminal terlanjur diusik.

"Biar tidak terjadi spekulasi ini akan perkeruh situasi jika bukan di bidangnya menyampaikan," tambahnya.

Jabatan Karo Paminal Divpropam Polri terlanjur diusik, Brigjen Hendra Kurniawan justru membantu keluarga Brigadir Yosua dengan cara begini. Foto sosoknya sampai kembali ramai dibahas.

Anak buah Brigjen Hendra Kurniawan, KombesLeonardo Simatupang menerangkan bagaimana Karo Paminal Divpropam Polri membantu keluarga Brigadir Yosua. Kombes Leonardo Simatupang saat ini menjabat sebagai Pemeriksa Utama Divpropam Polri.

Mulanya, Leonardo menegaskan bahwa dirinya yang mengantarkanjenazah Brigadir Yoshua ke rumah duka di Desa Suka Makmur, Sungai Bahar. Dia menjelaskan, desakanKaro Paminal Divpropam Polri Brigjen Hendra Kurniawan dinonaktifkan karena dianggap melarang untuk membuka peti jenazah Yoshua bukan tindakan tepat.

Leonardo membantah ada larangan kepada keluarga untuk membuka peti jenazah. "Yang mengantar jenazah itu saya, nggak Karo Paminal. Itu ya, salah ngikutin informasi-informasi yang nggak benar," ujar Leonardo kepada wartawan pada Rabu (20/7/2022).

"Tidak pernah ada saya untuk melarang buka peti ya, karena nggak bagus dilihat keluarga, kita punya keluarga juga," sambungnya.

Facebook

Brigjen Hendra Kurniawan ternyata justru membantu keluarga Brigadir Yosua dengan cara begini. Jabatan Karo Paminal terlanjur diusik.

Leonardo mengatakan Brigjen Hendra datang ke kediaman keluarga saat jenazah Brigadir Yoshua sudah dimakamkan. Hendra datang untuk melaksanakan upacara dan membantu mutasi adik Brigadir Yoshua ke Polda Jambi.

"Karo Paminal datang itu setelah jenazah dikebumikan, itupun karena permintaan dari keluarga untuk menjelaskan kronologi, permintaan untuk upacara dan mutasi adiknya supaya minta dibantu tuntas, itu aja," tandas Leonardo. Jabatan Karo Paminal Divpropam Polri terlanjur diusik, ternyata Brigjen Hendra Kurniawan justru membantu keluarga Brigadir Yosua dengan cara begini. Foto sosoknya sampai kembali ramai dibahas.

Baca Juga: Bertemu Samuel Hutabarat, Ternyata Ini Sosok Petinggi Polri yang Ungkap Hal Sensitif Soal Pakaian Istri Ferdy Sambo, Foto Wajah Brigjen Hendra Kurniawan Diviralkan

Facebook

Brigjen Hendra Kurniawan ternyata justru membantu keluarga Brigadir Yosua dengan cara begini. Jabatan Karo Paminal terlanjur diusik.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya