Menteri SBY Anggap Enteng Usai Posting Foto Stupa Borobudur Mirip Jokowi, Petinggi Polri Turun Tangan

Selasa, 14 Juni 2022 | 23:16
Facebook

Roy Suryo menteri pemerintahan SBY ikut posting foto stupa candi Borobudur yang diedit mirip Presiden Jokowi. Petinggi Polri turun tangan.

Fotokita.net - Roy Suryo mantan Menteri Pemuda dan Olahraga pada pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi sorotan. Mantan menteri SBY ini anggap enteng usai posting foto yang menunjukkan stupa Candi Borobudur mirip Presiden Jokowi. Petinggi Polri sampai turun tangan.

Netizen kembali dibikin geram dengan ulah Roy Suryo mantan menteri SBY itu.Di akun Twitternya, mantan Menpora itu mengunggah foto editan stupa Borobudur mirip Jokowi.

Unggahan di akun twitter Roy Suryo itu diketahui bertanggal Jumat (10/6/2022) lalu. Dalam unggahan itu, Roy Suryo menyinggung soal kenaikan harga tiket naik ke candi Borobudur jadi Rp 750 ribu.

"Mumpung akhir pekan, ringan2 saja Twit-nya. Sejalan dgn Protes Rencana Kenaikan Harga Tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50rb) ke 750rb yg (sdh sewarasnya) DITUNDA itu, Banyak Kreativitas Netizen mengubah Salahsatu Stupa terbuka yg Ikonik di Borobudur itu, LUCU, he-3x ???? AMBYAR," cuit Roy Suryo.

Dalam unggahan itu pula, Roy Suryo menyertakan dua foto meme stupa candi Borobudur yang sudah diedit wajahnya menjadi mirip presiden Jokowi.

"Pantas saja tiketnya mahal. Ternyata Opung sudah buat patung "I Gede Utange Jokowi" untuk tambahan dana bangun IKN," begitu tulisan di salah satu meme yang diunggah Roy Suryo.

Roy Suryo mengunggah foto editan stupa Candi Borobudur yang wajahnya sudah diedit mirip Presiden Jokowi.

Baca Juga: Ngenes! Anak Besan SBY Pilih Hidup Sendiri, Makamkan Sang Istri di Hari Ulang Tahun, Rindu Foto Bersama

Sementara di meme lainnya, terlihat patung stupa candi Borobudur sudah diedit wajahnya jadi mirip presiden Jokowi dengan caption: 'Si stupa candi borobudur ada patung dewa anyar'.

"Justru itu saya sengaja MENAMPILKAN Unggahan2 yg Sudah ADA sebelumnya. Makanya saya posting LENGKAP dgn Nama pemosting pertamanya, bukan hanya Meme-nya, Jelas khan?" kata Roy Suryo dalam pernyataannya.

Bahkan, mantan menteri SBY itu menuduh mereka yang mempermasalahkan postingannya tersebut tidak paham UU ITE.

"Saya juga simpan semua URL Pemosting pertamanya kok, moso' gitu nggak faham UU-ITE sebenarnya," sebut Roy Suryo.

Roy juga merasa postingannya itu sudah diprovokasi oleh oknum BuzzerRp untuk menutupi ketidakbecusan rezim Jokowi.

"Apalagi "provokasi" thdp saya dimulai oleh Oknum (BuzzerRp) yg itu2 juga, jelas Motivasinya mereka memang bikin pengalihah issue atas ketidakbecusan Rezim ini," ungkap mantan Menpora itu.

Sambil tertawa, Roy juga menyebut tidak ada niatan untuk menghina simbol negara.

Baca Juga: Foto Anggota DPR Nonton Video Syur Viral, Ini Rahasia Roy Suryo Bisa Langsung Dapat Namanya

Twitter

Roy Suryo menteri pemerintahan SBY ikut posting foto stupa candi Borobudur yang diedit mirip Presiden Jokowi. Petinggi Polri turun tangan.

"Ha ha ha ... samasekali tidak lah, Simbol Negara menurut UU juga sudah jelas definisinya khan?" imbuh pria berkumis itu.

Di akun Twitternya, Roy Suryo sudah menghapus unggahan tersebut.

"Agar tdk ada yg memprovokasi lagi & dianggap 'mengedit' krn ketidakfahamannya, Maka postingan tsb saya drop, case close," pungkasnya.

Netizen dibikin geram dengan ulah mantan menteri SBY itu. “Postingan roy suryo ini ????tidak hanya ujaran kebencian kepada simbol negara tapi juga bermuatan SARA.

Ini pelanggaran UU ITE pasal 27 ayat 3 dan pasal 28 ayat 2.

Viral kan.. Apakah @DivHumas_Polri @CCICPolri berani ambil tindakan?” tulis salah satu netizen lewat akun Facebook miliknya.

Bukan cuma netizen, anggota DPR RI Fraksi PKB Daniel Johan, yang juga merupakan umat Buddha, menyoroti viralnya foto stupa Candi Borobudur diedit mirip wajah Jokowi. Daniel geram dan menilai hal itu menghina simbol agama.

"Harus ditindak dan proses hukum karena telah menghina simbol agama yaitu Rupang Buddha, entah itu editan dari siapa," ujar Daniel kepada wartawan, Selasa (14/6/2022).

Baca Juga: Kehilangan Organ Vitalnya, Menantu SBY Ngaku Didatangi Memo, Pesan Ani Yudhoyono Terungkap Lewat Foto Ini

Facebook

Roy Suryo menteri pemerintahan SBY ikut posting foto stupa candi Borobudur yang diedit mirip Presiden Jokowi. Petinggi Polri turun tangan.

Daniel mendorong tim siber Polri melacak pembuat foto editan stupa itu. Daniel menekankan Rupang Buddha sakral dan disucikan umat Buddha.

"Tinggal tim siber Polri harus memastikan dan melacak pelaku pengedit. Tentu sangat tidak etis mempublikasi hal tersebut karena Rupang Buddha adalah sakral dan disucikan umat," kata Wasekjen PKB itu.

"Kita meminta Polri untuk tegas mengusut tuntas," imbuhnya.

Daniel juga berbicara soal foto editan stupa Candi Borobudur menjadi mirip Jokowi yang diunggah Roy Suryo. Dia mengatakan Roy Suryo harus meminta maaf kepada publik karena sudah mengunggah ulang foto tersebut.

"Dalam hal ini Pak Roy Suryo yang mengunggah ulang foto tersebut ke laman Twitter untuk meminta maaf secara terbuka kepada umat Buddha," katanya.

Menteri SBY anggap enteng usai posting foto stupa Candi Borobudur mirip Jokowi, petinggi Polri sampai turun tangan.

Polri mulai mengusut siapa pembuat foto stupa Candi Borobudur mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi). Polisi saat ini sedang melakukan pengecekan identitas pembuat foto.

Baca Juga: Ayahnya Eks Kapolri Era SBY, Enji Baskoro Disebut Hamili Janda Kembang, Foto Pamer Buku Nikah Ayu Ting Ting Bertebaran

Facebook

Roy Suryo menteri pemerintahan SBY ikut posting foto stupa candi Borobudur yang diedit mirip Presiden Jokowi. Petinggi Polri turun tangan.

"Profiling oleh siber," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dimintai konfirmasi, Selasa (14/6/2022).

Dedi belum menjelaskan detail dugaan awal siapa pembuat foto itu. Dia mengatakan proses pengusutan sedang dilakukan."Sedang didalami," ujarnya.

Dedi mengingatkan semua pihak untuk bijak dalam menggunakan media sosial. Dia mengatakan jejak digital bisa dijadikan bukti dalam proses hukum.

"Jejak digital bisa dijadikan bukti dalam proses hukum sebagaimana diatur dalam UU ITE," ucap Dedi.

Baca Juga: Sempat Terlibat Jual Beli Pulau, Foto Bupati Penajam Paser Utara Jadi Olok-olok, Kini Bikin Anak SBY Tanggung Malu

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya