Bertubuh Kurus, Ini Foto dan Profil Kaharuddin Koordinator BEM SI di Demo 11 April, Diviralkan Dapat Dukungan Panglima TNI

Senin, 11 April 2022 | 12:04
Instagram

Koordinator BEM SI yang memimpin demo mahasiswa 11 April diviralkan dapat dukungan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Fotokita.net - Kaharuddin Koordinator aliansiBadan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menjadi sorotan. Sebab, dia memimpin aksi demontrasi mahasiswa pada Senin, 11 April 2022 siang. Ini foto dan profil Kaharuddin koordinator BEM SI yang diviralkan dapat dukungan dari Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Aliansi BEM SI dikabarkan tetap menggelar demo meskipun Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menegaskan bahwa Pemilu 2024 tidak ditunda. Semula demo bakal di dekat Istana Merdeka, kini lokasi berubah menjadi ke depan Gedung DPR/MPR RI.

Dalam aksi terkini, demo mahasiswa mengajukan sejumlah tuntutan.Mereka membawa empat tuntutan yang bakal disuarakan dalam aksinya itu.

Koordinator Media BEM SI, Luthfi Yufrizal kepada wartawan, Minggu (10/4/2022) memberikan pernyataan, "Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia akan menggelar aksi untuk yang kedua kalinya yang saat ini bertempat di Rumah Rakyat atau Gedung DPR RI, dengan tujuan untuk menyampaikan aspirasi dan memberikan peringatan kepada wakil rakyat terkait berbagai permasalahan yang ada."

Dalam aksi di DPR RI, BEM SI akan mengusung tagar #RakyatBangkitMelawan dengan 4 tuntutan. Berikut ini tuntutan mereka:

1. Mendesak dan menuntut wakil rakyat agar mendengarkan dan menyampaikan aspirasi rakyat bukan aspirasi partai.

2. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menjemput aspirasi rakyat sebagaimana aksi massa yang telah dilakukan dari berbagai daerah dari tanggal 28 Maret hingga 11 April 2022.

Baca Juga: Sebelum Pimpin Demo 11 April, Kaharuddin Koordinator BEM SI Tagih Janji Gubernur Provinsi Ini, Foto Aksinya Banjir Komentar

3. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk tidak mengkhianati konstitusi negara dengan melakukan amandemen, bersikap tegas menolak penundaan pemilu 2024 atau masa jabatan 3 periode.

4. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menyampaikan kajian disertai 18 tuntutan Mahasiswa kepada Presiden yang hingga saat ini belum terjawab.

"Selain dari hal di atas, Aliansi BEM SI juga meminta jawaban atas tuntutan rakyat yang sampai saat ini belum terjawab. Terdapat 18 tuntutan rakyat dimana 6 tuntutan dibawa saat aksi pada tanggal 28 Maret 2022 dan 12 tuntutan lainnya berasal dari aksi 7 tahun pemerintahan Jokowi 21 Oktober 2021 lalu.

Tuntutan tersebut antara lain berisi mengenai tuntutan kepada Presiden untuk bersikap tegas menolak isu penundaan pemilu 2024, tuntutan lainnya adalah mengenai stabilitas harga bahan-bahan pokok untuk masyarakat. Sedangkan tuntutan lainnya, adalah mengenai UU Cipta Kerja," ucapnya.

Sejak persiapan demo mahasiswa 11 April itu, nama Kaharuddin mulai ramai dibahas di media sosial. Dia menjadi koordinator BEM SI yang menggelar demo mahasiswa 11 April. Bahkan, dia mengaku akun Instagram miliknya direstas hingga muncul poster yang berisi pengumuman aksi unjuk rasa itu batal digelar.

Lantas siapakah Kaharuddin? Berikut foto dan profil Koordinator BEM SI yang saat tercatat sebagai mahasiswa Universitas Riau (Unri).

Bertubuh kurus, Kaharuddin terlihat memiliki semangat baja. Dia mulai berkuliah sebagai mahasiswa jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Riau angkatan 2017. Dalam kiprahnya di dunia politik kampus, Kaharuddin tercatat sebagai Presiden Mahasiswa BEM Unri.

Baca Juga: Gisel Kena Sentil Gegara Pamer Foto Hitam Putih Bareng Butet, Rahasia Gading Marten Dibongkar: Buka Maskernya

Instagram

Koordinator BEM SI yang memimpin demo mahasiswa 11 April diviralkan dapat dukungan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Bukan cuma itu, Kaharuddin juga menjabat sebagai Gubernur Mahasiswa BEM FMIPA Unri pada tahun 2020. Dia juga dikenal pandai membuat puisi yang disimpan di akun Instagram pribadinya.

Pada 21 Oktober 2021. Kaharuddin memimpin BEM SI menyerahkan sejumlah isu dan evaluasi terhadap pemerintahan Presiden Jokowi. Kajian ini diterima oleh Moeldoko, Kepala KSP.

Dalam foto penyerahan kajian itu, Kaharuddin menulis, "Hari ini kita hadir menjadi penyeimbang pemerintah agar tetap selalu berada di jalur yang benar karena gemuk nya koalisi pemerintahan saat ini."

Hari ini kita telah mengantarkan kajian dari berbagai isu untuk perbaikan selama 7 tahun bapak presiden @jokowi memimpin yang diterima oleh KSP bapak @dr_moeldoko .

Harapan nya setelah kita lewati momentum 21 oktober 2021 ini, bapak presiden benar-benar menjadi kepala negara yang pro terhadap rakyat tidak pada kelompok penguasa nya.

Kami bersama @bem_si masih menunggu tanggapan dari bapak presiden dan juga bukti foto penyerahan draft kajian tersebut kepada bapak presiden @jokowi sebagaimana amanah yang kita berikan kepada KSP bapak @dr_moeldoko untuk memberikan draft kajian tersebut sebagai aspirasi dari kita.

Dan dari selusin tuntutan rakyat yang disampaikan dalam waktu dekat harus lah ada yang di realisasikan sebagai tanda komitmen bapak @jokowi sebagai kepala negara yang mengedepankan rakyat nya.

Baca Juga: Jenderal Andika Perkasa Murka Gegara Uang Tambahan Prajurit di Papua, Foto Jenazah Anggota Raider Bikin Haru Warga Tulehu

Instagram

Koordinator BEM SI yang memimpin demo mahasiswa 11 April diviralkan dapat dukungan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Terkini, Kaharuddin diviralkan mendapatkan dukungan dari Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Melalui sejumlah berita di media sosial,Jenderal Andika Perkasa diviralkan mendukung aksi demo mahasiswa 11 April.

Berita soal Panglima TNI mendukung aksi demo mahasiswa 11 April diberitakan sejumlah media. Setelah ditelusuri, sumber pemberitaan adalah rilis yang ada di lanyallacenter.id. Namun jika ditelaah lebih dalam, tidak ada pernyataan Panglima TNI yang bicara soal dukungan terhadap aksi demonstrasi tersebut.

Untuk diketahui, Andika bertemu Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti, Sabtu 9 April 2022 di rumah dinas sang Ketua DPD RI. Dalam pernyataannya, Panglima TNI hanya menjelaskan aksi pengamanan yang disiapkan TNI jelang demo 11 April.

"Kami berterima kasih sudah diingatkan oleh Ketua DPD RI. Memang pasukan kami sudah di-BKO ke Polda dan Polres untuk antisipasi aksi. Tetapi kami tegaskan bahwa TNI dan seluruh jajaran tetap disiplin, sesuai tugas pokok dan fungsi serta kewenangannya," kata Panglima dikutip dari lanyallacenter.id, Senin (11/4/2022). Sejumlah media diduga mengutip sumber yang sama.

Lebih jauh, Panglima TNI Jenderal Andika berpesan agar demo 11 April 2022 tidak sampai merusak fasilitas umum maupun infrastruktur. Andika menyebut suara rakyat memang harus didengar pemerintah.

"Namun jangan sampai merusak fasilitas umum dan infrastruktur yang ada, karena yang rugi kita semua. Suara rakyat pasti didengar oleh pemerintah. Termasuk suara dari Pak Ketua DPD RI yang merupakan tokoh di negeri ini," ujarnya.

Sementara itu, LaNyalla menyebut aksi mahasiswa harus didengarkan. Dia juga mengaku sudah menelepon Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo agar polisi tidak represif terhadap mahasiswa.

"Saya sudah telepon langsung Kapolri, saya minta agar kepolisian, jangan represif terhadap aksi demonstrasi penyampaian pendapat dan sikap," kata LaNyalla.

Baca Juga: Foto Jenazah Prajurit Elite Raider yang Diserang KKB Papua Tersebar, Panglima TNI Mendadak Tinggalkan Menhan Prabowo

Instagram

Koordinator BEM SI yang memimpin demo mahasiswa 11 April diviralkan dapat dukungan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya