Istrinya Ditangkap di Hotel Mewah, Suami Briptu Christy Bongkar Masalah Tersembunyi Buronan Polda Sulut, Foto Tampangnya Jadi Sorotan

Kamis, 10 Februari 2022 | 11:52
Tribun Manado

Suami Briptu Christy yang juga anggota polisi, Briptu Reynaldy Kamea membongkar masalah tersembunyi DPO Polda Sulut.

Fotokita.net - Briptu Christy berhasil ditangkap di sebuah hotyel mewah di Jakarta Selatan. Suami Briptu Christy yang juga anggota polisi,Briptu Reynaldy bongkar masalah tersembunyi yang menimpa buronan Polda Sulut itu. Foto tampang Briptu Reynaldy menjadi sorotan.

Briptu Christy Triwahyuni Cantika Sugiarto menjadi buruan Polda Sulut sejak Januari lalu. Wanitakelahiran 26 Desember 1996 tersebut, memiliki NRP: 96120212. Sejak 15 November 2021 dilaporkan hilang dari satuannya.

Briptu Christy yang usianya hampir 26 tahun tersebut, bertugas sebagai Bintara Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Polresta Manado.

Sosok Briptu Christy Triwahyuni Cantika Sugiarto menyita perhatian publik karena merupakan Polwan cantik yang kini menjadi buronan polisi karena desersi.

Personel Polresta Manado itu mangkir dari tugas di kesatuannya dan menghilang sejak 15 November 2021. Posisi terakhir Briptu Christy diketahui berada di wilayah Kendari, Sulawesi Tenggara.

Kapolresta Manado, Kombes Pol. Julianto P. Sirait, mengeluarkan surat Daftar Pencarian Orang (DPO) No. DPO/01/I/HUK.11.1/2022/Provos, tertanggal 31 Januari 2022.

Polwan berparas cantik ini, memiliki tinggi badan 170 cm, dengan berat badan 65 kg, dan memiliki rambut hitam lurus.

Baca Juga: Dikira Ngumpet di Kendari, Briptu Christy Digerebek di Tempat Tak Terduga Ini, Foto DPO Polda Sulut Jadi Sorotan

Briptu Christy meninggalkan tugas sebagai anggota Polresta Manado pada November 2021. Briptu Christy sempat diminta masuk tugas lagi oleh Propam, namun Briptu Christy tetap mangkir tugas.

Akibatnya, Propam Polresta Manado resmi mengeluarkan surat desersi untuk Briptu Christy awal Desember 2021. Setelah resmi dinyatakan desersi, Briptu Christy kemudian dikabarkan menghilang pada Januari 2022.

Oleh sebab itu, Polda Sulut memasukkan Briptu Christy ke dalam daftar pencarian orang (DPO) pada 31 Januari 2022. Kasus Briptu Christy masuk DPO kemudian viral di media sosial.

Setelah sembilan hari dinyatakan DPO, Briptu Christy akhirnya tertangkap. Briptu Christy ditangkap di salah satu hotel di kawasan Kemang, Jaksel. "Benar, yang bersangkutan diamankan di Hotel Grand Kemang, Jaksel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan saat dihubungi, Rabu (9/2).

Briptu Christy ditangkap tim gabungan Polresta Manado, Polda Sulut dan Polda Metro Jaya pada Selasa (8/2). Briptu Christy seorang diri saat tertangkap. "(Ditangkap) sendiri," ungkap Zulpan.

Briptu Christy langsung diterbangkan ke Kota Manado, Sulut setelah tertangkap. Briptu Christy akan diproses Propam karena pelanggaran disiplin. "Sudah diterbangkan ke Manado," beber Zulpan.

Zulpan mengungkap Polwan bernama lengkap Christy Triwahyuni Cantika Sugiarto ini diterbangkan ke Manado karena penyidik Polda Metro Jaya berkoordinasi dengan Polda Sulut.

Baca Juga: Jadi Buronan Polda Sulut, Foto Tampang Briptu Christy Terus Dicari, Suaminya Akhirnya Buka Suara

Facebook

Suami Briptu Christy yang juga anggota polisi, Briptu Reynaldy Kamea membongkar masalah tersembunyi DPO Polda Sulut.

"Diambil keterangan dulu dan karena dia DPO Polda Sulut, kita koordinasi dengan Polda Sulut untuk dikembalikan ke Polda Sulut," katanya.

Briptu Christy telah tiba di Mapolda Sulut pada Rabu (9/2/2022). Briptu Christy kemudian langsung diperiksa intensif oleh Propam Polda Sulut.

"Hari ini sudah ada di Polda, penanganannya sementara ditangani secara intensif di Propam," kata Kapolresta Manado Kombes Julianto P Sirait, Rabu (9/2/2022) malam.

Julianto mengaku belum bisa menjelaskan banyak hal. Pendalaman masih dilakukan karena Briptu Christy baru tiba di Mapolda Sulut. "Nanti kita kabari lagi," kata Julianto.

Saat pergi, Briptu Christy pamit ke suaminya yang juga anggota polisi, Briptu Reynaldy Kamea melalui pesan singkat WhatsApp. Hingga kini Briptu Reynaldy tidak mengetahui keberadaan istrinya.

Briptu Reynaldy mengungkapkan bahwa awal Januari istrinya menyampaikan kalau ingin mencari ketenangan karena sudah banyak tekanan yang membuatnya stres.

"Dia cuma bilang mau ketempat temannya. Saya juga sebagai suami tidak mau menekan dia karena orangnya nekat, jadi saya juga tidak mau terjadi hal-hal aneh saya cuma bilang tidak apa-apa sih. Dia pergi itu pun saya tidak tahu, hanya lewat pesan WhatsApp diberitahu kalau dia mau pergi," tuturnya.

Baca Juga: Foto Briptu Christy yang Kabur Usai Video Dewasa Viral Disebarkan, Ternyata Harus Mengubur Cita-cita Mulia Ini

Facebook

Suami Briptu Christy yang juga anggota polisi, Briptu Reynaldy Kamea membongkar masalah tersembunyi DPO Polda Sulut.

Istrinya itu tidak bisa terlalu tertekan karena sejak kecil sudah broken home sehingga kondisi mentalnya berbeda dengan orang lain.

"Yang saya tahu dia sudah tidak masuk kantor. Itu sih saya tahu itu," lanjutnya. Dia menyebut istrinya ingin menenangkan diri karena kemungkinan mempunyai masalah di tempatnya bekerja. Namun,Briptu Reynaldy tidak mengetahui masalah yang sedang dihadapi istrinya.

"Kalau masalah keluarga sih tidak ada, mungkin dia punya masalah di tempat kerjanya, saya tidak tahu dan tidak bisa bilang, nanti tanya sama yang bersangkutan saja, tapi dia pernah bilang sih," ujarnya.

Dia juga menyebut kalau pihak keluarga juga mengetahui soal Briptu Christy sudah tidak masuk bertugas selama beberapa waktu. "Keluarga sih sudah tau dia sudah tidak masuk-masuk, cuma memang dia sudah jelaskan kepada keluarganya karena kenapa sampai dia tidak masuk-masuk " ujarnya.

Briptu Christy sendiri ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO). Kapolresta Manado, Kombes Pol. Julianto P Sirait mengeluarkan surat DPO No DPO/01/I/HUK.11.1/2022/Provos, tertanggal 31 Januari 2022 disebabkan melanggar Pasal 14 ayat 1 A PP No 1/2003 karena meninggalkan tugas sejak 15 November 2021 hingga tanggal dibuat DPO secara berturut-turut tanpa keterangan yang sah.

Polda Sulut telah membentuk Tim Gabungan dari Propam yang akan melakukan pencarian keberadaan Polwan cantik itu yang desersi tersebut.

Briptu Reynaldy Kamea, suami dari Briptu Christy meminta masyarakat agar tak percaya begiti saja terkait kabar tak menyenangkan tentang istrinya. Briptu Reynaldy Kamea saat ini tercatat sebagai anggota Polisi yang bertugas di Polres Minahasa, Sulut.

Baca Juga: Pilu! Foto Istri AKP Novandi Arya Cuma Bisa Termenung, Sosok Suami Fatimah PSI Terkuak, Penguasa Bisnis Mentereng di Kota Ini

Tribun Manado

Suami Briptu Christy yang juga anggota polisi, Briptu Reynaldy Kamea membongkar masalah tersembunyi DPO Polda Sulut.

"Itu tidak benar, itu hoaks, masyarakat jangan mudah percaya, bahkan sebelumnya saya selalu bersama dan berkomunikasi dengan istri saya, tidak ada video seperti itu," tegas Briptu Reynaldo saat dikonfirmasi Tribun Manado, Rabu (9/2/2022).

Dia menyatakan, hubungannya dengan sang istri Briptu Christy baik-baik saja. Bahkan saat istrinya bertugas selalu meminta izin sebelum pergi ke tempat tugas.

"Terakhir kita berkomunikasi pada bulan Januari lalu dan katanya mau ke rumah teman ingin menenangkan diri," ujarnya.

Kendati begitu, Briptu Reynaldo mengaku sudah mengetahui kabar terbaru keberadaan istrinya, dan sudah berkomunikasi dengan istrinya dan rencananya akan kembali ke Manado.

Terkait dengan status desersi sang istri oleh Polda Sulut, Briptu Reynaldo mengatakan pasrah dan siap mendukung semua proses di Polda Sulut. "Apapun yang terjadi saya terima, apakah nanti ada pemecatan kepada istri, saya tetap menerima, sebagai suami saya akan selaku mensupport istri saya bersama keluarga," ungkap Reynaldo.

Diketahui, Briptu Christy dan Briptu Reynaldo merupakan pasangan suami istri yang telah menikah selama 5 tahun. Pernikahan mereka dikaruniai dua orang anak.

Mereka menetap di Kota Manado, bersama orang tua dan keluarga. Saat ini, suami Britu Christy yakni Briptu Reynaldo bertugas di satuan Samapta Polres Minahasa.

Baca Juga: Baru Jabat Kanit Reskrim Polsek Setiabudi, Kompol Lucky Carvarino Dicopot Gegara Masalah Ini, Foto Tampangnya Dicari

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya