Foto Dokter Tirta Jadi Saksi Jerinx Tersebar, Sebut Asisten Juragan 99 Transfer Rp 70 Juta ke Adam Deni Gegara Ancaman Ini

Rabu, 09 Februari 2022 | 18:26
Facebook

Dokter Tirta bersedia menjadi saksi yang meringkankan terdakwa Jerinx SID gegara sejumlah alasan. Dia membongkar aib Adam Deni.

Fotokita.net - Dokter Tirta Mandira Hudhi menjadi saksi meringankan dalam sidang lanjutanI Gede Aryastina alias Jerinx SID. Foto dokter Tirta menjadi saksi Jerinx tersebar luas di media sosial. Pegiat media sosial ini menyebut asisten Juragan 99 rela transfer Rp 70 juta ke Adam Deni gegara ancama ini.

Dalam sidang ini, dokter Tirta adalah saksi meringankan untuk Jerinx. Jerinx didakwa melakukan pengancaman berisi kekerasan terhadap Adam Deni. Jerinx melakukan itu menggunakan ponsel milik istrinya atas nama Nora Candra Dewi alias Nora Alexandra.

Jerinx didakwa melanggar Pasal 29 juncto Pasal 45 B Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (selanjutnya disebut UU ITE) serta Pasal 27 ayat (4) juncto Pasal 45 ayat (4) UU ITE.

Dokter Tirta menghadiri sidang memenuhi permintaan pengacara Jerinx. Dari foto yang tersebar luas di media sosial, dokterTirta hadir di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (9/2/2022), sekitar pukul 13.50 WIB.

Tirta datang memakai kemeja putih di belakangnya ada tulisan 'Generic 018' dan masker berwarna merah. "Nanti saja itu tunggu sidang dulu baru habis sidang saya statement," ujar Tirta di lokasi.

Setelah dokter Tirta, Jerinx pun datang menggunakan kemeja putih dan masker hitam. Saat tiba di ruang sidang, Jerinx langsung duduk di kursi terdakwa dan menyalami pengacara serta jaksa.

Dokter Tirta memang sudah menyatakan bersedia menjadi saksi meringankan untuk terdakwa Jerinx SID."Ya saya jadi saksi meringankannya Jerinx," ujar dokter Tirta, Senin (7/2/2022).

Baca Juga: Buat Bayar Bos yang Lebih Kuat dari Presiden, Jerinx SID Sebut Adam Deni Minta Rp 15 Miliar, Foto Sahabat Dokter Tirta Lenyap

Salah satu alasan dokter Tirta menerima permintaan menjadi saksi meringankan untuk Jerinx adalah dia kecewa dengan sikap Adam Deni Gearaka. Adam Deni adalah pelapor Jerinx yang mengakibatkan Jerinx diadili saat ini dengan kasus pengancaman.

"Ya karena Pak Sugeng udah sharing dengan baik, menjelaskan alasan-alasannya yang ternyata di belakang saudara ADG (Adam Deni Gearaka) cukup mengecewakan saya," kata dr Tirta.

Dokter Tirta mengaku pernah dimintai uang oleh Adam Deni senilai Rp 80 juta. Permintaan uang itu berawal dari Adam Deni membuat isu bahwa dokter Tirta adalah dokter pansos dengan menyertakan foto Tirta tanpa menggunakan masker.

Tirta mengungkapkan kejadian itu pada 20 Mei 2020. Dia mengaku mentransfer uang Rp 70 juta dalam dua tahap.

"Saat itu saya dan Saudara Wira (asisten dr Tirta) itu sedang edukasi COVID dan saat itu kita dipanggil untuk latihan menembak, saya diminta copot masker, saat itu Saudara Adam Deni dan akun The New Bikin Geregetan menggoreng saya, dan mengatakan bahwa saya adalah seorang penjilat, dokter pansos, lalu saat itu saya ditegur oleh organisasi, karena saya dianggap membuat gaduh sehingga saya diminta organisasi untuk menemui Saudara Adam Deni," cerita dr Tirta di PN Jakpus, Rabu (9/2/2022).

Tirta mengatakan, karena dia diminta menemui Adam Deni, terjadilah pertemuan itu. Dalam pertemuan itulah ada permintaan uang Rp 80 juta.

"Saat itu saya sedang di Wisma Relawan di Hotel Media, saksinya saat itu ada aspri saya sendiri Muhamad Winaryo, saat itu Adam Deni mengancam melaporkan saksi saya, melaporkan aspri saya, disebabkan terjadi adu mulut secara DM dengan saat itu dia mengajak ketemu di Kedai Kopi di Bekasi," tutur Tirta.

Baca Juga: Foto Joki Vaksin Pinrang Bikin Penasaran, Akun IG Dokter Tirta Diserbu Netizen: Covid Jiper Liat Dia

Facebook

Dokter Tirta bersedia menjadi saksi yang meringkankan terdakwa Jerinx SID gegara sejumlah alasan. Dia membongkar aib Adam Deni.

"Lalu dia mengajak lawyer-nya dan meminta uang Rp 80 juta tapi dinegosiasi di angka Rp 70 juta, transfer lengkap, mutasi bisa dicek di Bank BCA," imbuhnya.

Tak hanya itu, Tirta juga diminta menandatangani surat kesepakatan. Isinya adalah pernyataan dr Tirta bahwa uang Rp 70 juta bukanlah pemerasan tetapi uang kerja sama.

"Tapi saat itu dia menyatakan meminta saya untuk tandatangan SPK dan menyatakan bahwa surat kontrak saya menyatakan bahwa itu bukan pemerasan, dan saya secara pribadi menyatakan itu biaya kerja sama. SPK-nya saya print itu tulisan tangan saya sendiri," jelas Tirta.

Pengacara lantas menunjukkan SPK tersebut di persidangan. Tirta membenarkan itu. "Ya itu tulisan saya sendiri dan yang meminta nulis itu adalah Saudara Adam Deni dan itu dibantu oleh lawyer-nya," katanya.

"Di sini tidak tersebut angka, tadi Saudara katakan saudara diminta Rp 80 juta dan transfer?" tanya pengacara Jerinx, Sugeng Teguh Santoso.

"Ya transfer Rp 70 juta, dua kali," jawab Tirta.

"Kenapa di sini nggak disebut ada angka?" timpal Teguh.

"Lawyer-nya Adam Deni dan Adam Deni tidak menghendaki jumlahnya ditulis. Sebenarnya kalau misalkan ada perintah dari sidang dan hakim bahwa ada surat saya bisa minta BCA untuk bongkar, transaksinya itu emang ada," jelas Tirta.

Baca Juga: Pamer Foto Bareng Deddy Corbuzier, Aib Ketua KPI Agung Suprio Dikuliti Najwa Shihab, Dokter Tirta: Masih Bisa Ketawa Yo Pak

Facebook

Dokter Tirta bersedia menjadi saksi yang meringkankan terdakwa Jerinx SID gegara sejumlah alasan. Dia membongkar aib Adam Deni.

Tirta mengaku setelah perseteruan dengan Jerinx, Adam Deni juga kerap meminta uang ke Tirta. Uang itu adalah uang transpor Adam Deni mengedukasi hoax COVID.

"Dan setelah menyerang Jerinx dia juga minta uang transport dalam rangka membantu saya untuk hoax COVID. Setiap minta transpor Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta. Kenapa saya transfer? Karena dia berjanji saat November 2020 membantu saya edukasi UMKM dan memberantas hoax COVID terutama akun telur," pungkas Tirta.

Dalam sidang itu, dokter Tirta juga menyatakan Adam Deni memiliki bos yang disebut 'sembilan naga'. Menurut klaim Adam Deni, bos itu yang membuat dia tidak akan dipenjara meski membunuh orang sekalipun.

Awalnya Tirta mengungkapkan konflik yang pernah terjadi antara dia dan Adam Deni. Tirta mengaku dua kali pernah berantem dengan Adam Deni hingga berujung dr Tirta memposting foto Adam Deni mengacungkan jari tengah ke foto Presiden Jokowi.

Tirta menilai kasus dengan Jerinx ini membuat Adam Deni jumawa. Kemudian, Tirta pun menyinggung atasan Adam Deni yang kerap dipamerkan dengan sebutan 'sembilan naga'.

"Kasus dengan Jerinx memang mengubah dia menjadi orang yang jumawa, karena dia selalu memamerkan saya berhasil memenjarakan Jerinx, dan saya punya beking 9 naga," kata Tirta saat bersaksi dalam sidang di PN Jakpus, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (9/2/2022).

Tirta pun mengungkapkan pernyataan Adam Deni saat itu. Adam Deni mengaku tidak akan dibui karena memiliki atasan 'sembilan naga' itu.

"'Saya bacok orang pun saya nggak takut karena saya bisa bebas dari penjara'. Itu dia pamerkan ke teman saya Aan story, dan Aan story asprinya Juragan99, dan dia juga membayar senilai Rp 100 juta nego Rp 70 juta, Aan story simpan bukti transfer juga," ucap Tirta.

Baca Juga: Niat Bongkar Kejahatan, Adam Deni Masuk Bui Gegara Unggah Foto Dokumen, Wirang Birawa: Semoga Lo Berubah

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya