Jadi Perhatian Presiden Prancis, Foto Tampang Rayan Bocah Maroko Terjebak di Sumur Viral, Ujungnya Berakhir Duka

Minggu, 06 Februari 2022 | 16:38
Instagram

Foto tampang Rayan mendapatkan simpati warga dunia. Bocah Maroko ini bikin hati Presiden Prancis berduka. Begini kisah Rayan Maroko.

Fotokita.net - Seorang bocah asal Maroko bernama RayanAwram sudah menarik perhatian Presiden Prancis, Emmanuel Macron. Foto tampang Rayan yang terjebak di dalam sumur selama empat hari itu viral di media sosial. Ujungnya berakhir duka.

Rayan tinggal di desa Ighran, perbukitan dekat Chefchaouen, Maroko. Anak laki-laki berusia 5 tahun ini terjatuh ke sumur sempitsebuah sumur sempit dengan kedalaman 32 meter selama empat hari.

Asal tahu saja, desa Ighran yang berpenduduk sekitar 500 orang dipenuhi dengan sumur dalam. Sumur tersebut banyak digunakan untuk mengairi tanaman ganja yang merupakan sumber pendapatan utama bagi banyak orang di daerah miskin, terpencil, dan gersang di Pegunungan Rif Maroko. Meski begitu, sebagian besar sumur memiliki tutup pelindung.

Peristiwa nahas itu berawal ketika ayah Rayan, Khaled Awram, tengah memperbaiki sumur pada Selasa (2/2/2022) lalu. Tak disangka, Rayan yang tengah bermain di sekitar sumur terjatuh saat pandangan ayahnya beralih sementara dari dirinya.

"Saat itu saya mengalihkan pandangan darinya" demikian diceritakan Khaled Awram kepada media lokal pada Rabu (3/2/2022). "Saya belum tidur sedikitpun." tambah Khaled.

Pihak keluarga yang menyadari hilangnya Rayan langsung mencarinya. Ibu Rayan Wassima Khersheesh menceritakan keadaan tersebut kepada media Maroko dengan air mata berlinang.

"Seluruh keluarga pergi mencarinya. Kemudian kami menyadari bahwa dia jatuh ke dalam sumur. Saya masih berharap kami akan mendapatkannya. keluar hidup-hidup." ujarnya.

Baca Juga: Foto Tampang Sopir Keluarkan Pistol di Tol Cipali Disebarkan, Pelaku Ditangkap Polisi

Dalam keterangan kepada Reuters, salah seorang kerabat laki-laki Rayyan mengaku pihak keluarga baru sadar hilangnya Rayyan setelah mendengar tangisan bocah dari sumur dengan kedalaman 32 meter (100 kaki) tersebut. Mereka pun menurunkan telepon sebagai lampu dan kamera ke dalam lubang sumur untuk untuk menemukannya.

"Dia menangis sambil mengatakan 'angkat saya'," kata kerabat itu. Setelah mengetahui Rayan terjatuh, pihak keluarga langsung menghubungi pejabat setempat.

Setelah terjebak di dalam sumur selama empat hari, Rayan dinyatakan meninggal dunia,meskipun ada upaya yang sungguh-sungguh untuk menyelamatkannya. Sebuah pernyataan kerajaan mengumumkan kematiannya segera setelah dia dikeluarkan dari sumur.

Tawaran untuk membebaskan Rayan itu telah mencengkeram negara, dengan ratusan orang berkumpul di sumur dan ribuan lainnya mengikuti secara online.

Anak laki-laki itu terjun sejauh 32m melalui lubang sumur yang sempit. Penyelamatan terhambat oleh kekhawatiran akan terjadinya tanah longsor.

Tim penyelamat akhirnya membawa bocah itu keluar dari sumur pada Sabtu (5/2/2022) malam.

Tidak ada kabar yang diberikan pada saat itu tentang kondisinya, dan penyelamatan yang tampak awalnya disambut dengan sorak-sorai dari orang banyak.

Baca Juga: Foto Tampang Nicho Silalahi yang Buat Geram Orang Dayak, Tantang Mahfud MD Temui KKB Papua

Instagram

Foto tampang Rayan mendapatkan simpati warga dunia. Bocah Maroko ini bikin hati Presiden Prancis berduka. Begini kisah Rayan Maroko.

Di media sosial, orang-orang yang menggunakan tagar #SaveRayan, yang telah menjadi tren di seluruh negeri dan di luar negeri, mengungkapkan kegembiraan mereka.

Tapi ini berubah menjadi patah hati beberapa menit kemudian ketika datang pernyataan yang mengumumkan bahwa Rayan telah meninggal.

Pengguna Twitter kemudian mulai memberikan penghormatan dan mengungkapkan kesedihan menggunakan tagar yang sama.

"Keberanian Rayan akan tetap dalam ingatan kami dan terus menginspirasi kami," cuit gelandang AC Milan Ismael Bennacer.

Dalam sebuah unggahan di akun Facebook pribadinya, Presiden Prancis Emmanuel Macron menulis: "Malam ini, saya ingin memberi tahu keluarga Rayan kecil dan orang-orang Maroko bahwa kami berbagi rasa sakit mereka."

Pernyataan dari istana kerajaan menggambarkan kematian Rayan sebagai "kecelakaan tragis", menambahkan: "Yang Mulia Raja Mohammed VI memanggil orang tua dari anak laki-laki yang meninggal setelah jatuh ke dalam sumur."

Raja telah menyatakan belasungkawa terdalam dan belas kasih yang tulus, tambahnya.

Baca Juga: Foto Tampang Pelaku Modus Tabrak Lari di Pasar Rebo Teridentifikasi, Profesi Aslinya Bikin Syok

DW

Foto tampang Rayan mendapatkan simpati warga dunia. Bocah Maroko ini bikin hati Presiden Prancis berduka. Begini kisah Rayan Maroko.

Ayah Rayan sedang memperbaiki sumur pada saat kecelakaan pada hari Selasa. Dia mengatakan kepada media lokal pada hari berikutnya bahwa putranya telah jatuh ke lubang pada "saat itu saya mengalihkan pandangan darinya", menambahkan: "Saya belum tidur sedikitpun."

Dipimpin oleh Direktorat Perlindungan Sipil Maroko, operasi penyelamatan di kota kecil Tamorot di utara, sekitar 100 km dari kota Chefchaouen, dimulai pada Selasa malam.

Rekaman pada hari Kamis dari kamera yang diturunkan ke dalam sumur menunjukkan bahwa bocah itu masih hidup dan sadar, tetapi tidak ada pembaruan tentang kondisinya sejak itu.

Tim penyelamat mencoba untuk mendapatkan oksigen, makanan, dan air untuk bocah itu, tetapi tidak jelas apakah dia dapat menggunakannya.

Campuran tanah berbatu dan berpasir membuat tim penyelamat menganggap membuka lubang sumur sempit terlalu berbahaya. Sebaliknya, buldoser digunakan untuk memotong parit besar di sebelah sumur.

Tim penyelamat kemudian mulai menggali secara horizontal untuk mencapai bocah itu. Beberapa bekerja sepanjang waktu, menggunakan lampu sorot yang kuat pada malam hari.

Operasi harus dihentikan sebentar beberapa kali untuk memungkinkan kru memeriksa bahwa lereng bukit aman dari keruntuhan dan tidak ada tanah yang masuk ke dalam sumur. Pipa besar juga digunakan untuk melindungi tim penyelamat dengan menyediakan jalur aman ke poros.

Baca Juga: Diburu Polisi, Foto Tampang Pemeras Modus Tabrak Lari di Pasar Rebo Disebarkan, Warga Ungkap Fakta Sebenarnya

Instagram

Foto tampang Rayan mendapatkan simpati warga dunia. Bocah Maroko ini bikin hati Presiden Prancis berduka. Begini kisah Rayan Maroko.

Ratusan orang berkumpul untuk menyaksikan operasi tersebut, menyanyikan lagu-lagu religi, berdoa dan meneriakkan "Allahu Akbar". Beberapa bahkan berkemah di lokasi.

Seorang warga setempat, Hafid El-Azzouz, mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa dia ada di sana untuk menunjukkan "solidaritas dengan anak ini, yang disayangi Maroko dan seluruh dunia".

Insiden itu mengingatkan pada tragedi serupa di Spanyol pada 2019, di mana seorang bocah lelaki berusia dua tahun meninggal setelah jatuh ke lubang bor di dekat kota Malaga.

Setelah jatuhnya Rayan pada sore hari, tim penyelamat langsung memulai evakuasi pada Selasa (2/2) malam. Tim penyelamat mencoba untuk memberikan oksigen, makanan, dan air untuk bocah itu, tetapi tidak diketahui dengan jelas apakah dia dapat menggunakannya.

Beberapa kali, evakuasi dihentikan sebentar untuk mengecek apakah lubang aman dari keruntuhan dan tidak ada tanah yang masuk ke dalam sumur. Pipa besar juga digunakan untuk melindungi tim penyelamat dengan menyediakan jalur aman ke poros.

"Saya terus berharap anak saya akan keluar dari sumur hidup-hidup," kata ayah Rayan kepada televisi publik 2M pada Jumat (4/2) malam. "Saya berterima kasih kepada semua orang yang terlibat dan mereka yang mendukung kami di Maroko dan di tempat lain."

Di hari keempat evakuasi (5/2) pagi, Kepala Tim Penyelamat Abdelhadi Temrani, mengatakan: "Tidak mungkin untuk menentukan kondisi Rayan sama sekali saat ini. Tapi kami berharap kepada Tuhan bahwa anak itu masih hidup."

"Kami berharap kami tidak akan menemukan batu," kata pemimpin penyelamat Abdelhadi Tamrani kepada wartawan di lokasi pada Sabtu sore waktu setempat, sementara masih ada beberapa meter lagi yang harus digali.

Baca Juga: Kapolres Jaktim Unggah Foto Tampang Pemeras Modus Tabrak Lari di Pasar Rebo, Ternyata Pelaku Punya Luka di Kaki

Instagram

Foto tampang Rayan mendapatkan simpati warga dunia. Bocah Maroko ini bikin hati Presiden Prancis berduka. Begini kisah Rayan Maroko.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya