Terbaring Lemah di Ranjang, Foto Dorce Gamalama yang Ingin Dimakamkan Sebagai Wanita, MUI Sampai Buka Suara

Senin, 31 Januari 2022 | 10:52
Instagram

Kondisi kesehatannya sempat drop, Dorce Gamalama memberikan wasiat agar dimakamkan sebagai wanita. MUI sampai ikut buka suara.

Fotokita.net - Artis Dorce Gamalama sedang memulihkan kondisi fisiknya setelah mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit. Kini, Dorce Gamalama masih terbaring lemah di ranjang sudah menyampaikan wasiat agar dimakamkan sebagai wanita. Majelis Ulama Indonesia (MUI) sampai buka suara.

Foto perubahan tubuh Dorce Gamalama memancing respons dari netizen lainnya. Banyak di antara mereka ikut mendoakan hal yang sama atas kesembuhan Dorce.Dalam foto yang diunggah Sule, netizen dapat melihat perubahan tubuh sang artis serba bisa itu. Dorce Gamalama terlihat lebih kurus ketimbang biasanya.

Dalam foto yang muncul di akun Instagram Sule itu, Dorce terlihat duduk di atas kursi roda. Dia menggunakan daster panjang dan jilbab berwarna hitam. Dorce tampak tersenyum ke hadapan kamera dan berpose diapit oleh Sule dan kerabat terdekat lainnya.

"Cepat sembuh ya bun @dg_kcp," tulis akun Instagram Sule, Jumat (31/12/2021).Foto perubahan dratis Dorce Gamalama bikin Ayu Azhari memanjatkan doa ini.Ayu Azhari pun menimpali foto tersebut. Dia turut mendoakan kesembuhan bagi Dorce.

"Semoga lekas sembuh, sehat, panjang umur, berkah manfaat.. Bunda sehat dan semangat ya," tulis Ayu Azhari disertai emoticon love.

"Buat bunda dorce semoga cpt sembuh cpt sehat dan Allah angkat segala sakit nya bunda biar bunda bs beraktifitas kembali Amin," tulis @fatimahr*****.

"Cepat sembuh ya Bunda Dorce," kata @rizkhann****. "Syafakillah bunda Dorce, saya kangen sama ketawa nya," timpal netizen lainnya.

Baca Juga: Foto Atta Halilintar Berdoa di Sisi Dorce Gamalama Buat Haru, Denny Sumargo: Bunda Minta Dimakamkan Sebagai Wanita

Pada awal November 2021,kondisi Dorce Gamalama disebut sudah kembali membaik dan berangsur-angsur normal.Kabar bahagia itu diungkapkan oleh kerabatnya, Hetty Sunjaya. Dorce Gamalama dikatakan sudah diperbolehkan pulang oleh dokter dari RSPP.

"Assalamualaikum buat teman-teman info update terkini bahwa bunda Dorce sudah pulang dari Rumah Sakit Pertamina," ujar Hetty Sunjaya soal kondisi Dorce Gamalama dalam voice note yang dikirimnya kepada awak media, Senin (1/11/2021).

"Keadaannya membaik dan keadaannya baik-baik saja, semua sudah normal," sambungnya. Sekalipun demikian, Dorce Gamalama belum bisa dijenguk. Ia masih butuh istirahat setelah sebelumnya berjuang melawan sakit. "Tapi belum bisa dijenguk karena harus bed rest juga di rumah," imbuh Hetty Sunjaya.

Hetty Sunjaya pun memohon doa untuk kesembuhan Dorce Gamalama. Ia berharap sang artis bisa kembali lagi bekerja ke dunia entertainment.

"Jadi untuk teman-teman sekian update dari Bunda Dorce mudah-mudahan sehat terus dan bisa menghibur lagi ya, terima kasih banyak, salam buat teman-teman yang lain. Assalamualaikum," tutup Hetty Sunjaya.

Dorce Gamalama sempat bikin heboh lewat video yang diunggah di Instagram miliknya. Dalam video tersebut, Dorce meminta bantuan kepada mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri.

Tapi kini setelah diluruskan oleh kerabatnya, Dorce Gamalama sebenarnya sudah mendapatkan bantuan dari Presiden Jokowi. Lalu, Jokowi dikabarkan memberikan tali kasih kepada Dorce, meski nominalnya tidak diketahui.

Baca Juga: Foto Dorce Gamalama Terima Amplop Tebal dari Sule Tuai Komentar, Sikapnya ke Mantan Presiden Jadi Sorotan

Instagram

Kondisi kesehatannya sempat drop, Dorce Gamalama memberikan wasiat agar dimakamkan sebagai wanita. MUI sampai ikut buka suara.

"Pasti ada nominal uang. Tapi besarnya kan nggak mungkin kita nyebutin ya. Tapi ada nominal uang yang dibantu oleh Bapak Jokowi. Terus dari Pak Erick Thohir kan sudah saya sampaikan waktu itu kan bahwa semua rumah sakit Pertamina perawatannya semua di-cover oleh kementerian dari BUMN," timpal Ira Savira.

Tak hanya kepada Jokowi, tapi Dorce juga meminta bantuan kepada Megawati Soekarnoputri. Saat Bu Mega menjadi wakil presiden, Dorce pernah menyanyi di hadapannya.

Hetty Soendjaya menyebutnya ibarat seperti anak yang kolokan kepada orang tuanya. "Mungkin saat itu kan beliau pernah nyanyi di istana waktu Bu Mega menjadi wakil, menjadi presiden dia kan bilang gitu. Mungkin dia ingat begitu ya kolokan sajalah, anak sama orang tua saja," tutur Hetty Soendjaya.

"Dibilang iseng kita juga nggak tahu niatnya beliau seperti apa, beliau yang tahulah. Kayaknya sah-sah saja kalau mau seperti itu," sambungnya.

Menteri BUMN Erick Thohir pun membantu biaya perawatan Dorce apabila dirawat di Rumah Sakit Pertamina. Kini kondisi kesehatan Dorce sudah membaik.

Dia pun dikabarkan sedang pergi ziarah ke Kediri, Jawa Timur untuk menyambangi makam Gus Miek. "Beliau sudah membaik. Walaupun bicaranya masih terbata-bata, masih belum jelas. Kadang-kadang kalau ngomong cepat juga masih blepet-blepet gitu. Dan kakinya juga masih bengkak, jadi belum bisa ada aktivitas," kata Hetty Soendjaya.

Megawati Soekarnoputri akhirnya memberikan bantuan kepada Dorce Gamalama. Hal ini terlihat dalam Instagram milik Dorce Gamalama. Lalu,Dorce mengucapkan terima kasih karena sudah mendapatkan perhatian dari Megawati.

Baca Juga: Pilu! Foto Tatapan Kosong Dorce Gamalama ke Betrand Peto, Ruben Onsu Penuhi Permintaan Sang Presenter Senior

Instagram

Kondisi kesehatannya sempat drop, Dorce Gamalama memberikan wasiat agar dimakamkan sebagai wanita. MUI sampai ikut buka suara.

"Assalamualaikum kepada Ibu Megawati yang telah memberikan sumbangan kepada saya, semoga Allah memberikan rahmat kepada ibu, semoga ibu tetap sehat, panjang umur dan selalu diberkahi," ucap Dorce Gamalama dalam Instagram miliknya.

Saat ini kondisi kesehatan Dorce Gamalama memang tak sebaik dulu. Beberapa kali dia bahkan drop dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Baru-baru ini dalam channel YouTube Denny Sumargo, Dorce Gamalama, bicara soal wasiat dan keinginannya kelak ajal sudah menjemput dirinya.

Bahkan, Dorce sudah menyiapkan kain kafan dan kuburan. Dia bahkan berpesan soal keinginannya dimakamkan sebagai perempuan.

Menanggapi keinginan Dorce tersebut, Ketua MUI Cholil Nafis ikut bicara. Cholil Nafis memberikan penjelasan seperti yang sudah dia cuitkan di laman Twitternya.

"Jenazah transgender itu diurus sebagaimana jenis kelamin awal dan asalnya ya," kata Cholil Nafis, Senin (31/1/2022).

Choli Nafis menegaskan operasi dan mengubah jenis kelamin tidak diakui oleh Islam. Jadi, jenis kelamin transgender sesudah operasi tak diakui.

Baca Juga: Foto Dorce Gamalama Usap Tangan Erick Thohir Bikin Hati Pilu, Artis Serba Bisa Sulit Hapus Air Matanya Sendiri, Dokter Minta Keluarga Siapkan Ini

Instagram

Kondisi kesehatannya sempat drop, Dorce Gamalama memberikan wasiat agar dimakamkan sebagai wanita. MUI sampai ikut buka suara.

"Jadi mengubah kelamin itu tak diakui dalam Islam sehingga ia hukumnya tetap seperti jenis kelamin pertama. Laki-laki yang pindah (jadi) perempuan disebut mukhannats dan perempuan yang berubah menjadi laki-laki itu mutarajjil," tegasnya.

Dorce dalam obrolan bersama Denny Sumargo menceritakan kesiapan dirinya menanti ajal.

"Saya udah punya kain kafan sendiri. Saya juga punya kuburan sendiri. Rumah saya di Lubang Buaya itu ada masjid, di sebelah masjid itu nanti tempat pulang saya," cerita Dorce Gamalama.

Denny Sumargo juga dengan sangat pelan mempertanyakan bagaimana nantinya presenter dan komedian itu akan dimakamkan. Dorce dikenal sebagai transgender.

"Bunda kalau nanti akhirnya berpulang, bunda ingin meninggal sebagai apa?" tanya Denny Sumargo.

"Ya sebagai saya sekarang. Karena setelah saya operasi, saya punya kelamin perempuan, mandikan saya dengan perempuan, sebagai perempuan," jawab Dorce Gamalama.

Baca Juga: Foto Jadul Dorce Gamalama Beredar, Penampilan Julia Perez di Acara Komedi Justru Curi Perhatian, Netizen: Andai Aku Seperti Kamu

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya