Getir! Foto Tukul Arwana Sulit Makan Sendiri, Vega Darwanti Enggan Tutupi Fakta Sebenarnya

Minggu, 23 Januari 2022 | 19:52
Instagram

Mengalami pendarahan otak, foto kondisi Tukul Arwana begitu membuat getir hati netizen. Vega Darwanti ungkap kondisi sebenarnya.

Fotokita.net - Foto kondisi terkini komedian kondang Tukul Arwana membuat getir hati netizen di jagat maya. Foto yang beredar luas itu menunjukkan sang komedian kesulitan makan sendiri. Tukul harus disuapi oleh orang terdekatnya. Presenter Vega Darwanti enggan tutupi fakta sebenarnya yang menimpa sang sahabat.

Tukul Arwana sempat dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Otak Nasinal (RS PON), Cawang, Jakarta Timur. Presenter One Man Show itu harus melakukan tindakan di operasi karena mengalami pendarahan di otak pada (22/9/2021).

Selain pendarahan pada otak, Tukul diketahui juga mengalami stroke. Namun saat ini kondisi komedian Tukul Arwana menunjukkan perkembangan positif seusai menjalani perawatan di rumah dan melakukan fisioterapi.

Tukul Arwana diprediksi baru bisa sembuh total sekitar dua tahun ke depan. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh sang manajer Tukul Arwana, Rizki Kimon.

Dugaan awal tersebut juga dikatakan tim dokter yang merawat pria berusia 58 tahun itu. "Ya mungkin menurut hitungan dokter dan orang awam bisa setahun dua tahun ya (pemulihan total),"kata manajer Tukul Arwana, Rizki Kimon saat ditemui di Cipete, Jakarta Selatan, Senin (25/10/2021).

Namun, pihak keluarga berharap pemulihan Tukul Arwana bisa lebih cepat dibanding perkiraan dokter. "Tapi pihak keluarga berharapnya sembuh cepet," ujar Rizky Kimon.

"Kita sih penginnya bulan depan selesai ya, Mas Tukul udah lari, udah syuting, bisa eaa eaa lagi," sambungnya. Kendati demikian, Tukul masih terus menjalani perawatan intensif di rumahnya.

Baca Juga: Innalillahi Beredar Kabar Duka, Foto Tukul Arwana Bikin Tangis Lesti Kejora Pecah, Maria Vania Ungkap Fakta Sebenarnya

Facebook

Mengalami pendarahan otak, foto kondisi Tukul Arwana begitu membuat getir hati netizen. Vega Darwanti ungkap kondisi sebenarnya.

"Untuk saat ini masih rawat terus dalam perawatan yang intens. Jadi belum tahu sampai kapannya," ujar Kimon.

Di sisi lain, untuk mempercepat pemulihan sang komedian, keluarga telah terpikirkan untuk membawa Tukul berobat ke luar negeri. “Kepikiran iya sih dari keluarga besar dan manajemen. Cuma mau kemana tambahan terapi, kita serahkan ke keluarga besar,” kata Rizki Kimon.

Video terbaru Tukul Arwana setelah jatuh sakit.Dikutip dari tayangan Youtube Indosiar, setelah dioperasi di rumah sakit, kondisi terkini Tukul Arwana membuat hati netizen getir.

Kepalanya yang dulu dihiasi rambut kini terlihat botak. Tak hanya itu, Tukul pun tak bisa berjalan. Tangannya semakin lemah untuk digerakkan. Bahkan untuk makan saja pun harus disuapi.

Saat ini, Tukul pun menjalani perawatan di fisioterapi untuk bisa menguatkan kembali otot-otot tangan dan kakinya. Tukul juga tergagap-gagap saat bicara. Melihat kondisi pilu ayahnya, anak Tukul pun menangis terisak.

"Langsung nangis, karena gak pernah lihat ayah kayak begitu, Sebelumnya enggak," ungkap anak Tukul Arwana, dikutip dari Youtube Indosiar, Selasa (11/1/2022). "Rasanya kayak.... iya gak nyangka," ucapnya lagi dengan terisak.

"Keajaiban akan lahir dari doa," tulis keterangan dalam video tersebut. Terkait video yang kini beredar, manajer sang pelawak, Rizki Kimon memberikan penjelasannya. Video kondisi terkini Tukul Arwana beredar di media sosial pada Selasa (11/1/2022).

Baca Juga: Foto Tukul Arwana Kurus Beredar, Ternyata Sang Pelawak Belajar Tepuk Tangan Monyet dari Komedian Ini, Begini Kondisinya Sekarang

Facebook

Mengalami pendarahan otak, foto kondisi Tukul Arwana begitu membuat getir hati netizen. Vega Darwanti ungkap kondisi sebenarnya.

Rizki Kimon, manajer Tukul Arwana, membenarkan foto dan video singkat yang beredar tersebut adalah kondisi terkini pelawak dan presenter ternama itu. Tukul dalam video tersebut sedang menjalani fisioterapi dan berinteraksi dengan sang anak.

Sejak menjalani operasi di rumah sakit, Tukul Arwana rutin melakukan terapi untuk memulihkan kesehatannya. Hal itu diungkapkan oleh Rizki Kimon di Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (11/1/2022).

"Foto yang beredar itu benar Mas Tukul sedang fisioterapi dan interaksi sama anaknya," kata Rizki Kimon di Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (11/1/2022).

Saat ini kesehatan Tukul Arwana berangsur baik karena setiap hari melakukan fisioterapi. Dijelaskan Kimon bahwa fisoterapi itu dilakukan sebanyak tiga kali, seperti fisioterapi, fisioterapi wicara dan okupasi.

"Terus di klinik yang seminggu tiga kali kami jalani, alhamdulillah itu berpengaruh sangat berpengaruh untuk pemulihan Mas Tukul," ujarnya. Perkembangan lainnya saat ini Tukul sudah bisa mengunyah makanannya sendiri seperti nasi dan sayur.

Tidak seperti sebelumnya yang hanya memakan buah-buahan yang lunak dan makanan yang di haluskan. "Progresnya saat ini sudah mulai mengunyah lebih, eh maksudnya kemarin kemarin itu mengunyah buah buahan yang lunak, pokoknya yang lunak," tutur Kimon.

"Sekarang beliau sudah bisa makan secara mandiri pakai nasi sayur jadi tidak usah diblender lagi, pakai selang, tetapi beliau sudah mengunyah," sambungnya.

Baca Juga: Bikin Terharu Foto Keluarga Tukul Arwana Sebelum Istrinya Meninggal, Ini Alasan Sang Komedian Angkat Ega Prayudi Jadi Anak Sulungnya

Vidio

Mengalami pendarahan otak, foto kondisi Tukul Arwana begitu membuat getir hati netizen. Vega Darwanti ungkap kondisi sebenarnya.

Kedua anak Tukul Arwana akhirnya muncul dan ceritakan kondisi sang ayah saat ini. Mengalami pendarahan otak, foto kondisi komedian sekaligus presenter Tukul Arwana begitu membuat getir hati netizen.

Bahkan Zhovan, putra bungsu Tukul Arwana tak kuasa menahan tangis saat menceritakan kondisi sang ayah tercinta. Zhovan mengaku tak menyangka ayahnya yang selama ini senang bercanda, kini berubah tak berdaya.

Di acara ulang tahun Indosiar itu, segenap rekan-rekan artis mendoakan kesembuhan Tukul Arwana. Dipimpin oleh Ustaz Subkhi Al Bughuri, mereka pun membacakan doa. Diungkapkan Ustaz Subkhi Al Bughuri, hanya kejaiban yang bisa menyembuhkan sang pelawak senior.

"Dan kalau lihat yang tadi, cuma butuh keajaiban. Dan keajaiban itu lahir dari doa kita, Karena yang bisa membolak-balikkan keadaan cuma Allah SWT. Orang bilang gak mungkin, tapi gak ada yang gak mungkin bagi Allah SWT," ucap Ustaz Subkhi Al Bughuri.

"Insya Allah ada takdir yang terbaik buat saudara kita," tambahnya. "Kita yakin mas Tukul akan pulih kembali, karena dengan semangatnya dan doa serta dukungan keluarga," imbuh Irfan Hakim.

Kondisi Tukul Arwana membaik sejak fisioterapi. Meski belum pulih total, Tukul Arwana juga makin kurus. "Ya pasti jadi (kurus), namanya orang sakit ya. Kita pun kalau lagi sakit pasti kurus," ujar Rizki Kimon saat ditemui di kawasan Cipete, Jakarta Selatan.

Berat badan Tukul Arwana turun 10 kilogram. Dalam video yang beredar, fisik Tukul Arwana memang terlihat kurus.

Baca Juga: Foto Tukul Arwana Selalu Lekat di Hati, Maria Vania Akhirnya Bongkar Fakta Mengejutkan Sebelum Ayah Ega Prayudi Terkapar Akibat Pendarahan Otak

Vidio

Mengalami pendarahan otak, foto kondisi Tukul Arwana begitu membuat getir hati netizen. Vega Darwanti ungkap kondisi sebenarnya.

"Agak signifikan memang. Kalau berapanya nggak pernah nimbang sih, mungkin bisa ngira-ngira kayak apa setelah beliau sakit. Mungkin bisa 10 kilo lebih, mungkin ya, secara fisik," kata Rizki Kimon.

Selama menjalani terapi, Tukul Arwana sempat merasakan kebosanan. Ia jenuh dengan kegiatan yang berulang dalam kondisinya yang lemah. "Mungkin kalau kebosanan pasti ada, karena itu kan rutinitas yang dilakukan beliau setiap hari, pasti ada titik beliau lelah," imbuh Rizki Kimon.

Rekan kerjanya di Bukan Empat Mata, Vega Darwanti, baru-baru ini menengok Tukul di rumahnya. Vega Darwanti mengungkapkan bagaimana kondisi kesehatan terkini dari Tukul Arwana yang jauh lebih baik.

"Alhamdulillah jauh lebih baik. Harus bolak balik fisioterapi, tapi yang aku lihat Mas Tukul jauh lebih baik dan semangatnya berjuang melawan sakit itu sangat luar biasa," kata Vega Darwanti ketika ditemui di Studio Trans TV, Jakarta Selatan.

Vega Darwanti juga mengungkapkan jika Tukul sudah bisa me-respons dengan baik, bahkan dapat memegang ponsel untuk selfie.

"Jadi saat kemarin aku jenguk ya sudah sangat merespons. Mas Tukul juga udah, 'Mas ayo Mas foto,' itu Mas Tukul yang pegang hp aku untuk selfie," ujar Vega Darwanti.

Untuk komunikasi saat ini, walaupun belum lancar dalam berbicara, tetapi Tukul sudah dapat memberikan respons yang baik, misalnya dengan tertawa.

Vidio

Mengalami pendarahan otak, foto kondisi Tukul Arwana begitu membuat getir hati netizen. Vega Darwanti ungkap kondisi sebenarnya.

"Memang belum lancar bicara, tapi pas ke sini udah better-lah udah merespons udah ketawa-ketawa," ucap Vega Darwanti.

Baca Juga: Bikin Terharu Foto Keluarga Tukul Arwana Sebelum Istrinya Meninggal, Ini Alasan Sang Komedian Angkat Ega Prayudi Jadi Anak Sulungnya

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya