Foto Spanduk Arteria Dahlan Musuh Orang Sunda Tiba-tiba Hilang, Bintang Sinetron Preman Pensiun Cari Guru Les Bahasa Sunda

Kamis, 20 Januari 2022 | 15:35
Instagram

Foto lawas Arteria Dahlan yang tampil dalam acara Pilpres 2019 bareng Ferdinand Hutahaean jadi sasaran hujatan. Komentar Uus jadi sorotan.

Fotokita.net - Anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan terus menjadi perbincangan publik. Bahkan, sejumlah netizen mengunggah spanduk Arteria Dahlan musuh Orang Sunda. Namun, foto spanduk Arteria itu tiba-tiba hilang.

Arteria Dahlan menuai kontrversi usairapat kerja bersama Jaksa Agung ST Burhanuddin, Senin (17/1/2022). Dalam rapat itu, Arteria meminta jajaran Kejaksaan Agung bersikap profesional dalam bekerja.

Arteria lantas menyinggung seorang kepala kejaksaan tinggi yang menggunakan bahasa Sunda ketika rapat kerja. Dia meminta Jaksa Agung (JA) ST Burhanuddin memecat kajati tersebut.

"Ada kritik sedikit, Pak JA. Ada kajati yang dalam rapat dan dalam raker itu ngomong pakai Bahasa Sunda, ganti, Pak, itu," katanya.

Setelah dihujani dan hujatan, Arteria Dahlan mempersilakan pihak yang berkeberatan atas pernyataan kontroversialnya melapor ke MKD DPR RI.

"Kalau saya salah, kan jelas mekanismenya ada MKD, apakah pernyataan salah. Kita ini demokrasi, silakan kalau kurang berkenan dengan pernyataan saya, silakan saja (laporkan)," kata Arteria kepada wartawan di gedung MPR/DPR, Rabu (19/1/2022).

Rupanya, sejumlah netizen mengunggah foto spanduk yang menyebutkan, "Arteria Dahlan musuh orang Sunda." Spanduk ini dipajang di salah satu ruas jalan di Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga: Foto Arteria Dahlan Satu Panggung Bareng Ferdinand Hutahaen Dihujat, Komentar Uus Jadi Sorotan

Sayangnya, spanduk Arteria Dahlan musuh Orang Sunda tiba-tiba hilang. Sebelumnya, tokoh publik seperti Budi Dalton ikut mengunggah foto spanduk Arteria Dahlan.

Ucapan Arteria Dahlan soal copot Kajati berbahasa Sunda berbuntut panjang. Arteria dilaporkan ke Polda Jabar atas ucapannya tersebut.

Laporan dilakukan Majelis Adat Sunda ke Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Kamis (20/1/2022). Pelapor membuat laporan ke SPKT Polda Jabar namun masih harus berkoordinasi dengan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar.

"Kami hari ini melaporkan saudara Arteria Dahlan, anggota DPR RI yang telah menyatakan dalam berita yang viral mencopot kepala Kejaksaan Tinggi yang berbicara menggunakan bahasa Sunda," ujar Pupuhu Agung Dewan Keratuan Majelis Adat Sunda Ari Mulia Sebagja di Mapolda Jabar.

Menurut Ari, pernyataan Arteria dianggap sebuah penistaan terhadap suku. Sehingga, dia menegaskan, sudah sepatutnya Arteria dilaporkan ke polisi.

Ari menuturkan pernyataan anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDIP tersebut dinilai sudah menyinggung masyarakat Sunda. Bahkan tak hanya masyarakat Sunda, suku lain pun menilai pernyataan Arteria menyakitkan.

"Ini yang menyakitkan orang Sunda, saudara-saudara kita dari daerah lain juga merasa tersinggung, hari ini mungkin nasib jeleknya lagi menimpa orang Sunda, diperlakukan seperti itu. Tidak menutup kemungkinan di kemudian hari suku bangsa lain bakal dilakukan hal yang sama," tuturnya.

Baca Juga: Foto Suami Anggiat Pasaribu Beredar, Anggota TNI Berpangkat Lettu yang Bisa Bikin Istrinya Pakai Outfit Mentereng

Info Bandung Kota

Foto spanduk Arteria Dahlan musuh orang Sunda di salah satu ruas di Bandung, Jawa Barat.

Arteria Dahlan dianggap sudah melanggar konstitusi Pasal 32 ayat 2. Arteria juga dinilai melanggar UU Nomor 5 Tahun 2017 yang turunannya membuat keonaran, keresahan dan perbuatan tidak menyenangkan, termasuk UU ITE.

"Pada intinya adalah pelanggaran konstitusi, ada Pasal 32 ayat 2 yang harus memelihara bahasa daerah, bukannya melarang bahasa daerah. Kemarin kejadian di DPR RI sudah melanggar UUD Pasal 32 tersebut, ini yang menjadi dasar kami melaporkan Arteria Dahlan ke Polda Jabar," ujar Ari.

Aktor Epy Kusnandar mau mencarikan politisi PDIP itu guru les khusus Bahasa Sunda.Hal itu diungkapkan pemeran Kang Mus di serial 'Preman Pensiun' dalam video yang diunggah ke akun Instagram pribadinya pada Kamis (20/1/2022). Epy mengambil video tersebut saat berada di dalam mobil. Terlihat Epy seolah menelepon seseorang dalam videonya itu.

"Untuk menghindari perang antar suku dan bikin malu bangsa Indonesia, tolong cariin guru Bahasa Sunda, suruh Pak Arteria Dahlan itu les Bahasa Sunda dari dasar," ucap Epy dalam video tersebut.

Epy juga menjelaskan alasan mencari guru les Bahasa Sunda untuk Arteria. Menurut dia, dicarikannya guru Bahasa Sunda itu agar Arteria paham Bahasa Sunda.

"Supaya dia tidak takut orang ngomong Bahasa Sunda. Dari pada seluruh orang Sunda ngomong Bahasa Sunda maki-maki Bahasa Sunda yang tidak dimengerti Pak Arteria Dahlan," tutur Epy.

"Ada yang mau nyantet, neluh, mendingan supaya ketakutannya hilang dan menjadi lemah lembut, someah, tidak arogan, sudah cari saja guru Bahasa Sunda ya. Ibu Sopiah ada tuh guru SD saya, oke ya itu saja," kata Epy menambahkan.

Tak hanya Epy, Andra Manihot pemeran Dikdik di serial yang sama juga mengungkapkan responsnya. Dikdik justru mewanti-wanti agar Arteria Dahlan tak makan makanan khas Sunda."Jangan sampai Bapak Arteria Dahlan yang terhormat makan liwet ataupun ranginang," kata dia.

Baca Juga: Ikut Campur Kasus Sepupu Brigjen Zamroni, Foto Politikus Senior yang Disebut Preman Medan Muncul, Beri Pesan Ini ke Arteria Dahlan

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya