Motif Joseph Suryadi Sebar Chat Hina Nabi Terkuak, Dulu Pamer Kiriman dari Ahok, Foto Ini Jadi Buktinya

Kamis, 16 Desember 2021 | 12:07
Facebook

Salah satu fotoJoseph Suryadi yang menarik perhatian netizen adalah potret dokumentasi kiriman karangan bunga dari Ahok.

Fotokita.net - Polisi mengungkap motif Joseph Suryadi tersangka kasus penistaan agama yang menyebar chat berisi penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW. Joseph ternyata sempat bangga memamerkan kiriman dari Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok semasa menjabat Gubernur DKI Jakarta. Foto ini menjadi buktinya.

Kasus ini bermula dari adanya tangkapan layar berupa percakapan di grup WhatsApp. Di grup itu ada sebuah nomor yang mengirimkan karikatur disertai tulisan penghinaan Nabi Muhammad SAW.

Melalui ponsel miliknya, Joseph Suryadi mengirimkan chat ke grup WA berupa karikatur. Karikatur tersebut juga disertai dengan tulisan yang menghina Nabi Muhammad SAW. Joseph Suryadi itu kemudian tersebar. Kejadian ini pun memunculkan reaksi netizen dengan tagar #TangkapJosephSuryadi.

Dengan kata-kata kasar dia menyamakan Nabi SAW dengan predator santriwati Herry Wirawan. Unggahan itu memicu tagar #TangkapJosephSuryadi yang muncul di media sosial beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Terbukti Tipu Polisi, Foto Joseph Suryadi Penyebar Chat Hina Nabi Terus Dihujat, Ternyata Ini Profesi Aslinya

Berikut caption foto karikatur yang dikirim ke sebuah grup WA tersebut, "Usia Aisah selalu berubah saat dikawinin Nabi, bukan tambah usia, tambah MUDA, YG PENTING NGA****NYA.....SAMA SEPERTI UZTADZ HW".

Tangkapan layar chat WhatsApp itu tersebar di media sosial sehingga muncul tagar #TangkapJosephSuryadi di Twitter. Sejumlah akun Twitter mendesak Polri untuk menangkap Joseph Suryadi yang dinilai telah menghina Nabi Muhammad SAW.

Beberapa akun Twitter menyertakan foto Joseph Suryadi dan alamat rumahnya. Setelah tagar itu ramai, Joseph Suryadi lalu melapor ke Polda Metro Jaya.

Joseph Suryadi mengaku bahwa ponselnya telah hilang. Joseph Suryadi kemudian diperiksa dan dari hasil pemeriksaan ternyata Joseph Suryadi telah berbohong soal ponselnya yang hilang itu.

Baca Juga: Foto Tampang Joseph Suryadi Penyebar Chat Hina Nabi Bikin Geram, Polisi Ungkap Motifnya

Facebook

Polisi mengatakan sudah mempunyai bukti-bukti kuat bahwa Joseph Suryadi melakukan penodaan agama. Joseph tak bisa berkelit lagi.

Pada mulanya, Joseph Suryadi tak mengakui perbuatannya. Bahkan, Joseph mengaku HP miliknya telah hilang. Namun, rupanya Joseph Suryadi berbohong soal hilang ponsel. Penyidik punya rekam jejak digital bahwa dia telah mengirimkan chat berisi penghinaan Nabi.

"Kemudian terkait handphone memang ada pengakuan yang bersangkutan handphone-nya hilang. Tapi hasil pemeriksaan rekam jejak digital percakapan di handphone milik tersangka memang terdapat kalimat-kalimat seperti yang dilaporkan pelapor, yakni menistakan agama tertentu" ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan.

"Ya iya (bohong). Iya itu kan acara dia untuk ini kan (menghindari sanksi hukum)" tambah Zulpan. Joseph Suryadi tak bisa berkelit. Dia terbukti menipu polisi.

Joseph Suryadi mengakui mengirimkan chat berisi penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW ke sebuah grup WhatsApp. Polisi mengungkap motif Joseph Suryadi mengirimkan chat itu untuk menimbulkan rasa kebencian.

Baca Juga: Punya Darah Pejuang, Foto Haji Lulung di Makam Ayah Jadi Sorotan, Ini Alasan Ahok Enggan Minta Maaf ke Tokoh Tanah Abang

Facebook

Salah satu fotoJoseph Suryadi yang menarik perhatian netizen adalah potret dokumentasi kiriman karangan bunga dari Ahok.

"Joseph Suryadi memposting tulisan dan foto di medsosnya yang terkait menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan antar-individu atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan SARA dan atau dengan sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan permusuhan atau penodaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia," jelas Zulpan, Kamis (16/12/2021).

Joseph Suryadi telah ditetapkan sebagai tersangka atas penghinaan Nabi itu. Joseph Suryadi ditetapkan sebagai tersangka penistaan agama.

"Siang ini penyidik Krimsus telah menetapkan tersangka (kepada) yang melakukan postingan tersebut, atas nama Joseph Suryadi, umur 39 tahun," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (15/12).

Atas perbutannya itu, Joseph Suryadi dijerat Pasal 27 ayat 1 juncto Pasal 45 ayat 1 dan/atau Pasal 28 ayat 1 juncto Pasal 45 ayat 2 UU ITE dan/atau Pasal 156 KUHP dan Pasal 156 A KUHP. Dia terancam hukuman enam tahun penjara.

Baca Juga: Innalillahi, Haji Lulung Meninggal Dunia, Foto Bareng Ahok Tinggal Kenangan, Akhirnya Akui Kehebatan Suami Puput Nastiti

Facebook

Salah satu fotoJoseph Suryadi yang menarik perhatian netizen adalah potret dokumentasi kiriman karangan bunga dari Ahok.

Joseph Suryadi sempat membuat alibi bahwa ponselnya telah hilang setelah ramai tagar #TangkapJosephSuryadi. Namun, belakangan dia mengakui telah menyebarkan chat penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW itu melalui ponselnya.

"Yang jelas, pembuktian sudah masuk unsurnya itu barang (handphone) miliknya dan dia mengakui," kata Zulpan.

Polisi mengungkapkan Joseph Suryadi berbohong soal ponselnya hilang agar terhindar dari jeratan hukum. Tetapi, polisi punya bukti jejak digital Joseph Suryadi yang tak bisa dia bantah lagi.

"Terkait HP ada pengakuan yang bersangkutan HP hilang, tapi hasil pemeriksaan rekam jejak digital di HP milik tersangka memang terdapat kalimat-kalimat seperti yang dilaporkan pelapor, yakni menistakan agama tertentu," ujar Zulpan.

Baca Juga: Foto Haji Lulung yang Dipasangi Selang Oksigen Bikin Syok, Dulu Komentari Ahok yang Terpilih Sebagai Komut Pertamina

Facebook

Salah satu fotoJoseph Suryadi yang menarik perhatian netizen adalah potret dokumentasi kiriman karangan bunga dari Ahok.

Melalui penelusuran Facebook, netizen berhasil mendapatkan akun media sosial milik Joseph Suryadi. Foto tangkapan layar akun Facebook milik Joseph Suryadi juga sudah tersebar kemana-mana. Sebab, banyak netizen yang geram atas perbuataan tersangka penistaan agama itu.

Berdasar data di akun Facebook miliknya, Joseph Suryadi memiliki profesi asli sebagai Investor Relation di PT Jakarta Setiabudi Internasional Tbk 2012 hingga sekarang. Dia lulusan Jurusan Design Komunikasi Visual di Bina Nusantara University, lulus pada 2000.

Joseph juga sudah lama memiliki akun Facebook. Dia kerap mengunggah sejumlah foto dirinya di akun tersebut. Namun, tidak semua foto yang dia unggah dapat dilihat oleh publik. Sejumlah foto unggahannya dia kunci, khusus untuk jaringan pertemanannya saja.

Salah satu foto yang menarik perhatian netizen adalah potret dokumentasi kiriman karangan bunga dari Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok semasa menjabat Gubernur DKI Jakarta. Pada 21 September 2016, Joseph memamerkan foto kiriman dari Ahok melalui profil akun Facebooknya.

Rupanya, karangan bunga dari Ahok ditujukan untuk memberikan selamat kepada Joseph Suryadi yang melangsungkan pernikahan ketika itu. Foto kiriman bunga dari Ahok yang dipamerkan oleh Joseph itu menuai komentar dari rekan-rekannya. Kini, Joseph Suryadi menjadi pesakitan gegara menyebarkan chat yang berisi penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Foto Mantan Presiden Dewan Keamanan PBB yang Puji Jokowi Jenius Beredar, Rupanya Diplomat Ini Juga Bikin Wajah Ahok Memerah

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya