Adam Deni Bongkar Metadata Foto Ahmad Dhani Main ke Mall, Netizen Senang Akhirnya Bisa Tahu Rahasia di Kamera HP

Selasa, 14 Desember 2021 | 09:31
Instagram

Adam Deni kembali membongkar metadata foto yang menunjukkan Ahmad Dhani bersama Mulan Jameela main ke sebuah mall sebelum masa karantina selesai

Fotokita.net - Pegiat media sosial Adam Deni kembali membongkar metadata foto yang menunjukkan Ahmad Dhani bersama Mulan Jameela main ke sebuah mall sebelum masa karantina selesai usai pulang dari luar negeri. Namun, netizen senang akhirnya bisa tahu rahasia tersembunyi di kamera HP mereka.

Adam Deni terus membongkar data pendukung atas tudingannya kepada keluarga Ahmad Dhani dan Mulan Jameela yang disebut sudah bebas main ke mall sebelum masa karantina mereka selesai. Dia menunjukkan bukti yang diklaimnya itu melalui akun Instagram miliknya pada Senin (13/12/2021).

Pegiat media sosial asal Bekasi, Jawa Barat itu merasa perlu mengunggah metadata foto Ahmad Dhani bersama istrinya main ke Mall Pondok Indah lantaran dia merasa geram dituduh menyebar berita hoax. Enggan dituding menyebarkan informasi palsu, Adam Deni membuka data tersembunyi di balik pengambilan foto Ahmad Dhani dan Mulan Jameela main ke mall.

Dalam sebuah wawancara di salah satu stasiun televisi, Adam Deni berhadapan dengan pengacara Ali Lubis yang mewakili pihak Ahmad Dhani dan Mulan Jameela. Dari hasil rekaman wawancara televisi itu, emosi Adam Deni terlihat meninggi saat menanggapi pernyataan pihak Ahmad Dhani.

Ketika berjumpa awak media, Ali Lubis kuasa hukum Ahmad Dhani kerapmenyebut foto yang diunggah Adam Deni hanya bersifat 'katanya' yang artinya tak melihat secara langsung.

Baca Juga: Foto Ahmad Dhani Jalan-jalan di Mall Usai Liburan Turki Ramai Dibahas, Nikita Mirzani Beri Sindiran Menohok

Sementara Ali Lubis mengatakan bahwa kenyataannya Ahmad Dhani tak melanggar protokol kesehatan soal karantina seperti yang dituduhkan. "Ini kan gini tidak ada yang dilanggar, pertama itu, bahwasanya postingan itu kan dia (Adam Deni) sifatnya 'katanya' kan, nggak lihat langsung," kata Ali Lubis dihubungi awak media, Senin (13/12/2021).

"Jadi dia lebih ke 'katanya' tapi yang pasti itu nggak benar sama sekali," lanjutnya. Ali Lubis memastikan bahwa Ahmad Dhani tak pergi ke mall saat masa karantina seperti yang dituduhkan.

"Karena setelah pulang itu mereka langsung karantina dan ga pergi kmanq mana termasuk ke mall dan lain-lain," tegas Ali. Kuasa hukum Ahmad Dhani dan Mulan Jameela inisangat meragukan informasi yang Adam Deni dapatkan karena berawal dari netizen.

"Jadi si netizen itu kan bukan dia (Adam Deni) yang ngelihat atau ketemu langsung, ada katanya foto di mall ini kan katanya tanggal 9, ini juga katanya lagi. Kan dia gatau sumber infonya kecuali dia ketemu langsung, liat langsung , selfie langsung," jelas Ali Lubis. "Ini lebih ke isu yang katanya-katanya," lanjutnya.

Pada Minggu (12/12/2021), netizen mulai mengikuti isu bahwa Mulan Jameela dan keluarganya jalan-jalan di Indonesia padahal seharusnya dia menjalani karantina dulu. Isu ini bergulir hingga akhirnya otoritas negara terkait karantina turut memberi penjelasan.

Baca Juga: El Rumi Unggah Foto Terbaring di Rumah Sakit Bareng Ahmad Dhani, Tissa Biani Histeris: Kenapa Kak?

Instagram

Adam Deni membongkar metadata foto yang menunjukkan Ahmad Dhani bersama Mulan Jameela main ke sebuah mall sebelum masa karantina selesai

Duduk perkaranya, isu berembus dari Adam Deni. Akun media sosial Adam Deni memuat unggahan mengenai adanya seseorang yang mengaku bertemu Ahmad Dhani di Turki pada 2 Desember. Dia kemudian pulang ke Tanah Air pada 5 Desember.

Namun, berdasarkan unggahan Adam Deni, ada informasi bahwa Ahmad Dhani dan Mulan Jameela menampakkan diri di sebuah mal kawasan Jakarta pada 9 Desember. Bila dihitung waktu, ini belum sampai 10 hari masa karantina.

Mulan Jameela yang bernama lain Raden Wulan Sari adalah anggota DPR dari Partai Gerindra. Dia ke Turki dalam rangka menjalankan tugas kunjungan kerja sebagai wakil rakyat. Mulan Jameela mengajak serta keluarganya.

Belakangan Sekjen DPR RI Indra Iskandar memberi penjelasan, Mulan ikut kunker ke Turki bersama Komisi VII DPR RI, sesuai Arah kebijakan Umum Pengelolaan Anggaran (AKUPA). Jumlahnya ada 14 orang. Kunker itu dalam rangka pengawasan dan diplomasi, dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, riset, dan energi.

Isu berembus, Mulan Jameela sekeluarga tidak menjalani karantina 10 hari. Pengacara Ahmad Dhani (suami Mulan Jameela) membantah kebenaran isu ini.

Baca Juga: Ramai Abdee Slank Jadi Komisaris Telkom, Ahmad Dhani Cium Skenario Besar di Baliknya

Instagram

Adam Deni membongkar metadata foto yang menunjukkan keluarga Ahmad Dhani main ke sebuah mall sebelum masa karantina selesai

"Berdasarkan informasi yang saya terima langsung satu, bahwa terkait adanya netizen yang menyebutkan keluarga mereka tidak melakukan Karantina setelah melakukan perjalanan dari Turki itu tidak benar," kata Ali Lubis, Minggu (12/12/2021).

Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), alat kelengkapan DPR yang mengurusi masalah etik anggota DPR, tidak mau memeriksa Mulan Jameela lantaran isu pelanggaran karantina itu dinilai tidak jelas.

"Jangan termakan berita nggak jelas, Pak Adam bilang dia dapat info bahwa ada yang melihat Bu Mulan di PIM, pertanyaannya siapa orang itu? Dia kan cuma kasih info katanya-katanya," kata Wakil Ketua MKD DPR RI, Nazarudin Dek Gam kepada wartawan, Senin (13/12/2021). Tidak seperti rakyat yang diwakilinya, wakil rakyat bisa menjalani karantina mandiri di rumah. Karantina mandiri di rumah itulah yang dijalani Mulan Jameela selaku anggota DPR.

"Kalau itu di surat karantina dari BNPB nomornya lupa saya yang saya approve tanggal 5 (Desember) itu disebutkan bahwa ibu Raden Wulan Sari atau ibu Mulan Jameela itu sebagai anggota DPR RI memang dapat karantina mandiri di rumah di Pondok Indah, Jakarta Selatan," kata Komandan Satgas Udara COVID-19 Bandara Soekarno-Hatta, Kolonel Agus Listiyono, kepada wartawan, Senin (13/12).

Mulan menjalani karantina mandiri juga atas dasar rekomendasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Ini sudah selayaknya anggota DPR yang pulang dari kunker luar negeri. "Tidak Mulan Jameela aja, semua anggota DPR yang dapat rekomendasi ya sudah tahu. Kan sebelum keberangkatan sudah diajukan di BNPB," ujar Agus Listiyono.

Baca Juga: Duduk Sebelahan Istri Ahmad Dhani Saat Acara Aurel, Maia Estianty: Semua Perbuatan Manusia Ada Konsekuensi yang Akan Dibayar di Depan

Instagram

Adam Deni kembali membongkar metadata foto yang menunjukkan Ahmad Dhani bersama Mulan Jameela main ke sebuah mall sebelum masa karantina selesai.

Rekomendasi BNPB disetujui pada 5 Desember, sama dengan tanggal kepulangan Mulan sekeluarga. Terkait kabar Mulan Jameela ditemui di sebuah mal, Agus mengatakan sudah bukan tanggung jawabnya.

"Saya tidak tahu ya birokrasi, kalau sudah lepas dari sini itu bukan ranah saya lagi... setelah itu memang bukan tanggung jawab saya, saya hanya mekanisme di sini," paparnya.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto menjelaskan, anggota dewan dan pejabat negara setingkat menteri memang mendapat fasilitas karantina mandiri. Tentu saja, orang yang menjalani karantina mandiri tidak boleh keluar rumah, ke mal misalnya.

"Jadi selama 10 hari diharapkan tidak ke mana-mana. Ada batasan-batasannya yang sudah kami sampaikan lewat surat edaran. Kalau memang ada yang melanggar, ini kasuistis, Bapak, jadi satu-dua bukan mencerminkan organisasi itu," kata Suharyanto.

Belakangan, Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Pandjaitan berbicara tentang isu ketaatan karantina dari luar negeri yang kembali disorot. Luhut menegaskan semua orang harus mematuhi aturan karantina 10 hari, jika ada yang ngeyel, maka orang itu akan diceburkan ke karantina terpusat. Hal itu disampaikan Luhut dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube, Senin (13/12/2021).

Baca Juga: Ingin Siram Rumah Mulan dengan Isi Septic Tank, Diam-diam Maia Estianty Pamer Foto Bareng Rohimah, Curhat Soal Poligami?

"Kemarin ada upaya-upaya melarikan itu, kita akan langsung ceburin aja masuk ke dalam karantina terpusat," kata Luhut, yang juga menjabat Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, lewat konferensi pers, Senin (13/12/2021).

Ketegasan dalam penerapan peraturan karantina kini diperlukan untuk menjaga hasil kerja keras untuk melandaikan kurva pandemi COVID-19. Sebagaimana diketahui, saat ini ada varian Omicron yang merebak di luar negeri. Indonesia menerapkan kewajiban karantina 10 hari bagi pelaku perjalanan pulang dari luar negeri.

"Itu kita pastikan orang yang dapat libur dan keluar kita pastikan dia dapat 10 hari. Kita nggak mau negeri kita ini dicederai, dicemari oleh COVID yang lain gara-gara kita sendiri tidak disiplin," kata Luhut.

Orang yang pulang dari luar negeri bisa menjalani karantina di hotel. Bila orang yang bersangkutan tidak mau karantina di hotel, maka petugas karantina bakal membawa orang itu ke karantina terpusat. "Semua harus disiplin," kata Luhut.

Nah, isu Ahmad Dhani dan Mulan Jameela main ke mall sebelum masa karantina selesai kembali menjadi polemik di jagat maya. Adam Deni yang merasa dituding menyebarkan informasi hoaks membuat respons melalui akun Instagram miliknya.

Baca Juga: Akui Mulan Jameela Kalah dari Maia Estianty, Ahmad Dhani Malah Permalukan Sang Mantan ke Publik dengan Cara Nekat Ini

Instagram

Adam Deni saat melakukan wawancara bersama pengacara Ahmad Dhani dan Mulan Jameela, Ali Lubis di sebuah stasiun televisi.

Pada Senin (13/12/2021) Adam Deni mengunggah metadata foto Ahmad Dhani yang tertangkap kamera sedang berjalan-jalan ke mall di Pondok Indah, Jakarta Selatan. Dalam foto itu, Adam Deni melingkari data dasar yang biasa kita jumpai usai mengambil foto dengan kamera HP. Mulai dari, waktu pengambilan foto, lokasi, jenis kamera hingga lainnya.

Dalam keterangan foto Ahmad Dhani yang dibongkar metadatanya itu, Adam Deni memberikan pesan. "Saya dibilang nyebarin hoax? Aduh mohon maaf saya gaada track record jadi penyebar hoax!"

Sahabat dokter Tirta Hudhi Mandira ini lalu melanjutkan, "Nih bukti foto REAL tanggal 9 Desember 2021 keluarga Ahmad Dhani ada di Pondok Indah Mall. Secara tidak langsung total karantina mereka blm mencapai 10 hari loh kalo misalnya mereka landing di Indonesia pada tgl 3 Desember 2021."

Usai memaparkan metadata foto Ahmad Dhani dan Mulan Jameela main ke mall, Adam Deni kembali memberikan pernyataan keras, "Ini jelas melanggar peraturan karantina 10 hari!! Sanggup gak ngambil tindakan tegas @satgasperubahanperilaku @kemenkes_ri ?? Jangan kebanyakan angkat bicara, BASI BOS!!!"

Baca Juga: Ogah Ditendang Ahmad Dhani Karena Sosok Ini, Mulan Jameela Akhirnya Rela Pisah Ranjang dengan Mantan Maia Estianty, Kok Bisa?

Tentu saja, foto unggahan Adam Deni memicu respons dari netizen. Namun, di antara ratusan komentar yang ditulis, beberapa netizen malah senang akhirnya bisa tahu rahasia tersembunyi di balik kamera HP mereka.

Mulanya, akun @ngurahkrisnaw bertanya kepada Adam Deni, "Bang ajarin dong cara ngelacak lokasi gitu." Pertanyaan ini rupanya langsung dijawab akun @suryanirimba, "@ngurahkrisnaw kalau foto pake iphone biasanya difotonya itu ada lambang (i) kalau di klik bs kluar smua kak jam foto, tgl foto, lokasi foto."

Lalu, akun @cr00kshanksz ikut menimpali, "@kimmkosidahan di foto yg kita ambil sendiri otomatis ada info location dll, klik i nanti scroll dikit." Jawaban mereka justru memicu obrolan lebih jauh.

Akun @ngurahkrisnaw kembali membalas, "@suryanirimba kalau hp pribadi emang bisa kok , maksudku lacak foto orang lain ???? seperti postingan di atas kan gak mungkin fotoannya pke hp nya mas adam ????."

Namun, akun @kimmkosidahan malah senang karena dia merasa bisa tahu rahasia tersembunyi di balik kamera HP miliknya, "oh iya nemu, tadi kirain foto foto yg ada di internet klo kita saved trus bakal ngasih info serupa... btw thx infonya ya, ogebnya bukan main dah gw, 4th pegang iphone dri mulai 6 smp 12 baru tau skrg klo diphoto ada keterangan lokasi ????????."

Baca Juga: Bukan Cuma Usir Maia Estianty dari Rumahnya, Ahmad Dhani Blak-blakan Minta Musisi yang Rajin Shalat 5 Waktu Ini Pergi dari Dewa 19: Saya Cuma Usul

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya