Foto Polisi Olah TKP Ungkap Fakta Kecelakaan Vanessa Angel, Polda Jatim Turunkan Tim Khusus, HP Tubagus Joddy Jadi Sorotan

Minggu, 07 November 2021 | 10:32
Facebook

Poto polisi melakukan olah TKP kecelakaan maut Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah tersebar luas di media sosial.

Fotokita.net - Foto polisi melakukan olah TKP tersebar luas di media sosial. Dari foto olah TKP itu, polisi mengungkap sejumlah fakta kecelakaan yang merenggut nyawa Vanessa Angel dan suaminya. Kini, Polda Jatim menurunkan tim khusus untuk memeriksa Tubagus Joddy. HP sopir Vanessa Angel jadi sorotan.

Sebelum foto polisi olah TKP itu beredar, sempat ada dugaan jika Joddy terlalu ngebut dan tak bisa menguasai kendaraan tersebut. Polisi juga menduga ada kelalaian sopir yang mengakibatkan kecelakaan maut tersebut.

Terkait hal tersebut Kasat PJR Ditlantas Polda Jatim AKBP Dwi Sumrahadi enggan berspekulasi. Dia hanya menyebut sopir diduga kuat membawa mobil dengan kecepatan tinggi.

"Saya tidak berani ngomong ya berapa kecepatannya tidak bisa dipastikan. Kemungkinan (kecepatan) tinggi kalau dilihat dari kondisi kendaraannya. Kan harus diminta dari keterangan pengemudi. Tadi pengemudi mengatakan dia nge-blank. Makanya nanti didalami lidiknya (penyelidikan) di Polres Jombang," terang Dwi.

Namun, dari foto polisi olah TKP terungkap fakta kecelakaan Vanessa Angel. "Tapi kalau kecelakaan peristiwanya itu bisa terdeteksi, kan tadi sudah diolah TKP dari Subdit Gakkum pakai alat TAA. Nah itu nanti bisa keluar tapi butuh waktu untuk mengolah hasilnya," tambahnya.

Baca Juga: Foto Sopir Vanessa Angel yang Cuma Luka Ringan Beredar, Tubagus Joddy Ngaku Main HP Sebelum Kecelakaan Maut, Polisi Ungkap Status Terbarunya

Tubagus Joddy pun menjalani diperiksa polisi. Dwi mengatakan proses penyelidikan lebih lanjut kecelakaan maut itu akan dilakukan oleh Polres Jombang. Sopir dari Vanessa Angel ini akan diperiksa terkait dugaan pelanggaran pidana yang dilanggar dari kecelakaan tersebut. "Iya pastinya sopir akan diperiksa," pungkasnya.

Vanessa Angel dan suaminya, Febri Ardiansyah (Bibi), tewas dalam kecelakaan pada Kamis (14/11) pukul 12.36 WIB. Vanessa Angel dan Bibi saat itu sedang berada di mobil bersama anaknya, Gala, dan babysitter Siska Lorensa (26), serta sopirnya, Tubagus Joddy.

Kecelakaan terjadi dalam perjalanan menuju Surabaya, Jawa Timur, tepatnya di Km 672+400 Tol Jombang-Mojokerto, Jawa Timur. Vanessa Angel dan Bibi tewas, sedangkan Gala, Siska, dan Joddy selamat.

Jenazah Vanessa Angel dan suami kemudian dibawa ke Jakarta. Keduanya telah dimakamkan di Jakarta Selatan, Jumat (5/11).

Penyidikan kasus kecelakaan mobil yang menewaskan Vanessa Angel dan Febri Andriansyah dimulai. Penyidikan dimulai dengan diawali memeriksa sopir Vanessa Angel, Tubagus Joddy.

Baca Juga: Jadi Tersangka? Sopir Vanessa Angel Akhirnya Ngaku Main HP Saat Ngebut di Tol, Foto Polisi Olah TKP Tersebar Luas

Facebook

Poto polisi melakukan olah TKP kecelakaan maut Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah tersebar luas di media sosial.

"Iya, sudah naik dari penyelidikan ke penyidikan," Kasi Laka Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jatim Kompol Hendry Ferdinan Kennedy, Sabtu (6/11/2021).

Pemeriksaan terhadap Joddy dilakukan di RS Bhayangkara Polda Jatim. Sedangkan pemeriksaan lebih lanjutnya akan dilakukan di Satlantas Polres Jombang. "Penyidik memeriksa sopir tadi pagi oleh penyidik dari Jombang di RS Bhayangkara Surabaya. Nanti selanjutnya pemeriksaan dilakukan di Jombang sana," kata Kennedy.

Tak hanya memeriksa keterangannya, Kennedy juga menyebut handphone Joddy juga disita. Itu dilakukan untuk pemeriksaan forensik alat elektronik. "Untuk alat elektronik semua sudah kita sita, dan kita (ambil) juga untuk pemeriksaan forensik, ya," tuturnya.

Penyidik Polda Jawa Timur mengatakan bahwa sopir mobil Vanessa Angel, Tubagus Muhammad Joddy, mengakui sempat bermain HP sebelum terjadi kecelakaan di Tol Jombang. Kecelakaan tersebut mengakibatkan Vanessa Angel dan suaminya, Febri Andriansyah meninggal dunia.

"Iya, katanya begitu saat diinterogasi," kata Kasi Laka Subdi Gakkum Ditlantas Polda Jawa Timur Komisaris Hendry Ferdinan Kennedy kepada wartawan di Surabaya, Sabtu (6/11/2021).

Baca Juga: Foto Kondisi Pengasuh Gala Sky Diunggah, Sopir Vanessa Angel Akui Berbuat Hal Terlarang Saat Nyetir dengan Kecepatan Tinggi

Facebook

Poto polisi melakukan olah TKP kecelakaan maut Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah tersebar luas di media sosial.

Berdasarkan keterangan tersebut, polisi menyita ponsel dan alat bukti elektronik yang kini sedang diajukan untuk pemeriksaan forensik. Tak hanya itu, Joddy juga mengaku mengendarai mobil dengan kecepatan lebih dari 100 kilometer per jam. "Sopir mengaku 120 kilometer per jam," katanya.

Kennedy mengatakan bahwa pihaknya sedang mendalami dugaan sopir Vanessa Angel yang mengantuk sebelum terjadi kecelakaan. Mengenai kemungkinan Joddy jadi tersangka, dia menyatakan hal tersebut bisa terjadi. Namun, penetapannya tergantung pada hasil penyidikan.

"Bisa, semua kemungkinan bisa. Cuma dia ditetapkan tersangka atau tidak, nanti kami lihat perkembangan hasil penyidikan. Kami tidak bisa bilang sekarang karena masih proses. Selain itu, kondisi sopir belum bisa ditanyai lebih lanjut," katanya.

Tubagus Joddy secara fisik telah sehat dan pulih pasca kecelakaan tunggal di Jombang. Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko mengatakan sedikit-banyak Joddy pasti mengalami pergolakan di batinnya.

Apalagi Joddy diketahui bukan sopir biasa bagi keluarga Vanessa Angel karena memiliki kedekatan khusus.

Baca Juga: Foto Vanessa Angel Ungkap Tabiat Asli yang Selama Ini Ditutupi, Ayah Bibi Ardiansyah Syok Perubahan Sikap Anaknya Sebelum Pergi ke Surabaya

Facebook

Poto polisi melakukan olah TKP kecelakaan maut Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah tersebar luas di media sosial.

"Tekanan itu pasti ada di batinnya dia. Itu yang lagi kita pelan-pelan asesmennya itu untuk pemulihan pascatrauma," tambah Gatot.

Tubagus Joddy menjalani pemeriksaan di Kantor Satuan Lalu Lintas Polres Jombang. Namun, statusnya masih sebagai saksi. "Tapi baru sebagai saksi," imbuh dia.

Gatot menambahkan, khusus Tubagus Joddy, penyidik Satlantas Polres Jombang melakukan penjagaan. Joddy saat ini masih menginap di RS Bhayangkara Polda Jatim. "Dari Biddokes Polda Jatim sudah turunin tim psikologi dan trauma healing, itu melekat. Kecuali sopirnya, sopirnya tetap dijaga penyidik Satlantas Polres Jombang," jelas Gatot.

Tubagus Joddy ternyata memacu kendaraan cukup kencang. Joddy mengaku kecepatannya 120 km/jam. "Kalau dari interogasi awal dari sopir mengaku 120 km per jam," kata Kasi Laka Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jatim, Kompol Hendry Ferdinan Kennedy, di Surabaya, Sabtu (6/11/2021).

Saat disinggung apakah Joddy mengantuk saat menyetir, Kennedy mengatakan belum tahu persis. Sebab, untuk mengetahui penyebab kecelakaan, dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut. "Nah itu kita belum tahu makanya harus didalami proses lebih lanjut," ungkapnya.

Handphone Joddy disita untuk keperluan pemeriksaan forensik. Pemeriksaan forensik ini dilakukan untuk memastikan apakah Joddy bermain HP hingga membuat Instagram Story saat tengah berkendara.

Baca Juga: Foto Sopir Vanessa Angel Terus Dibanjiri Hujatan, Wirang Birawa Turun Gunung, Polisi Ungkap Fakta Mengejutkan Usai Olah TKP

Facebook

Poto polisi melakukan olah TKP kecelakaan maut Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah tersebar luas di media sosial.

"Iya katanya begitu ya (main HP), untuk handphone sudah kita semua, alat bukti elektronik sudah dan sedang diajukan untuk pemeriksaan forensik ya," tambah Kennedy.

Sementara itu, saat disinggung apakah status Joddy bisa naik jadi tersangka, Kennedy menyebut hal ini masih menunggu hasil penyidikan.

"Bisa (jadi tersangka), semua kemungkinan bisa. Cuma dia kita tetapkan apa tidak nanti kita lihat perkembangan hasil penyidikan. Kita tidak bisa bilang sekarang karena masih proses dan juga kondisi sopir belum bisa ditanyai lebih lanjut," pungkasnya.

Sejumlah pengguna media sosial menyebut Tubagus Joddy bukan pertama kali mengalami kecelakaan saat memakai mobil Vanessa Angel. Polisi mengatakan bakal mengecek kabar itu.

"Semua informasi yang ada sekarang kita tampung dan jadi bahan pertimbangan penyidik untuk pemeriksaan si sopir," kata Kombes Gatot, Sabtu (6/11/2021).

Baca Juga: Foto Tubagus Joddy Disebut Banyak Gaya, Mertua Vanessa Angel Serahkan Sopir Maut ke Polisi, Pengacara Kondang Ini Turun Gunung Demi Keadilan

Facebook

Poto polisi melakukan olah TKP kecelakaan maut Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah tersebar luas di media sosial.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya