Foto Benyamin Sueb Dirindukan, Babeh Sabeni Pernah Murka di Sela Syuting Sinetron Si Doel, Rano Karno Ungkap Fakta Mengejutkan

Selasa, 02 November 2021 | 20:02
Instagram

Rupanya pemeran Babeh Sabeni ini pernah ngamuk di sela syuting Sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Rano Karno ungkap fakta mengejutkan.

Fotokita.net - Foto Benyamin Sueb dirindukan netizen di media sosial. Aktor legendaris yang memerankan tokoh Babeh Sabeni ternyata pernah murka di sela syuting Sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Rano Karno mengungkap fakta mengejutkan di baliknya.

Benyamin Sueb dikenal sebagai salah satu aktor legendaris asal Betawi yang pernah malang melintang di jagat hiburan Tanah Air. Sayangnya, karier Benyamin Sueb berhenti mendadak di masa puncaknya.Seniman sekaligus pelestari budaya Betawi inimeninggal dunia di usia yang relatif muda, 56 tahun.

Ayah dari Biem Benyamin ini meninggal dunia pada 5 September 1995. Penyebabnya, serangan jantung sehabis bermain bola. Dia meninggal dalam puncak kariernya, ketika membintangi serial sinetron "Si Doel Anak Sekolahan" garapan sutradara Rano Karno.

Sekalipundikenal sebagai seniman Betawi, namun aktor kelahiran pada 5 Maret 1939 di Kemayoran, Jakarta, ini sudah menjadi milik masyarakat Indonesia. Karya-karyanya, dalam bentuk film dan lagu, bisa dinikmati oleh berbagai masyarakat di tanah air.

Dalam karirnya sebagai bintang film, Bang Ben, sapaanya, mendapatkan penghargaan dari Festival Film Indonesia (FFI) pada 1973 sebagai Pemeran Pria Terbaik dalam Film "Intan Berduri" (1973) dan penghargaan yang sama pada 1977 untuk film "Si Doel Anak Modern".

Baca Juga: Foto Adik Rano Karno Dibanjiri Komentar, Pemain Sinetron Si Doel Disebut Menikah Sesama Jenis, Sahabat Maudy Koesnaedi Ungkap Fakta Mengejutkan

Dengan kariernya yang begitu panjang, foto Benyamin Sueb kerap dirindukan netizen di media sosial. Warisan karyanya seperti tak lekang dimakan waktu. Hingga saat ini, komunitas pecinta Benyamin Sueb masih eksis melakukan sejumlah kegiatan terkait pelestarian budaya Betawi.

Setiap tanggal 5 September, komunitas pecinta Benyaminmengadakan acara tabur bunga di Pemakaman Umum Karet Bivak, Jakarta Pusat. Acara tabur bunga ini dipimpin oleh Biem Benyamin (anak Benyamin Sueb), Yayasan Benyamin Sueb dan Benyamin Sueb Fan Club.

Pada tahun ini, mereka beramai-ramai ke makam dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. "Abang none, dalam rangka 26 tahun Benyamin Sueb dalam kenangan, dari Yayasan Benyamin Sueb, Benyamin Sueb Fans Club dan Bens Radio Fans Club akan mengadakan ziarah ke makam almarhum Babeh Benyamin ," demikian pengumuman di facebook Benyamin Sueb Fans Club.

Rano Karno yang begitu terobsesi untuk membuat sinetron Si Doel meminta bantuan Benyamin Sueb. Tak bisa dimungkiri salah satu kunci kesuksesan sinetron Si Doel Anak Sekolahan adalah aktor Benyamin Sueb, pemeran tokoh Babe. Selain Doel, Babe adalah tokoh sentral cerita tentang kehidupan sebuah keluarga Betawi di tengah kehidupan modern.

Rano Karno, menyimpan banyak kenangan tentang Benyamin. Berbincang dengan penyanyi Iis Sugianto, Rano Karno menceritakan kenangan terakhirnya dengan Benyamin.

Baca Juga: Al Fatihah, Rano Karno Terisak di Sisi Makam, Ucapan Bintang Sinetron Si Doel ke Lawan Main Mandra Jadi Kenyataan, Foto Almarhum Terpatri di Hati

Instagram

Rupanya pemeran Babeh Sabeni ini pernah ngamuk di sela syuting Sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Rano Karno ungkap fakta mengejutkan.

"Jadi saya pertama kali datang gini, 'Beh gue mau minta tolong nih mau bikin Si Doel.' Ya sudah, enggak berani kita tanya honornya berapa," ucap Rano seperti dikutip dari kanal YouTube Iis Sugianto New, Minggu (12/12/2020).

Sinetron Si Doel Anak Sekolahan adalah sinetron keluarga yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Cerita yang ringan, alur cerita yang seru, dan para pemainnya yang memiliki akting natural. Menjadikan sinetron ini layak menjadi salah satu sinetron terbaik Indonesia.

Sinetron Si Doel Anak Sekolahan ditayangkan di RCTI pertama kali pada tahun 1994 sampai dengan tahun 1999. Lalu dipindahkan dari RCTI ke Indosiar pada tahun 2000 sampai tamat pada tahun 2004. Lalu pada tahun 2005 dilanjutkan oleh sinetron Si Doel Anak Gedongan.

Doel yang diperankan oleh Rano Karno diceritakan mencoba mengubah imej yang melekat pada anak Betawi. Berkat kerja kerasnya, dia membuktikan bahwa anak Betawi bisa meraih kesuksesannya di dunia tanpa melupakan agama.

Baca Juga: Ikut Berebut Hati Cornelia Agatha, Ini Alasan Rano Karno Tak Datangi Pemakaman Bintang Sinetron Si Doel, Foto Almarhum Sulit Dicari

Instagram

Foto bintang sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang meninggal dunia di puncak kejayaannya ini selalu terpatri di hati.

Rano Karno memang sangat dekat dengan Benyamin Sueb. Keduanya makin akrab sejak bermain dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Suatu ketika, saat Rano Karno menjadi MC acara televisi di Yogyakarta, ia ditelepon oleh Benyamin Sueb. Dalam percakapan telepon itu, Benyamin berpesan agar Rano Karno tetap menjalankan sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

"Doel, kalau ada apa-apa sama gue Si Doel terusin ya," kata Rano sambil menirukan suara Benyamin. Rano tidak menyangka panggilan telepon dari Benyamin adalah percakapan mereka yang terakhir. Siang harinya, di hari yang sama saat menelepon, Benyamin Sueb dilarikan ke rumah sakit karena kelelahan akibat kelelahan bermain sepak bola.

Setelah Benyamin meninggal dunia, Rano Karno sempat bimbang apakah harus melanjutkan sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Rano menjelaskan sejak awal konsep Si Doel Anak Sekolahan memiliki konsep cerita pertemuan budaya modern dan tradisional.

"Doel kan dulu konsep pemikiran antara modern dan tradisi. Modern ada di Si Doel, tradisinya ada di Babeh," kata Rano. Rano akhirnya memutuskan melanjutkan Si Doel Anak Sekolahan sesuai pesan Benyamin.

Salah satu kunci sukses sinetron Si Doel Anak Sekolahan adalah semua dialog percakapan 90% improvisasi pemain . Itu sebanya, sinetron sejuta umat ini selalu tampak hidup dan natural.

Baca Juga: Foto Pemain Si Doel Anak Sekolahan Melekat di Hati, Ini Fakta yang Jarang Orang Tahu di Balik Sinetron Garapan Rano Karno

Instagram

Foto bintang sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang meninggal dunia di puncak kejayaannya ini selalu terpatri di hati.

Rupanya pemeran Babeh Sabeni ini pernah ngamuk di sela syuting Sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Hal ini terjadi saatepisode, di mana Doel di terima kerja di cabang Pertamina dan Doel di tugaskan di Kepulauan Natuna, sebenarnya adegan merobek surat panggilan kerja tidak ada di dalam skrip.

Penyebabnya, Babeh Sabeni marah beneran karena di kehidupan nyata banyak anak-anak dan pemuda-pemuda Betawi yang kerja merantau dan meninggalkan kota betawi, yang seharusnya dijaga dan dilestarikan kebudayaannya.

Rano Karno menceritakan bahwa dirinya sudah terobsesi dengan tokoh si Doel sejak masa kecilnya di Gang 7, Kemayoran, Jakarta Pusat. Saat itu ada sebuah buku cerita berjudul si Doel yang selalu ia baca.

Saking terobsesinya, Rano Karno sampai mengikuti segala tingkah laku dan tindakan tokoh si Doel di buku cerita tersebut. Rano Karno ikut berjualan seperti tokoh si Doel di buku tersebut, dan lainnya.

Di tahun 1971 kemudian muncul film si Doel Anak Betawi, dan dia mendapat peran sebagai si Doel. "Wah seneng banget lagi itu," ujar Rano Karno dalam wawancara tersebut.

Baca Juga: 'Selamat Jalan Sahabatku, Rest In Love Sayang' Kekasih Rano Karno Unggah Foto Duka, Lawan Main Mandra di Sinetron Si Doel Meninggal Karena Covid-19

Instagram

Rupanya pemeran Babeh Sabeni ini pernah ngamuk di sela syuting Sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Rano Karno ungkap fakta mengejutkan.

Sejak itu obsesinya terhadap tokoh si Doel semakin tinggi, dan akhirnya memutuskan membuat sinetron si Doel Anak Sekolahan pada awal 1990an, atau tepatnya mulai tayang pada 1992.

Rano Karno melanjutkan sinetron itu karena berpikir tokoh si Doel harus bisa meraih pendidikan tinggi. "Sebab kalau di film si Doel Anak Betawi tahun 1971 itu kan tokoh si Doel hanya sampai tamat sekolah rakyat (SR)," ujar Rano Karno.

Tapi pembuatan sinetron si Doel Anak Sekolahan tidak mudah. Rano Karno mesti melalui jalan terjal dulu sebelum itu. Rano Karno mengaku membuat pengajuan pembuatan sinetron si Doel Anak Sekolahan ke berbagai stasiun televisi.

Tapi tak ada satupun stasiun televisi mau membiayai pembuatan sinetron Si Doel tersebut. Bahkan Rano Karno mengaku sampai bolak balik, dan berlama-lama menunggu di setiap ruang tamu stasiun televisi.

Hasilnya ada pula stasiun televisi yang mau membiayai, tetapi dengan beberapa ketentuan. Ketentuan itu rupanya berpengaruh terhadap pembayaran para pemainnya. Artinya Rano Karno tidak bisa membayar para pemain si Doel Anak Sekolahan dengan upah tinggi di awal film tersebut.

Baca Juga: Innalillahi, 'Saya Ditelepon Sama Abang' Lawan Main Rano Karno Syok Bintang Sinetron Si Doel Meninggal Habis Main Bola, Foto Almarhum Ditangisi

Instagram

Rupanya pemeran Babeh Sabeni ini pernah ngamuk di sela syuting Sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Rano Karno ungkap fakta mengejutkan.

Saat itu Rano Karno memang sudah sangat ingin Benyamin Sueb memerankan sosok babehnya si Doel. "Saya kenal Babeh itu udah lama. Dari kecil. Saya tinggal di Gang 7 Kemayoran, babeh di Jiung, dekat sekali," ujar Rano Karno.

Rano Karno melihat sosok Benyamin S amat cocok memerankan babeh. Lantaran kesulitan dana di awal sinetron, Rano Karno akhirnya mendatangi Benyamin S dalam rangka minta tolong. Dia mengaku meminta tolong Benyamin S, dan tidak berbicara soal bayaran. "Dia bilang, ya udah elu ada berapa sini," ujar Rano Karno.

Ya, Benyamin S sama sekali tidak mematok angka di film itu bahkan sampai dia meninggal ketika film masih berlanjut. "Sampai terakhir ya begitu (soal bayaran) sama babeh," ujar Rano Karno.

Artinya babeh selalu dibayar dengan angka yang berubah-ubah di awal sinetron, dia tidak pernah mematok angka bayaran di film si Doel Anak Sekolahan. "Tapi kalau sama Mandra lain, anak muda dia lagi itu. Ada angkanya kalo sama Mandra," ujar Rano Karno.

Untuk urusan honor Benyamin, Rano Karno biasanya menyodorkan uang jika sudah mendapat bayaran dari produser. Jika uang yang disodorkan cukup, maka Benyamin akan berkata 'kopi susu', istilah tersendiri untuk kategori bayaran pada saat itu. Namun, jika memang bayarannya kurang, Benyamin biasanya meminta agar Rano menambahkan di pembayaran selanjutnya.

Baca Juga: Foto Jenazah Bintang Sinetron Si Doel Terbujur Kaku Bikin Trenyuh, Lidah Rano Karno Kelu Ungkap Tabiat Asli Almarhum: Kaya Anak Monyet di Depan Kamera

Instagram

Rupanya pemeran Babeh Sabeni ini pernah ngamuk di sela syuting Sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Rano Karno ungkap fakta mengejutkan.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya