Terkuak, Pembunuh Ibu dan Anak di Subang Punya Ciri-ciri Khusus Ini, Foto Korban di Facebook Banjir Doa

Senin, 23 Agustus 2021 | 17:44
Tribun

Prosesi pemakaman Tuti (55) dan Amalia (23) di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Istuning, Desa Jalan Cagak, Subang, Jawa Barat, Kamis (19/8/2021).

Fotokita.net - Pembunuh ibu dan anak di Subang, Jawa Barat terkuak mempunyai ciri-ciri khusus ini. Foto korban yang beredar di Facebook banjir doa.

Penyelidikan kasuspembunuhan ibu dan anak di Dusun Ciseuti, Kecamatan Jalan Cagak, Kabupaten Subang terus mengalami kemajuan.

Polisi yang terus bekerja mengungkap misteri kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang ini mulai menemukan titik terang.

Bahkan bila menilik pengumpulan bahan keterangan sejumlah saksi dan barang bukti serta petunjuk lain saat olah TKP (tempat kejadian perkara) hampir dipastikan polisi akan bisa dengan cepat mengungkap kasus pembunuhan tersebut.

Kapolres Subang AKBP Sumarni bahkan sudah bisa memetakan dengan membaca hasil autopsi. Dipastikan pelakunya lebih dari satu orang.

Di TKP, penyidik juga berhasil mengamankan baju saksi yang terdapat bercak darah. Selain itu ditemukan jejak dua kaki yang dipastikan dari dua orang berbeda.

"Berdasarkan hasil autopsi ibunya yang pertama kali dibunuh atau 5 jam sebelum korban kedua menyusul dibunuh sekitar pukul 05.00 shubuh," ungkap Sumarni kepada sejumlah awak media.

Baca Juga: Foto Korban Pembunuhan Ibu dan Anak yang Hilang Jadi Petunjuk, Polisi Didesak Periksa Sosok Ini, Netizen: Kok HPnya Bisa Dibuka Kuncinya?

Sumarni menjelaskan pelaku sudah saling kenal dengan korban bahkan mengetahui lokasi rumah. Indikasi ini diketahui dengan tidak adanya kunci rusak atau dijebol serta barang hilang."Ini murni pembunuhan. Indikasi perampokan tidak ada," ujar Sumarni.

Kini, pembunuh ibu dan anak di Subang mempunyai ciri-ciri khusus ini. Foto korban di Facebook banjir doa dari netizen.

Seperti kita ketahui dalam banyak berita,Tuti Suhartini (55) dan anaknya Amalia Ratu Mustika (23) ditemukan tewas di halaman rumah mereka sendiri. Kedua jasad korban pembunuhan ini ditumpuk di dalam bagasi mobil yang terparkir di teras rumah mereka pada Rabu (18/8/2021).

Polisi menyebut sudah ada titik terang soal siapa sosok pembunuh ibu dan anak di Subang itu.Bahkan, polisi pun mengaku sedang bersiap untuk ungkap pelaku pembunuhan ibu dan anak di bagasi mobil tersebut.

Sejak pembunuhan terjadi pada Rabu (18/8/2021), polisi sudah melakukan autopsi, olah TKP, dan memeriksa sebanyak 20 saksi.

Salah seorang saksi berinisial Mr X dicurigai polisi, karena adanya bukti mencurigakan.Meski begitu, polisi tidak mau gegabah dan memilih terus melanjutkan penyelidikan pembunuhan ibu dan anak di Subang tersebut.

Setelah mendapatkan keterangan seperti itu, beberapa saksi pun diperiksa polisi.Rupanya ada satu saksi yang dicurigai polisi, yang berinisial Mr X.

Baca Juga: Titik Terang Sebelum Pembunuh Ibu dan Anak di Subang Ditangkap, Polisi Curigai Saksi Simpan Bukti, Foto Korban di Instagram Lenyap

Istimewa

Jasad korban pembunuhan ibu dan anak di Subang, Jawa Barat. Foto korban di Facebook banjir doa.

Di baju Mr X tersebut, ada bercak darah yang diduga berkaitan dengan kematian anak dan ibu tersebut.

"Di baju salah satu saksi itu ada percikan darah. Dari saksi-saksi yang diperiksa, kami masih tunggu. Nanti hasilnya kami analisis apakah ada keterkaitan," ucap AKBP Sumarni di Subang, Kamis (19/8/2021).

Hanya saja, saat ditanya siapakah saksi yang di pakaiannya ada bercak darah, dia belum bisa mengungkapnya dan masih mendalami keterangan tersebut.

Krimonolog dari Universitas Indonesia (UI), Adrianus Meliala meyakini bahwa pelaku pembunuhan ibu dan anak di Subang, Jawa Barat hendak membuang kedua mayat ke suatu tempat.

Akan tetapi entah mengapa sang pelaku akhirnya hanya memilih untuk meninggalkan jejaknya dengan cara kabur dan meninggalkan kedua jenazah di bagasi belakang mobil.

Berdasarkan analisa Adrianus, diyakini pelaku melakukan tindakan kejinya itu dengan adanya motif dendam dan kemungkinan terjadinya dendam dari sang pelaku terhadap suami korban atau bahkan malah kepada korban itu sendiri.

Baca Juga: Polisi Ungkap Ciri-ciri Pelaku, Korban Pembunuhan di Subang Unggah Foto Terakhir Ini, Jadi Firasat Sebelum Dibunuh?

Facebook

Situasi halaman rumah korban pembunuhan ibu dan anak di Subang, Jawa Barat. Foto korban di Facebook banjir doa.

Lebih lanjut Adrianus juga menduga bahwa pelaku juga sudah kenal dengan korban dan bukan tidak mungkin malah justru pernah tinggal bersama dengan korban.

Hal tersebut diyakini Adrianus lantaran tidak adanya sejumlah tanda-tanda kerusakan di dalam rumah dan korban yakni seorang ibu tidak melakukan perlawanan saat akan dibunuh.

“Ini mengindikasikan pelaku bisa langsung masuk dengan mudah ke wilayah pribadi korban. Korban bisa sedang tidur atau memang tidak mampu melawan karena sudah terpepet. Perlawanan baru diberikan korban anak,” kata Adrianus sebagaimana dikutip dari laman Poskota Sumut pada Jumat (20/8/2021).

Setelah membunuh ibu dan anak itu hingga tewas, pelaku diyakini Adrianus juga sempat berpikir untuk membuang jenazah korban dan terbukti pada akhirnya ia meletakkan kedua jasad korban di dalam mobil.

“Pelaku membawa korban keluar rumah untuk dibuang. Namun tak jadi dan memilih membersihkan diri sebelum kabur,” ucap Adrianus.

Meski begitu, Adrianus tetap memberikan saran kepada petugas kepolisian agar bisa lebih cermat lagi dalam melakukan pemeriksaan terhadap mobil tempat jenazah korban ditemukan.

Dugaan pun bermunculan, bahkan ada yang menyebut, pembunuhan dilakukan oleh orang dekat.Motifnya dendam atau sakit hati, terlebih sang suami korban memiliki istri kedua.

Baca Juga: Foto Korban Pembunuhan di Subang Bergaya di Mobil Tempat Menyimpan Jasadnya Viral, Jadi Idola di Kampungnya

Facebook

Jasad korban pembunuhan ibu dan anak di Subang, Jawa Barat. Foto korban yang hilang jadi petunjuk.

Orang dekat artinya siapapun diantara mereka, baik ada yang hubungan darah, hubungan pekerjaan, persaingan bisnis atau usaha, pertemanan atau pun orang yang mungkin pernah bekerja di keluarga tersebut.

Tentu saja semuanya menjadi teka-teki bagi kita semua.Sepertinya sudah tidak sabar, semua ingin kasus itu segera terungkap.

Seorang Kriminolog, Thomas Sunaryo, menyebut, pelaku pembunuhan merupakan sosok yang profesional mengarah kepada pembunuh bayaran.Berarti, ada yang menyuruhnya untuk membunuh ibu dan anak itu.

Dengan demikian, maka kemungkinan otak pelakunya adalah keluarga, kerabat, orang dekat, pesaing bisnis, mantan pegawai, atau pihak-pihak ketiga yang pernah bersinggungan, baik dengan korban maupun dengan suaminya.

“Kemungkinan pelaku masih ada hubungan keluarga, apakah ada hubungan juga dengan orang ketiga, mungkin kaitan juga dengan bisnis,” kata Thomas dalam acara talkshow TVOne, Sabtu 21 Agustus 2021.

Dalam banyak kasus, lanjut Thomas, bisa jadi si pelaku merupakan pembunuh profesional yang dibayar oleh orang lain untuk menghabisi korban.Sehingga, dia tidak mengambil barang-barang berharga karena tujuannya memang membunuh.

Baca Juga: Potret Gempi Dipuji Makin Cantik, Foto Gisel Malah Bikin Curiga, Netizen: Berbadan Dua?

Istimewa

Foto Amelia Mustika Ratu, korban pembunuhan di Subang, Jawa Barat bergaya di mobil tempat menyimpan jasadnya.

Thomas menjelaskan, bisa saja sang suami punya masalah tersembunyi terhadap anak dan istrinya.Misalnya, terkait orang ketiga atau harta gono-gini.Sehingga, ada yang merasa terganggu dengan adanya Tuti dan Amelia.

"Pembunuh selalu punya banyak cara untuk melancarkan aksinya. Mereka mempelajari situasi rumah korban sebelum benar-benar membunuhnya. Orang melakukan kejahatan pun pakai akal, misalnya menutupi CCTV dan lainnya,” ujarnya.

Di sisi lain, pihak polisi pun kini terus bekerja keras untuk membongkar teka-teki itu.Sebanyak 17 saksi sudah dimintai keterangan.Termasuk sang suami koban Tuti yakni Yosep, yang juga ayah dar Amelia.

Sehingga, berpedoman pada hasil pemeriksaan sejumlah saksi tersebut, dalam waktu dekat diharapkan tersangka pembunuhan sadis terhadap ibu dan anak itu segera terungkap.

Menurut Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol. Erdi A. Chaniago, pendalaman juga dilakukan menyangkut fakta kepergian suami korban, Yosep ke rumah istri muda pada malam terjadinya pembantaian tersebut.

"Menurut keterangan saudara Y (suami korban) bahwa pada malam hari kejadian saudara Y berada di istri mudanya," katanya melalui keterangannya, Jumat, 20 Agustus 2021.

Baca Juga: Foto Fortuner Pelat Polisi Viral, KTP Sopir Ungkap Fakta Mengejutkan, Ternyata Begini Statusnya

Istimewa

Foto Amelia Mustika Ratu, korban pembunuhan di Subang, Jawa Barat bergaya di mobil tempat menyimpan jasadnya.

Pada Rabu 18 Agustus 2021 pagi, lanjut Kombes Erdi A Chaniago, Y pulang ke rumahnya di Desa Jalancagak.Ketika pulang, dia heran karena kondisi rumah berantakan.

Menurut keterangan Yosep, di bak kamar mandi terlihat pakaian, dan darah yang sudah berceceran.

Yosep kemudian melapor ke polisi, sepulang dari melapor, dia mendapati istri dan anaknya sudah meninggal dunia di dalam bagasi mobil.

"Di dalam bak, terdapat baju pakaian dan sampah disertai darah berceceran. Karena melihat hal tersebut, Yosef panik lalu melapor ke Polsek Jalancagak. Selanjutnya, sepulang laporan dari Polsek melihat mayat sudah berada di dalam mobil," tutupnya.

Foto korban pembunuhan ibu dan anak di Subang itu sempat dibagikan salah seorang netizen di Facebook. Dalam foto itu, Amelia Mustika Ratu tampak bergaya di mobil Toyota Alphard yang menjadi tempat menyimpan jasadnya bersama sang ibu.

Netizen pun membanjiri fotokorban pembunuhan ibu dan anak di Subang itu dengan doa. "Semoga almarhumah husnul khatimah ya Alloh," tulis Aniee Mulya. "Husnul khotimah neng," doa Lisna Wati. Nanang Hermanto juga memanjatkan doa, "Semoga khusnul khotimah."

Baca Juga: Foto Buntut Tikus dalam Mie Ayam Viral, Pemilik Warung Ungkap Fakta Sebenarnya di Depan Polisi

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya