Ibunda Ryan Jombang Tak Punya Ongkos Jenguk ke Bui, Rupanya Sang Anak Bisa Pinjami Uang Habib Bahar bin Smith, Foto Terkininya Bikin Khawatir

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 09:46
Kolase

Ryan Jombang yang mendapat bogem mentah dari Habib Habar bin Smith. Begini cara terpidana mati ini bisa dapat uang banyak di dalam bui.

Fotokita.net - Ibunda Ryan Jombang mengaku tak punya ongkos untuk menjenguk sang anak ke bui. Rupanya Ryan Jombang bisa pinjami uang Habib Bahar bin Smith dalam jumlah besar. Foto terkini Ryan Jombang bikin khawatir sang ibunda.

Kabar Ryan Jombang mendapat bogem mentah dari Habib Bahar bin Smith di Lapas Gunung Sindur, Jawa Barat sudah menjadi perbincangan di mana-mana. Bahkan, nama Ryan Jombang sempat trending di media sosial usai kabar bogem mentah itu mencuat.

Menurut keterangan yang disampaikan pengacara Ryan Jombang, Kasman Sangaji, kliennya mendapat bogem mentah dari Habib Bahar bin Smith lantaran masalah pinjaman uang. Terpidana mati yang bernama asliVery Idham Henyansyah ini kerap meminjamkan uang kepada Habib Bahar bin Smith.

Kasman menyebutkan, Habib Bahar bin Smith berutang kepada Ryan Jombang sebesar Rp 10 juta.

"Pinjam bertahap Rp 10 juta. Belum dibayar, Habib Bahar yang berutang," kata Kasman."Lalu Ryan dianiaya intinya begitu," tambahnya.

Belum diketahui untuk apa Habib Bahar bin Smith meminjam uang kepada Ryan Jombang sebesar Rp 10 juta. Lantas, dari mana Ryan Jombang bisa mendapatkan uang banyak meski di dalam bui, sementara sang ibunda mengaku tak punya ongkos untuk menjenguk anak laki-lakinya itu?

Baca Juga: Pengacara Ryan Jombang Meradang Lihat Foto Kliennya Berdamai dengan Habib Bahar bin Smith, Anak Buah Jokowi Ungkap Fakta Sebenarnya

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, Kasman Sangaji meneruskan cerita awal mula bogem mentah dilayangkan Habib Bahar bin Smith ke wajah Ryan Jombang.

"Kalau permasalahan awalnya itu sebenarnya masalah sepele, jadi Habib Bahar ini beberapa bulan lalu sering meminjam uang ke Ryan," ujar Kasman.

Kasman mengatakan Bahar kerap meminjam uang dengan nominal beragam tiap saat. Sehingga dia menyebut total uang yang dipinjam Rp 10 juta.

"Bukan uang Rp 10 juta utuh, enggak. Rp 1 juta terus Rp 500 ribu," katanya.

Menurut Kasman, uang yang dipinjam tersebut ada yang dikembalikan ada yang tidak. Hingga puncaknya beberapa waktu lalu, kata Kasman, Ryan kesal lantaran Bahar tak kunjung membayar uang yang dipinjam.

"Pinjam kadang diganti dan kadang tidak, cuman udah meminjam itu ketika Ryan meminta tidak dikasih. Pada saat Ryan (meminta) nggak dikasih, dia (Ryan) melihat uang di atas meja. Karena Ryan kesal menagih tapi dia ada uang akhirnya Ryan ambil uang itu dibungkus pakai plastik dan dibuang ke tempat sampah," sebut Kasman.

Lalu, menurut Kasman, Habib Bahar bin Smith marah. Namun posisi Ryan saat itu diam saja lantaran merasa bersalah sudah membuang uang tersebut. Bahkan Ryan sudah meminta maaf kepada Bahar.

Baca Juga: Ribut Gegara Hal Sepele Ini, Habib Bahar bin Smith Pukul Pria Gay dalam Bui, Foto Korban Banyak Dicari

Istimewa

Dari foto yang beredar, nampak Habib Bahar bin Smith dan Ryan Jombang sudah berdampingan. Ryan Jombang sempat dapat bogem mentah dari Habib Bahar bin Smith.

Belakangan Kasman Sangaji telah mengetahui foto damai antara kliennya dengan Habib Bahar bin Smith. Foto ini disebarluaskan oleh anak buah Presiden Jokowi melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Foto damai Ryan Jombang dengan Habib Bahar bin Smith sudah beredar di berbagai media online, bahkan media sosial.

Dalam berbagai pemberitaan media massa, Ditjen PAS menyampaikan dua warga binaannya di Lapas Gunung Sindur, Ryan Jombang dan Habib Bahar bin Smith, sudah berdamai. Ditjen PAS membagikan foto kebersamaan Ryan dan Habib Bahar.

"Itu salah satu bukti mereka sudah berdamai," kata Kabag Humas dan Protokol Ditjenpas Rika Aprianti, Kamis (19/8/2021).

Kasman Sangaji meradang saat melihat foto damai Ryan Jombang dengan Habib Bahar bin Smith. Menurut Kasman, foto itu sudah mengalami edit sebelum disebarluaskan kepada media massa dan publik.

"Kalau terkait itu saya tidak bisa menilai, tapi teman-teman media bisa menilai di titik lukanya di-blur kayaknya," kata Kasman, Kamis (19/8/2021).

Baca Juga: Pengacara Ryan Jombang Lapor Bareskrim, Mata Korban Bogem Mentah Habib Bahar bin Smith Masih Bengkak dalam Foto Bukti Damai

Ditjen PAS Kemenkumham

Foto bukti damai Ryan Jombang dan Habib Bahar bin Smith bersama Kalapas Gunung Sindur.

Ibunda Ryan Jombang, Kasiatun (68) mempunyai firasat buruk terkait anaknya meski mengaku belum mengetahui kabar pemukulan tersebut.

Kasiatun mengaku setahun lebih tidak berjumpa langsung dengan Ryan Jombang. Nenek 6 cucu ini terakhir kali membesuk Ryan Jombang di Lapas Gunung Sindur Januari tahun 2020.

Pandemi Covid-19 dan tak punya ongkos untuk pulang pergi ke Lapas Gunung Sindur, jadi penyebabnya. Selama ini, ia berkomunikasi dengan putra ketiganya itu melalui telepon dan pesan singkat.

"Saya sudah sangat kangen dengan Ryan, satu tahun lebih tak bisa ketemu. Obat kangen saya pandangi foto Ryan terbaru," kata Kasiatun kepada wartawan di rumahnya, Desa Jatiwates, Kecamatan Tembelang, Jombang, Jumat (20/8/2021).

kilasrepublik

Ibunda Ryan Jombang mengaku tak punya ongkos menjenguk anaknya di dalam bui.

Rasa rindu Kasiatun dengan Ryan kian tak terobati karena terpidana kasus pembunuhan berantai itu tidak memberi kabar 2 pekan terakhir. Padahal, Ryan biasa rutin menelepon atau mengirim SMS ke dirinya untuk meminta doa dan mengingatkan agar rajin beribadah.

"Sudah ada dua minggu Ryan tidak telepon maupun SMS. Perasaan saya sudah tidak karuan. Beberapa hari perasaan saya tidak enak, susah tidur, makan juga ga enak," ungkapnya.

Baca Juga: Foto Ryan Jombang Usai Dibogem Habib Bahar bin Smith Bikin Syok, Mata Kanan Tak Bisa Melihat, Bibirnya Sobek

Kolase Tribun

Ryan Jombang mendapat bogem mentah dari Habib Bahar bin Smith gara-gara persoalan uang.

Oleh sebab itu, Kasiatun menanyakan kabar Ryan ke ke pengacara putranya tersebut, Kasman Sangaji. Menurut dia, Kasman menyampaikan kabar Ryan baik-baik saja di Lapas Gunung Sindur, Bogor. Ibu tiga anak ini mengaku belum menerima kabar penganiayaan putranya dari Kasman.

"Saya telepon pengacara menanyakan kabar Ryan, katanya Ryan baik-baik saja. Saya bilang mau membesuk, dilarang katanya percuma tidak boleh masuk," terangnya.

Kasiatun mengaku baru mengetahui Ryan dibogem Habib Bahar dari sejumlah media yang mewawancari dirinya sore tadi. Ia berharap luka yang diderita putra bungsunya itu lekas pulih.

"Semoga anak saya sembuh, semoga penasehat hukumnya membantu Ryan. Semoga beres semuanya, aman anak saya, biar pulih kembali," tandasnya. Foto Ryan Jombang usai mendapat bogem mentah dari Habib Bahar bin Smith membikin khawatir sang ibunda dan pengacara.

Lalu dari mana Ryan Jombang bisa mendapatkan uang banyak meskipun berada di dalam bui? Ternyata begini cara terpidana hukuman mati ini bisa menyimpan uang banyak dalam lapas.

Baca Juga: Foto Tampang Pembunuh Berantai yang Dipukul Habib Bahar bin Smith di Lapas, Ini Fakta Sebenarnya

Istimewa

Foto Ryan Jombang usai dibogem Habib Bahar bin Smith bikin syok.

Kasman Sangaji menjelaskan asal uang yang dmiliki Ryan Jombang."Ryan kan menabung dikit-dikit," ujar Kasman Sangaji dilansir detik, Kamis (19/8/2021).

Menurut Kasman, Ryan Jombang mendapatkan uang hasil pemberian keluarganya. Menurut dia, setiap kali keluarganya menjenguk, Ryan kerap diberi uang. Duit itulah yang kemudian dikumpulkan oleh Ryan.

"Nah uang tabungan selama ini ibunya yang kasih. Namanya kehidupan di dalam (lapas) kan pasti ada kebutuhan untuk beli sabun dan sebagainya," kata Kasman.

Kasman menambahkan uang yang dikumpulkan Ryan Jombang itulah kemudian dipinjam oleh Bahar. Menurut dia, Bahar kerap meminjam uang untuk kebutuhan sehari-hari Bahar.

"Pinjam uangnya untuk sehari-hari," ucapnya.

kilasrepublik

Ibunda Ryan Jombang mengaku tak punya ongkos menjenguk anaknya di dalam bui.

Baca Juga: Habib Bahar bin Smith Berkelahi dengan Napi Pembunuh dalam Bui, 2 Pengacara Saling Bantah, Foto Kondisi Korban Dicari

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya