Bikin Pemalak Ucok Baba Jadi Ayam Sayur, Foto Komandan Tim Jaguar Disorot, Netizen Penasaran

Rabu, 11 Agustus 2021 | 21:38
Instagram

Usai menggunggah konten penangkapan itu, foto komandan Tim Jaguar disorot. Netizen pun penasaran.

Fotokita.net - Baru-baru ini Tim Jaguar Polres Metro Depok kembali beraksi. Pemalak Ucok Baba ditangkap hingga dibuat menjadi ayam sayur. Usai menggunggah konten penangkapan itu, foto komandan Tim Jaguar disorot. Netizen pun penasaran.

Pemalak Ucok Baba tertangkap kamera melakukan aksinya beberapa hari lalu. Dalam video yang viral di media sosial, pria yang mengaku preman setempat berteriak-teriak menantang Ucok Baba.

Sejak tak aktif lagi di layar televisi, Ucok Baba memang sudah membuka usaha berupa kafe didi Pondok Terong, Cipayung, Depok, Jawa Barat. Rupanya, kafe Ucok Baba ini menjadi sasaran pemalakan yang dilakukan pria itu.

Pria yang mengaku anggota organisasi kemasyaratan (ormas) ini berteriak kepadaUcok Baba untuk tidak mempermasalahkan uang beberapa ratus ribu yang sering ia minta. Pria ini mengatakan ia sendiri sebagai orang kaya di Rawageni.

Dalam video yang beredar itu pula, premanbernama Idrus itu tampak mengenakan kemeja dengan kancing bagian atas terbuka. Di kafe Ucok Baba, Idrus pun membentak-bentak orang di tempat makan itu.

Baca Juga: Nikahi Olivia Zalianty, Foto Ndaru Kusumo Bagi-bagi Sembako Jadi Sorotan. Biasa Bergaul dengan Seniman

“Cok, gua anak orang kaya, gua bukannya duit ngemis sama elu cok, mau lu artis, bukan duit seratus, dua ratus, tiga ratus, gope gedenya, gua anak orang kaya di Rawa Geni,” bentak pria tersebut.

Orang-orang yang berada di lokasi pun terlihat berusaha menenangkan Idrus. Diketahui, Idrus sedang berada di bawah pengaruh minuman keras saat itu.

Merasa resah dan terancam dengan pria ini, salah satu karyawan kafe milik Ucok Baba pun melaporkan kasus pemerasan ini kepada Tim Jaguar Polrestro Depok.

Berdasarkan sejumlah laporan dari saksi, Tim Jaguar mencari pelaku. Pelaku akhirnya ditangkap saat pesta miras bersama teman-temannya di Rawageni.

Dalam kondisi pengaruh minuman keras, pelaku akhirnya ditangkap dan dibawa ke Polrestro Depok.

Video pria yang memalak Ucok Baba itu dibagikan oleh Komandan Tim Jaguar, Iptu Winam Agus melalui akun Instagram pribadinya.

Baca Juga: Kesulitan Cek Penerima BLT Subsidi Gaji Rp 1 Juta di bpjsketenagakerjaan.go.id ? Cara Ini Jadi Solusinya

Dok.

Idrus, pemalak Ucok Baba yang dimediasi Komandan Tim Jaguar, Winam Agus. Ucok Baba turut hadir dalam mediasi ini.

Setelah penangkapan, Winam juga mengunggah video kelakuan Idrus di kantor polisi. Terdapat pula video yang menampilkan Idrus yang sedang dibonceng oleh polisi di bagian depan. Wajahnya tidak begitu terlihat di kamera dan terlihat menunduk.

Saat tiba di kantor polisi, Idrus tampak diinterogasi polisi. Dia mengaku uang pemalakan tersebut digunakan untuk minum-minum.

“Menurut keterangan saksi, pelaku pergi ke pos ormasnya sedang minum-minuman keras. Jadi uang hasil palakan buat minum-minum itu,” kata Iptu Winam Agus, Rabu (11/8/2021).

Winam mengungkapkan, Idrus ditangkap pada 9 Agustus 2021 lalu, pukul 22.30 WIB. Idrus ditangkap ketika sedang asyik menenggak minuman keras bersama 10 orang temannya di pos ormas milik mereka.

Menurut Winam, pelaku sudah beberapa kali minta uang dan yang ketiga kali akhirnya diberikan Rp 500 ribu. Setelah dilakukan pemeriksaan dan mediasi dengan Ucok Baba, pelaku akhirnya dibebaskan.

Baca Juga: Jenderal Tempur Pemburu Lekagak Telenggen Naik Jabatan, Ini Foto Aksinya Menumpas KKB Papua

Netizen yang melihat video unggahan Winam sontak tertawa ngakak. Mereka tak bisa menahan geli melihat kelakuan Idrus usai ditangkap Tim Jaguar.

"Pas ketangkep kaya ayam sayur," kata @ayusuryani433

"Ada pula yang menyindir Idrus. "Ini sampah kampung ya?" sebut @vierenandos.

"Pengen semprot pk disinfectant preman kyk bgeneh," ujar @andi_irmiyantimastulen.

Namun, ada pula yang penasaran dengan foto komandan Tim Jaguar Winam Agus.

"Pengen banget ketemu bapak winam , gagah berani dan lucu, selalu nonton konten youtubenya, sal dari Tangerang, semoga sehat selalu pak," tulis @dmsjiadara.

Winam Agus memang dikenal ramah dan rajin mengunggah konten hasil kerja Tim Jaguar melalui akun Instagram pribadinya. Belakangan, Winam membuat kanal YouTube pribadi.

Baca Juga: Anies Baswedan Pamer Foto Skybridge MRT ASEAN, Intip Potret Halte CSW yang Disebut Bikin Repot Orang Tua

Instagram

Usai menggunggah konten penangkapan itu, foto komandan Tim Jaguar disorot. Netizen pun penasaran.

Tim Jaguar kini dikenal seantero nusantara. Ketegasan dan sikap humanis mereka saat membubarkan aksi ormas mensweeping geng motor pada 2016 silam menjadikan mereka terkenal. Bahkan kini mempunyai Jaguar Fans Club (JFC) berangota anggota belasan ribuan orang di seluruh Indonesia.

Tim Jaguar dibentuk pada 2014. Tim Jaguar adalah sebuah unit khusus di Polres Depok. Jaguar merupakan akronim dari Penjaga Gangguan dan Anti Kerusuhan, mengacu pada tugas utama tim ini. Dalam dunia fauna, Jaguar adalah sejenis kucing besar setelah harimau, dan masuk dalam genus Phantera.

Sejak dibentuk sampai saat ini, Tim Jaguar dikomandoi Iptu Winan Agus. Bersama anggotanya, dia sering muncul di sebuah acara di stasiun TV swasta. Pria kelahiran Jombang, 16 Agustus 1967 ini adalah sosok tegas namun humanis.

“Saya juga tidak menyangka Tim Jaguar terkenal dan banyak orang-orang ingin berfoto dengan saya dan anggota,” katanya. Sejak dibentuk, Iptu Winan dipercaya menjadi Kepala Tim (Katim) Jaguar. “Sejak 2014, pimpinan mempercayakan saya mempimpin Tim Jaguar sampai kini. Tim ini dibentuk berawal dari maraknya kejahatan jalanan, begal,” katanya.

Pria lulusan Sekolah Perwira 2013 menceritakan banyak hal tentang tim yang dipimpinnya. Awalnya Tim Jaguar adalah kumpulan polisi dari berbagai kesatuan. Mulai Intel, Reskrim, Sabhara, Provost, hingga staf yang bertugas di bagian administrasi di Mapolres Depok.

Baca Juga: Gigit Jari di Olimpiade Tokyo 2020, Foto Pelari Wanita Ini Viral, Kisahnya Bikin Netizen Meleleh

Instagram

Usai menggunggah konten penangkapan itu, foto komandan Tim Jaguar disorot. Netizen pun penasaran.

Kemampuan Khusus

Setiap anggota Tm Jaguar dilatih kemampuan yang sama dalam hal tempur jarak dekat dan teknis penggerebekan. Seluruh anggota Jaguar dilatih pembekalan khusus seperti menembak barakade versi Korps Brimob, latihan Close Queter Battle (Penggrebekan, Penyerangan Pertempuran Jarak Dekat).

"Instruktur latihan Close Queter Battle berasal dari lulusan pasukan khusus Amerika dari anggota Korps Brimob" tandasnya.

Dibekali kemampuan khusus tersebut, supaya Jaguar tidak pandang bulu dalam segala penyelesaian masalah gangguan kamtibmas.

“Anggota Jaguar 15 personil dibagi dua tim. Spesialis tugas Jaguar patroli ke lokasi titik rawan gangguan Kamtibmas pada malam hari mulai pk.23:00-06.

Sekarang, fenomena anak-anak berantem jam 03.00-04.00, bukan lagi pk.22.00-23.00. Orang tua lagi nyaman tidur, mereka keluar,” ucap Winam.

Baca Juga: PPKM Level 4 di Jakarta Diperpanjang, Warga dengan Kondisi Ini Tidak Boleh Masuk Mal, Simak Aturan Lengkapnya

Instagram

Usai menggunggah konten penangkapan itu, foto komandan Tim Jaguar disorot. Netizen pun penasaran.

Usai bertugas di Jaguar, siangnya anggota kembali ke satuannya masing-masing. Ada yang tugas menjaga di bank, memberikan penyuluhan narkoba, memeriksa pelaku kejahatan dan lainnya.

“Orang bilang, siang jaga bank, malamnya jadi Jaguar,” ucapnya tersenyum. Menjalani tugas sebagai anggota Tim Jaguar merupakan tugas sukarela dan pengabdian lebih.

Karena selain tugas rutin, Tim Jaguar harus siap dibutuhkan kapan saja. Tugas rutin di luar panggilan darurat tercatat empat kali dalam seminggu.

"Kalau lagi tidak patroli rutin, kami kembali ke kesatuan masing-masing. Tapi ketika pimpinan memerintahkan kumpul, kami tinggalkan unit dan berkumpul dalam formasi Jaguar," ucap bapak dua anak dan kakek dua cucu ini.

Baca Juga: PPKM Level 4 Luar Jawa Bali Diperpanjang Hingga 23 Agustus, Ini Penjelasan Pemerintah

Instagram

Usai menggunggah konten penangkapan itu, foto komandan Tim Jaguar disorot. Netizen pun penasaran.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya