Foto Tampangnya Dapat Motor dari Ivan Gunawan Viral, Profesi Asli Kakek yang Bersepeda 15 Km Demi Divaksin Mengejutkan

Sabtu, 31 Juli 2021 | 21:05
Instagram

Kakek Safaruddin yang rela bersepeda 15 kilometer demi divaksin viral usai mendapat motor dari Ivan Gunawan.

Fotokita.net - Foto tampang kakek yang bersepeda 15 kilometer demi divaksin Covid-19 viral usai mendapat motor dari Ivan Gunawan. Profesi asli sang kakek mengejutkan.

Ivan Gunawan mengunggah foto kakek yang aksinya itu telah menginspirasi sang desainer kondang melalui akun Instagram pribadinya. Dia menganggap perjuangan kakek yang bernama Safaruddin dalam mendapatkan vaksinasi pantas diapresiasi.

"Perjuangan itu membuat @ivan_gunawan Group mengapresiasi penuh usaha Pak Sapar yang mengerti pentingnya vaksinasi dalam memerangi Covid-19," ungkap Ivan Gunawan dalam keterangan foto tersebut dalam akun Instagram pribadinya yang sudah mendapat verfikasi.

Menurut Ivan Gunawan, masyarakat perlu meningkatkan kesadaran akan pentingnya vaksinasi COVID-19 dalam menyelesaikan pandemi ini. Ia berharap, tindakan Safaruddin dapat menginspirasi masyarakat Indonesia lainnya.

"Semoga kisah ini menjadi contoh dan menumbuhkan kesadaran untuk masyarakat Indonesia betapa pentingnya vaksinasi. Stay Safe, Stay Healthy," kata Ivan Gunawan.

Baca Juga: Fakta Sebenarnya Penjual Agar-agar Beli Nasi Padang Rp 5000 Terbongkar, Ini Foto Tampangnya Saat Terima Uang Ratusan Juta dari Netizen

Melalui Ivan Gunawan Group, Ivan Gunawan memberikan hadiah berupa sepeda motor hingga uang tunai pada Safarudin. Presenter sekaligus desainer kondang Tanah Air itu berharap nantinya Safarudin tidak kelelahan jika ingin menempuh perjalanan jauh.

"Iya jadi saya karena berhubungan dengan acara saya hari ini, saya melihat antusias orang tua yang rela jalan 15 km untuk menuju vaksin itu menurut aku wow banget. Jadi ya bapak kan masih ada vaksin kedua, entar vaksin kedua naik motor, jadi nggak usah capek jalan kaki," ujar Ivan Gunawan saat ditemui di Tambora, Tanah Sereal, Jakarta Barat, Sabtu (31/7/2021).

Selain sepeda motor dan uang tunai, Ivan Gunawan mengaku juga memberikan baju untuk Safarudin. Semua aksi baiknya itu dibantu oleh tim yang berada di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Saya kasih sepeda motor, saya kasih baju, ada uang cash juga. Kebetulan kam saya ada tim di Makassar, jadi mereka yang ngurusin," sambungnya lagi.

Rezeki kakek pengayuh sepeda itu belum berhenti sampai di situ.Safaruddin juga dihadiahi sepeda motor dari Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman.

Baca Juga: 7 Foto Pilu Urip Arpan, Aktor Betawi yang Tutup Usia dalam Sunyi, Hidup Tiap Bulan Bergantung Sumbangan Deddy Mizwar

Instagram

Kakek Safaruddin yang rela bersepeda 15 kilometer demi divaksin viral usai mendapat motor dari Ivan Gunawan.

Warga Jalan Kerung-kerung, Makassar, ini menjadi inspirasi usai dirinya viral lantaran mengayuh sepeda sejauh 15 kilometer demi mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Ia harus menunggu berjam-jam kebingungan di luar antrean peserta vaksinasi massal lantaran tak punya ponsel untuk mendaftar secara daring sebagai peserta vaksinasi.

"Alhamdulillah, saya dapat dua motor. Satu dari Pak Gubernur dan satunya dari artis namanya Pak Ivan Gunawan," kata Safaruddin,Sabtu (31/7/2021).

Beberapa hari tekahir Safaruddin viral lantaran rela mengayuh sepeda sejauh puluhan kilometer dari tempat kerjanya ke salah satu mal di Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar demi divaksin. Dia rela mengantre tujuh jam untuk mengikuti program pemerintah ini.

Safaruddin lama mengantre karena tidak mengetahui prosedur pendaftaran penyuntikan vaksin. Dia tidak bisa mendaftar online karena tak punya telepon pintar. Beruntung, dia akhirnya diarahkan oleh petugas medis di lokasi vaksin.

Baca Juga: 7 Foto Lawas Sahabat Ariel NOAH yang Kini Sebut Musik Jadi Pintu Maksiat, Mantan Luna Maya Merasa Kehilangan Hal Ini

Dok.

Kakek Safaruddin yang rela bersepeda 15 kilometer demi divaksin viral juga mendapat motor dari pejabat sementara Gubernur Sulawesi Selatan.

“Saya mengantre 7 jam, kan ada pendaftaraan online saya tak paham,” ujar Safaruddin, Jumat (30/7/2021).

Safaruddin yang kesehariannya bekerja sebagai kuli isi ulang galon air dan cuci mobil, bersusah payah mengayuh sepeda pinjamannya puluhan kilometer untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 di Nipah Mall, Rabu (28/7/2021).

Safaruddin memang bekerja sebagai buru pengantar galon dan tukang cuci motor di daerah Gowa. Pekerjaan ini rela ia lakukan demi menghidupi istri dan juga keenam anaknya.

Meski di usianya yang renta, ia masih tetap semngat untuk bekerja menghidupi 6 anak seorang istrinya. Kakek Safaruddin lebih memilih untuk bekerja serabutan ketimbang harus tinggal di rumah menghabiskan masa tua.

Safaruddin sempat direkam oleh panitia vaksinasi yang diselenggarakan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar bekerja sama Yayasan Kalla Grup.

Baca Juga: 4 Foto Paru-paru Orang Terinfeksi Covid-19 Bikin Syok, Ahli Ungkap Fakta Kondisi Pasien yang Sudah Divaksin

Instagram

Kakek Safaruddin yang rela bersepeda 15 kilometer demi divaksin viral usai mendapat motor dari Ivan Gunawan.

Safaruddin terekam kamera salah seorang dokter, Helmiyadi Kuswardhana dari Satgas IDI Makassar yang mengambil gambar dokumentasi kegiatan.

Video Safruddin yang diunggah Helmiyadi di media sosial pun langsung viral dan telah ditonton sebanyak 4 juta kali. Safaruddin tidak berada pada barisan antrean, dia hanya berdiri sendiri dan terus berdiam.

Sambil mata melihat suasana vaksinasi massal tersebut. Safaruddin yang mengenakan masker ini terus berdiam berdiri. Niat Safaruddin pun diketahui ingin ikut vaksin, ketika ditanya oleh Helmiyadi.

“Awalnya bapak itu hanya diam terus berdiri sendirian, tidak ikut antrean peserta vaksinasi yang telah mendaftar secara online. Ketika ditanya maksudnya, barulah Syafaruddin mengungkapkan niatnya ingin ikut vaksin,” ungkap Helmiyadi ketika dikonfirmasi, Kamis (29/7/2021).

Helmiyadi pun melanjutkan pertanyaannya, apakah sudah mendaftar secara online. Safaruddin pun menjawab dengan gamblang bahwa dirinya tidak mempunyai ponsel dan tidak tahu caranya mendaftar secara online.

Baca Juga: 7 Fakta Keluarga Akidi Tio yang Beri Sumbangan Rp 2 Triliun ke Warga Sumsel, Intip Fotonya

Instagram

Kakek Safaruddin yang rela bersepeda 15 kilometer demi divaksin viral usai mendapat motor dari Ivan Gunawan.

Helmiyadi pun mengarahkan Safaruddin untuk ikut vaksinasi, meski mendaftarnya secara offline. Safaruddin pun diarahkan di salah satu meja vaksinator dan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

“Alhamdulillah, setelah divaksin Syafaruddin sangat senang dan bahagia. Dia akhirnya berhasil divaksin dan dalam kondisi sehat hingga sekarang tanpa ada efek samping yang dialaminya,” tuturnya.

Helmiyadi menjelaskan, Syafaruddin sengaja datang ke Nipah Mall mengikuti vaksinasi massal setelah mendapat informasi dari rekannya. Safaruddin yang tinggal di Jalan Kerung-Kerung mengayuh sepeda setiap harinya dengan jarak sekitar puluhan kilometer.

“Jadi setelah dia mendapat informasi dari rekan kerjanya, Syafaruddin pun kembali mengayuh sepedanya dari Jl Minasaupa tempatnya bekerja hingga ke Nipah Mall Jl Urip Sumoharjo yang berjarak puluhan kilometer. Saya salut dengan kegigihan Pak Syafaruddin yang ingin divaksin,” tandasnya.

Baca Juga: Ini Foto Wajah Carina Joe, Peneliti Indonesia yang Temukan Cara Produksi Massal Vaksin AstraZeneca

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya