Dikira Mencak-mencak Foto Dirinya Makan di Warteg Jadi Meme, Respons Anies Baswedan Bikin Imun Netizen Naik

Selasa, 27 Juli 2021 | 14:18
Twitter

Foto Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan yang sedang makan di warteg dijadikan meme hingga viral di media sosial.

Fotokita.net - Foto Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan yang sedang makan di warteg dijadikan meme hingga viral di media sosial. Respons Anies malah bikin imun netizen naik.

Foto Anies Baswedan makan di warteg sebetulnya adalah potret lawas. Foto ini merupakan hasil dokumentasi salah seorang awak media online saat Anies sedang berkampanye di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017.

Nah, kini foto lawas itu viral usai salah satu netizen menjadikannya meme untuk menyindir salah satu aturan dalam PPKM Level 4 yang diperpanjang hingga 2 Agustus 2021. Foto dirinya makan diwarteg viral, respons Anies Baswedan bikin imun netizen naik di masa pandemi ini.

Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Marinves) yang juga merupakan penanggungjawab pelaksanaan PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan menjabarkan aturan yang diterapkan selama perpanjangan PPKM Level 4.

DalamKonferensi pers virtual yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden, Minggu, (25/7/2021), Luhutmeminta pengunjung tidak boleh berlama-lama di tempat makan.

Baca Juga: Foto Meme Kocak Makan di Warteg 20 Menit Viral, Komentar Chef Arnold Bikin Netizen Lupakan PPKM

Karena pasti harus membuka masker, maka kata Luhut, dalam aktivitas makan sebaiknya tidak banyak berkomunikasi atau mengobrol.

"Kami sarankan selama makan, karena tidak pakai masker jangan banyak berkomunikasi, jangan banyak berkomunikasi," tandas Luhut.

Pada daerah yang menerapkan PPKM level 3 batas waktu makan di tempat maksimal 30 menit.Sementara, di daerah yang menerapkan PPKM level 4 batas waktu makan 20 menit.

"Warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka, diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai pukul 20.00 dan waktu maksimal waktu makan untuk setiap pengunjung 20 menit," kata Luhut.

Sejak aturan makan di warteg 20 menit dijabarkan, netizen pun membincangkannya di media sosial Twitter. Tanpa perlu menunggu waktu lama, banyak netizen yang mengunggah foto meme yang menyindir aturan makan di warung 20 menit itu.

Baca Juga: 7 Foto Meme Makan di Warteg Cuma 20 Menit, Netizen Sentil Luhut: Aduh Kegigit Lengkuas!

Dok. Detik

Foto Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan yang sedang makan di warteg dijadikan meme hingga viral di media sosial.

Maklum, banyak orang-orang yang belum bisa membayangkan betapa kilatnya jika harus makan di tempat.

Salah satu foto meme buatan netizen adalah foto Anies Baswedan makan di warteg yang diambil pada tahun 2016 itu. Foto meme Anies itu akhirnya viral.

Seperti keterangan detik, foto Anies makan di warteg itu merupakan potret salah satu kegiatannya saat kampanye Pilgub DKI 2017. Anies saat itu blusukan di Kampung Muka, Jakarta Utara. Salah satu wartawan media online ini memotret langsung foto Anies tengah makan di warteg dan kini menjadi viral.

Di tengah kegiatannya menemui para calon pemilih di Pilgub DKI 2017, Anies mampir di warung tegal (warteg) milik warga sekitar. Anies berbincang-bincang dengan pegawai warteg tersebut.

"Makan ya. Ini masak sendiri?" ujar Anies kepada karyawan warteg di Kampung Muka, Jakarta Utara (18/11/2016).

Baca Juga: Unggah Foto Keluarga Akidi Tio, Hotman Paris Syok Berita Sumbangan Rp 2 Triliun Viral, Netizen Minta Sang Pengacara Lakukan Ini

Twitter

Terkejut dengan aturan makan di warteg 20 menit, netizen pun menyindir Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan melalui foto meme.

Anies memesan nasi dengan lauk rendang, orek tempe basah, orek tempe kering, kerupuk dan siraman kuah sayur. Tak lupa minum, Anies memesan teh manis hangat. Anies sesekali mengobrol dengan pemilik warteg, Eriya.

"Buka sampai jam berapa, Bu?" ujar Anies yang dijawab Eriya 'buka 24 jam'. Anies bertanya lagi soal jam ramai di warteg milik Eriya.

"Habis mau magrib, Pak," kata Eriya.

Anies lahap menyantap makanannya. Selesai Anies makan, Eriya menyampaikan harapan agar tak digusur. Anies kemudian beranjak pergi. Sesaat sebelum pergi, Anies menyampaikan salam perpisahannya. "Makasih ya, Bu, makasih," kata Anies.

Foto Anies Baswedan makan di warteg tersebut kini menjadi meme. Seperti meme pada umumnya, foto itu juga diedit dengan keterangan waktu tersisa 9 menit 8 detik.

"Pak Anies, waktu bapak untu menghabiskan makanan sisa 9 menit 8 detik!" kicau @alpokatmentega, yang mengunggah meme tersebut pada Senin (26/7/2021).

Baca Juga: 7 Fakta Keluarga Akidi Tio yang Beri Sumbangan Rp 2 Triliun ke Warga Sumsel, Intip Fotonya

Twitter

Foto Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan yang sedang makan di warteg dijadikan meme hingga viral di media sosial.

Pada foto yang dijadikan meme makan 20 menit tersebut, pipi Anies Baswedan menggembung, tampak sedang mengunyah makanan, dengan tatapan kosong ke depan.

Kocaknya, foto tersebut diedit dengan ditambahkan presenter acara Uang Kaget di sebelah Anies Baswedan.

Di bagian tangan wanita berseragam ungu itu, tertera stempel angka 09:08, menunjukkan sisa waktu pada timer.

Terhitung sampai Selasa (27/7/2021), cuitan tersebut sudah di-retweet lebih dari 3.000 kali dan mendapat lebih dari 12 ribu likes. Anies Baswedan pun ikut berkomentar.

Meski nama akunnya tak disebutkan pada twit itu, Anies Baswedan rupanya tahu fotonya dijadikan meme makan 20 menit.

Baca Juga: 7 Foto Romantis Fitria Yusuf dengan Pria Iran, Putri Jusuf Hamka yang Memilih Agama Ayahnya Demi Cita-cita Ini

Lewat akun Twitter-nya, sang Mantan Menteri Pendidikan pun memberi respons untuk warganet yang mengunggah meme dari fotonya itu.

"Bisa! Insya Allah..." tulis dia, Selasa pagi.

Sontak respons Anies Baswedan itu membikin imun netizen naik di tengah masa pandemi. Maklum, netizen malah makin bersemangat memberi komentar usai mendapatkan respons Anies Baswedan yang tak disangka itu.

"Jangan lupa minum pakk biar ga seret," komentar @nor***.

"Ngakak bgt di rt dong," kicau @bun***.

"Nggak pake dikunyah ya pak.." tambah @Alh***.

Selain itu, @S1_*** bergurau, "Santai tapi pasti pak, ayo bapak pasti bisa."

"Semangat Pak, tinggal 3 suap an lagi," cuit @yul***.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Aturan Lengkap PPKM Level 4 yang Diterapkan di Jakarta

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya