Air Rebusan Bawang Putih Sembuhkan Covid-19, Ini Fakta Sebenarnya

Sabtu, 10 Juli 2021 | 20:09
Freepik

Air rebusan bawang putih dapat menyembuhkan dari Covid-19, ternyata ini fakta sebenarnya.

Fotokita.net - Air rebusan bawang putih dapat menyembuhkan dari Covid-19, ternyata ini fakta sebenarnya.

Apakah benar air rebusan bawang putih bisa sembuhkan Covid-19? Sebelum membahas lebih jauh mengenai kebenaran bawang putih sebagai obat virus corona, kita juga perlu tahu kegunaan bawang putih di dalam dunia medis.

Selama berabad-abad, bawang putih memang digunakan sebagai obat alami dari berbagai macam penyakit. Contoh kecilnya adalah flu dan pilek yang disebabkan oleh virus.

Baca Juga: Satu Indonesia Nyesal Baru Tahu Sekarang, Ramuan 4 Bahan Dapur Ini Lebih Ampuh Usir Virus Dibanding Susu Beruang

Bahkan, bawang putih dipercaya bisa mencegah datangnya berbagai macam penyakit agar tidak menyerang tubuh kita.

Dalam sebuah studi, sekitar 146 responden yang sehat, diberikan suplemen bawang putih dan plasebo (obat kosong).

Hasilnya, partisipan yang mengonsumsi bawang putih berhasil menurunkan risiko penyakit pilek hingga 63%.

Baca Juga: Tolong Mulai Sekarang Jangan Lagi Panik Borong Vitamin, Minuman Murah Ini Ampuh Tangkal Berbagai Penyakit

Selain itu, beberapa studi terdahulu juga menunjukkan, bawang putih memang memiliki sifat antivirus yang bisa melawan datangnya influenza A dan B, HIV, pneumonia yang disebabkan virus, hingga rhinovirus (yang sebabkan pilek).

Walau demikian, masih dibutuhkan studi terbaru untuk bisa membuktikan kemampuan bawang putih sebagai antivirus.

Bawang putih memang dikenal memiliki sifat antivirus. Namun, apakah benar air bawang putih bisa menyembuhkan virus corona?

Baca Juga: Video Nakes Kelelahan Usai Makamkan Pasien Covid-19 Heboh, Ini Fakta Sebenarnya

Beredar sebuah pesan berantai melalui Whatsapp yang mengatakan bahwa air rebusan bawang putih dapat menyembuhkan dari virus corona.

Narasi dalam pesan berantai tersebut juga menunjukkan takaran-takaran untuk membuat air rebusan bawang putih yang diklaim dapat menyembuhkan dari virus corona.

Baca Juga: Begini Cara Download Vaksinasi Covid-19 Format Baru, Gampang Banget!

Adobe Stock

Air rebusan bawang putih dapat menyembuhkan dari Covid-19, ternyata ini fakta sebenarnya.

“Kabar baik…. Virus Corona dapat sembuh dgn sendirinya dengan semangkuk air bawang putih yang baru direbus. Seorang Dokter muslim Tiongkok yang telah membuktikan keefektifannya. Banyak pasien juga telah terbukti efektif, Resep: Ambil delapan (8) siung bawang putih cincang, tambahkan tujuh (7) gelas air dan didihkan. Makan dan minum air matang dari bawang putih. Diperbaiki dan disembuhkan dalam semalam… tolong bagikan dengan semua kontak Anda agar dapat membantu menyelamatkan nyawa manusia. mari berbagi kebaikan, karena bagian dari iman, selain ber’doa dan jaga kebersihan BERBAGI ITU INDAH,” demikian narasinya.

Dilansir dari turnbackhoax.id, setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Achmad Yurianto menyatakan bahwa air rebusan bawang putih tidak dapat menyembuhkan dari virus corona.

Baca Juga: Warga Se-Indonesia Tertipu, Dikira Hilangkan Efek Vaksin Minum Air Kelapa Justru Bikin Tubuh Jadi Seperti Ini

Belum ada penelitian ilmiah yang dapat membuktikan bahwa meminum air rebusan air bawang putih dapat menyembuhkan dari virus corona.

Hasil periksa fakta yang sama juga pernah diunggah pada laman turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Air Rebusan Bawang Putih Menyembuhkan Virus Corona” dan “[SALAH] Air Rebusan Bawang Putih Dapat Menyembuhkan COVID-19”.

Baca Juga: Wendi Cagur Diberitakan Meninggal Dunia, Ini Fakta Sebenarnya

Istimewa

Air rebusan bawang putih dapat menyembuhkan dari Covid-19, ternyata ini fakta sebenarnya.

Dengan demikian, pesan berantai pada Whatsapp yang mengatakan bahwa rebusan air bawang putih dapat menyembuhkan dari virus corona tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro), hal tersebut tidak benar. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Achmad Yurianto menyatakan bahwa air rebusan bawang putih tidak dapat menyembuhkan dari virus corona.

Badan kesehatan dunia, World Health Organization (WHO), menyatakan bahwa informasi tentang bawang putih bisa menyembuhkan virus corona hanyalah mitos belaka.

Baca Juga: Warga Satu Indonesia Tak Tahu, Dikira Bagus Disantap Setiap Hari, Makanan Ini Malah Sebabkan Kemandulan Hingga Kanker

WHO tidak menyangkal bahwa bawang putih adalah rempah-rempah yang menyehatkan tubuh. Namun WHO menegaskan, tidak ada bukti yang membenarkan bahwa bawang putih bisa menyembuhkan virus corona.

Bahkan, WHO juga mengatakan bahwa mengonsumsi bawang putih tidak bisa menjaga tubuh kita dari virus corona.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia juga mengatakan hal serupa. Melalui Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Achmad Yurianto, Kemenkes menyatakan bahwa air rebusan bawang putih tidak bisa menyembuhkan virus corona.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Usai Disuntik Vaksin Covid-19, Efek Samping Bisa Hilang

Pinterest

Air rebusan bawang putih dapat menyembuhkan dari Covid-19, ternyata ini fakta sebenarnya.

Secara ilmiah, menurut Achmad, belum ada obat yang bisa menyembuhkan virus corona. Bahkan, ia juga menegaskan, meminum air rebusan bawang putih tidak akan membawa efek apa pun.

Daripada termakan dengan mitos penyembuhan dan pencegahan virus corona, ada baiknya Anda memahami berbagai cara mencegah virus corona yang sudah terbukti secara ilmiah. Menurut WHO, beberapa cara mencegah virus corona ini dianggap efektif.

Secara rutin, cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, selama 20 detik. Jangan sampai ada area tangan yang terlupakan. Sebab, mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan sabun berbahan dasar alkohol, terbukti bisa membunuh virus yang ada di tangan.

Baca Juga: Makin Banyak Selebriti Positif Corona, Varian Kappa Muncul di Jakarta, Ini Gejalanya

Social distancing adalah upaya menjaga jarak antara Anda dengan orang lain. Setidaknya, jagalah jarak sekitar 1 meter (3 kaki) dari orang yang sedang sakit atau batuk.

Sebab, ketika seseorang bersin dan batuk, cairan tubuh (droplet) akan tersebar di udara. Siapapun yang berada di dekatnya, bisa menghirup droplet itu.

Mustahil rasanya menerapkan hal yang satu ini, mengingat segala benda dan permukaan yang tersentuh oleh tangan.

Jadi, hindarilah menyentuh hidung, mulut, dan mata supaya mengurangi risiko masuknya virus ke dalam tubuh, melalui tangan yang sudah terkontaminasi itu.

Baca Juga: Foto Berjemur Tyas Mirasih Bikin Heboh, Istri Raiden Soedjono Cuma Alami Gejala Ini Usai Positif Covid-19

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya