Wendy Cagur Dikabarkan Meninggal Dunia, Begini Fakta Sebenarnya

Minggu, 27 Juni 2021 | 10:58
Instagram

Wendy Cagur dikabarkan meninggal dunia. Kabar ini tersebar melalui Facebook. Begini fakta sebenarnya.

Fotokita.net - Komedian Wendy Cagur dikabarkan meninggal dunia. Kabar ini tersebar melalui media sosial. Begini fakta sebenarnya.

Media sosial Facebook sempat dibuat terkejut lantaran beredar kabar Wendi Cagur meninggal dunia. Berita ini juga memasukkan foto pemakaman yang dihadiri sejumlah orang.

Akun Facebook Rani Rahayu Pratiwi mengunggah sebuah narasi kabar duka yang mengklaim bahwa Wendi Cagur meninggal dunia. Konten yang diunggah pada tanggal 21 Mei 2021 tersebut diposting pada grup Lowongan Kerja Manado & Sekitarnya.

Baca Juga: Ifan Seventeen Dikabarkan Meninggal Dunia Gegara Kecelakaan, Ini Faktanya

“Berita Duka, Selamat Jalan Untuk Selamanya Wendi Cagur, Lnnalilahi Wainnaillaihirojiun Kabar Duka Menyelimuti Dunia Entertainment,” begitu bunyi narasinya.

Tak hanya itu, akun ini juga membagikan foto sejumlah orang melayat di pemakaman. Nampak, mereka berdoa di atas liang lahat yang sudah dipenuhi dengan bunga.

Lantas benarkah klaim atas kabar tersebut?

Baca Juga: Amien Rais Dikabarkan Meninggal Dunia Karena Serangan Jantung, Ini Fakta Sebenarnya

Dilansir dari turnbackhoax.id, setelah ditelusuri tidak ada infomasi yang valid terkait kabar meninggalnya Wendi Cagur.

Saat melakukan pencarian di google terdapat infomasi bahwa kabar meninggalnya Wendi Cagur merupakan hoaks salah satunya artikel yang diunggah medcom.id yang berjudul “[Cek Fakta] Komedian Wendi Cagur Meninggal Hoaks, Ini Faktanya” pada 23 Juni 2021.

Selain itu, kabar meninggalnya Wendi Cagur dipastikan tidak benar saat melihat unggahan Instagram miliknya yang bercentang biru. Dalam akun Instagramnya, Wendi nampak masih aktif mengisi beberapa program di Televisi.

Baca Juga: Innalillahi, Adik Mendiang Dono Warkop Meninggal Dunia, Ini Fotonya

Pada salah satu unggahannya, Wendi Cagur masih mengisi progam Brownis dan mengucapkan terimakasih kepada penonton yang sudah penyaksikan program tersebut.

Bahkan, melalui foto terkini yang diunggah pada Minggu (27/6/2021), Wendy Cagur mempromosikan konten yang tayang lewat kanal YouTubenya.

Baca Juga: Innalillahi, Gus Miftah Kehilangan Sosok Tercinta, Deddy Corbuzier Tulis Pesan Pilu

Facebook

Wendy Cagur dikabarkan meninggal dunia. Kabar ini tersebar melalui Facebook. Begini fakta sebenarnya.

Dalam keterangan foto itu, Wendy Cagur menulis begini, "Kayanya ada yang nempel nih di badan @desygenoveva_ pas di warbun. Jangan-jangan yang nempel adalah kenangan indahnya bersama @adjisdoaibu. Hahahahaha..

Biar jelas langsung aja meluncur ke channel @wendicagurtelevisi atau link yang ada di bio buat lihat tayangan #warbun episode terbaru. Sikat!!!"

Dari penjelasan di atas, maka kabar yang menyebut Wendi Cagur telah meninggal dunia adalah hoaks karena tidak ada infomasi valid terkait hal tersebut.

Baca Juga: Jangan Panik Saat Anak Positif Covid-19, Ternyata Virus Cepat Hilang Cuma dengan Terapi Sederhana Ini

Informasi tersebut masuk ke dalam kategori konten palsu.

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (Institut Agama Islam Negeri Surakarta),infomasi tersebut hoaks. Faktanya, tidak ada infomasi valid terkait hal tersebut dan Wendi Cagur masih aktif mengisi beberapa program televisi.

Sebetulnya, bukan sekali ini saja Wendy Cagur dikabarkan meningal dunia. Pada 8 Mei 2021 kabar Wendy Cagur meninggal dunia disebarkan situs berita akalsehat.com.

Baca Juga: Pasti Nyesal Baru Tahu Sekarang, Mengusir Tikus dari Rumah yang Paling Mudah Cuma Pakai Kantong Teh Bekas, Ini Triknya

Instagram

Wendy Cagur dikabarkan meninggal dunia. Kabar ini tersebar melalui Facebook. Begini fakta sebenarnya.

Situs berita akalsehat.com memuat artikel berjudul "Berita Duka, SeIamat JaIan Untuk SeIamanya Wеndі Cagur, lnnaIiIahi WainnaiIIaihirojiun Kabar Dukа MеnуеIіmutі Dunia Entеrtаіnmеnt".

Selain itu, artikel tersebut juga menampilkan foto Wendi Cagur yang tengah terbaring di atas ranjang rumah sakit. Dalam foto itu juga terlihat artis Ruben Onsu yang tengah menemani Wendi.

Baca Juga: 7 Potret Terkini Nania Idol, Mantap Jalani Agama Ini Usai Dikatai Kafir oleh Bapaknya Sendiri

Artikel tersebut juga disebarkan oleh beberapa akun Facebook. Satu di antaranya akun Facebook Sesen pada 8 Mei 2021. Ia pun menambahkan narasi dalam konten yang disebarkannya.

"Berita Duka, SeIamat JaIan Untuk SeIamanya Wеndі Cagur, lnnaIiIahi WainnaiIIaihirojiun Kabar Dukа MеnуеIіmutі Dunia Entеrtаіnmеnt," tulis akun Facebook Sesen.

Konten yang disebarkan akun Facebook Sesen telah 76 kali dibagikan dan mendapat 1.900 respons dari netizen.

Benarkah kabar Wendi Cagur meninggal dunia pada 8 Mei 2021? Berikut penelusurannya.

Baca Juga: Innalillahi, Ayah Leony Trio Kwek Kwek Meninggal Dunia Usai Kesulitan Cari UGD, Berikut Kronologinya

Instagram

Wendy Cagur dikabarkan meninggal dunia. Kabar ini tersebar melalui Facebook. Begini fakta sebenarnya.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang artis sekaligus komedian, Wendi Cagur meninggal dunia. Penelusuran dilakukan memasukkan kata kunci "wendi cagur meninggal dunia" di kolom pencarian Google Search. Hasilnya tidak ada artikel dari media arus utama yang memuat berita tersebut.

Penelusuran selanjutnya dilakukan dengan mengunggah foto yang dimuat artikel tersebut ke situs Yandex. Hasilnya, foto itu ternyata pernah diunggah akun Instagram Ruben Onsu, @ruben_onsu pada 24 Agustus 2018 lalu.

Baca Juga: Foto Terkini Razer Patricia Mantan Tunangan Rezky Aditya, Curi Perhatian Gegara Bahas Karma

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Facebook

Wendy Cagur dikabarkan meninggal dunia. Kabar ini tersebar melalui Facebook. Begini fakta sebenarnya.

Penelusuran selanjutnya dilakukan dengan mengunjungi akun Instagram yang dikelola Wendi Cagur, @wendicagur. Akun Instagram @wendicagur terlihat masih aktif mengunggah sejumlah konten pada 8 Mei hingga 10 Mei 2021.

Kabar tentang artis sekaligus komedian, Wendi Cagur meninggal dunia pada 8 Mei 2021 ternyata tidak benar alias hoaks.

Baca Juga: Foto Lulu Tobing Belajar Shalat Bikin Terharu, Istri Bani Mulia Ingatkan Tabiat Aslinya Lewat Unggahan Ini

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya