Foto Ambulans Kota Padang di Palestina Viral, Gubernur Sumbar Buka Suara

Selasa, 18 Mei 2021 | 08:29
AFP/Mahmud Hams via Google

Foto pilu anak-anak Palestina. Reaksi seorang anak yang tampak trauma ketika ditenangkan oleh pemuda Palestina di Rumah Sakit al-Shifa usai serangan udara Israel menghantam Kota Gaza. Pemkot Padang memberikan bantuan ambulans untuk Palestina.

Fotokita.net - Foto-foto mobil ambulans dengan logo Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat viral di media sosial. Penampakan mobil ambulans yang membantu warga Palestina ini mendapat respon dari Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah.

Serangan Israel terhadap warga Palestina di Jalur Gaza dan Masjid Al-Aqsa mendapat respon dari berbagai negara dunia. Termasuk, Indonesia.

Gelombang protes dan kecaman datang dari penjuru dunia. Mereka menolak aksi kejam Israel terhadap warga Palestina di akhir Ramadhan dan saat perayaan Idul Fitri 1442 H.

Prihatin atas aksi keji Israel, warga dunia pun mengirimkan sejumlah bantuan untuk meringankan beban Palestina. Salah satu bantuan itu ternyata datang dari Pemerintah Kota Padang.

Baca Juga: Foto Pilu Anak-anak Palestina yang Trauma Akibat Serangan Keji Israel

Baru-baru ini beredar foto-foto mobil ambulans dengan logo Pemkot Padang yagng membantu warga Palestina saat Israel menyerang negara itu. Foto ambulans Kota Padang ini viral di media sosial.

Di dalam foto itu, tampakambulans berwarna putih bergaris kuning dan merah itu membantu warga Palestina yang sakit.

Baca Juga: Video Via Vallen Jajan Agar-agar di Palestina Disorot, Sang Biduan Terkejut Saat Tahu Kondisi Penjualnya

Salah satu akun Facebook yang membagikan foto tersebut adalah Diskominfo Kota Padang.

Pada Minggu (16/5/2021), ada tiga foto yang dibagikan akun Diskominfo Kota Padang. Foto itu juga sudahdibagikan sebanyak 176 kali. Menurut informasi yang dibagikan, ambulans itu merupakan bantuan Pemkot Padang bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang didonasikan tahun 2020 lalu.

Baca Juga: Foto Serangan Israel di Al-Aqsa Dikutuk, Begini Cara Soeharto Akali Pembelian Jet Tempur Skyhawk dari Negeri Yahudi

Saat itu, Pemkot Padang masih dipimpin Mahyeldi Ansharullahyang sekarang menjabat Gubernur Sumatera Barat.

Saat dikonfirmasi wartawan, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullahmembenarkan informasi tersebut.

"Benar, itu bantuan Pemkot Padang bersama warga Padang pada Maret 2020 lalu," kata Mahyeldi, kepada wartawan, Senin (17/5/2021).

Baca Juga: Foto Tampangnya Viral, Wanita yang Maki Petugas Saat Dilarang ke Anyer Dihukum dengan Cara Ini

Foto: FB Diskominfo Padang

Foto ambulans dengan logo Kota Padang viral di media sosial. Ambulans ini menjadi sumbangan Pemkot Padang untuk membantu.warga Palestina.

Mahyeldi mengatakan, donasi tersebut disumbangkan melalui ACT yang kemudian dibelikan ambulans di daerah tersebut.

"Mobilnya dibeli di sana bukan dari Padang. Alhamdullillah sangat bermanfaat bagi warga Palestina," kata Mahyeldi.

Mahyeldi berharap, ambulans tersebut dapat membantu warga Palestina yang dalam keadaan kesusahan, apalagi sekarang sedang diserang Israel.

"Semoga ambulans itu bermanfaat bagi warga Palestina," kata Mahyeldi.

Baca Juga: Foto Tampan Putra Najwa Shihab Viral, Netizen: Bismillah Dapat Anaknya

Sementara itu Kepala Cabang ACT Sumbar Zeng Welf menyebutkan, bantuan donasi dari warga Kota Padang untuk Palestina sudah berlangsung cukup lama.

Oleh karena itu, atas nama ACT Zeng pun mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada wali kota beserta jajaran dan warga Kota Padang atas sumbangan dan donasi yang telah diberikan.

“Alhamdulillah hari ini telah diterima secara simbolis bantuan sumbangan dari warga Kota Padang untuk Palestina sebesar Rp100 juta. Bantuan ini akan dipergunakan untuk kebutuhan operasional mobil ambulans di Palestina, yang juga hasil bantuan warga Kota Padang," katanya.

Baca Juga: Unggah Foto Jokowi, Ustaz Yusuf Mansur Malah Banjir Kritikan, Ada Apa?

Padek

Kota Padang kembali menyalurkan donasi untuk Palestina. Foto ambulans dengan logo Kota Padang viral di media sosial. Ambulans ini menjadi sumbangan Pemkot Padang untuk membantu.warga Palestina.

Terkait mobil ambulans bantuan warga Padang di Palestina tersebut, Zeng menjelaskan bahwa bantuan itu telah diserahkan pihaknya ke Palestina tepatnya pada 6 Maret 2020 lalu.

Sejak itu mobil ambulans tersebut langsung beroperasi, bahkan baru-baru ini sempat viral di media massa.

“Viral karena ambulans bantuan warga Padang tersebut, sempat tertangkap kamera sewaktu tengah dipergunakan membantu mengevakuasi rakyat Palestina korban penyerangan tentara Israel," ujarnya.

Baca Juga: Foto Shalat Id di Rumah Viral, Sorban Anies Baswedan Bikin Salah Fokus

Sementara itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah ikut merespons viralnya foto ambulans bantuan warga Kota Padang saat membantu evakuasi warga Palestina yang jadi korban serangan Israel.

"Ambulans tersebut merupakan sumbangan masyarakat Kota Padang yang berempati terhadap kondisi Palestina, saat saya masih menjabat sebagai wali kota.

Sumbangan tersebut disalurkan melalui ACT Sumatera Barat pada 6 Maret 2020 lalu,” kata Mahyeldi pada media sosialnya di Facebook.

Baca Juga: Foto Aksi Gagah Prabowo Subianto Kala Pimpin Kopassus Bebaskan Sandera OPM di Papua

AFP/Mahmud Hams

Anak-anak yang menjadi korban perang di Palestina cenderung mengidap gangguan mental akibat trauma.

Mengutip ujaran dari proklamator Bung Karno, Mahyeldi menyampaikan, "Bung Karno juga pernah mengatakan selama kemerdekaan bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina, maka selama itulah bangsa Indonesia berdiri menantang penjajahan Israel,”.

Kini, masyarakat Kota Padang Sumatera Barat kembali menyalurkan donasi untuk Palestina melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Barat (Sumbar).

Kali ini, bantuan terkumpul sebesar Rp 100 juta dan diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Padang Hendri Septa kepada Kepala Cabang ACT Sumbar Zeng Welf di kediaman Wali Kota Padang, Senin (17/5/2021).

Baca Juga: Unggah Foto Lebaran, Misteri Agama Audi Marissa Kini Terungkap

“Bantuan ini sebagai bentuk solidaritas bagi warga Palestina yang jadi korban konflik berkepanjangan Israel-Palestina,” ujar Hendri Septa seperti dilansir Padek.

Hendri Septa bersyukur atas tingginya kepedulian warga Padang terhadap Palestina.

“Kami berharap, insyaallah semoga bantuan ini diridhai Allah dan menjadi ladang amal. Mudah-mudahan dapat diterima dan bermanfaat bagi saudara-saudara di Palestina,” katanya. Hendri pun ikut mendoakan yang terbaik bagi Palestina.

“Semoga warga Palestina senantiasa sehat walafiat dan terhindar dari segala marabahaya. Semoga tidak ada lagi yang jadi korban di sana,” katanya.

Baca Juga: Momen Foto Baim Wong Hingga Ashanty Berseragam, Potret Keluarga Ini Saat Lebaran Malah Viral

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya