Pantas Berani Minta Mahar Senilai Rp 213 Juta, Ayah Calon Istri Ustaz Abdul Somad Punya Pofesi Mentereng Hingga Mampu Bangun Istana Megah di Tengah Desa

Rabu, 28 April 2021 | 10:28
Instagram @ustadzabdulsomad_official dan Insert

Ustaz Abdul Somad dan Fatimah Az Zahra, gadis Jombang, Jawa Timur yang akan segera menikah dengan sang pendakwah.

Fotokita.net - Kabar pernikahan pendakawah kondang Ustaz Abdul Somad terus membuat penasaran publik.

Maklum, sejak rencana pernikahan Ustaz Abdul Somad bocor di media sosial, publik pun beramai-ramai mencari tahu sosok calon istri sang pendakwah dan kehidupan pribadinya.

Belakangan ini, satu berkas formulir persetujuan calon pengantin model N4 yang sudah diajukan sejak Senin (1/3/2021) beredar dengan cepat di jagat maya.

Entah siapa yang memulainya, faktanya formulir yang seharusnya berada di dalam laci Kantor Urusan Agama itu malah bocor ke publik.

Namun, karena nama yang tercantum dalam formulir tercatatcalon pengantin pria, yaitu Abdul Somad Batubara dengan kelahiran Silolama 18-05-1977, formulir bersifat pribadi itu akhirnya tersebar luas ke seantero negeri.

Baca Juga: Terkuak, Foto Calon Istri Ustaz Abdul Somad, Begini Cara Sang Pendakwah Minta Restu Kyai Sepuh NU Hingga Bikin Netizen Syok: Masya Allah

Di dalam formulir itu juga tertulis calon pengantin perempuan yang bernama Fatimah Az Zahra Salim Barabud kelahiran Jombang 01-10-2001.

Berdasarkan foto formulir tersebut, terkuak sosok calon istri Ustaz Abdul Somad.

Menurut catatan yang ada di dalam formulir, FatimahAz Zahra Salim Barabud adalahwarga Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Baca Juga: Wali Kota Cilegon Ancam Seret Raffi Ahmad ke Meja Hijau, Suami Nagita Slavina Diam-diam Sedang Jalani Gugatan di Pengadilan Negeri Depok, Ini Kasusnya

Seperti kita ketahui dari data yang ada di dalam formulir tersebut,Fatimah lahir di Jombang, 1 Oktober 2001.Alhasil, usia Fatimah sekarang masih 19 tahun.

Tak banyak yang tahu seperti apa sosok Fatimah Az Zahra Salim Barabud, gadis Jombang yang akan dinikahi penceramah terkenal Ustaz Abdul Somad (UAS).

Baca Juga: Alas Shalat Termasuk Daftar Barang Temuan Tim Pencari, Foto Kru KRI Nanggala-402 Shalat Berjamaah di Geladak Kapal Bikin Air Mata Tumpah, Netizen: Mberebes Mili Liatnya

Selain karena tak memiliki pamor setenar UAS, Fatimah juga sangat jarang berada di Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan. Maklum, Fatimah tercatat sebagai salah seorang santri di Pondok Pesantren Gontor.

Saat ditemui di kantornya Sabtu 24 April 2021,Anis Prasetyo Ari, Sekretaris Desa Kepuhkembeng, berujar,“Memang benar dia adalah warga kami, tapi kami tidak mengenal jauh. Sebab sangat jarang ada di rumah.”

Dari data kependudukan yang dimiliki Pemerintah Desa Kepuhkembeng, Fatimah adalah anak dari pasangan Salim Sholeh Barabud dan Bibi Kulsum.

Baca Juga: Listrik KRI Nanggala-402 Diduga Masih Menyala, Cadangan Oksigen Bisa Tahan 5 Hari, Maia Estianty Kirim Doa: Ya Allah Jangan Engkau Buat Mereka Menderita

Kedua orang tua Fatimah adalah pengusaha sukses, dan memiliki rumah di Perum Kepuh Permai blok D-4.

“Aktivitasnya berdagang, kalau tidak salah bisnis kulit,” imbuh Anis Prasetyo Ari.

Tribun Bogor

Formulir Pendaftaran Pernikahan Ustaz Abdul Somad dan Fatimah

Dari informasi yang beredar di lingkungan perumahan, Fatimah juga merupakan anak keempat dari tujuh bersaudara. “Kami tidak banyak tahu mengenai keluarga tersebut,” pungkas Anis Prasetyo Ari.

Sementara itu, Kasi Kesejahteraan Rakyat Desa Kepuhkembeng Anang Khoiruddin menambahkan, dia sempat berbincang dengan ayah Fatimah ketika datang ke balai desa mengantar berkas permohonan nikah.

Baca Juga: Sudah Kantongi Bukti Video Pungli, Bobby Nasution Ogah Ladeni Debat Lurah Sidorame Timur Hingga Langsung Pecat Anak Buahnya: Telepon BKD, Suruh Ganti Bapak Ini

“Pak Salim bercerita kalau anaknya (Fatimah) itu mondok di Gontor, dan merupakan hafidzah. Mungkin dari sini perjodohannya terjadi,” kata Anang.

Sayangnya hingga berita ini ditulis, belum satupun keluarga Fatimah bisa ditemui. Di rumahnya hanya ada seorang asisten rumah tangga. Itu pun enggan memberikan penjelasan apapun.

Tetangga sekitar rumah juga memilih irit bicara ketika dimintai informasi seputar Fatimah dan keluarganya.

Bahkan ketika sejumlah awak media tiba di depan rumah Fatimah, sejumlah tetangga memilih masuk ke rumah dan menutup pintu rapat-rapat.

Baca Juga: Cicipi Masakan Hidangan Buka Puasa Ramadhan 1442 H Bisa Batalkan Puasa? Simak Penjelasan Ustaz Abdul Somad

Mardiansyah Triraharjo/Ngopibareng.id

Rumah Fatimah Az Zahra Salim Barabud, calon istri penceramah terkenal Ustad Abdul Somad (UAS) di Perum Kepuh Permai blok D-4, Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang.

Wajar bila ayah calon istriUstaz Abdul Somad (UAS), Fatimah Az Zahra Salim Barabud, mampu membangun istana megah di tengah desa. Sebab, calon mertua UAS, Salim Sholeh Barabud punya profesi mentereng.

Salim Sholeh Barabud adalah bos atau juragan toko emas.

Kepala Desa Kepuhkembeng, Kecamatan peterongan, Jombang, Suprapto telah memaparkan fakta tersebut.

Seperti dikutip dari Beritajatim.com, Suprapto mengatakan, "Usahanya toko emas. Kalau tidak salah, tokonya ada di Pasar Peterongan dan Sumobito. Tapi sudah lama tinggal di Perumahan Kepuh Permai."

Saat ditemui Minggu (24/4/2021), Suprapto mengungkapkan bahwa keluarga Salim Sholeh Barabud telah lama tinggal di Jombang.

Baca Juga: Inilah Bacaan Niat Puasa Ramadhan, Niat Shalat Tarawih dan Doa Buka Puasa, Lengkap dengan Latin serta Terjemahannya

Sebelumnya, bermukim di Dusun Pajaran, Desa Peterongan. Kemudian pindah di tempat saat ini di wilayahnya.

Suprapto juga membenarkan jika UAS bakal menikahi salah seorang anak gadis warganya. Ia mengaku belum lama ini telah menandatangani dokumen administrasi terkait pernikahan UAS dan Fatimah Az Zahra Salim Barabud.

“Ustaz Abdul Somad numpang nikah di Jombang. Bukan pindah tempat. Dua minggu lalu suratnya saya tandatangani, kemudian dibawa ke KUA (Kantor Urusan Agama) setempat,” ungkapnya.

Baca Juga: Inilah Tata Cara Shalat Tarawih dan Witir Berjamaah Maupun Sendiri, Lengkap dengan Bacaan Latin serta Terjemahannya

Instagram @makrumpita
Instagram @makrumpita

Ustaz Abdul Somad dan calon istrinya yang masih berusia 19 tahun.

Kabar pernikahan Ustaz Abdul Somad dan Fatimah Az Zahra Salim Barabud juga dibenarkan Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kemenag Jombang, Ilham Rohim.

Ilham mengungkapkan, informasi yang ia dapat dari Kepala Urusan Agama (KUA), UAS akan melangsungkan akad nikah di sebuah hotel di tempat kelahiran Fatimah Az Zahra Salim Barabud setelah Lebaran nanti.

"Memang benar, UAS hendak menikah dengan gadis asal Kepuhkembeng, Peterongan. Pernikahan akan dilaksanakan di salah satu hotel di Jombang pada pertengahan Mei mendatang,” ujarnya.

Baca Juga: Air Mata Basahi Pipi Mulusnya Usai Peluk Mesra Ariel NOAH, BCL Lakukan Ritual Sambut Ramadhan Bersama Sosok Tercinta: Al Fatihah

Ilham juga menyebut Ustaz Abdul Somad berstatus duda cerai. Sedangkan calon istrinya belum menikah.

Diketahui, UAS bercerai dengan Mellya Juniarti akhir 2019. Namun sejak dua hari terakhir publik Jombang diramaikan dengan kabar bahwa UAS hendak menikahi Fatimah Az Zahra Salim Barabud.

Usia UAS dengan calon istrinya Fatimah terpaut 24 tahun. UAS saat ini berusia 44 tahun, sedangkan calon istrinya berumur 20 tahun.

Calon istri Ustaz Abdul Somad, Fatimah Az Zahra Salim Barabud, sekarang sedang menuntut ilmu di pesantren Gontor.

Baca Juga: Digadang-gadang Naik Pelaminan dengan Febby Rastanty, Verrel Bramasta Malah Kepergok Goda Artis Cantik Ini Hingga Singgung Waktu Nikah

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal via KOMPAS.com
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal via KOMPAS.com

Ustaz Abdul Somad

“Keluarga Bang Salim (orangtua Fatimah) sudah lama tinggal di Jombang. Aslinya Dusun Pajaran, Desa Peterongan. Samping Puskesmas Peterongan. Kemudian membeli rumah di Perum Kepuh Permai, Desa Kepuhkembeng,” ujar Suprapto.

Dua minggu lalu, Suprapto telah menandatangani surat-surat untuk persyaratan pernikahan tersebut.

“Ustaz Abdul Somad numpang nikah di Jombang. Bukan pindah tempat. Dua minggu lalu suratnya saya tandatangani, kemudian dibawa ke KUA setempat,” kata Suprapto.

Suprapto juga mengungkapkan informasi yang dilihatnya dalam surat yang ditandatangani. Disebutkan, status UAS sudah duda cerai. Sedangkan Fatimah belum pernah menikah.

Baca Juga: Terkuak, Begini Cara WN India Bisa Masuk Jakarta Tanpa Proses Karantina, Polisi Beberkan Kronologinya: Ini Mafia

Mahar pernikahan UAS dan Fatimah kemudian terungkap pada Selasa (27/4/2021). Fatimah bersama orangtuanya mendatangi KUA Peterongan untuk mengikuti rapat nikah.

Fatimah disebut meminta mahar pernikahan berupa emas 244 gram. Apabila berpatokan pada harga logam mulia hari ini, mahar tersebut senilai Rp 213 juta.

"Mas kawin kami tanyakan ke calon istri, minta apa? Tadi disampaikan permintaannya emas 244 gram," ujar Abd Ghofur selaku Kepala KUA Peterongan mengutip dari Detik.

Baca Juga: Open Donasi Beli Kapal Selam Baru, Ustaz Abdul Somad Ingatkan Hal Ini, Menhan Prabowo Subianto Buka Suara

"Katanya asisten UAS, calon istri sudah ada kesepakatan dengan UAS minta mas kawin 244 gram emas."

Mengenai tanggal pernikahan, waktunya belum ditentukan karena menunggu kedatangan UAS untuk melaksanakan rapak nikah. Menurut ayah dari Fatimah, UAS yang akan menentukan waktu dan lokasi pernikahan tersebut.

"Untuk pelaksanaan akad nikah itu semuanya tergantung UAS. Bapaknya Fatimah menyatakan belum bisa menentukan harinya, menunggu UAS datang," tutup Ghofur. "Tanggal pernikahan yang menentukan UAS, karena UAS sangat sibuk dan jauh."

Sementara itu, pernikahan UAS dan Fatimah telah didaftarkan sejak 6 April lalu. Kabarnya, akad nikah akan digelar pada 17 Mei mendatang.

Baca Juga: Ditangkap Densus 88 Karena Kasus Baiat di 3 Kota, Ini Sosok Munarman Ternyata Pernah Dibui Bareng Habib Rizieq Hingga Berubah Drastis Usai Bertemu Abu Bakar Ba'asyir

Terpaut usia 24 tahun, Fatimah ternyata dijodohkan Kiainya dengan UAS. Fatimah juga diketahui sebagai santri hafal Al-Qur'an.

Walau sudah terkuak kapan pernikahan pasangan yang dijodohkan tersebut, pihak KUA menyebut belum ada waktu pasti serta lokasi pernikahan keduanya karena menunggu kabar dari UAS.

"Untuk pelaksanaan akad nikah itu semuanya tergantung UAS. Bapaknya Fatimah menyatakan belum bisa menentukan harinya, menunggu UAS datang. Tanggal pernikahan yang menentukan UAS, karena UAS sangat sibuk dan jauh," tukas Abd Ghofur.

Baca Juga: Bikin Warga Depok Lepas Baju Hingga Celana, Ini Penampakan Babi Ngepet yang Badannya Makin Kecil Saat Disembelih

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya