Pantas Harta Duniawinya Kalah Jauh dari Prabowo, Jumlah Uang yang Dikantongi Jokowi Bikin Syok Warga NTT: Saya Temukan di Jaketnya

Minggu, 11 April 2021 | 16:27
Instagram

Jokowi kantongi uang Rp 1.000 di jaket yang diberikan untuk Frans

Fotokita.net - Pantas harta duniawinya kalah jauh dari Prabowo, jumlah uang yang dikantongi Jokowi bikin syok warga NTT: saya temukan di jaketnya.

Pemilihan Presiden tahun 2019 telah mengantarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terpilih memimpin Indonesia untuk kedua kalinya.

Bila pada periode pertamakepemimpinannya yakni tahun 2014-2019 didampingi Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden, untuk masa kedua Jokowi bergandengan tangan dengan Ma'ruf Amin.

Lalu 2 kali jadi presiden dan punya bisnis mebel di Solo, berapa kekayaan Jokowi saat ini?

Baca Juga: Bak Ketiban Durian Runtuh, Girang Dapat Jaket dari Jokowi, Pemuda NTT Ini Terkejut Temukan Uang di Kantongnya, Ternyata Segini Nilainya

Mengutip Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari laman resmi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Presiden Jokowi terakhir kali melaporkan harta kekayaannya pada 31 Desember 2019.

Dalam LHKPN, Jokowi melaporkan harta yang dimilikinya tercatat sebesar Rp 54,71 miliar atau tepatnya Rp 54.718.200.893.

Baca Juga: Pantas Jokowi Rela Jadi Saksi Acara Nikahnya Hingga Dihujat Sana Sini, Segini Uang Atta Halilintar yang Dibayar ke Negara Tiap Tahun, Sudah Lama Diincar Sri Mulyani

Saat masa kampanye, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) calon presiden dan wakil presiden yang mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Ketika itu, pasangan nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin, memiliki total kekayaan sebesar Rp 61,9 miliar yang terdiri dari kekayaan Jokowi Rp 50,25 miliar dan Ma'ruf Amin Rp 11,65 miliar.

Adapun total harta kekayaan Prabowo mencapai Rp 1,92 triliun, sementara kekayaan Sandiaga Uno mencapai Rp 5,09 triliun. Sehingga, total kekayaan kedua pasangan tersebut mencapai Rp 7,82 triliun.

Baca Juga: Innalillahi, Bak Kembali Buktikan Terawangan Mbak You, Warga Flores Timur Panik Diterjang Banjir Bandang dalam Kondisi Terlelap Tidur: Kami Temukan Mayat di Atas Kasur

Jokowi maupun Prabowo, sebelumnya sudah pernah berkompetisi untuk merebutkan kursi RI pada 2014. Artinya, keduanya sudah pernah melaporkan LHKPN sebagai syarat mengikuti Pemilu.

Lantas, berapa total harta kekayan Jokowi dan Prabowo pada 2014?

Berdasarkan data LKHPN, kekayaan Jokowi meningkat sekitar Rp 20 miliar dibandingkan harta yang dia laporkan pada Agustus 2018. Pada 2014, kekayaan Jokowi hanya mencapai Rp 30,07 miliar dan US$ 30.000.

Baca Juga: Sentil Kehadiran Jokowi di Pesta Atta Aurel, Rocky Gerung Cuma Elus Dada Hingga Singgung Acara Habib Rizieq: Ada Covid Radikal di Petamburan

ANTARA FOTO
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY

Presiden Joko Widodo (kanan) melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Rinciannya, harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan di sejumlah lokasi sebesar Rp 29 miliar, kendaraan senilai Rp 954,5 juta, harta lainnya Rp 361,3 juta, serta giro dan setara kas lain Rp 529 juta dan US$ 30.000

Sementara Prabowo, pada 2014 lalu memiliki total kekayaan sebesar Rp 1,6 triliun atau meningkat sekitar Rp 300 miliar dibandingkan harta yang dia laporkan Agustus 2018 mencapai Rp 1,92 triliun.

Rinciannya, harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan senilai Rp 105 miliar, harta tak bergerak seperti kendaraan senilai Rp 1,4 miliar, pertanian perkebunan dan pertambangan mencapai Rp 12 miliar.

Mantan Danjen Kopassus itu pada 2014 lalu memiliki surat berharga senilai Rp 1,5 triliun dan US$ 7,5 juta

Baca Juga: Dideportasi dari Papua Nugini, Ini Sosok Gubernur Papua Lukas Enembe yang Pernah Habis-habisan Dukung Jokowi, Tapi Kini Jadi Tukang Kritik Pemerintah

Inilah daftar harta kekayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdasarkan LHKPN KPK.

Daftar harta kekayaan ini memuat aset apa saja yang dimiliki Presiden hingga jumlah utangnya.

Sebelum terjun di dunia politik, Jokowi adalah pengusaha mebel ternama di Solo.

Sama seperti pejabat pada umumnya, setiap tahunnya, Jokowi harus menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada KPK.

Baca Juga: Anggap Ketua MPR Sebagai Ayah Sendiri, Atta Halilintar Nekat Lakukan Ini Saat Aurel Dituduh Sudah Ternoda Sebelum Malam Pertama

DOKUMENTASI WARTAWAN ISTANA KEPRESIDENAN
DOKUMENTASI WARTAWAN ISTANA KEPRESIDENAN

Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto selfie dengan wartawan seusai keduanya bertemu di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (11/9/2019).

Kemudian oleh KPK, daftar harta kekayaan milik Jokowi diunggah di situs resmi elhkpn.kpk.go.id dan bisa diakses masyarakat luas.

Dari laporan yang bertanggal 29 Februari 2020, Jokowi tercatat memiliki harta kekayaan senilai Rp 54.718.200.893.

Jumlah ini meningkat sekira Rp 4 miliar dibanding saat Jokowi mencalonkan diri sebagai presiden di Pilpres 2019.

Baca Juga: Jodoh Ariel NOAH Makin Dekat? BCL Disebut Bikin Tabiat Asli Sang Vokalis Berubah Hingga Punya Keturunan Bila Keduanya Menikah: Mereka Lebih Segar

Saat itu, Jokowi melaporkan harta kekayaannya mencapai Rp 50.248.349.788.

Dalam laporan harta kekayaan terbarunya, Jokowi tercatat pada lembaga Kantor Presiden dengan unit kerja pimpinan pemerintahan.Selain itu, Jokowi ternyata juga tidak memiliki produk dari mobil Esemka.

Sayangnya, mantan Wali Kota Solo itu memiliki utang yang mengurangi jumlah aset kekayaannya.

Jokowi tercatat memiliki utang Rp 861.358.369.

Baca Juga: Makin Rajin Tampil di Medsos Usai Cerai dari Ayus Sabyan, Penampilan Ririe Fairus Bikin Netizen Curiga: Nikmat Tuhanmu yang Manakah yang Kamu Dustakan?

Instagram @jokowi
Instagram @jokowi

Presiden Jokowi memberikan jaketnya pada pemuda NTT.

Sementara itu, Fransiskus Ade Uran Atawolo (30) pemuda NTT mendapat momen berharga kala Jokowi tengah melihat kondisi korban bencana di Desa Tapolangun, Lembata, Nusa Tenggara Timur, Jumat (9/4/2021).

Baca Juga: Bukan Cuma Usir Maia Estianty dari Rumahnya, Ahmad Dhani Blak-blakan Minta Musisi yang Rajin Shalat 5 Waktu Ini Pergi dari Dewa 19: Saya Cuma Usul

Frans begitu ingin bertemu Jokowi lantaran kata dia, semenjak Indonesia Merdeka, 76 tahun lalu baru kali ini desanya dikunjungi seorang presiden.

"Saya ingin melihat Pak Jokowi karena sudah 75 tahun Indonesia merdeka dari presiden pertama sampai saat ini baru Pak Jokowi yang ke sini. Saya ingin melihat Pak Jokowi dari dekat karena saya sangat mengagumi Pak Jokowi," ujar Frans kepada Tribun Network, Sabtu (10/4/2021).

Frans melihat sosok Jokowi orang yang sederhana. Ia mengagumi Jokowi sejak kota Solo dipimpin oleh Presiden ke-7 tersebut.

Baca Juga: Bupati Bandung Barat Ditahan KPK Karena Kasus Korupsi Proyek Covid-19, Aktor Tampan Ini Siap-siap Jadi Penggantinya

tangkapan layar Instagram @jokowi

Presiden Jokowi memberikan jaketnya kepada korban bencana alam di NTT

"Beliau sederhana, murah senyum," ucap Frans.

Karena itu, ia tak menyangka akan dipanggil langsung oleh Jokowi.

Momen berharga itu tak akan pernah terlupakan olehnya. Seorang nomor satu di Indonesia, bisa menyapa langsung.

Dengan senyum, Jokowi bertanya,

"Kamu mau apa dari saya dek? Mau jaket tidak?," ucap Frans menirukan Jokowi.

Baca Juga: Anggap Ketua MPR Sebagai Ayah Sendiri, Atta Halilintar Nekat Lakukan Ini Saat Aurel Dituduh Sudah Ternoda Sebelum Malam Pertama

Jokowi kemudian melepas jaket merah yang dikenakannya.

Lalu memakaikannya kepada Frans.

"Pak Jokowi sendiri yang mengenakan ke saya. Jaket berwarna merah, ukurannya pas," tukasnya.

Baca Juga: Bak Buktikan Terawangan Mbak You, Gempa M 6,7 Guncang Malang, Rumah Bergoyang Kencang Hingga Bikin Warga Panik

Tribunnews.com/Dennis Destyawan

Fransiskus Ade Uran Atawolo (30) mengenakan jaket merah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Frans senang sekali bisa berkesempatan bertemu langsung dengan Jokowi dan dihadiahi jaket. Kejutan untuk Frans tak berhenti di situ. Ketika pulang ke rumah, ia merogoh saku di dalam jaket merah, yang baru saja diberikan oleh Jokowi.

"Di dalamjaketnya bapakJokowiitu terselip uang Rp 1000 bergambar Pattimura," ujarnya.

Baca Juga: Fakta-fakta Gempa Malang, Warga Lari Ketakutan, Bangunan Roboh Hingga Penjelasan BMKG

Frans tak mengira seorangpresidenbisa menyimpan uang Rp 1000. Jaket dan uang di dalamnya dariJokowiakan dijaganya agar menjadi kenang-kenangan bagiFrans.

"Saya ingin pajang di rumah. Biar menjadi kenangan," imbuh Frans.

Baca Juga: Pantas Hasil Penyelidikan WHO Picu Amarah, Orang Dalam Ungkap Situasi Asli di China, Pemerintah Komunis Terbukti Bohong Demi Sembunyikan Kebenaran Covid-19

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya