Bak Ketiban Durian Runtuh, Girang Dapat Jaket dari Jokowi, Pemuda NTT Ini Terkejut Temukan Uang di Kantongnya, Ternyata Segini Nilainya

Minggu, 11 April 2021 | 15:27
Tangkapan layara akun FB Jokowi

Presiden Jokowi saat memberikan jaket pada Fransiskus

Fotokita.net - Bak ketiban durian runtuh, girang dapat jaket dari Jokowi, pemuda NTT ini juga temukan uang dalam kantongnya, ternyata segini nilainya.

Bencana siklon tropis Seroja meluluhlantakkan provinsiProvinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Wilayah yang terdampak bencana yang baru terjadi ini dikunjungiPresiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (9/4/2021).

Secara spesifik, Presiden Jokowi mengunjungi Desa Amakaka, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata.

Baca Juga: Diguncang Gempa Malang, Begini Kondisi Terkini Tempat Kencan Favorit Krisdayanti dan Anang Hermansyah: Patung Gorila Roboh

Presiden Jokowi datang bersama jajaran menteri dan kepala lembag terkait meninjau dampak kerusakan di desa tersebut.

Kabupaten Lembata diketahui sebagai salah satu wilayah yang terdampak paling parah akibat banjir bandang yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Siang hari ini saya berada di Desa Amakaka di mana bencana banjir bandang yang ada di Kabupaten Lembata ini korbannya paling banyak,” ujar Jokowi, dikutip dari setkab.go.id.

Baca Juga: Pantas Jokowi Rela Jadi Saksi Acara Nikahnya Hingga Dihujat Sana Sini, Segini Uang Atta Halilintar yang Dibayar ke Negara Tiap Tahun, Sudah Lama Diincar Sri Mulyani

Saat mengunjungi pengungsi, Jokowi sempat melepas jaket merah yang dipakainya lalu dipakaikan ke seorang pemuda yang merupakan korban bencana.

"Jaket saya ini untuk Fransiskus, anak muda Lembata, Nusa Tenggara Timur, salah satu korban bencana longsor dan banjir bandang yang saya temui di lokasi, siang ini," tulis Jokowi di instagram.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan atas nama pribadi dan mewakili pemerintah menyampaikan belasungkawa kepada para korban bencana.

Baca Juga: Innalillahi, Bak Kembali Buktikan Terawangan Mbak You, Warga Flores Timur Panik Diterjang Banjir Bandang dalam Kondisi Terlelap Tidur: Kami Temukan Mayat di Atas Kasur

“Semoga arwahnya diterima di sisi Tuhan, diberikan tempat yang terbaik, dan yang ditinggalkan diberikan keikhlasan dan kesabaran,” ucapnya.

Jokowi juga mengunjungi warga setempat yang kini tengah berada di lokasi pengungsian di Kantor Kecamatan Ile Ape.

Jokowi menemui para pengungsi dan ingin memastikan segala kebutuhan warga telah tercukupi.

Jokowi juga mendengarkan sejumlah keluhan masyarakat setempat yang nantinya akan ditindaklanjuti selama proses penanganan.

Baca Juga: Sentil Kehadiran Jokowi di Pesta Atta Aurel, Rocky Gerung Cuma Elus Dada Hingga Singgung Acara Habib Rizieq: Ada Covid Radikal di Petamburan

Pos Kupang
Pos Kupang

Presiden Jokowi menangis saat tinjau lokasi terdampak bencana di NTT.

“Untuk pengungsian juga sudah dipastikan untuk logistiknya cukup. Hanya tadi ada dari masyarakat menyampaikan bahwa BBM-nya mahal. Saya terima (masukannya),” tuturnya.

Melalui kunjungan dan peninjauan ini, Jokowi berbicara dengan Gubernur NTT Viktor Laiskodat dan Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur mengenai penanganan dan pemulihan pascabencana di wilayah setempat.

Atas persetujuan masyarakat, warga di lokasi terdampak bencana ini nantinya akan direlokasi di mana proses pembangunannya akan segera dilakukan secepat-cepatnya.

Baca Juga: Alhamdulillah Sebentar Lagi Masuk Rekening, THR dan Gaji Ke-13 PNS Cair Secara Full, Berikut Rincian Besarannya

Selain itu, Jokowi juga telah memerintahkan agar proses pencarian di tengah medan berbatuan yang menyulitkan pengoperasian alat berat untuk tetap dilakukan.

“Sampai siang hari ini, total korban di Nusa Tenggara Timur ada 163 yang meninggal dan masih dalam pencarian 45 orang."

"Ini yang akan terus kita usahakan agar yang dalam pencarian tadi bisa segera ditemukan. Kalau kita lihat di lapangan memang keadaannya berbatuan, batu yang besar-besar, yang itu sangat menyulitkan alat-alat berat kita."

Baca Juga: Dideportasi dari Papua Nugini, Ini Sosok Gubernur Papua Lukas Enembe yang Pernah Habis-habisan Dukung Jokowi, Tapi Kini Jadi Tukang Kritik Pemerintah

POS-KUPANG.COM/RICKO WAWO
POS-KUPANG.COM/RICKO WAWO

Anak SMP dari NTT ini tak gentar kejar mobil Jokowi demi berikan sepucuk 'surat cinta', ternyata ini isinya !

"Tetapi tadi sudah saya perintahkan untuk terus dicari dan ditemukan yang masih hilang,” ujarnya.

Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur, sebelumnya juga telah menetapkan status tanggap darurat penanganan bencana banjir bandang, longsor, dan gelombang pasang yang terjadi di wilayahnya.

Status tersebut ditetapkan terhitung mulai tanggal 4 hingga 17 April 2021 mendatang untuk mempercepat proses pemulihan wilayah setempat selepas bencana.

Baca Juga: Hati Anang Hermansyah Kian Berbunga-bunga, 2 Tokoh yang Pernah Berseteru di Pilpres 2019 Jadi Saksi NIkah Aurel dan Atta

Sementara itu, dikabarkan Presiden Jokowi menunaikan salat Jumat bersama rombongan dan warga sekitar.

Presiden menunaikan Salat Jumat di Masjid Babul Jannah yang berlokasi di desa yang sama.

Setibanya di Masjid Babul Jannah, Presiden langsung mengambil wudu dari tempat penampungan air.

Setelah itu, Presiden tampak menjalankan salat sunnah terlebih dahulu sebelum mengikuti salat Jumat berjamaah.

Baca Juga: Beri Santunan Istri Terduga Teroris yang Terlilit Utang Bank, Jokowi Keukeuh Tolak Ampuni ISIS Eks WNI yang Terlunta-lunta di Suriah, Ini Alasannya

(ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Petugas dan anjing pelacak mencari korban hilang dalam bencana tanah longsor di Desa Nelelamadike, Kecamatan Ile Boleng, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (8/4/2021). Hingga hari kelima pascabencana banjir dan tanah longsor di Flores Timur, pencarian korban hilang semakin dige

Usai salat Jumat berjemaah, Presiden kemudian menjadi imam salat jamak asar.

Tampak turut menjadi jemaah dalam salat tersebut antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, dan Kepala Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Henri Alfiandi.

Fransiskus Ade Uran Atawolo (30) pemuda NTT mendapat momen berharga kala Jokowi tengah melihat kondisi korban bencana di Desa Tapolangun, Lembata, Nusa Tenggara Timur, Jumat (9/4/2021).

Baca Juga: Bukan Cuma Usir Maia Estianty dari Rumahnya, Ahmad Dhani Blak-blakan Minta Musisi yang Rajin Shalat 5 Waktu Ini Pergi dari Dewa 19: Saya Cuma Usul

Frans begitu ingin bertemu Jokowi lantaran kata dia, semenjak Indonesia Merdeka, 76 tahun lalu baru kali ini desanya dikunjungi seorang presiden.

"Saya ingin melihat Pak Jokowi karena sudah 75 tahun Indonesia merdeka dari presiden pertama sampai saat ini baru Pak Jokowi yang ke sini. Saya ingin melihat Pak Jokowi dari dekat karena saya sangat mengagumi Pak Jokowi," ujar Frans kepada Tribun Network, Sabtu (10/4/2021).

Frans melihat sosok Jokowi orang yang sederhana. Ia mengagumi Jokowi sejak kota Solo dipimpin oleh Presiden ke-7 tersebut.

Baca Juga: Bupati Bandung Barat Ditahan KPK Karena Kasus Korupsi Proyek Covid-19, Aktor Tampan Ini Siap-siap Jadi Penggantinya

tangkapan layar Instagram @jokowi

Presiden Jokowi memberikan jaketnya kepada korban bencana alam di NTT

"Beliau sederhana, murah senyum," ucap Frans.

Karena itu, ia tak menyangka akan dipanggil langsung oleh Jokowi.

Momen berharga itu tak akan pernah terlupakan olehnya. Seorang nomor satu di Indonesia, bisa menyapa langsung.

"Saya teriak-teriak memanggil Pak Jokowi, Pak Jokowi, Pak Jokowi, terima kasih karena sudah sampai ke daerah sini. Saya cinta Pak Jokowi setengah mati," terang Frans.

Baca Juga: Baru Seminggu Nikahi Aurel Sudah Dihujat Karena Sebut Suara Suami dari Tuhan, Giliran Krisdayanti Bela Atta Halilintar: Rezeki Sudah Diatur Gusti Allah

"Terus saya bilang, saya cinta Pak Jokowi setengah mati kalau perlu sampai tiga periode saya dukung Pak Jokowi. Terus Pak Jokowi senyum, senyum," sambungnya.

Jokowi yang mengenakan jaket merah, kemeja putih lengan panjang dengan masker putih menunjuk ke arah Frans.

"Dia menunjuk ke arah saya, ya kamu dek kamu. Terus saya juga menjawab dari jauh, saya kah bapak? Terus pengawalnya pak Presiden bilang ya kamu dek turun," katanya.

Baca Juga: Hunian Mewah Luna Maya Ditawar Rp 25 Miliar, Diam-diam Ariel NOAH Tinggal di Istana Megah dalam Kawasan Elit Bandung, Nggak Sembarang Orang Bisa Masuk

Frans pun menghampiri orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Dengan senyum, Jokowi bertanya,

"Kamu mau apa dari saya dek? Mau jaket tidak?," ucap Frans menirukan Jokowi.

Baca Juga: Anggap Ketua MPR Sebagai Ayah Sendiri, Atta Halilintar Nekat Lakukan Ini Saat Aurel Dituduh Sudah Ternoda Sebelum Malam Pertama

Jokowi kemudian melepas jaket merah yang dikenakannya.

Lalu memakaikannya kepada Frans.

"Pak Jokowi sendiri yang mengenakan ke saya. Jaket berwarna merah, ukurannya pas," tukasnya.

Baca Juga: Bak Buktikan Terawangan Mbak You, Gempa M 6,7 Guncang Malang, Rumah Bergoyang Kencang Hingga Bikin Warga Panik

Tribunnews.com/Dennis Destyawan

Fransiskus Ade Uran Atawolo (30) mengenakan jaket merah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Frans senang sekali bisa berkesempatan bertemu langsung dengan Jokowi dan dihadiahi jaket. Kejutan untuk Frans tak berhenti di situ. Ketika pulang ke rumah, ia merogoh saku di dalam jaket merah, yang baru saja diberikan oleh Jokowi.

"Di dalamjaketnya bapakJokowiitu terselip uang Rp 1000 bergambar Pattimura," ujarnya.

Baca Juga: Fakta-fakta Gempa Malang, Warga Lari Ketakutan, Bangunan Roboh Hingga Penjelasan BMKG

Frans tak mengira seorangpresidenbisa menyimpang uang Rp 1000. Jaket dan uang di dalamnya dariJokowiakan dijaganya agar menjadi kenang-kenangan bagiFrans.

"Saya ingin pajang di rumah. Biar menjadi kenangan," imbuh Frans.

Baca Juga: Pantas Hasil Penyelidikan WHO Picu Amarah, Orang Dalam Ungkap Situasi Asli di China, Pemerintah Komunis Terbukti Bohong Demi Sembunyikan Kebenaran Covid-19

Instagram

Jokowi kantongi uang Rp 1.000 di jaket yang diberikan untuk Frans

(Tribunnews/Dennis Destryawan)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya