Disebut Bebas Saat Ramadhan Nanti, Saipul Jamil Langsung Ditampung di Sini Usai Hidupnya Berubah di Dalam Bui

Jumat, 19 Maret 2021 | 17:47
Kolase Tribunnews Bogor dan Tribun Manado

Kini tengah rasakan dinginnya bui, Saipul Jamil bongkar musuh terbesarnya di dalam lapas hingga tak kuasa tahan tangis

Fotokita.net - Disebut bebas saat Ramadhan nanti, Saipul Jamil langsung ditampung di sini usai hidupnya berubah di dalam bui.

Pedangdut senior Saipul Jamilmengajukanupaya Peninjauan Kembali (PK)terkaitkasus suap majelis hakim yang menjeratnya di PN Jakarta Utara sebesar Rp 250 juta.

Hakim saat itu menyatakan, uang Rp 250 juta dari rekening Saipul tersebut untuk mempengaruhi hakim PN Jakarta Pusat dalam putusan hakim di perkara pencabulan.

Uang disalurkan melalui kakaknya, Samsul Hidayatullah, kepada panitera PN Jakarta Utara, Rohadi, melalui pengacara Berthanatalia Ruruk Kariman.

Baca Juga: Tak Ada Angin Tak Ada Hujan, Ikke Nurjanah Mendadak Minta Doa Buat Rumah Tangganya yang Baru Seumur Jagung: Masya Allah!

Diketahui, Saipul Jamil kini sedang mendekam di LP Cipinang.

Kuasa Hukum pedangdut Saipul Jamil, Natalino Manuel Ximenez, merasa optimis Peninjauan Kembali (PK) kliennya dikabulkan.

Hal itu diungkapnya usai Saipul Jamil menghadiri sidang lanjutan pengajuan PK yang digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jumat (19/3/2021).

Baca Juga: Rela Pindah Agama Hingga Bikin Kaget Ahok, Puput Nastiti Ngaku Mau Dinikahi Tanpa Cinta Mantan Suami Veronica Tan: Kenapa Saya Tolak?

"Kami selalu kuasa hukum optimis dengan upaya hukum PK. Kami meyakini apa yang diajukan bisa dikabulkan Majelis Hakim Agung," ujar Natalino saat diwawancarai di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Jumat (19/3/2021).

Natalino optimis karena pihaknya telah mengantongi bukti kuat bahwa Saipul Jamil tidak terbukti melakukan tindak pidana suap secara langsung.

"Karena pada saat dugaan tindak penyuapan, Saipul Jamil saat itu di dalam Rutan. Sehingga itu jadi alasan kami yang diajukan sebagai alasan baru dalam Peninjauan Kembali," lanjutnya.

Baca Juga: Dipuji Netizen Karena Paham Istilah Open BO, Sikap Gibran Rakabuming Pada Mantan Wali Kota Solo Jadi Sorotan

Optimisme yang sama juga diutarakan kuasa hukum Saipul Jamil lainnya, Hetty Herdianty.

"Minggu depan surat penandatanganan berita acara. Itu terakhir di MA. Ya, minta doanya aja untuk anak-anaknya Saipul. Semoga apa yang kami perjuangkan untuk Ipul berjalan lancar," kata Hetty.

Baru-baru ini, mantan Dewi Perssik tersebut mengungkapkan hari-harinya di dalam bui.

Saipul Jamil mengaku selama ini banyak rekan artis yang menjenguknya.

Baca Juga: Syok Namanya Disebut Terima Korupsi Bansos Corona, Segini Uang yang Masuk Kantong Cita Citata dari Pejabat Kemensos

tribunnews

pernikahan Saipul Jamil dan Dewi Perssik

"Di antaranya itu ada Irma Darmawangsa, Mbak Inul, Dewi Perssik, terus Indah Sari, ada Citra Yunita, Raffi Ahmad pernah," ujar Samsul, kuasa hukum dari Saipul Jamil dilansir dari kanal YouTube Beepdo, Jumat, (26/2/2021).

Namun, Samsul mengaku sedih kini melihat kondisi Saipul yang lama tak dijenguk.

Pasalnya, selama covid-19 sang klien tak bisa menerima tamu lantaran protokol kesehatan.

Baca Juga: Hidup Sederhana Bareng Felicia Tissue di Singapura, Kaesang Pangarep Ngaku Berdosa Usai Lakukan Ini Saat Tinggal di Negeri Singa

"Ada di antaranya ngirim makanan, jenguk kalau sekarang enggak bisa, hanya bisa ngedrop saja, tidak bisa jumpa," ujarnya.

Selama ini santer gosip Saipul Jamil jatuh bangkrut, sang kuasa hukum membantah tegas.

"Keseriusan Bang Ipul masih bisa berinvestasi di sini (warung kopi) bagian dari upaya artinya masih bisa berinvestasi masih bisa berusaha, terus juga usaha kacamata juga ada. Jadi yang butuh kacamata baca, kacamata fashion ada, yang buat figura di sini," ujar Samsul.

Samsul mengungkap jika kliennya tersebut masih menginvestasikan uangnya ke sejumlah bisnis.

Baca Juga: Blak-blakan Ngaku Pernah Tidur Bareng Deddy Corbuzier, Maria Vania Ternyata Lihat Kiwil Cocok Jadi Pria Idaman Karena Punya Sifat Ini

KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI
KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI

Saipul Jamil

Ada usaha kopi hingga kacamata yang berjalan meski Saipul Jamil dibui.

"Buat bisa karaoke, biliar bisa gratis di sini. Jadi berusaha untuk yang terbaik. Untuk bisa survive pun, ia artinya sejauh ini untuk menepis isu kebangkrutan. Tapi kalau bicara bentuk anggaran yang keluar iya lah," ujar Samsul.

Hingga kini, Saipul masih harus menjalani hukuman vonis selama 3 tahun penjara.

Mantan suami Dewi Perssik ini tersandung kasus pencabulan dan ditetapkan sebagai tersangka pada 18 Februari 2016 lalu.

Kepala Lapas Klas I Cipinang Hendra Ekaputra mengatakan, pedangdut Saipul Jamil merupakan salah satu tahanan yang memiliki kelakuan baik selama mendekam di dalam lapas.

Baca Juga: Bocor Karena Ulah Anak Sendiri, Aa Gym Kini Resmi Gugat Cerai Teh Ninih, Faktor Ini Jadi Penyebabnya

Setelah bebas dari penjara, mantan suami Dewi Perssik tersebut akan memenuhi nazarnya.

Saipul mengaku akan diseret ke laut oleh Dorce Gamalama.

"Pertama yang dilakuin ya sujud syukur bahagia," ungkapnya.

"Bunda Dorce juga excited banget.. kemarin tuh bilang, 'pokoknya kalo lu udah pulang, lu gue geret ke laut, gue kasih nasi kuning' gitu," ujar Saipul meniru perkataan Dorce.

Saipul berharap tetap sehat agar nanti saat dirinya bebas bisa memenuhi keinginan teman-temannya.

Baca Juga: Sesumbar Kantongi Restu Ayah Kalina Ocktaranny, Vicky Prasetyo Akhirnya Akui Status Pernikahannya Belum Sempurna: Tak Ada Buku Nikah

"Doain aja panjang umur, sehat kalau udah bebas mau dibawa kemana terserah deh," lanjutnya.

Tak hanya itu, Saipul akan menemui ibu dari almarhumah Virginia, setelah dinyatakan bebas.

Pastinya Saipul akan langsung ziarah. Itu akan menjadi yang pertama dilakukan setelah bebas.

Bahkan, mantan suami Dewi Perssik itu juga berencana ziarah ke makam rekan-rekan lainnya.

Baca Juga: Pisah dari Stefan William, Celine Evangelista Kepergok Nikmati Ini Bareng Rekan Kerjanya Saat Ada di Belakang Layar: Alhamdulillah

"Pertama pasti ke rumah ibu mertua di Bandung, nyekar ke almarhum istri," tuturnya.

"Dan ziarah ke makam-makam temen artis yang juga udah mendahului kita," ujarnya.

Sebagai informasi, Saipul saat ini masih mendekam di Lapas Cipinang karena kasus asusila dan suap yang menjeratnya.

Saipul diamankan dan ditahan sejak awal 2016 silam.

Baca Juga: Enteng Sebut Selingkuh Itu Bagian dari Iman, Mayangsari Ternyata Pacaran dengan Musisi Ini Saat Jalan Bareng Bambang Trihatmodjo, Netizen: Astagfirullah!

Menjalani hidup di penjara justru membuat Saipul Jamil mendapat hal positif.

Saipul Jamil menerangkan kondisinya yang saat ini masih mendekam di penjara.

Saipul Jamil mengatakan kini tubuhnya lebih besar dari sebelumnya.

"Sekarang gemuk banget, makanan sini (penjara) alhamdulillah gemuk," kata Saipul Jamil ketika dihadirkan secara virtual dalam pembukaan kafenya, Rabu (9/9/2020).

Selain badannya semakin besar, pedangdut yang akrab disapa Bang Ipul ini menyebut jika kulitnya semakin bersih.

Baca Juga: Pantas Jejaknya Tak Tercium Media, Habib Rizieq Ternyata Punya Fasilitas Mewah di RS Ummi, Faktanya Terbongkar di Pengadilan

Membantah melakukan perawatan, menurut Saipul hal tersebut lantaran dirinya mandi dan cuci muka dengan air di penjara.

"Kulit saya putih berkat mandi air penjara," kata Saipul Jamil.

"Sumpah saya enggak pernah luluran perawatan macam-macam di sini. Cuma pakai minyak zaitun, cuci muka dan mandi air penjara," terang mantan suami Dewi Perssik itu.

Baca Juga: Dipukuli Anak Sendiri Hingga Babak Belur, Bambang Trihatmodjo Tetap Nekat Lakukan Ini Demi Mayangsari

Selain terkait kondisi fisiknya, Saipul Jamil juga menerangkan jika kreatifitasnya tak terbatas meskipun saat ini sedang berada di balik jeruji besi.

Hal tersebut dibuktikan dari Saipul Jamil yang tetap mengembangkan idenya di dunia musik serta membuka usaha kuliner berbentuk kafe.

"Walau keadaan masih di lapas Cipinang, bersyukur masih berkreativitas. Itu karena moto lapas juga walau badan terkungkung harus kreatif," terang Saipul Jamil.

Baca Juga: Puluhan Tahun Rela Makan Asam Garam, Alasan Aa Gym Ceraikan Lagi Teh Ninih Disorot, Netizen: Bukannya Dibenci Allah?

Kakak pedangdut Saipul Jamil, Samsul Hidayatullah, mengungkap kemungkinan adiknya akan bebas dari penjara pada Bulan Ramadhan.

Hal itu dapat terwujud jika upaya Peninjauan Kembali (PK) Saipul Jamil dikabulkan oleh Majelis Agung.

"Kalau seandainya PK dikabulkan, ia bisa keluar Ramadhan ini," ucap Samsul usai menghadiri sidang lanjutan PK adiknya di PN Jakarta Pusat, Jumat (19/3/2021).

Baca Juga: Terkuak, Wajahnya Diblur dalam Video Dewasa, Polisi Tangkap Pemeran Wanita Bergaun Merah, Ini Sosoknya

Samsul juga mengungkap bahwa sudah ada beberapa stasiun televisi yang ingin menampung Saipul Jamil usai bebas dari penjara.

"Mudah-mudahan pas Ramadhan, Saipul bisa bebas. Mudah-mudahan berhasil. Sudah tiga stasiun TV yang respons langsung sigap dalam beberapa minggu kemarin," tutur Samsul.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya