Buatlah Kalimat dengan Menggunakan Kosakata Tersebut, Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 7 Halaman 205-206

Senin, 01 Maret 2021 | 05:55
Pixabay

Pelangi yang melengkung ternyata berbentuk lingkaran utuh

Fotokita.net - Buatlah kalimat dengan menggunakan kosakata tersebut, kunci jawaban soal buku tematik kelas 5 SD tema 7 halaman 205-206.

Pertanyaan tersebut merupakan tugas pada halaman 205 Buku Tematik SD MI, Tema 7 Kelas 5 halaman 205.

Berikut ini penjelasan kunci jawaban Tema 7 Kelas 5 SD/MI halaman 205 mengenai cerita menarik.

Sebelum masuk ke jawaban tema 7 kelas 5 halaman 205, siswa diminta membaca cerita berjudul Pelajaran Pelangi.

Baca Juga: Tuliskan Judul Lagu-lagu Daerah di Indonesia, Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 8 Halaman 23

Setelah membaca siswa diminta menemukan kosakata baru dari bacaan di atas. Pelajaran Pelangi

Dahulu, warna-warna yang ada di bumi bertengkar. Semua mengklaim dirinya paling bagus dan paling berguna.

Si Hijau mengatakan, “Akulah yang terpenting. Aku simbol penghidupan dan penghargaan. Aku dipilih oleh padi, rerumputan dan pepohonan. Tanpa diriku, semua makhluk akan mati.“

Baca Juga: Apa Saja yang Sudah Diperjuangkannya Bagi Bangsa dan Negara? Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 7

Si Biru menimpali, “Jangan hanya berpikir tentang bumi. Lihatlah birunya langit dan lautan luas! Air adalah sumber kehidupan, langit memberi ruang dan kedamaian.”

Si Kuning menyela, “Ah, kamu terlalu serius. Aku membawa kegembiraan dan kehangatan di dunia. Matahari berwarna kuning, juga bulan. Tanpa kehadiranku, tidak ada kegembiraan.”

Si Jingga tidak mau kalah, “Aku simbol kesehatan dan kekuatan. Buktinya, aku dipercaya melayani kebutuhan manusia, membawa vitamin-vitamin penting bagi kehidupan. Coba lihat aku pada wortel, labu, jeruk, dan pepaya!

Baca Juga: Cari Tahu Kepanjangan PPKI dan BPUPKI, Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 7 Halaman 112-122

“Aku darah kehidupan! Lambang keberanian dan cinta. Tanpaku, bumi akan kosong melompong,“ sela si Merah.

Sementara itu, si Ungu teriak, “Aku adalah warna aristokrat dan kekuatan. Para raja dan pemimpin selalumemilih warnaku untuk pakaian dan aksesoris mereka.”

Pertengkaran makin seru. Masing-masing tidak mau mengalah. Tibatiba, muncul kilat dan gelegar suara petir, disertai hujan deras. Tanpa di komando, warna-warna itu merunduk ketakutan, lalu saling mendesak mencari perlindungan.

Baca Juga: Inilah Contoh-contoh Perubahan Energi Listrik Jadi Energi Gerak, Energi Cahaya, Energi Panas, dan Energi Bunyi

Sang Hujan berkata, “Hei, warna-warna! Jangan bertengkar! Ketahuilah, setiap kamu diciptakan untuk tujuan khusus, unik, dan berbeda satu sama lain. Kemarilah saling bergandengan tangan!” Warna-warna itu melakukan

apa yang disuruh sang Hujan.

“Mulai sekarang, setiap kali turun hujan, setiap kamu akan terentang di udara dalam satu pelangi yang indah,sebagai peringatan bahwa kita harus hidup bersama dalam damai.”

Baca Juga: Peristiwa Apa Saja yang Menunjukkan Terjadinya Peristiwa Menyublim? Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 7 Halaman 67

Dikutip dari: Intisari

Kunci jawaban tema 7 kelas 5 halaman 205

Temukan kosakata baru dari bacaan di atas.

Carilah arti dari kosakata tersebut di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Buatlah kalimat dengan menggunakan kosakata-kosakata tersebut.

Baca Juga: Ini Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 6 Subtema 3 Halaman 145 147 149 150 151

Kosakata pada Bacaan

Kosakata Baru dan Arti Kata

Mengklaim : Menyatakan suatu fakta atau kebenaran sesuatu, mengaku

Simbol: Lambang

Vitamin: Zat yang sangat penting bagi tubuh manusia dan hewan untuk pertumbuhan dan perkembangan

Aristokrat: Orang dari golongan bangsawan; ningrat

Baca Juga: Ini Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 SD Halaman 155-162 Peran Masyarakat Terhadap Lingkungan Sosial Budaya

Unik: Tersendiri dalam bentuk atau sejenisnya; lain daripada yang lain; tidak ada persamaan dengan yang lain; khusus

Aksesoris: Barang tambahan: alat ekstra

Penghargaan

Baca Juga: Jawaban Soal Agama Islam Kelas 5 SD Arti Iman Menurut Istilah, Yuk Kita Cari Tahu

Kunci jawaban tema 7 kelas 5 halaman 206

Pelangi adalah gambaran sebuah masyarakat. Perbedaan selalu ada. Perbedaan yang ada janganlah menjadi penghalang untuk menjalin persatuan dengan anggota masyarakat yang lain.

Apa, sih, arti penting persatuan?

Arti penting persatuan dan kesatuan

Baca Juga: Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 SD Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 21-26 Mengenal Letak Geografis Indonesia

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, secara etimologis kata persatuan berasal dari kata "satu" artinya utuh, sesuatu yang tidak terpisah.

Persatuan artinya tidak terpecah-pecah, gabungan, keterpaduan. Kesatuan berarti keadaan utuh, tidak terpecah-pecah, gabungan keterpaduan dari keanekaragaman atau kemajemukan.

Jadi prinsip persatuan dan kesatuan adalah keadaan satu atau tunggal yang menuntut adanya keterpaduan dari kemajemukan bangsa Indonesia.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 3 Makanan Sehat Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 74 75 76

PIXABAY/TRUTHSEEKER08

Ilustrasi persatuan

Persatuan Indonesia merupakan sila ke-3 dalam Pancasila. Sesuai sila tersebut, bangsa Indonesia adalah bangsa multikultural yang terdapat banyak kebudayaan, suku dan ras. Semua perbedaan itu hanya bisa bergabung menggunakan persatuan.

Pengertian persatuan adalah menggabung menjadi satu dan mutlak, tidak dapat dipisahkan. Untuk terhindar dari disintegrasi, maka sangat dibutuhkan persatuan di Indonesia.

Makna "persatuan Indonesia" dibentuk dalam proses sejarah panjang. Persatuan adalah hal yang terbentuk tidak secara instan, melainkan melalui proses panjang.

Sehingga seluruh bangsa Indonesia memiliki persamaan nasib, satu kesatuan kebudayaan, kesatuan wilayah serta satu kesatuan asas kerohanian Pancasila yang terwujud dalam persatuan bangsa, wilayah dan susunan negara.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 3 Makanan Sehat Subtema 1 Halaman 35-39

Indonesia terdiri dari beragam suku, budaya, bahasa, agama dan ras. Semua perbedaan tersebut harus memiliki wadah untuk bergabung menjadi satu yaitu persatuan.

Negara Indonesia sangat besar dan luas sehingga sangat sulit untuk mengaturnya apabila tidak ada persatuan. Maka dari itu, sebuah persatuan sangat penting di dalam negara agar terwujud kesatuan dan persamaan.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 2 Subtema 2 Halaman 63-71 Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan

Persatuan sangat penting bagi sebuah negara yang ingin hidup sejahtera. Persatuan juga akan mewujudkan kerja sama yang baik dengan negara lain.

Seluruh warga kesatuan Republik Indonesia sudah seharusnya mengetahui, mempelajari, mengembangkan, persatuan bangsa dan bernegara sesuai dengan cita-cita pendiri bangsa Indonesia.

Sebagai generasi penerus bangsa, sangat penting berkomitmen terhadap semangat persatuan dalam konteks NKRI, yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dan bersemboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 57-62

Dari cerita pelangi, tentunya kamu dapat mengambil beberapa hikmah mengenai pentingnya persatuan dalam keragaman. Tuliskan hikmah yang dapat diambil dari cerita “Pelajaran Pelangi”.

Mengutip Halo Belajar, inilah hikmah yang dapat diambil dari cerita Pelajaran Pelangi.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 3 Halaman 2-11 Subtema 1 Pembelajaran 1, Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan

– Kita tidak boleh menyombongkan diri sebagai yang terbaik diantara yang lainnya.

– Perbedaan yang ada bukan menjadi penghalang persatuan dengan anggota masyarakat yang lainnya.

– Menerima keragaman suku bangsa dan budaya sebagai kekayaan bangsa yang tak ternilai harganya.

Baca Juga: Macam-macam Jaringan Fotosintesis yang Ada di Daun, Ketahui Penjelasan Lengkapnya

– Lebih mengutamakan kepentingan negara daripada kepentingan daerah atau suku masing-masing.

Buatlah ulasan mengenai bacaan yang berjudul “Pelajaran Pelangi”!

Baca Juga: Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya, Berikut Gambar Organ Manusia yang Memompa Darah

(Tribun Pontianak/Zulkifli/Tribun Padang/Afrizal)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya