Fotokita.net - Benda apa saja yang tidak dapat ditarik oleh magnet? Kunci jawaban soal buku tematik kelas 4 SD tema 7 halaman91, 92, 93, 94, 95, 96, 97, 98, 99, 100, dan 101.
Inilah ulasan kunci jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 4 Subtema 3 pembelajaran 1 halaman 91, 92, 93, 94, 95, 96, 97, 98, 99, 100, dan 101 yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber.
Berikut ini pembahasan kunci jawaban Tema 7 kelas 4 berjudul Indahnya Keberagaman di Negeriku.
Subtema 3 Pembelajaran 1 tentang Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku halaman 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101.
Materi soal yang dibahas dikutip dari Buku Tematik SD kurikulum 2013 edisi revisi 2018.
Kunci jawaban Tema 7 kelas 4 SD ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman untuk mengoreksi hasil belajar anak.
Berikut ini kunci jawaban Tema 7 kelas 4 SD/MI Subtema 3 pembelajaran 1 halaman 91 sampai 101 mengenai Indonesia.
>>> Halaman 91
Ayo Membaca
Bacalah dalam hati teks berikut!
Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini
Negara Republik Indonesia memiliki keragaman adat, budaya, dan agama. Adat dan budaya setiap daerah unik dan berbeda dari daerah lain. Agama yang dianut penduduk pun beragam. Dengan perbedaan itu, bagaimana kita dapat menjaga kesatuan bangsa? Nah, untuk menjaga kesatuan bangsa dan supaya tetap rukun, mari kita lakukan sikap-sikap Salah satu sikap yang harus dilakukan yaitu adanya toleransi dan saling menghormati dalam menjalankan ibadah. Bagaimana perwujudannya?
Salah satu perwujudannya kita tidak boleh menghina teman yang berbeda agama. Selanjutnya, saat teman kita sedang beribadah kita tidak boleh mengganggu mereka. Sikap lain yang harus dilakukan yaitu menghargai kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia. Negara kita kaya akan berbagai kebudayaaan daerah. Kita boleh membanggakan kebudayaan daerah sendiri. Namun, kita juga harus menghargai dan ikut melestarikan kebudayaan daerah lain.
Jadi, untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan NKRI, bagaimana sikap kita? Kita harus saling menghargai, menghormati, dan menyayangi orang lain meskipun berbeda agama, suku, dan budaya. Sikap itulah yang harus selalu kita tanamkan pada diri kita.
(Sumber: //kidnesia.com/Boleh-Tahu/Serba-Serbi/Supaya-Tetap-Rukun-Hindari-Sikap-Ini-Yuk diunduh 24 September 2016)
>>> Halaman 92
*** Ayo Berdiskusi***
Bentuklah kelompok bersama 4-5 temanmu. Bacalah dalam hati teks
”Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini”.
1. Adakah kata sulit yang kalian temukan pada bacaan tersebut? Jika ada, tuliskan lalu carilah artinya. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut.
Jawaban:
Republik, artinnya sebuah bentuk negara dengan presiden sebagai kepala negara
Toleranasi, artinya sikap saling menghormati orang lain yang berbeda dengan kita
2. Tuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf pada teks “Supaya Tetap Rukun,
Mari Lakukan Sikap Ini”.
Pokok pikiran paragraf 1:
Pokok pikiran paragraf 2:
Pokok pikiran paragraf 3:
Pokok pikiran paragraf 4:
Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 7-15
Jawaban:
Pokok pikiran paragraf 1:
Negara Republik Indonesia memiliki keragaman adat, budaya, dan agama.
Pokok pikiran paragraf 2 :
Sikap tolernasi dan saling menghormati umat beragama perlu kita lakukan
Pokok pikiran paragraf 3 :
Menghargai kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia
Pokok pikiran paragraf 4 :
Kita harus saling menghargai, menghormati, dan menyayangi orang lain meskipun berbeda agama, suku, dan budaya.
3. Mengapa kita harus melaksanakan ajakan pada teks “Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini”?
Jawaban:
Untuk mempertahankan kesatuan dan persatuan NKRI.
>>> Halaman 94
*** Ayo Bercerita***
Ceritakan hasil diskusi kelompokmu. Bandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain. Apakah ada perbedaan? “Keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia menjadi magnet bagi para wisatawan.” Pernahkah kamu mendengar atau membaca kalimat seperti itu? Apa maksudnya? Maksud dari kalimat tersebut adalah bahwa keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia menjadi daya tarik bagi wisatawan. Mungkin kamu bertanya-tanya, apa hubungannya “magnet” dengan “daya tarik”. Nah, terlebih dahulu lakukan kegiatan berikut.
*** Ayo Mencoba ***
Lakukan kegiatan ini di dalam kelas.
Percobaan magnet Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 7
- Sediakan magnet batang atau magnet mainan (yang biasa ditempelkan pada pintu lemari pendingin).
- Sediakan benda-benda kecil, seperti jarum pentul, peniti, pensil, kerikil, dan daun. Letakkan di atas meja.
- Dekatkan magnet pada benda-benda kecil tersebut.
- Catatlah hasil pengamatan kalian.
- Ingat, berhati-hatilah saat bekerja dengan jarum pentul dan peniti.
Baca Juga: Jawaban Soal Mengapa Semua Unsur Pada Peta Memiliki Arti, Belajar dari Rumah TVRI untuk SD Kelas 4-6
>>> Halaman 95
***Ayo Berdiskusi***
Berdasarkan kegiatan di depan, diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman-teman sekelasmu.
1. Apa yang terjadi saat magnet didekatkan pada benda-benda kecil yang kamu sediakan?
Jawaban:
Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 4 Subtema 1 Globalisasi Halaman 1-7
Magnet akan menarik benda-benda kecil yang mengandung besi seperti jarum pentul dan peniti akan menempel pada magnet
2. Benda apa yang dapat ditarik oleh magnet?
Jawaban:
Benda yang dapat ditarik magnet adalah jarum pentul dan peniti
3. Benda apa saja yang tidak dapat ditarik oleh magnet?
Jawaban:
Benda yang tidak dapat ditarik magnet adalah pensil, kerikil dan daun
Magnet mempunyai kemampuan menarik benda-benda yang terbuat dari logam.
Dua batang magnet didekatkan.
***Ayo Mencoba ***
Lakukan kegiatan ini bersama teman sebangkumu.
- Sediakan dua buah magnet batang, misalnya magnet I dan magnet II.
- Tandai ujung dari setiap batang magnet, misalnya A dan B.
- Dekatkan ujung A dari magnet I dengan ujung A magnet II. Apa yang terjadi?
Kedua magnet akan tolak menolak
4. Dekatkan ujung A dari magnet I dengan ujung B dari magnet II. Apa yang terjadi?
Jawaban:
Kedua magnet akan tarik menarik
5. Dekatkan ujung B magnet I dengan ujung A magnet II. Apa yang terjadi?
Jawaban:
Kedua magnet akan tarik menarik
6. Dekatkan ujung B magnet I dengan ujung B magnet II. Apa yang terjadi?
Jawaban:
Kedua magnet akan tolak menolak
Catatlah hasil pengamatanmu dalam tabel seperti berikut, lalu jelaskan kepada Bapak/Ibu guru dan teman-temanmu.
Tabel kunci jawaban soal buku tematik kelas 4 SD
Sebuah magnet mempunyai dua ujung berlawanan. Ujung magnet biasa disebut kutub. Dua kutub magnet yang berlawanan itu disebut kutub utara (U) dan kutub selatan (S).
Jika dua buah magnet didekatkan pada kutub yang sama, kedua magnet akan tolak menolak. Sebaliknya, jika dua buah magnet didekatkan pada kutub yang berbeda, kedua magnet tersebut akan tarik menarik.
>>> Halaman 97
Interaksi dua buah magnet (misalnya dengan didekatkan) akan menimbulkan gaya. Gaya itu disebut gaya magnet. Jadi, gaya magnet adalah gaya yang dihasilkan ketika dua magnet atau lebih saling berinteraksi.
Gaya magnet dapat dimanfaatkan, misalnya dalam pembuatan kompas. Kompas adalah alat penunjuk arah utara dan selatan. Pada kompas terpasang sebuah magnet berbentuk jarum. Jika diletakkan mendatar, jarum kompas akan selalu menunjuk arah utara dan selatan. Gambar 3.6 Kompas menggunakan magnet jarum
Kamu telah mengetahui bahwa jarum kompas selalu menunjuk arah utara selatan. Kini, bagaimana arah benda jika dijatuhkan dari ketinggian tertentu?
Ayo, lakukan kegiatan berikut.
Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 4 Subtema 1 Globalisasi Halaman 1-7
Dua batang magnet didekatkan.
***Ayo Mencoba ***
- Siapkan sebuah uang logam.
- Keluarlah dari dalam kelas menuju halaman sekolah atau lapangan yang lebih luas.
- Pegang uang logam yang telah kamu persiapkan lalu lemparkan kuatkuat ke atas. Perhatikan arah lemparan agar tidak mengenai teman atau bangunan yang dekat dengan kamu.
- Apa yang terjadi setelah kamu melempar uang logam itu? Catatlah hasil dari kegiatanmu.
- Ulangi sebanyak lima kali.
>>> Halaman 98
*** Ayo Berdiskusi ***
Diskusikan bersama kelompokmu hasil dari kegiatanmu melempar uang logam atas.
- Apa yang terjadi setelah uang logam dilempar ke atas?
Uang logam akan jatuh kembali ke bawah/ kebumi
- Mengapa hal itu bisa terjadi?
Karena adanya gaya gravitasi bumi
- Bagaimana seandainya uang logam diganti bola, pensil, penghapus, dan kapas?
Jawaban:
Seandainya uang logam diganti bola, pensil, penghapus, dan kapas dilempar ke atas maka benda-benda tersebut akan jatuh kembali kebumi. Tetapi kecepatan jatuhnya benda-benda tersebut tergantung dari berat benda.
- Selanjutnya, ceritakan hasil diskusi kelompokmu kepada Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.
Mengapa uang logam itu jatuh kembali lagi ke bumi? Uang logam dan benda apa pun yang kamu lemparkan ke atas akan kembali lagi ke bumi karena adanya gaya gravitasi. Gaya gravitasi adalah gaya yang disebabkan oleh gaya tarik yang dihasilkan oleh bumi. Gaya gravitasi ini akan menyebabkan semua benda yang berada di permukaan bumi selalu tertarik menuju bumi.
Jika tidak ada gaya gravitasi, semua benda yang kamu lemparkan ke atas dapat dengan mudah hilang karena melayang di angkasa. Bahkan, diri kamu sendiri dapat terbang dan sulit untuk kembali ke rumah. Oleh karena itu, gaya gravitasi sangat bermanfaat karena dapat menahan benda-benda agar tetap berada di bumi.
Contoh peristiwa sehari-hari yang menunjukkan gaya gravitasi adalah jatuhnya buah yang sudah matang dari dahan pohon ke tanah.
>>> Halaman 99
Uang logam yang dilempar kuat-kuat ke atas akan kembali ke bumi. Bayangkan jika uang itu tidak kembali lagi ke bumi dan terus terbang jauh ke angkasa. Kamu akan kehilangan uang logam itu. Mengapa uang logam itu jatuh kembali lagi ke bumi? Uang logam dan benda apa pun yang kamu lemparkan ke atas akan kembali lagi ke bumi karena adanya gaya gravitasi. Gaya gravitasi adalah gaya yangdisebabkan oleh gaya tarik yang dihasilkan oleh bumi. Gaya gravitasi ini akan menyebabkan semua benda yang berada di permukaan bumi selalu tertarik menuju bumi.
Jika tidak ada gaya gravitasi, semua benda yang kamu lemparkan ke atas dapat dengan mudah hilang karena melayang di angkasa. Bahkan, diri kamu sendiri dapat terbang dan sulit untuk kembali ke rumah. Oleh karena itu, gaya gravitasi sangat bermanfaat karena dapat menahan benda-benda agar tetap berada di bumi. Contoh peristiwa sehari-hari yang menunjukkan gaya gravitasi adalah jatuhnya buah yang sudah matang dari dahan pohon ke tanah.
>>> Halaman 100-101
*** Ayo Renungkan ***
Apa yang kamu pelajari pada hari ini?
Jawaban:
Membaca teks “Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini ”
Menentukan kata sulit dan artinya pada teks “Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini ”
Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 4 Subtema 1 Globalisasi Halaman 1-7
Meuliskan pokok pikiran pada teks “Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini ”
Menentukan kutub utara dan kutub selatan pada magnet
Mempelajari gaya gravitasi bumi
Apa manfaat dari gaya magnet?
Jawaban:
Manfaat magnet pada kompas sebagai penunjuk arah
Manfaat magnet pada dinamo sepeda dan generator untuk membangkitkan tenaga listrik
Alat untuk mengangkut benda-benda dari besi.
Apa manfaat dari gaya gravitasi?
Jawaban:
Membuat segala benda yang ada di bumi berada pada tempatnya
Membuat bulan dan satelit bulan tetap pada orbitnya
Sebagai sarana olah raga, seperti loncat indah, terjun payung dan para layang
Mempermudah aktifitas manusia
Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 7-15
*** Kerjasama dengan Orangtua ***
Identifikasilah benda-benda di rumahmu yang dapat ditarik oleh magnet.
Lakukan percobaan bersama orang tuamu.
Benda-benda di rumahku yang dapat ditarik oleh magnet:
Jawaban:
Kunci
Gembok
Pisau
Jarum
Peniti
Sendok yang terbuat dari besi
*) Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.